5 Tempat Wisata Di Jakarta yang Paling Keren Sepanjang Sejarah

Tempat wisata di Jakarta – Jakarta, apa yang Anda pikirkan setelah mendengar nama Jakarta? Baik kah? Buruk kah? Tertata kah? Atau yang lain? Ya, Jakarta sendiri adalah ibu kota negara Indonesia. Walau demikian, sampai sekarang Jakarta masih bergelut dengan aneka permasalahan. Permasalahan di Jakarta pun tergolong kompleks dan beraneka ragam, mulai dari banjir, pembebasan lahan, kemacetan lalu lintas, pendidikan, pengelolaan sampah, transportasi, hunian serta masalah-masalah lainnya.

Nah, dengan semua permasalahan tadi, bukan kah hal wajar jika warga Jakarta membutuhkan tempat wisata yang tenang, nyaman dan bebas dari hiruk pikuk kota.

Bogor, Bandung, Tanggerang dan beberapa daerah sekitar kerap menjadi pelarian warga Jakarta untuk berlibur. Bukan karena tempat wisata di Jakarta tidak ada. Bagi mereka, tempat wisata yang menenangkan adalah tempat wisata yang berbau dengan alam, serta jauh dari kepenatan ibu kota. Padahal, jika mereka sadari, di Jakarta sendiri banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Ya, walau terkenanl dengan aneka permasalahannya, Jakarta sendiri punya banyak tempat wisata seru dan sayang untuk dilewatkan. Walau dari jauh dari kesan alam dan sejenisnya, setidaknya tempat wisata di Jakarta punya view yang lumayan, khususnya untuk mereka yang hobi selfie.

Bukan hanya view. Beberapa tempat wisata juga punya sejarah dan histori yang kuat, sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

 

Daftar Tempat Wisata Di Jakarta

Nah, untuk Anda yang ingin berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga, di bawah ini Kompas Wisata akan mengulas tempat-tempat di Jakarta yang dirasa cocok untuk Anda kunjungi:

 

1. Monas

Monas - Tempat wisata di Jakarta

Monas – Tempat wisata di Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Monas? Bangunan bersejarah ini memang begitu melegenda, bahkan telah dikenal hingga penjuru dunia. Bukan hanya menjadi ikon DKI Jakarta, bangunan dengan tinggi 132 meter ini juga dikenal sebagai ikon Indonesia, khususnya pada acara-acara tertentu.

Di samping menjadi tempat wisata di Jakarta, Monas juga kerap dijadikan tempat berlangsung acara nasional, seperti Dzikir akbar, perayaan tahun baru dan sebagainya.

Selain itu Monas juga memiliki aneka wahana, mulai dari silang Monas (Lapangan sekitar Monumen Nasional yang luas), Museum Indonesia, sampai ruang pandang yang ada di lantai teratas. Bukan hanya itu, jika Anda beruntung, Anda juga bisa menikmati festival yang diadakan di silang monas.

Menurut sejarah, tempat wisata di Jakarta ini dibangun tanggal 17 Agustus 1961, dengan arsitek Frederich Silaban dan R. M. Soedarsono.

Nah, untuk Anda yang ingin ke sini, Anda bisa ke Gambir, Jakarta Pusat. Jika Anda naik kereta, Anda bisa turun di Stasiun Gambir. Dari sana Anda tinggal berjalan beberapa menit untuk sampai ke gerbang Monas.

Tempat wisata di Jakarta ini tidak membanderol tiket masuk, khususnya jika Anda hanya mengunjungi pelataran Monas. Tapi jika Anda ingin ke Museum dan naik ke lantai atas, Anda diperkenankan membayar Rp 5.000,- untuk masuk musem dan Rp 10.000,- untuk naik ke atas menara (Harga sewaktu-waktu bisa berubah)

 

2. Kota Tua

Kota Tua - Tempat wisata di Jakarta

Kota Tua – Tempat wisata di Jakarta

Jika Anda suka dengan hal-hal klasik, atau Anda ingin melihat koleksi benda-benda klasik, Anda bisa kunjungi Kota Tua. Tempat wisata di Jakarta ini punya banyak museum yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari Museum Fatahilah, Museum Wayang, dan aneka museum lainnya. Harga tiket masuk ke museum tak begitu mahal, yaitu sekitar Rp 7.000, sampai Rp 10.000,- per orang. Di samping menikmati museum, Anda juga bisa menikmati jajanan khas betawi di sini. Atau jika Anda ingin makanan yang lebih trendi, di sini juga terdapat aneka cafe yang bisa dikunjungi.

Oh ya, Kota Tua sendiri terletak antara Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Tempat wisata di Jakarta ini bisa diakses dengan busway jurusan Kota – Blok M. Tarif busway sendiri terbilang murah, yaitu sekitar Rp 4.000,- untuk satu kali perjalanan (Pembayaran busway sekarang menggunakan kartu).

Satu lagi, di samping memiliki punya banyak museum, tempat ini juga punya banyak bangunan dan benda-benda yang tua fotogenik.

Bukan hanya itu, di waktu-waktu tertentu, beberapa sudut kawasan juga kerap dijadikan ajang selfie dan wefie. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa mendapati fotografer yang sedang melakukan sesi prewedding.

 

3. Taman Mini Indonesia Indah

TMII - Tempat wisata di Jakarta

TMII – Tempat wisata di Jakarta

Di samping Monas, dan Ancol, TMII adalah tempat wisata di Jakarta yang paling populer. Di sini terdapat aneka wahana seru dan menyenangkan. Mulai dari Keong Mas, Replikasi Indonesia, Taman Among Puro, kereta gantung, Snow Bay dan masih banyak yang lainnya.

Walau tergolong fenomenal, tempat wisata di Jakarta ini juga tergolong murah. Hal itu dapat dilihat dari harga tiket masuknya yang hanya Rp 15.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Namun perlu diingat, harga tersebut ialah harga tiket masuk awal. Setelahnya Anda harus membayar tiap wahana yang Anda gunakan. Adapun list yang kami dapat dari sumber data adalah:

  • Keong Mas: Rp 35.000,- per orang
  • Kolam Renang Sendang Sejodo: Rp 15.000,- per orang
  • Bumper Car: Rp 15.000,- per orang
  • Air Plane: Rp 10.000,- per orang
  • Monorail: Rp 10.000,- per orang
  • Komedi Putar: Rp 10.000,- per orang
  • Roda Tamasya: Rp 10.000,- per orang
  • Kiddy Boat: Rp 10.000,- per orang
  • Baterry Car: Rp 10.000,- per orang
  • Pesawat Capung: Rp 10.000,- per orang
  • Fancy Animal: Rp 10.000,- per orang
  • Giring Ombak: Rp 10.000,- per orang

Perlu diingat, harga tiket tempat wisata di Jakarta tadi adalah harga sementara. Harga-harga tersebut bisa saja berubah. Di samping daftar di atas masih ada daftar wahana lain yang bisa Anda coba seperti Snow Bay dan lainnya.

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin ke sini, silahkan datang ke Ciger, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Bagaimana, tertarik untuk datang?

 

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu - Tempat wisata di Jakarta

Kepulauan Seribu – Tempat wisata di Jakarta

Jika Anda mencari tempat wisata di Jakarta yang berbau alam, maka jawabannya Cuma satu, yaitu Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu sendiri adalah daerah administrasi Jakarta. Daerah ini terletak di utara Jakarta. Walau dikenal sebagai Kepulauan Seribu, daerah ini sejatinya tidak memiliki pulau hingga ribuan, melainkan hanya sampai ratusan.

Pulau seribu sendiri memiliki aneka pulau cantik yang sayang untuk dilewatkan. Dari pulau-pulau tersebut, Anda bisa menikmati wisata alam yang menyenangkan, menentramkan, dan mendamaikan. Sebut saja Pulau Tidung, Pari, dan beberapa pulau cantik lainnya.

Di samping kaya akan pulau-pulau cantik, tempat wisata di Jakarta ini juga kaya akan fasilitas. Di sini Anda bisa mendapati warung makan, hotel, toilet, transportasi dan aneka fasilitas lain.

Tapi, semua fasilitas yang dimaksud tadi hanya untuk pulau yang berpenghuni dan dikelola dengan baik. Sedang untuk pulau yang tidak dihuni dan belum dikelola, Anda takkan menemui fasilitas nyaman seperti hotel dan lainnya.

Oh ya, jika Anda ingin berkunjung ke kepulauan seribu, Anda bisa menyebrang via Muara Angke dengan perahu yang mengarah ke Pulau Seribu.

 

5. Taman Wisata Alam Angke, Kapuk

Taman Wisata Alam Angke - Tempat wisata di Jakarta

Taman Wisata Alam Angke – Tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata di Jakarta ini nampaknya sedang hits dan naik daun, khususnya setelah media sosial mulai di hits. Di sana Anda bisa mendapati hutan mangrove nan lebat dan hijau. Jika Anda mau, Anda juga bisa menyewa perahu untuk jalan-jalan mengelilingi hutan mangrove. Oh ya, di sini terdapat banyak sekali spot foto yang keren. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membawa. Karena jika tidak Anda pasti akan menyesal.

Tempat wisata di Jakarta ini ada di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Tempat tersebut bisa Anda akses dengan berbagai transportasi, mulai dari busway, bis kota hingga angkot. Untuk Anda yang tertarik ke sini, Anda bisa datang dan membayar Rp 25.000,- per orang untuk tiket masuk (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Tempat-tempat tersebut memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda-beda. Jika tempat-tempat tadi kurang menarik, Anda bisa mengunjungi tempat lain seperti Ancol, Taman Soeropati, Ragunan, dan lain-lain. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!