Tempat Wisata Di Gunung Kidul Yang Menyuguhkan Panorama Alam Indah

Tempat Wisata Di Gunung Kidul – Kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini terkenal dengan bukit kapurnya yang tandus, namun dibalik semua itu Gunung Kidul ternyata memiliki potensi wisata alam yang luar biasa indah. Anda memang harus menempuh perjalanan yang tidak sebentar dari pusat kota Jogja untuk sampai ke tempat ini namun semua itu akan terbayar dengan keindahan alam yang begitu mempesona. Setidaknya ada beberapa andalan wisata pantai di Jogja yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul ini.

Sederet pantai pasir putihnya akan menyambut kedatangan anda dengan desiran suara ombak yang memecah keheningan suasana alam yang masih asli di Gunung Kidul ini. Selain wisata pantainya yang tidak perlu anda ragukan lagi keindahannya, anda bisa juga berwisata menyusuri goa-goa alam di Gunung Kidul ataupun bermain dibawah air terjunnya yang memiliki air dingin yang segar di badan. Berikut ulasan dari Kompas Wisata mengenai beberapa tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib anda kunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul Terfavorit

 

1. Gua Pindul

Gua Pindul - Tempat wisata di Gunung Kidul

Gua Pindul – Tempat wisata di Gunung Kidul

Tempat wisata di Gunung Kidul yang pertama adalah Gua Pindul. Ini adalah gua alam yang ada di Gunung Kidul yang sangat asik untuk dikunjungi. Anda akan menyusuri gua dengan cara menaiki ban dalam karena lantai dasar gua ada aliran sungai sepanjang 300 meter atau yang biasa disebut cave tubing. Dengan aliran sungainya yang tenang dan suasana gua yang indah dapat menenangkan pikiran anda.

 

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti - Tempat wisata di Gunung Kidul

Pantai Indrayanti – Tempat wisata di Gunung Kidul

Untuk edisi pantai, tempat wisata di Gunung Kidul yang pertama adalah Pantai Indrayanti atau juga sering disebut Pantai Pulang Sawal. Daerah Gunung Kidul memang terkenal dengan deretan pantainya sehingga tidak lengkap rasanya jika anda pergi ke Gunung kidul namun tidak mengunjungi pantai-pantai indahnya. Salah satu pantai yang menjadi favorit bagi para wisatawan adalah Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal yang menyajikan pemandangan pantai indah dengan fasilitas lengkap untuk pengunjung yang mengunjunginya.

 

3. Pantai Siung

Pantai Siung - Tempat wisata di Gunung Kidul

Pantai Siung – Tempat wisata di Gunung Kidul

Selain Pantai Indrayanti, tempat wisata di Gunung Kidul juga memiliki pantai eksotis yang dinamai sebagai Pantai Siung. Pantai ini memiliki batu karang yang berukuran raksasa di pinggiran pantainya. Bagi anda yang menyukai olahraga rock climbing tempat ini cocok, dimana anda bisa memanjat tebing karangnya yang begitu tinggi. Di tebing karang ini juga terdapat jalur pemanjatan yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sensasi pemacu adrenalin yang diberikan pantai ini sangatlah patut untuk dicoba bagi para penikmat wisata ekstrim.

 

4. Pantai Jogan

Pantai Jogan - Tempat wisata di Gunung Kidul

Pantai Jogan – Tempat wisata di Gunung Kidul

Wisata pantai selanjutnya yang tersedia di kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Jogan. Pantai ini memiliki keunikan dibanding dengan pantai-pantai lainnya karena adanya air terjun yang ada di pantai Jogan ini. Air terjung yang mengalir di bukit kapur khas Gunung Kidul ini langsung menuju ke laut seperti yang ada di McWay Beach Waterfall, California. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Pantai Jogan ini terletak di sebelah barat pantai Siung.

 

5. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor - Tempat wisata di Gunung Kidul

Pantai Nglambor – Tempat wisata di Gunung Kidul

Tempat wisata di Gunung Kidul edisi pantai yang terakhir adalah Pantai Nglambor. Pantai ini terletak diantara pantai Jogan dan pantai Siung. Pantai Nglambor ini masih sepi dikunjungi oleh para wisatawan, mungkin karena akses jalannya yang cukup sulit karena jalanannya cukup terjal. Pantai Nglambor ini memiliki cekungan bibir pantai dimana anda dapat menemukan banyak ikan dan terumbu karang yang hidup disitu. Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk snorkeling.

Bonus :

 

Itulah ulasan dari beberapa tempat wisata di Gunung Kidul yang memiliki daya tarik tersendiri. Semoga artikel ini menambah wawasan anda mengenai tempat wisata menarik yang ada di sekitar Jogja. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!