10 Tempat Wisata di Madura Idola Para Wisatawan

Tempat Wisata di Madura – Belakangan ini salah satu daerah di Indonesia yakni Madura cukup menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, tak hanya dikarenakan memiliki potensi kuat terhadap wisatanya, tapi juga karena mereka meminta untuk jadi provinsi sendiri pada perintah. Tempat wisata yang ada di Madura memang masih banyak yang mengenalnya. Tetapi, walaupun demikian wisata di Madura ini dijamin akan buat para wisatawan terkesima, dari mulai wisata pantai seperti Pantai Slopeng Madura yang cukup populer akan keindahannya, juga wisata alam pegunungan hingga wisata kuliner Madura yang khas.

Nah, kira-kira apa saja sih tempat wisata di Madura yang paling menarik dan populer yang jadi potensi serta daya tarik bagi wisatawan? Simak yuk ulasan Kompas Wisata di bawah ini.

 

Tempat Wisata di Madura Terfavorit

 

1. Pantai Nepa Sampang

Pantai Nepa Sampang - Tempat Wisata Di Madura

Pantai Nepa Sampang – Tempat Wisata Di Madura

Menjadi salah satu tempat wisata paling favorit di Madura, Pantai Nepa Sampang ini memang lebih cenderung jadi pantai yang sedikit gersang. Walaupun demikian, pantai tersebut sangat pas sekali untuk dikunjungi sebagai area bermain bersama keluarga. Anda juga akan terpesona dengan pemandangan pada saat subuh dan senja di Pantai Nepa ini. Selain itu, wisata Madura Sampang Pantai Nepa ini juga sudah didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi, area parkir kendaran yang luas, musholla, dan lain-lain.

 

2. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan - Tempat Wisata Di Madura

Pantai Sambilangan – Tempat Wisata Di Madura

Pantai Sambilangan ini adalah salah satu tempat wisata di Madura yang sangat eksotis, yang ada di sekitar 7 km dari selatan Kota Bangkalan, tepatnya di Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan, Madura. Pantai tersebut terbilang merupakan pantai yang masih sangat alami dan tersembunyi. Meskipun demikian wisata di Bangkalan Madura ini menyuguhkan pesona pemandangan alam yang pastinya akan sangat memanjakan mata Anda sejauh memandang. Sementara itu tiket masuk ke Pantai Sambilangan juga terbilang murah, yakni sekitar Rp 3 ribu rupiah.

 

3. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng - Tempat Wisata Di Madura

Pantai Slopeng – Tempat Wisata Di Madura

Pantai Slopeng Madura memang tak pernah sepi pengunjung, khususnya di saat hari libur. Pantai yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura ini jadi salah satu tempat wisata di Madura yang paling populer. Memiliki pasir yang putih dan airnya yang sangat jernih, pantai tersebut menyajikan pemandangan indah dan tak akan terlupakan. Adanya sederetan pepohonan hijau di tepian pantai, semakin menambahkan pesona Pantai Slopeng, yang cocok sekali menjadi tempat nyaman untuk sekadar duduk santai sembari bercengkerama tanpa harus takut kepanasan.

 

4. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan - Tempat Wisata Di Madura

Air Terjun Toroan – Tempat Wisata Di Madura

Air Terjun Toroan Madura juga menjadi salah satu tempat wisata di Madura yang tak pernah sepi dikunjungi baik oleh warga sekitar atau pun wisatawan. Air terjun tersebut mengalirkan air yang secara langsung terjun atau pun jatuh ke pantai. Sejarah Air Terjun Toroan dahulu kala hidup sepasang suami istri di dusun Langgher Dejeh. Awalnya pasangan tersebut hidup rukun dan bahagia, tapi suatu hari mereka alami percekcokan, hingga akhirnya sang istri mengucap sumpah jika memang berasal maka saat ia meninggal bila dikuburkan ditengah sungai, maka akan hanyut terbawa air sungai dan banjir. Tapi jika tak bersalah, maka makamnya tak akan hanyut oleh air sungai.

Setelah beberapa tahun kemudian, pasangan suami istri tersebut meninggal bersamaan, lalu warga setempat memakamkan perempuan itu ditengah sungai dan prianya dimakamkan di atas bukit kapur. Dan sungguh tak masuk akal, saat dimakamkan, ternyata aliran sungai seolah-olah menghindari makam dan membelah jadi dua aliran menuju ke laut membentuk air terjun.

 

5. Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop - Tempat Wisata Di Madura

Air Terjun Kokop – Tempat Wisata Di Madura

Air terjun satu ini termasuk ke dalam tempat wisata di Madura, tepatnya Bangkalan. Wisata di madura bangkalan memang akses jalannya terbilang sulit, tetapi pemandangan yang disajikan dari Air Terjun Kokop tersebut tak akan mengecewakan. Air terjun di Madura ini berada di sebuah Desa Durjan, yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun sehingga menjadikan lokasi tersebut memiliki hawa yang dingin dan sejuk.

 

6. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring - Tempat Wisata Di Madura

Pantai Talang Siring – Tempat Wisata Di Madura

Wisata Pantai Talang Siring Pamekasan, Madura ini adalah pantai dari laut selatan Madura. Sebagaimana yang kita tahu bahwa karakter pantai di bagian selatan Sumenep, Madura ini jarang berpasir, maka untuk pantai satu ini juga memiliki karakter yang sama. Jadi, untuk Anda yang ingin berenang ke laut, lebih baik hati-hati sebab khawatir terkena batu karang. Di tempat wisata di Madura ini Anda dapat menyaksikan lanskap pemandangan pantai yang berhiaskan sampan-sampan para nelayan pencari ikan, atau pun menyaksikan rimbunnya mangrove yang hijau.

Di Pantai Talang Siring ini juga sudah banyak orang yang berjualan. Tak perlu Anda berat-berat bawa makanan dari rumah. Apalagi di sini ada kuliner khas yang bernama rujak lumpur lapindo. Sembari berwisata pantai, Anda juga bisa wisata kuliner Madura yang sangat khas di Pantai Talang Siring.

 

7. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih - Tempat Wisata Di Madura

Bukit Jaddih – Tempat Wisata Di Madura

Tempat wisata di Madura yang selanjutnya adalah Bukit Jaddih Madura. Tempat wisata ini adalah kawasan tambang batu kapur yang tergolong sebagai tempat wisata baru. Bukit Jaddih tersebut memang tak pernah sepi pengunjung, khususnya pada saat hari libur. Meskipun hanya kawasan tambang, tetapi tempat ini tetap memiliki pesona alamnya yang sangat mempesona.

Untuk bisa menikmati keindahan Bukit Jaddih tersebut, Anda disarankan untuk menuju ke puncak bukit. Disini Anda akan dapat melihat indahnya alam yang sangat eksotis. Selain itu untuk bisa menikmati pemandangan indah di Bukit Jaddih, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu rupiah per orang.

 

8. Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya - Tempat Wisata Di Madura

Bukit Arosbaya – Tempat Wisata Di Madura

Beberapa bekas tambang batu kapur tinggalkan corak seni pahatan yang tampak indah dan ini kemungkinan tak disadari oleh warga setempat bahwasannya apa yang dilakukan selama ini secara tak langsung ciptakan objek wisata alam yang luar biasa. Sudah ada banyak orang atau fotografer yang datang berkunjung ke Bukit Arosbaya untuk hunting foto tambang batu kapur yang berada di sebuah Desa Buduran tersebut.

Untuk bisa mencapai tempat wisata di Madura ini sangat mudah, terutama bagi Anda yang sudah pernah datang ke wisata religi makamnya para Raja Bangkalan, sebab letaknya yang sangat dekat dengan situs tersebut.

 

9. Bukit Waru

Bukit Waru - Tempat Wisata Di Madura

Bukit Waru – Tempat Wisata Di Madura

Batu-batu bukit merupakan pemandangan pertama yang akan Anda saksikan jika mendekati Bukti Waru Pamekasan, Madura. Secara alami, guratan-guratan pada bebatuan bukti membentuk relief yang sangat indah. Dari kaki bukit memandang ke arah utara, tampak begitu indah. Sekarang ini kuantitas pengunjung yang datang untuk bisa menikmati indahnya alam Bukit Waru jadi semakin banyak. Apalagi sejak dibuat jalan beraspal hingga ke kaki bukit. Umumnya dihari libur warga dari berbagai wilayah, terutama warga Pantura menyempatkan diri untuk liburan gratis di tempat wisata di Madura ini.

 

10. Gili Labak

Gili Labak - Tempat Wisata Di Madura

Gili Labak – Tempat Wisata Di Madura

Tempat wisata di Madura yang terakhir ini adalah wisata bahari paling populer di Madura yang bisa Anda kunjungi. Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di ujung timur kepulauan Madura. Keindahan pulau ini terdapat pada atas dan bawah lautnya. Berbagai macam terumbu karang hingga ikan yang dapat memanjakan mata para penikmat keindahan alam Madura.

Untuk menuju Gili Labak, Anda bisa melalui pelabuhan Kali Anget, Sumenep dengan menempuh waktu ±2 jam perjalan. Fasilitas yang ada di pulau ini bisa dibilang belum terlalu memadai, jadi bila Anda ingin berkunjung kesini, harap menyediakan bekal terlebih dahulu.

 

Nah itulah 10 tempat wisata di Madura yang bisa Anda kunjungi saat berlibur nanti. Selain menikmati keindahan alam Madura, Anda juga bisa mencicipi makanan khas Madura seperti sate Madura, soto Madura atau bebek songkem. Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi untuk Anda yang ingin berlibur di Madura. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!