10 Referensi Tempat Wisata di Garut Pengisi Liburan Anda

Tempat Wisata di Garut – Garut merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Garut sendiri dikelilingi lima gunung sehingga sebagian besar daerahnya merupakan daerah pegunungan. Kecuali wilayah di sekitar pantai berlokasi di selatan Garut. Mengingat keadaan geografisnya yang seperti itu, membuat Garut secara otomatis mempunyai objek wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur kesana. Salah satu yang terkenal adalah kampung Sampireun Garut, daerah dataran tinggi di perkampungan Sunda yang disulap menjadi tempat berbulan madu terbaik di Garut.

Tempat wisata di Garut dapat dibilang cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kuliner pun cukup mudah untuk ditemukan. Selain berbagai macam wisata tadi, Garut juga banyak memiliki wisata kesenian hingga wisata kerajinan seperti olahan kulit di Sukaregang hingga batu akik hijau Garut di desa Bungbulang. Nah kali ini Kompas Wisata akan coba membahas beberapa tempat wisata di Garut yang bisa kalian jadikan referensi liburan nanti. Simak ya !!

 

Referensi Tempat Wisata Di Garut

 

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo - Tempat Wisata di Garut

Pantai Santolo – Tempat Wisata di Garut

Tempat wisata di Garut ini berada di kecamatan cikelet adalah pantai Santolo. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di Garut serta paling populer. Pantai Santolo Garut ini berada 88 km dari pusat kota serta berada di daerah selatan kota Garut. Destinasi wisata di Garut ini juga biasa dijadikan destinasi liburan oleh warga Bandung dan sekitarnya. Ini dikarenakan daya tarik serta kelebihan yang dipunyai pantai ini serta panoramanya yang indah. Keheningan yang disajikan serta beragam fasilitas yang menunjang wisata ini terbilang cukup lengkap.

 

2. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje - Tempat Wisata di Garut

Pantai Karang Paranje – Tempat Wisata di Garut

Wisata alan pantai Karang Paranje merupakan pantai yang berada di Kec. Cibalong, Garut. Pantai ini mempunyai keunikan dengan adanya gugusan karang yang terdapat di sepanjang pantai. Pantai dengan luas sekitar 9 hektar ini kalian bisa menikmati pemandangan pantai serta jika beruntung kalian bisa menyaksikan matahari terbenam. Karena masih alami dan belum ada pembangunan apapun, pantai ini mempunyai suasana yang hening dan damai serta masih bersih karena tidak ada pencemaran, keadaan lingkungannya juga masih asri.

 

3. Darajat Pass

Darajat Pass - Tempat Wisata di Garut

Darajat Pass – Tempat Wisata di Garut

Wisata Darajat Pass Garut merupakan salah satu obyek wisata yang paling popular. Darajat Pass adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di dataran yang lumayan tinggi. Tempat liburan di Garut ini sangat digemari para wisatawan baik dari kota Garut maupun dari luar kota Garut seperti Bandung dan Jakarta. Wisata Darajat ini juga mempunyai pemandian air panas yang ramai pengunjung juga. Pemandian air panas di darajat pasa adalah yang paling popular dikarenakan tempatnya yang nyaman. Jika kalian ingin menginap telah banyak disediakan penginapan puncak darajat Garut. Anda juga bisa menikmati mandi sambil bermain serta menikmati suasana yang masih asri bersama keluarga Anda. Objek wisata ini juga mempunyai konsep taman bermain, jadi sangat cocok buat anak-anak Anda bermain serta mandi disini.

 

4. Babancong

Babancong - Tempat Wisata di Garut

Babancong – Tempat Wisata di Garut

Tempat wisata Babancong Garut merupakan sebuah bangunan kecil yang lebih mirip dengan pesanggrahan. Tempat ini berbentuk panggung dengan sisi selatannya yang merupakan alun-alun yang biasa dipanggil Lapangan Oto Iskandardinata Garut. Mempunyai luas yang mencapai kurang lebih 15 meter serta mempunyai  panggung dengan ketinggian 2 meter. Serta terdapat delapan buah tiang penyangga buat atap dengan masing-masing ketinggian sekitar 7 meter. Bagian depannya persis menghadap kearah alun-alun, sedangkan belakangnya gedung ini menghadap ke arah Gedung Pendopo, serta rumah tempat tinggal Bupati yang biasa disebut dengan Pamengkang. Pada bagian belakang terdapat tangga serta pintu masuk ke tempat wisata di Garut ini.

 

5. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas - Tempat Wisata di Garut

Kawah Talaga Bodas – Tempat Wisata di Garut

Dari tempat parkir kawah Talaga Bodas Garut berada di pinggir kawah. Selain itu terdapat jalur pada sebelah kanan yang langsung menuju ke pemandian. Kalau Anda berjalan kaki berjarak sekitar 200-300 meter saja. Tapi karena seringkali jalanannya sedikit becek serta genangan air yang cukup tinggi. Untuk bisa tiba diarea pemandian Anda akan menemukan beberapa kolam dengan air yang juga berwarna seperti hijau susu. Sedangkan kolam air panasnya yang masih lumayan baru , karena baru ada sekitar 1 sampai 2 tahun yang lalu. Karena dulu  tidak terdapat kolam yang sengaja dibangun khusus di sekitar pinggir danau. Selain itu tempat wisata di Garut ini telah berdiri beberapa kamar mandi, kamar ganti, toilet serta mushola yang sedang dalam tahap pembangunan. Air disana dipercaya mengandung belerang yang konon katanya bagus buat kesehatan kulit.

 

6. Air Panas Cipanas

Air Panas Cipanas - Tempat Wisata di Garut

Air Panas Cipanas – Tempat Wisata di Garut

Cipanas merupakan tempat di Garut yang terkenal dengan pemandian air panasnya.  Sumber alam Cipanas Garut berada di sekitar 6 Km dari pusat kota Garut serta 50 Km dari pusat kota Bandung. Selama perjalaan mata kalian akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan serta hamparan sawah hijau yang indah. Air panas Cipanas seringkali dikunjungi wisatawan, tak jarang juga para wisatawan menginap atau beristirahat sejenak. Konon katanya air panas Cipanas mempunyai berbagai macam mineral yang terkandung didalamnya serta dipercaya sangat bermanfaat buat kesehatan. Tak hanya itu berbagai macam fasilitas tersedia dan lengkap di daerah ini.

 

7. Curug Orok

Curug Orok - Tempat Wisata di Garut

Curug Orok – Tempat Wisata di Garut

Curug Orok merupakan salah satu tempat wisata curug di Garut yang berupa wisata air terjun. Berada di di Desa Cikandang, tempat wisata alam di Garut ini merupakan salah satu yang paling terkenal. Nama obyek wisata ini berasal dari sebuah legenda masyarakat Garut, konon katanya dahulu kala seorang ibu tega membuang anaknya yang masih bayi dari atas air terjun. Curug Orok mempunyai ketinggian kurang lebih 45 meter serta banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan dari kota Garut, Bogor bahkan Jakarta. Untuk masuk ke wisata alam Curug Orok Anda cuma perlu mengeluarkan Rp 10,000/orang. Dengan harga segitu, membuat tempat wisata ini termasuk salah satu pemandian air panas di Garut yang cukup murah.

 

8. Sabda alam

Sabda Alam - Tempat Wisata di Garut

Sabda Alam – Tempat Wisata di Garut

Wisata Sabda Alam Garut ini merupakan salah satu wisata alam terbaik. Tempat wisata Sabda Alam ini adalah  wisata taman air di daerah Cipanas. Berada di tempat yang strategis inilah yang membuat wisata Sabda Alam sangat ramai pengunjung setiap harinya. Tak hanya itu, daerah Cipanas mempunyai berbagai wisata alam lainnya seperti pemandian air panas, sumber alam Cipanas Garut lainnya serta  taman air. Apalagi nama tempat wisata ini yang memakai nama Sabda Alam, membuat para pengunjung merasa penasaran.

 

9. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan - Tempat Wisata di Garut

Gunung Papandayan – Tempat Wisata di Garut

Gunung Papandayan merupakan gunung api yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Bandung serta Garut. Berlokasi di Kec. Cisurupan, gunung ini berjarak sekitar 70 Km dari pusat kota Bandung. Tak heran jika banyak warga Bandung menjadikan gunung ini sebagai destinasi liburan. Salah satu yang menarik dari objek wisata ini adalah kawah serta sumber air panas yang konon bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Selain itu para pecinta alam seringkali ke gunung Papandayan untuk mendaki serta menyaksikan matahari terbit.  Tak heran jika gunung ini menjadi tempat wisata Garut 2017 yang wajib Anda kunjungi.

 

10. Batu Alam Tumpang

Batu Alam Tumpang - Tempat Wisata di Garut

Batu Alam Tumpang – Tempat Wisata di Garut

Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan panjat tebing, kalian wajib datang ke Batu Tumpang Garut. Tebing alam ini berlokasi di kec. cikajung. Nama obyek wisata ini dalam bahasa sunda berarti batu numpang  atau  batu yang nempel diatas tanah. Batu Tumpang Garut salah satu tebinng yang berlokasi di perkebunan teh giriawas Cikajang. Lokasi tempat wisata ini tergolong strategis karena berada di pinggir jalan menuju pantai Santolo. Jarak wisata ini ke pusat kota Cikajang kurang lebih 6 Km dan 35 Km jika kalian dari pusat kota Garut.

 

Itulah beberapa tempat wisata di Garut yang bisa Anda jadikan tujuan wisata saat liburan nanti. Semoga waktu liburan Anda menjadi lebih berkesan dan jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Garut seperti Burayot, Ladu malangbong atau Es Goyobod. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!