Tempat Wisata Di Jawa Tengah, Edisi Pulau Karimunjawa

Karimunjawa – Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang Kompas Wisata rekomendasikan buat traveller semua adalah Karimunjawa. Banyak nya spot yang menarik serta suasana pulau-pulau nya yang nyaman dan indah, sangat pas sekali untuk refreshing dan rileksasi tubuh, dari hiruk pikuk kesibukan dan kebisingan kota.

Karimunjawa termasuk dalam wilayah administratif kabupaten di Jepara, Jawa Tengah. Secara geografis berbentuk kepulauan di tengah laut Jawa. Kalau sobat pernah berwisata ke kepulauan seribu, Karimunjawa ini mirip sekali dengan kepulauan tersebut. Terletak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, tapi hanya ada 5 pulau yang dapat ditinggali.

Sebagai tempat wisata di Jawa tengah yang paling populer, pada tahun 2001 pulau Karimunjawa di tetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu taman nasional Indonesia. Penilaian tersebut berdasarkan keindahan laut nya dan terumbu karang yang tersebar dengan indah, sehingga memiliki potensi wisata laut yang cukup menjanjikan.

Tercatat pada taman laut nasional Indonesia ini memiliki lebih dari 90 jenis karang laut dan sekitar 240 jenis ikan. Di gugusan pulau sekitar sobat bisa melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Bukan hanya hewan laut yang bisa anda temui disini, tetapi juga beberapa satwa darat seperti, kera, rusa dan berbagai macam burung.

 

Cara Mencapai Pulau Karimunjawa

Untuk mencapai Karimunjawa dapat di tempuh dengan 2 jalur, yaitu jalur laut dan udara. Berikut ulasannya :

 

1. Via Laut

Kapal penumpang muria - Tempat wisata di Jawa Tengah

Jalur yang paling umum digunakan oleh para wisatawan adalah melalui laut. Terdapat 3 jenis kapal yang bisa membawa sobat ke tempat wisata di Jawa tengah ini, yakni dengan  kapal motor cepat Kartini, kapal Bahari Expres serta kapal motor penumpang Muria. Perjalanan yang harus ditempuh selama 4 jam bila sobat menggunakan kapal motor cepat kartini,start dari pelabuhan kartini. Sedangkan waktu yang lebih singkat sekitar 2 jam jika menggunakan kapal bahari expres, dari pelabuhan kartini. Untuk kapal penumpang muria waktu yang ditemput bisa mencapai 6 jam, silahkan di pilih mana yang nyaman menurut sobat.

 

2. Via Udara

Merpati Airlines - Tempat wisata di Jawa Tengah

Jalur Yang Kedua adalah melalui udara, dengan menggunakan pesawat terbang. Memang jalur ini jarang yang menggunakan karena biaya yang cukup mahal. Untuk maskapai yang terlibat dalam penerbangan ini antara lain, Merpati Airlines, Sky Aviation dan Wings air. Start dari bandara Ahmad Yani, Semarang tujuan Bandara Dewandaru di pulau Kemujan. Jenis pesawat yang digunakan adalah pesawat carter, yang mana jarak tempuh pesawat hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit.

 

Tempat wisata di Jawa Tengah ada di Pulau Karimunjawa

 

1. Pantai Barakuda

Pantai Barakuda - Tempat wisata di Jawa Tengah

Pantai Barakuda – Tempat wisata di Jawa Tengah

Barakuda adalah sebuah pantai yang merupakan bagian dari Pulau Kemujan. Sekilas mengenai pantai ini, terhampar pemandangan pulau-pulau yang terlihat jauh dengan pemandangan air laut yang jernih dan tenang di tengahnya. Sehingga memanjakan mata untuk terus memandangnya. Keunikan lain adalah  keberadaan batu-batu hitam dengan bentuk yang unik. Bagi sobat yang ingin bermalam di pantai barakuda, sudah tersedia resort penginapan, tapi harganya lumayan mahal.

 

2. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam - Tempat wisata di Jawa Tengah

Pantai Ujung Gelam – Tempat wisata di Jawa Tengah

Sebagai Tempat wisata di Jawa tengah yang memiliki spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam atau kerennya sunset, Pantai Tanjung Gelam harus anda datangi jika berwisata ke pulau Karimunjawa. Bukan itu saja keindahan pantai ini, pasirnya yang putih serta ombak yang tenang tentu sangat menggoda untuk berenang atau sekedar bermain di tepian pantai.

 

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana - Tempat wisata di Jawa Tengah

Pantai Nirwana – Tempat wisata di Jawa Tengah

Salah satu pantai terpanjang yang ada di kepulauan Karimunjawa adalah pantai nirwana. Lokasi nya berada di sebelah timur pulau Karimunjawa. Untuk kondisi serta  suasana di pantai ini hampir sama dengan pantai lain di Karimunjawa, seperti pasir putih, air laut yang jernih dan ombak yang tenang, tapi pantai ini memiliki ciri khas sendiri berupa banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai.

 

4. Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

Hutan Mangrove di Pulau Kemujan - Tempat wisata di Jawa Tengah

Hutan Mangrove di Pulau Kemujan – Tempat wisata di Jawa Tengah

Bosan dengan pemandangan pantai? Tenang saja sobat, di pulau Kemujan terdapat tempat wisata di Jawa tengah yang berbeda yaitu hutan Mangrove.  Di dalam kawasan ini sudah tersedia track dari kayu sepanjang 2 km yang dapat digunakan untuk berjalan dengan aman sekaligus menikmati keindahan hutan mangroove.

 

Nah itulah ulasan mengenai tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa kalian dapatkan di Pulau Karimunjawa. Semoga info diatas dapat berguna dan menambah wawasan Anda sebelum mengunjungi Karimunjawa. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!