15 Tempat Wisata Di Jambi Terbaik Dan Terpopuler

Wisata Jambi – Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selain untuk menghilangkan penat, dengan berlibur kita akan menambah pengalaman baru. Apalagi jika kita berlibur bersama keluarga. Tentu hubungan dengan anak akan menjadi lebih harmonis. Liburan bisa dilakukan di mana saja, di dalam kota, luar pulau hingga luar negeri. Salah satu daerah yang sering menjadi destinasi liburan adalah Provinsi Jambi. Namun belum banyak yang mengetahui tempat wisata di Jambi yang bisa dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Provinsi Jambi merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Daerah yang memiliki semboyan “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sering menjadi incaran para wisatawan. Berikut tempat wisata di Jambi yang bisa Kompas Wisata berikan kepada sobat traveller.

 

Referensi Terbaik Tempat Wisata Di Jambi

 

1. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi - Tempat wisata di Jambi

Candi Muaro Jambi – Tempat wisata di Jambi

Tempat wisata di Jambi yang pertama adalah Candi Muaro Jambi. Jika Anda ingin mengetahui sejarah kota Jambi, maka tidak ada salahnya mengunjungi Candi Muaro Jambi. Candi ini merupakan situs peninggalan kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Melayu. Candi Muaro Jambi juga memiliki museum purbakala yang dapat menambah pengetahuan kita. Situs peninggalan budaya yang terdapat di kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi ini diprediksi telah ada sejak abad ke-11 Masehi. Namun baru di tahun 1975 pemerintah Indonesia mulai serius dalam pemugaran kompleks candi ini. Terdapat 9 situs peninggalan pada kompleks candi yang telah ditemukan dan dipugar dengan rapi seperti perkiraan bentuk aslinya. Kesembilan situs itu adalah :

  • Candi Kedaton
  • Candi Koto Mahligai
  • Candi Gumpung
  • Candi Gedong satu
  • Candi Gedong dua
  • Candi Vando Astano
  • Candi Tinggi
  • Candi Kembar batu
  • Kolam Telago Rajo

Tidak hanya itu, di Candi Muaro Jambi kita juga dapat berkeliling menikmati keindahan alam dengan sepeda maupun perahu yang disewakan. Untuk mengunjungi kompleks candi yang telah diresmikan oleh Presiden Indonesia di tahun 2012 yakni Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) ini hanya membutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota. Pelestarian serta kebersihan situs purbakala ini harus tetap dijaga oleh para pengunjung dan masyarakat sekitar, agar objek wisata ini tetap menjadi destinasi terfavorit di Provinsi Jambi.

 

2. Taman Tanggo Raja

Tanggo Rajo - Tempat wisata di Jambi

Tanggo Rajo – Tempat wisata di Jambi

Taman Tanggo Rajo merupakan tempat wisata di Jambi yang sangat unik. Para wisatawan sering menyebutnya sebagai Ancolnya Jambi. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan sunset dengan pemandangan sungai Batanghari yang sangat luas. Dilokasi ini juga terdapat jembatan pedesterian dengan panjang 503 meter dan luas 4,5 meter yang dinamai Gentala Arasy. Jangan khawatir kelaparan ketika mengunjungi tempat ini, karena banyak sekali kuliner khas Jambi yang harus dicicipi.

Tanggo Rajo sering menjadi tempat untuk perayaan ulang tahun Jambi dan hari-hari besar lainnya. Bahkan salah satu wisata kota Jambi ini merupakan tempat terselenggaranya kegiatan tahunan, seperti lomba perahu tradisional yang dilakukan di sungai terpanjang di Sumatera ini.

 

3. Jambi Paradise

Jambi Paradise - Tempat wisata di Jambi

Jambi Paradise – Tempat wisata di Jambi

Wisata Jambi Paradise merupakan salah satu wisata air yang lagi digemari di kota Jambi. Tempat wisata di Jambi ini sangat populer di masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan mengunjungi tempat ini akan sangat menarik ketika bersama keluarga, pacar maupun sahabat. Kita akan mendapatkan pengalaman baru dengan memberi makan ikan di kolam yang telah disediakan.

Untuk mengunjugi wisata Jambi paradise tidak perlu susah mencari alamatnya, karena letak objek wisata di Jambi yang satu ini sangat dekat dengan jalan kota sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Wahana bermain serta spot foto yang ada disini terbilang sangat memuaskan bagi para pengunjung yang datang. Sarana infrastruktur penunjang disini juga terbilang lengkap, dari tempat makan, kamar kecil, hingga tempat peristirahatan juga telah disediakan oleh pihak pengelola.

Hanya dengan Rp.20.000 Anda sudah bisa masuk ke tempat wisata kota Jambi ini. Jika didalam nanti Anda ingin bermain perahu, maka dapat menyewanya dengan Rp.30.000 untuk perahu kecil dan Rp.50.000 untuk perhau besar. Bagi Anda yang ingin berkeliling menggunakan sepeda, disini juga menyewakan fasilitas sepeda dengan harga Rp.10.000 untuk 1 buah sepeda. Sangat terjangkau bukan? tunggu apalagi, ajak semua kerabat Anda untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Jambi ini.

 

4. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi - Tempat wisata di Jambi

Museum Negeri Jambi – Tempat wisata di Jambi

Untuk mengetahui sejarah kota Jambi, selain dari Candi Muaro Jambi Anda juga dapat berkunjung ke Museum Negeri Jambi. Museum yang berada di pusat Kota Jambi ini memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang patut untuk diketahui. Koleksi yang ada pada Museum Negeri Jambi ini berjumlah sekitar 2.855 buah. Seperti fosil kayu, batuan, mineral, beliung batu, teko, arca, uang dan lain sebagainya. Dengan mengunjungi museum ini, tentu saja ilmu pengetahuan kita akan bertambah serta memberikan pengalaman yang berbeda pula.

Museum Negeri Jambi merupakan museum terbesar di Kota Jambi yang kini namanya telah berubah menjadi Museum Siginjai. Berubahnya nama museum ini diharapkan dapat menanamkan nilai sejarah pada masyarakat Jambi. Perubahan nama ini merupakan kesepakatan dari para budayawan yang ada di Jambi. Pergantian nama Museum Negeri Jambi menjadi Museum Siginjai ini berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 26 tahun 2012. Terpilihnya nama Siginjai sebagai nama museum ini karena merupakan nama dari sebilah keris yang dipakai oleh Orang Kayo Hitam. Dimana Orang Kayo Hitam adalah Raja Jambi di masa lalu yang berjuang bagi kejayaan negeri Jambi.

 

5. Hutan Kota Mayang Mangurai

Hutan Kota Mayang Mangurai - Tempat wisata di Jambi

Hutan Kota Mayang Mangurai – Tempat wisata di Jambi

Menikmati indahnya pepohonan yang menjulang tinggi dengan ditemani kicauan burung bisa dilakukan dengan mengunjungi Hutan Kota Mayang Mangurai. Pada objek wisata alam yang memiliki luas ± 46 kektar ini, kita bisa mengenal berbagai macam jenis pohon yang belum pernah kita temui sebelumnya. Seperti pohon pinus, pengunjung juga dapat melihat pohon bulian, gaharu, tembesu dan jenis pohon lainnya. Dilokasi ini, pengunjung juga dapat belajar mengenai beberapa tanaman langka yang tumbuh di hutan ini. Kelengkapan sarana penunjang di objek wisata alam ini juga telah disediakan agar pengunjung dapat betah berlama-lama di hutan kota ini.

Letak hutan kota ini berada di daerah kelurahan kenali asam bawah, Kecamatan Kota baru, Jambi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota jambi, hanya berjarak sekitar 6-7 km dari pusat kota Jambi. Jadi, untuk menuju ke lokasi hutan kota ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa juga menggunakan kendaraan umum yang mengarah ke lokasi hutan kota ini.. Hutan Kota Mayang Mangurai juga sering disebut dengan nama Hutan Taman Kenali. Dilokasi ini kita dapat merasakan keindahan alam yang masih murni dan terjaga dari tangan jahil manusia. Bagaimana? Anda sudah siap untuk membuat tenda perkemahan disini? temukan naluri alamiah Anda saat berada di Hutan ini.

 

6. Geopark Merangin

Geopark Merangin - Tempat wisata di Jambi

Geopark Merangin – Tempat wisata di Jambi

Kota Jambi merupakan tempat menarik yang selalu ingin dikunjungi oleh semua orang. Mulai dari danau yang dimiliki, gunung, air terjun hingga sungainya. Geopark Merangin adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang selalu ramai pengunjung. Apalagi bagi para pecinta arum jeram. Lokasi ini berada di desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin. Geopark ini resmi bergabung menjadi anggota Geopark Nasional Indonesia pada september 2013 bersamaan dengan Raja Ampat, Gunung Rinjani, Danau Toba dan Green Canyon.

Dengan perjalanan 6 jam dari Kota Jambi, Geopark Merangin menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Karena pengunjung akan diajak berkeliling sungai sekaligus menikmati pemandangan di sekelilingnya. Kita akan melihat hijaunya hutan yang sangat lebat dan fosil flora yang sudah berumur ratusan juta tahun. Seru bukan?

 

7. Danau Telaga Biru

Danau Telaga Biru - Tempat wisata di Jambi

Danau Telaga Biru – Tempat wisata di Jambi

Jambi memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Danau Telaga Biru. Danau Telaga Biru merupakan telaga yang berada di kabupaten Merangin tepatnya di Gunung Masurai. Telaga ini memiliki air biru yang sangat cantik di tengah-tengah hutan di bukit yang berketinggian 2033 mdpl. Lokasi ini sangat cocok bagi para pecinta alam maupun backpaker, karena keindahan serta sensasi natural yang ada disini sangat jarang ditemukan ditempat lain. Untuk mencapai tempat wisata di Jambi ini harus melewati jalan yang tidak mudah. Namun jangan khawatir karena rasa lelah akan terbayar setelah kita tiba di lokasi.

Objek wisata yang berada di desa Tanjung Alam, Kecamatan Jangkat ini muncul akibat dari letusan gunung vulkanik yang membentuk sebuah kawah berdiameter ±1x lapangan futsal. Dikawasan ini banyak sekali lumut dan tumbuhan yang hidup subur pada permukaan danau serta tidak terdapat ikan yang mampu berkembang biak di telaga ini. Dapat Anda bayangkan seberapa jernihnya air yang ada di danau ini.

 

8. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing - Tempat wisata di Jambi

Air Terjun Sigerincing – Tempat wisata di Jambi

Menikmati keindahan wisata alam Jambi belum lengkap rasanya jika belum mengeksplor air terjun Sigerincing. Air terjun yang berada di desa Dusun Tuo, kecamatan Lembah Masurai, kabupaten Merangin – Jambi ini memiliki ketinggian hingga 40 meter. Untuk menuju lokasi yang tepat di kawasan kaki Gunung Masurai ini, pengunjung dapat menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bangko.

Tempat wisata Jambi ini sangat cocok bagi wisatawan yang sangat menyukai tantangan. Karena untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus menapaki ratusan anak tangga yang sangat curam dan terjal. Namun tentu saja, perjuangan akan dibalas dengan pemandangan air terjun yang sangat menawan.

 

9. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci - Tempat wisata di Jambi

Gunung Kerinci – Tempat wisata di Jambi

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Asia tenggara yang masih aktif hingga saat ini. Gunung dengan ketinggian 3.805 Mdpl ini terletak di Provinsi Jambi yang juga berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang berjenis Strato Vulcano ini secara administrasi berada di daerah TNKS atau Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung Kerinci yang memiliki kawah sedalam 600 meter ini terakhir kali beraktifitas pada tahun 2009.

Lokasi Gunung Kerinci tepatnya ada di kawasan desa Kersik Tuo, kecamatan Kajoe Aro, Kabupaten Kerinci. Untuk menuju lokasi, para pendaki dapat menghabiskan waktu perjalan sekitar 8-10 jam dari Kota Jambi hingga kecamatan Kajoe Aro. Pada puncak gunung ini, pendaki dapat melihat dari kejauhan keindahan wilayah Jambi, Padang dan Bengkulu. Bahkan Luasnya Samudera Hindia juga tampak jelas dilihat dari puncak Gunung Kerinci jika pada saat cuaca sedang bagus. Are you ready? siapkan stamina dan perlengkapan Anda sebelum mendaki gunung tertinggi se-Sumatera ini.

 

10. Danau Kerinci

Danau Kerinci - Tempat wisata di Jambi

Danau Kerinci – Tempat wisata di Jambi

Kerinci merupakan kabupaten yang terletak di wilayah paling barat Provinsi Jambi. Jika kalian berkunjung ke Jambi jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengunjungi Danau Kerinci. Danau Kerinci merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang sudah sangat terkenal. Pengunjung bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau jernih ini dan menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

Tidak hanya itu, kita juga bisa berkeliling desa dan melihat batu-batu berukir yang merupakan tanda bahwa daerah Danau Kerinci pernah dihuni oleh manusia purba. Disekitar danau juga banyak tersedia tempat makan yang menyajikan kuliner khas masyarakat keliling danau. Tempat wisata di Jambi ini juga memiliki acara tahunan yang rutin diselenggarakan, masyarakat setempat menyebutnya ‘Pesta Danau’. Pesta danau ini merupakan wujud kesatuan budaya dan sekaligus menjadi ajang promosi wisata masyarakat Kerinci.

 

11. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh - Tempat wisata di Jambi

Danau Gunung Tujuh – Tempat wisata di Jambi

Ingin sekedar merilekskan pikiran, maka Danau Gunung Tujuh adalah pilihan yang tepat. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dari ketinggian 1.950 Mdpl. Mengamati sejuknya danau dengan dikelilingi tujuh gunung yang menjulang tinggi memberikan ketenangan tersendiri. Bahkan pengunjung juga dapat dengan jelas menyaksikan indahnya sunrise di danau ini.

Tempat terfavorit bagi para penikmat wisata alam untuk melepaskan diri dari kepenatan kota serta udara kotornya. Dilokasi ini, pengunjung dapat berkemah dan menyewa perahu milik masyarakat sekitar. Setelah puas menikmati keindahan alamnya, jangan lupa untuk mencicipi ikan kecil yang sangat nikmat dan hanya ada di danau ini.

 

12. Danau Kaco

Danau Kaco - Tempat wisata di Jambi

Danau Kaco – Tempat wisata di Jambi

Pariwisata Kerinci selanjutnya adalah Danau Kaco. Danau Kaco merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang sangat misteri. Danau ini terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Dikatakan misteri karena danau ini akan mengeluarkan cahaya yang sangat terang ketika waktu menjelang malam atau saat bulan purnama. Padahal kedalaman danau ini belum bisa diukur dengan pasti. Meski demikian pengunjung dapat menikmati indahnya dasar danau karena airnya yang memang jernih.

Kemah di Danau Kaco - Tempat wisata di Jambi

Danau Kaco berada di kawasan TNKS yang mana merupakan salah satu situs warisan UNESCO ini memiliki luas ±30m². Danau ini dapat ditempuh melalui jalur darat dari Kota Jambi hingga Kota Sungai Penuh dengan menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan, kemudian dilanjutkan menuju desa lempur sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda empat. Selanjutnya Anda hanya dapat meneruskan perjalan dengan berjalan kaki sekitar 2-4 jam lamanya dan jangan lupa untuk membawa suplai makanan sebelum mendaki. Sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa guide atau mengikuti orang yang sudah mengenal area pendakian. Untuk fasilitas, karena danau ini terletak di tengah hutan jadi dapat dipastikan tidak adanya fasilitas penunjang yang ada di lokasi danau ini. Jika ingin menginap, sangat disarankan untuk berkemah dan wajib selalu menjaga kebersihan lokasi wisata.

 

13. Kebun Teh Kajoe Aro

Kebun Teh Kajoe Aro - Tempat wisata di Jambi

Kebun Teh Kajoe Aro – Tempat wisata di Jambi

Tempat wisata di Jambi selanjutnya adalah Kebun Teh Kajoe Aro. Kebun teh yang terletak di kaki Gunung Kerinci ini merupakan salah satu kebun teh yang terluas di dunia. Kebun teh ini sesuai namanya terletak di kecamatan Kajoe Aro, kabupaten Kerinci – Jambi dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Lokasi dapat ditempuh melalui Kota Jambi hingga Kabupaten Kerinci sekitar 6-7 jam perjalanan, dan dilanjutkan menuju kecamatan Kajoe Aro sekitar 1-2 jam.

Perkebunan teh ini memiliki luas lahan 3.020 hektar dan berada diketinggian hingga 1.600 Mdpl. Keindahan pemandangan yang disuguhkan pada objek wisata ini adalah hijaunya perkebunan teh sejauh mata memandang dan sejuknya udara khas pegunungan yang ada di lokasi ini. Fakta unik dari kebun teh ini adalah, kebun teh Kajoe Aro sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yang artinya kebun teh ini merupakan kebun teh pertama dan tertua yang ada di Indonesia.

 

14. Bukit Khayangan

Bukit Khayangan - Tempat wisata di Jambi

Bukit Khayangan – Tempat wisata di Jambi

Keindahan alam tanah Kerinci memang merupakan surga kecil yang ada di Provinsi Jambi. Dilihat dari banyaknya objek wisata bagus yang ada di daerah ini, memang pantas Kerinci dapat disebut kota wisata di Jambi. Salah satu tempat wisata di jambi yang ada di Kerinci berikutnya adalah Bukit Khayangan. Bukit kayangan merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah di kerinci. Berlokasi di desa Renah Kayu Embun, tidak jauh dari pusat kota Sungai Penuh. Puncak bukit kayangan beradaa disekitar 1500 Mdpl dan dapat di tempuh dengan waktu perjalanan ±30 menit dari kota Sungai Penuh. Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor. Untuk saat ini, ±90% jalan menuju ke atas Bukit Khayangan dalam keadaan aspal yang mulus.

Pemandangan indah yang akan Anda temui saat berada di puncak bukit ini adalah pemandangan langsung ke Danau Kerinci serta bukit hijau yang berbaris mengelilingi Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Namun jika cuaca kurang bagus, Anda hanya akan melihat awan yang menutupi Kota Sungai Penuh dan sekitarnya. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini berupa tempat beristirahat yang berada di puncak bukit serta tempat makan yang hanya menyediakan makanan dan minuman instan saja. Untuk memasuki objek wisata ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.3.000-Rp.5.000/kepala, dan ditambah biaya parkir kendaraan sebesar Rp.5.000 hingga Rp.10.000/kendaraan.

 

15. Pulau Berhala

Pulau Berhala - Tempat wisata di Jambi

Pulau Berhala – Tempat wisata di Jambi

Pulau Berhala merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang kini telah menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini dari dulu hingga sekarang selalu menarik perhatian para wisatawan. Pulau yang berada di bagian terluar Indonesia ini menyuguhkan pemandangan laut lepas yang sangat indah. Adanya terumbu karang serta berbagai spesies laut memberikan daya tarik tersendiri. Di pulau ini wisatawan dapat bermain pasir putih sambil memandang perpaduan cantik warna hijau hutan dan birunya laut. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat turut serta mengamati sekumpulan penyu yang menepi di pasir. Pasalnya setiap awal dan akhir tahun, akan selalu ada penyu-penyu yang singgah untuk bertelur di pesisir pantai.

Berkunjung ke pulau ini sangatlah menyenangkan. Karena wisatawan tidak hanya akan melihat panorama alamnya saja, melainkan nilai sejarah kota Jambi juga tertuang di pulau ini. Wisatawan bisa melihat berbagai macam peninggalan sejarah seperti meriam, mercusuar dan lain sebagainya.

 

Tidak terasa, Anda telah membaca lengkap ulasan tentang tempat wisata di Jambi yang terbaik dan terpopuler. Beberapa tempat wisata menarik lainnya juga dapat Anda temui di Provinsi Jambi, seperti Danau Sipin dan pasar keramik Sitimang yang berada di Jambi Kota. Jadi untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Jambi, jangan takut untuk tidak menemukan destinasi wisata favorit sesuai keinginan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi banyak sobat traveller diluar sana. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!