10 Tempat Wisata di Klaten Terfavorit Untuk Para Petualang

Tempat wisata di Klaten – Kalau Anda datang melakukan perjalanan wisata di Jawa Tengah, baiknya Anda menuju Klaten. Disana akan ada banyak tempat wisata yang direkomendasikan Anda kunjungi. Objek wisata di Klaten mulai dari wisata gunung, taman wisata, wisata Klaten air terjun, sampai dengan bukit indah akan menjadi tujuan wisata terbaik Anda disana. Khususnya bagi yang berjiwa petualang sangat direkomendasikan menjelajah tempat wisata Klaten dan sekitarnya agar dapat memuaskan hasrat petualang Anda.

Buat Anda yang sudah berada di Klaten Jawa Tengah, baiknya jangan buru-buru pergi. Cari dulu wisata terbaik yang ada disana supaya tidak salah pilih utamanya Anda yang berasal dari luar daerah. Berikut ini daftar tempat wisata di Klaten terbaik yang cocok jadi tujuan wisata Anda.

 

Referensi Tempat Wisata di Klaten

Seperti yang kita uraikan di muka, Kabupaten Klaten tempat menarik untuk tujuan wisata Anda. Ada banyak destinasi wisata Klaten dan sekitarnya yang direkomendasikan untuk Anda diantaranya :

 

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok - Tempat Wisata Di Klaten

Umbul Ponggok – Tempat Wisata Di Klaten

Penggemar wisata pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang sedang hits satu ini. Wisata Klaten Umbul Ponggok sudah ada sejak zaman Belanda dan cocok untuk kegiatan snorkeling serta diving. Lokasi Umbul Ponggok Klaten berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Anda bisa kesini dan menikmati wahana wisata sepuasnya mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Untuk masuk ke Wisata Klaten Umbul Ponggok, tiket masuk umbul ponggok 2017 diberlakukan biaya retribusi saja. Anda perlu bayar biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah saja per orang. Dan bagi wisatawan yang ingin snorkeling disini bisa menyewa alat snorkeling yang ada. Berikut daftar harganya yaitu katak 5 ribu rupiah, snorkeling 10 ribu rupiah, pelampung 5 ribu rupiah dan ban 5 ribu rupiah. Kedalaman Umbul Ponggok 1,5 sampai dengan 2,6 meter sehingga Anda yang tak bisa renang tentu saja perlu menyewa ban 5 ribu rupiah.

 

2. Wisata Air Terjun

Air Terjun Luweng Sampang Tempat Wisata Di Klaten

Air Terjun Luweng Sampang – Tempat Wisata Di Klaten

Pecinta wisata air terjun, wisata Klaten Air Terjun yang dapat Anda kunjungi diantaranya wisata Air Terjun Gemulai, Curug Tegal Rejo, Air Terjun Luweng Sampang dan masih banyak lagi. Masing-masing wisata Klaten tersebut saling berdekatan dan memiliki pesona alam yang mengasyikkan.

 

3. Wisata Sejarah dan Budaya

Deles Indah Tempat Wisata Di Klaten

Deles Indah – Tempat Wisata Di Klaten

Jika Anda berjalan-jalan di daerah Deles Indah Klaten, disana akan Anda temukan beberapa tempat wisata sejarah dan budaya yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Bahkan makam raja juga dapat Anda temukan disana. Tempat wisata di Klaten Deles Indah yang bisa Anda kunjungi diantaranya Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Makam Kyai Mlayopati, Pesanggrahan Pakubuwono X, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain wisata sejarah dan budaya, di Deles Indah Klaten juga akan Anda temukan tempat wisata alam seperti Bukit Pring Cendani dan Gua Sapuangin. Banyak kunjungan kaula muda untuk menghabiskan waktu akhir pekan di daerah wisata Klaten ini.

 

4. Wisata Candi di Klaten

Candi Sewu Tempat Wisata Di Klaten

Candi Sewu – Tempat Wisata Di Klaten

Kabupaten Klaten memiliki peninggalan sejarah yang menakjubkan dan tersembunyi. Salah satunya adalah peninggalan rasasti berupa candi yang tersebar luas di daerah Klaten. Beberapa candi yang bisa Anda kunjungi saat menyambangi Klaten seperti :

Semua candi tersebut dapat Anda kunjungi kapanpun terutama pada musim libur. Dan jangan lupa untuk selalu menghormati daerah yang Anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarang dan selalu menghormati masyarakat lokal.

 

5. Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro Tempat Wisata Di Klaten

Bukit Sidoguro – Tempat Wisata Di Klaten

Banyak orang yang mengatakan kalau Bukit Sidoguro Klaten merupakan wisata Bukit Teletubbiesnya Klaten. Objek wisata Bukit Sidoguro Klaten berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Jika Anda ingin ke tempat wisata di Klaten ini perlu membayar biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah untuk motor. Rute perjalanan ke Bukit Sidogiri dari arah Jogja ke Stasiun Klaten nanti akan ada sebuah tugu kecil di tengah dan ambil ke arah kanan. Selanjutnya Anda bisa tanya ke warga setempat.

 

6. Bukit Petung

Gumuk Petung Tempat Wisata Di Klaten

Gumuk Petung – Tempat Wisata Di Klaten

Tempat wisata di Klaten ini adalah tempat wisata bukit yang indah dan menarik. Kabut-kabut indah yang menghias di sepertiga sore hari akan memberikan suasana tak terbantahkan tersendiri. Apalagi ketika disaksikan dengan eksotisme sunset yang menawan. Bukit Petung Klaten atau yang dikenal dengan Gumuk Petung adalah sebuah bukit indah yang lokasinya berada di pusat desa wisata Klaten.

 

7. Rowo Jombor

Rowo Jombor - Tempat Wisata Di Klaten

Rowo Jombor – Tempat Wisata Di Klaten

Rowo Jombor Klaten adalah tempat wisata di Klaten dengan luas 198 ha yang kedalaman rawanya mencapai 4,5 meter dengan daya tampung air 4 juta m3. Tanggul yang mengelilingi Rowo Jombor sepanjang 7,5 km dengan lebar tanggul sebesar 12 meter. Daerah ini dulunya adalah dataran rendah yang berbentuk cekungan luas dengan barisan pegunungan yang mengelilinginya. Hal ini menyebabkan dataran rendah tergenang air di saat musim hujan atau kemarau yang kini menjadi tempat wisata rawa indah di Klaten.

Rute untuk sampai di Rowo Jombor Klaten adalah dari Klaten menuju pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo kemudian belok kiri ke Desa Danguran. Sampai disini Anda menuju Desa Glodogan menuju Desa Jimbung dan sampai di Rowo Jombor.

 

8. Taman 1000 Pelangi

Taman 1000 Pelangi Tempat Wisata Di Klaten

Taman 1000 Pelangi – Tempat Wisata Di Klaten

Mencari wisata gratis di Klaten? Anda yang kini tengah mencari wisata gratis di Klaten datang saja ke Taman 1000 Pelangi Klaten. Tempat wisata di Klaten yang satu ini merupakan tempat wisata Klaten terbaru yang sedang hits. Disini Anda bisa melakukan aktivitas fotografi terbaik di Taman Pelangi Klaten. Taman 1000 Pelangi sendiri berada di Jalan Ki Ageng Gribig, Gergunung, Klaten Utara atau tepatnya berada di dekat kantor BPJS. Di tempat wisata gratis ini utamanya di hari libur akan sangat ramai dengan kunjungan para wisatawan.

 

9. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Tempat Wisata Di Klaten

Taman Lampion – Tempat Wisata Di Klaten

Taman Lampion Klaten Kabupaten Klaten juga digandrungi para kaula muda. Datang dan berwisata kesini tidak dipungut biaya karena termasuk tempat wisata gratis di Klaten. Biasanya wisatawan yang datang kesini akan berkumpul di Taman Lampion mulai pukul 16.00 WIB. Mereka kebanyakan hadir untuk menghabiskan waktu sore hari. Semakin malam biasanya akan semakin banyak saja yang datang kemari. Bahkan anak-anak terlihat banyak yang bersantai sambil bermain sepatu roda di malam hari.

 

10. Gunung Watu Prahu

Gunung Watu Prahu - Tempat Wisata Di Klaten

Gunung Watu Prahu – Tempat Wisata Di Klaten

Anda yang suka dunia petualangan, datang ke wisata Gunung dan menikmati sejenak climbing adalah hal yang menarik dilakukan. Anda bisa datang ke Gunung Watu Prahu. Tempat wisata di Klaten ini lokasinya tepat berada di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata yang satu ini adalah potensi spesifik suasana alam gunung dan pemandangan alam yang indah. Konon Gunung Watu Prahu berumur lebih dari 160 ribu tahun dan terdapat berbagai fosil dan batuan di tempat wisata ini. Disini Anda akan temukan beberapa fasilitas diantaranya area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi atau MCK, penginapan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Selain 10 tempat wisata di Klaten yang ada diatas, Anda juga bisa berburu oleh-oleh khas Klaten seperti keripik paru, keripik belut atau dodol Jenang yang banyak tersedia di sekitar Juwiring atau pasar Wedi. Setelah puas berkeliling, Anda juga harus mencoba makanan khas Klaten seperti nasi tumpang lethok atau soto bebek dan bebek bacem. Nah lengkap sudah liburan Anda di Klaten, semoga berkesan dan dapat bermanfaat. Be happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!