10 Daftar Tempat Wisata di Cianjur yang Bisa Dijadikan Objek Liburan

Tempat Wisata di Cianjur – Cianjur, Jawa Barat merupakan daerah dengan ciri khas udaranya yang sejuk dan topografi alamnya yang dikelilingi oleh barisan pegunungan. Tempat wisata di Cianjur terkenal memiliki daya tarik dari kealamiannya yang masih sangat terjaga. Jika bingung menentukan tempat liburan Anda bersama keluarga saat libur panjang tiba, maka Cianjur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini Kompas Wisata berikan 10 rekomendasi tempat wisata di Cianjur yang paling menarik untuk di kunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata di Cianjur

 

1. Curug Ngebul

Curug Ngebul Tempat Wisata Di Cianjur

Curug Ngebul – Tempat Wisata Di Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang pertama adalah Curug Ngebul yang berlokasi di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Curug ini sangat di rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengunjungi objek wisata alam yang masih terjaga kealamiannya. Curug Ngebul merupakan sebuah air terjun setinggi 100 meter yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Pemandangan di sekelilingnya juga sangat indah, dipenuhi dengan  pepohonan dan bunga-bunga yang tumbuh di sepanjang tepian aliran air dari Curug Ngebul. Anda bisa mengeksplore banyak spot menarik untuk mendapatkan foto-foto cantik di tempat wisata alam yang ada di Cianjur ini.

 

2. Kota Bunga

Kota Bunga Tempat Wisata Di Cianjur

Kota Bunga – Tempat Wisata Di Cianjur

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berlibur ke luar negeri namun minim budget, maka Kota Bunga ini bisa memenuhi keinginan Anda. Kota Bunga merupakan tempat wisata di Cianjur yang menawarkan sensasi berlibur dengan rasa liburan di luar negeri. Di sini Anda bisa menemui berbagai bangunan dengan gaya Eropa, Jepang, dan negara-negara terkenal lainnya. Bangunan ini adalah villa yang bisa Anda sewa, lengkap degan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Salah satu yang paling menarik dari Kota Bunga adalah tempat yang bernama The Little Venice yang merupakan replika dari Venice (Venisia), sebuah kota indah yang ada di Italia. Tempat ini didesain semirip mungkin dengan tempat aslinya, lengkap dengan perahu, sepeda air, kapal Mississippi, dan gondola yang merupakan ciri khas dari Kota Venisia.

 

3. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang Tempat Wisata Di Cianjur

Situs Gunung Padang – Tempat Wisata Di Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya adalah Situs Gunung Padang yang saat ini namanya sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Situs Gunung Padang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur. Situs Gunung Padang merupakan sebuah situs peninggalan zaman prasejarah berupa situs megalitik yang sebagian besar berbentuk punden berundak.

Situs purbakala ini memiliki luas 900 meter persegi yang berada di ketinggian 885 mdpl di atas bukit. Berbagai fakta hasil temuan para peneliti menunjukkan bahwa situs ini sudah berusia sangat tua sekali, bahkan ada teori yang menyebutkan jika situs ini lebih tua dari situs peradaban tertua di dunia yang ada di Mesopotamia. Jika Anda tertarik dengan sejarah peradaban purbakala maka Situs Gunung Padang di Cianjur ini wajib Anda kunjungi.

 

4. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Tempat Wisata Di Cianjur

Kebun Raya Cibodas – Tempat Wisata Di Cianjur

Bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak maka Kebun Raya Cibodas bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata Anda selanjutnya. Kebun Raya Cibodas berlokasi di kawasan Kompleks Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di daerah Cipanas. Di dalamnya Anda bisa melihat beragam spesies flora yang berasal dari seluruh penjuru tanah air. Sedikitnya ada 1000 jenis tanaman yang bisa Anda temui dan beberapa di antaranya adalah spesies tanaman langka yang hampir punah. Tempat ini juga sering dijadikan tujuan wisata edukatif bagi siswa sekolah.

 

5. Big Ben Waterpark

Big Ben Waterpark Tempat Wisata Di Cianjur

Big Ben Waterpark – Tempat Wisata Di Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang selanjutnya adalah Big Ben Waterpark yang berlokasi di daerah Kota Cipanas. Big Ben Waterpark merupakan wahana permainan air yang cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Di dalamnya terdapat wahana kolam air hangat, ember tumpah, pendulum, dan yang paling unik adalah miniatur Big Ben (jam raksasa asal London) yang bisa Anda jumpai di tempat ini.

Ada juga wahana slide seluncuran yang cukup memacu adrenalin, Anda bisa memainkannya bersama anak-anak Anda. Jika telah puas bermain air dan berenang, di tempat ini juga terdapat sebuah ruang bilas yang sangat unik berbentuk sebuah bus. Untuk bisa masuk dan menikmati semua wahana yang ada di Big Ben Waterpark ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 75.000 per orang.

 

6. The Jhon’s Cianjur Aquatic Resort

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort Tempat Wisata Di Cianjur

The Jhon’s Cianjur Aquatic Resort – Tempat Wisata Di Cianjur

Satu lagi tempat wisata di Cianjur yang berisi wahana outbond dan permainan air yang tidak boleh Anda lewatkan adalah The Jhon’s Cianjur Aquatic Resort. Wisata buatan yang berlokasi di daerah Panembong, tepatnya di Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil Cianjur. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Cianjur yang bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi. Di sini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap mulai dari wahana outbond, children playing ground, tampoline, ATV, hingga wahana paint ball. Jika Anda berminat untuk bermalam di sini juga telah disediakan fasilitas penginapan berupa Villa dengan fasilitas yang cukup mewah.

 

7. Wisata Tirta Jangari

Wisata Tirta Jangari Tempat Wisata Di Cianjur

Wisata Tirta Jangari – Tempat Wisata Di Cianjur

Mungkin Anda sudah pernah mendengar wisata Waduk Cirata yang berlokasi di Desa Bojong. Nah di area waduk ini terdapat sebuah tempat wisata yang cukup menarik perhatian yaitu Tirta Jangari Cianjur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, jika Anda berangkat dari Kota Cianjur hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 18 km saja. Tempat ini biasa dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga. Panorama alamnya yang indah dengan pemandangan waduk Cirata yang terhampar luas memberikan sensasi suasana yang tenang dan sejuk. Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Cianjur di rumah makan terapung yang ada di area wisata Tirta Jangari Cianjur ini. Berbagai kuliner tradisional bisa Anda nikmati di atas rumah makan terapung dengan angin sepoi-sepoi yang membuat makan Anda semakin terasa nikmat.

 

8. Bravo Camping Ground

Bravo Camping Ground Tempat Wisata Di Cianjur

Bravo Camping Ground – Tempat Wisata Di Cianjur

Destinasi wisata di Cianjur yang juga menawarkan nuansa pegunungan adalah Bravo Camping Ground yang berlokasi di daerah Kecamatan Mande, tepatnya di Desa Mulyasari, Cianjur Selatan. Meskipun bernama camping ground tempat ini juga memiliki berbagai wahana outbond dan kolam renang yang bisa Anda nikmati. Tempat ini biasanya ramai dipadati pengunjung di akhir pekan. Anda akan menemukan banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk menghabiskan waktu libur mereka berpiknik di sekitar area Bravo Camping Ground sambil menikmati panorama alamnya yang sejuk dan sangat asri.

 

9. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara Tempat Wisata Di Cianjur

Taman Bunga Nusantara – Tempat Wisata Di Cianjur

Bagi Anda yang ingin mencari spot berfoto dengan latar belakang taman bunga dengan tema ala Jepang maka Taman Bunga Nusantara ini adalah tempat wisata di Cianjur yang harus Anda tuju. Taman ini berlokasi di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, dengan luas lebih dari 35 hektar. Di dalamnya terdapat beberapa spot yang dirancang dengan tema yang unik, mulai dari taman bergaya Jepang, Eropa, hingga Prancis. Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya untuk berfoto dengan latar belakang taman bergaya unik ini. Karena luas taman ini terlalu luas untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa kendaraan taman yang sudah disediakan seperti mobil wara-wiri, dotto trains, dan garden tram.

 

10. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Tempat Wisata Di Cianjur

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango – Tempat Wisata Di Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang terakhir adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman Nasional ini sebenarnya mencakupi tiga wilayah kabupaten besar di Jawa Barat yakni Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Khusus bagi Anda para pendaki, mungkin Anda bisa mencoba untuk menaklukkan puncak Gunung Gede untuk melihat bunga legendaris Edelweiss yang tumbuh subur di sepanjang jalur pendakian menuju ke puncak. Tempat ini juga merupakan area favorit untuk melakukan kemah, keadaan alamnya yang masih alami dan udaranya yang sejuk akan memberikan Anda pengalaman berkemah yang sangat berkesan.

 

Begitulah ulasan singkat kita tentang beberapa tempat wisata di Cianjur yang bisa dijadikan destinasi liburan selanjutnya. Selain wisata alam, Cianjur juga terkenal dengan wisata kulinernya antara lain laksa Cianjur, geco dan asinan buah. Semua makanan ini dapat Anda temui dengan mudah selama berada di Cianjur. Semoga informasi ini dapat berguna dan menambah wawasan Anda tentang kekayaan yang ada di Cianjur dan sekitarnya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!