10 Tempat Wisata di Jombang yang Paling Rekomendasi

Tempat Wisata di Jombang – Banyak pendapat yang mengatakan bahwa daerah Jombang Jawa Timur adalah sebuah daerah yang sepi dan kurang menarik. Sebenarnya tidak, Jombang tidak selamanya menjadi daerah yang sepi. Malah sebagai sebuah daerah dengan penduduk 1,2 juta jiwa, Jombang memiliki potensi wisata yang bisa diandalkan. Banyak objek wisata di Jombang yang sebenarnya menarik dikunjungi. Kalau Anda hendak ke tempat wisata yang ada di Jombang, datang saja ke beberapa tempat wisata alam yang ada disana seperti Air Terjun Tretes Jombang atau Wisata Air Terjun Wonosalam Jombang.

Disana banyak keindahan wisata yang bisa Anda temukan. Tentu saja nantinya segudang pengalaman akan bisa Anda raih dengan mendatangi berbagai tempat wisata potensial di Jombang. Berikut daftar wisata yang dapat Anda jelajahi kalau jalan-jalan di Jombang.

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Jombang

Jombang punya segala hal. Anda yang datang ke Jombang bisa temukan beberapa tempat wisata di Jombang yang menarik ini diantaranya :

 

1. Air Terjun Tretes Jombang

Air Terjun Tretes - Tempat Wisata Di Jombang

Air Terjun Tretes – Tempat Wisata Di Jombang

Air Terjun Tretes Jombang merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Jombang yang terdapat di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro. Secara geologis kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya. Kawasan ini merupakan batuan hasil gunung api kuarter tua dimana terdapat aliran sungai yang merupakan sambungan dari air terjun tersebut. Di kawasan ini juga terdapat aliran sungai yang merupakan sambungan dari air terjun sehingga kebutuhan air di kawasan ini bisa terpenuhi dengan sangat baik.

Jika Anda melakukan perjalanan wisata di Air Terjun Tretes Jombang ada beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan diantaranya :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi atau MCK
  • Rumah makan dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

2. Air Terjun Wonosalam Jombang

Air Terjun Wonosalam - Tempat Wisata Di Jombang

Air Terjun Wonosalam – Tempat Wisata Di Jombang

Jombang memang kaya akan tempat wisata alam berupa air terjun. Tempat wisata yang ada di Jombang berupa air terjun tentunya ada banyak yang dapat masuk ke dalam daftar kunjungan Anda khususnya di daerah Wonosalam. Beberapa wisata air terjun Wonosalam Jombang yang dapat masuk ke daftar tujuan wisata Anda diantaranya wisata Air Terjun Sekelip, Air Terjun Sekar Pudak Sari, dan masih banyak lagi air terjun Wonosalam yang lainnya. Masing-masing air terjun tersebut memiliki lokasi yang tidak begitu jauh sehingga Anda bisa mengaksesnya dalam sehari dengan mudah, tetapi siapkan fisik dulu ya.

 

3. Wisata Air Sumberboto Jombang

Wisata Air Sumberboto - Tempat Wisata Di Jombang

Wisata Air Sumberboto – Tempat Wisata Di Jombang

Sumberboto Jombang merupakan wana wisata air yang sangat indah di Jombang. Wisata Air Sumberboto Jombang berada sekitar 7 km dari pusat kota Jombang. Udara yang sejuk akan Anda rasakan sepanjang perjalanan menuju wisata yang satu ini sehingga tak akan ada rasa penat selama perjalanan Anda.

Tempat wisata di Jombang ini bisa dibilang sebagai wisata air dengan fasilitas yang cukup nyaman dikenakan bagi para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas wisata yang dapat Anda gunakan di tempat Wisata Air Sumberbroto Jombang diantaranya area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi atau MCK, rumah makan dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

4. Wisata Kedung Cinet Jombang

Wisata Kedung Cinet - Tempat Wisata Di Jombang

Wisata Kedung Cinet – Tempat Wisata Di Jombang

Wisata Kedung Cinet Jombang merupakan salah satu wisata Jombang Ploso yang paling banyak mendapat kunjungan. Kedung Cinet berada di desa Pojok Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Lokasi tempat wisata Kedung Cinet Jombang sendiri berada di tengah hutan yang bisa dikatakan lumayan lebat. Tebing khas ala Grand Canyon juga akan menjadi penghias aktivitas wisata Anda disini.

Jika Anda berniat untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Jombang ini ambil arah ke Ploso kemudian nantinya Anda akan melewati kecamatan Tembelang. Tetap lurus dan ikuti jalan sampai ada jembatan sungai Brantas. Ketika sampai diujung jembatan Anda bisa belok kiri ke arah Plandaan Nganjuk Kertosono. Nantinya Anda jalan saja sampai dengan tulisan “Welcome to Cinet Adventure Forest”.

 

5. Sendang Made Jombang

Sendang Made - Tempat Wisata Di Jombang

Sendang Made – Tempat Wisata Di Jombang

Sendang Made Jombang merupakan kolam alami berukuran seluas 8 x 11 meter. Tempat wisata Sendang Made sendiri merupakan sebuah tempat wisata di Jombang yang lokasinya berada di Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang, Provinsi Jawa Timur. Objek wisata yang satu ini bisa dibilang sebuah wisata alam yang menarik dikunjungi. Fasilitas didalamnya juga sudah lumayan lengkap. Anda akan temukan beberapa fasilitas wisata seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi atau MCK, rumah makan dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

6. Goa Sigolo-Golo

Goa Sigolo – Golo - Tempat Wisata Di Jombang

Goa Sigolo – Golo – Tempat Wisata Di Jombang

Goa Sigolo-Golo adalah tempat wisata di Jombang berupa sebuah goa yang unik letaknya berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Jalur menuju goa memang agak berat ditempuh. Anda perlu melewati turunan sekitar 500 tangga baru Anda akan menemukan jalan bercabang yang mengantarkan Anda menikmati eloknya area dalam Goa Sigolo – Golo yang konon sampai saat ini masih penuh misteri. Biaya tiket masuknya murah meriah. Anda hanya perlu korbankan kocek 3 ribu rupiah saja perorang untuk bisa masuk dan menikmati eksotisme wisata goa ini.

 

7. Kampung Jawi Wonosalam

Kampung Jawi Wonosalam - Tempat Wisata Di Jombang

Kampung Jawi Wonosalam – Tempat Wisata Di Jombang

Kalau Anda ingin outbound di Jombang, langsung saja datang dan kunjungi tempat wisata yang terkenal untuk outboundnya di Jombang. Tempat wisata tersebut adalah Kampung Jawi Wonosalam. Disana Anda bisa melakukan perjalanan menarik dan menikmati indahnya desa wisata Jombang dengan vila khas desa menarik yang bisa Anda sewa jika ingin bermalam disini. Naik bukit indah yang khas juga akan menjadi perjalanan istimewa yang dapat Anda lakukan.

 

8. Candi Ngrimbi Jombang

Candi Ngrimbi - Tempat Wisata Di Jombang

Candi Ngrimbi – Tempat Wisata Di Jombang

Tempat wisata di Jombang yang satu ini merupakan pintu masuk ke Kerajaan Majapahit yang pada awalnya digunakan sebagai tempat istirahat bagi prajurit dan pemimpinnya. Namun kini candi ini sudah menjelma menjadi sebuah objek wisata. Candi ini lokasinya berada di Desa Ngrimbi, Bareng, Jombang. Anda bisa temukan beberapa peninggalan kerajaan Majapahit juga di sekitar kawasan Candi Ngrimbi.

 

9. Klenteng Hon San Kiong

Klenteng Hon San Kiong - Tempat Wisata Di Jombang

Klenteng Hon San Kiong – Tempat Wisata Di Jombang

Klenteng ini bukan termasuk klenteng baru. Klenteng Hon San Kiong merupakan tempat wisata di Jombang yang umurnya sudah ratusan tahun. Wisata ini dibangun tepatnya di tahun 1700 dan setiap hari raya imlek biasanya diadakan pagelaran yang ramai dengan kunjungan wisatawan seperti pagelaran Barongsay dan Wayang Potehi.

Baca Juga :

 

10. Makam Gunung Kuncung Jombang

Makam Gunung Kuncung - Tempat Wisata Di Jombang

Makam Gunung Kuncung – Tempat Wisata Di Jombang

Makam Gunung Kuncung merupakan sebuah tempat istirahat terakhir orang yang dulunya terkenal sakti dan dihormati banyak orang. Sampai saat ini masih banyak kunjungan kemari. Lokasi Makam Gunung Kuncung Jombang berada di Gunung Anjasmoro atau lebih tepatnya di Desa Wonorejo, Wonosalam, Jombang. Anda bisa kunjungi tempat ini kalau ke Jombang dan berkelilinglah maka Anda akan temukan banyak sekali detail tempat wisata lain di sekitar tempat wisata yang satu ini.

 

Tak lengkap rasanya jika hanya menikmati tempat wisata di Jombang tanpa mencicipi makanan khas Jombang seperti pecel rengkek, sego sadukan atau kikil khas Jombangnya. Jika penasaran dimana tempat kuliner yang bisa memenuhi hasrat wisata Anda, Anda bisa mengunjungi jalan Raya Mojosongo dan berkeliling disekitarnya untuk mendapatkan apa yang dicari. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!