5 Tempat Wisata Di Makassar Yang Sedang Hits Di Kalangan Remaja

Tempat wisata di Makassar – Makassar, adalah kota terbesar di Indonesia bagian tengah dan timur. Makassar sendiri adalah kota metropolitan yang sempat menjabat sebagai ibu kota Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi pada masa lampau. Dekatnya Makassar dengan perdagangan asing membuatnya jadi kota dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik. Tak hanya berkembang dari segi ekonomi, Makassar juga terkenal sebagai kota dengan budaya yang amat kental. Kekentalan budaya Makassar sendiri bisa Anda lihat dari banyaknya makanan khas dan keragaman budaya yang tersebar di sana.

Di samping keragamanan makanan khas dan budaya, kota ini juga terkenal memiliki tempat wisata hits dan fenomenal, salah satunya Pantai Losari.

Ya, tempat wisata di Makassar ini memang punya nama di Indonesia. Walau tak memilik pasir sebagaimana pantai pada umumnya, Losari memiliki daya tarik tersendiri, sehingga Ia banyak dikenal dan dipandang oleh masyarakat Indonesia. Di luar Pantai Losari, Makassar sendiri memiliki beberapa tempat wisata seru dan sayang untuk dilewatkan.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Kompas Wisata paparkan beberapa info seputar tempat-tempat wisata tersebut.

 

5 Tempat Wisata Di Makassar Yang Terpopuler

 

1. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam - Tempat wisata di Makassar

Benteng Rotterdam – Tempat wisata di Makassar

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam terletak tak jauh dari Pantai Losari. Dahulu benteng ini dijadikan raja Gowa-Tallo sebagai benteng perlindungan terhadap kapal-kapal yang masuk ke wilayahnya. Benteng ini sendiri dibangun pada tahun 1545 M oleh raja ke sembilan. Sedang pada perkembangannya, benteng ini sendiri diperbahurui setelah masuk ke pemerintahan raja ke empat belas.

Benteng Rotterdam sendiri memiliki bentuk seperti penyu yang menghadap ke laut. Bentuk tersebut diambil karena penyu adalah hewan yang mampu bertahan di darat dan laut, sebagaimana kerajaan Gowa-Tallo yang berjaya di darat dan laut.

Tempat wisata di Makassar ini dahulu dinamai ‘Benteng Ujungpandang’. Tapi setelah benteng direbut Belanda pada masa kolonial, benteng ini kemudian berganti nama menjadi Rotterdam hingga sekarang.

Bukan Cuma nama, setelah benteng ini direbut Belanda, fungsinya pun dirubah menjadi lumbung rempah-rempah yang didapat dari hasil rampasan di Indonesia Timur.

Di komplek Benteng Rotterdam terdapat 13 gedung dan 5 menara yang berdiri di tengah komplek, sedang 4 menara lainnya berdiri di sudut benteng. Di tengah benteng juga terdapat museum yang bisa Anda kunjungi. Di sana terdapat koleksi milik kerajaan zaman dahulu.

Nah, untuk Anda yang ingin datang dan berkunjung ke tempat wisata di Makassar ini, Anda bisa datang ke Jalan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Tempat wisata ini sendiri gratis untuk umum. Tapi jika Anda ingin masuk dan melihat koleksi museum, Anda dikenakan sebesar Rp 7.500,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

2. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar - Tempat wisata di Makassar

Trans Studio Makassar – Tempat wisata di Makassar

Trans Studio Makassar adalah wahana permainan indoor terbesar di Indonesia. Di sini Anda bisa menemui aneka permainan seru dan menantang nyali. Mulai dari rumah hantu, kora-kora dan aneka wahana lain bisa Anda nikmati di sini.

Bukan hanya itu, karena dikelola oleh pihak swasta, tempat wisata di Makassar ini juga terbilang nyaman dengan fasilitas terbaik.

Secara umum, Trans Studio Makassar sendiri terbagi ke dalam 4 wilayah berbeda, yaitu Studio Central, Lost City, Cartoon City dan Magic Corner. Di samping itu, tempat ini juga memiliki sedikitnya 21 wahana menarik yang bisa Anda gunakan.

Trans Studio Makassar sendiri terdapat di Jl. M. H. Dg. Patompo – Metro Tanjung Bunga, Makassar. Sedang untuk jam operasional, tempat wisata di Makassar ini buka dari pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat. Untuk Anda yang ingin ke lokasi, Anda dianjurkan untuk membayar Rp 100.000,- per orang sebagai tiket masuk (Harga Sewaktu-waktu bisa berubah).

 

3. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae - Tempat wisata di Makassar

Pulau Lae-Lae – Tempat wisata di Makassar

Pulau Lae-Lae adalah pulau kecil yang letaknya tak jauh dari Dermaga Rotterdam. Menurut sejarah, Pulau Lae-Lae sendiri adalah peninggilan Jepang. Konon di sana terdapat gua bawah tanah yang digali Jepang untuk kepentingan militer. Meski gua tersebut kini telah samar dan hilang oleh tumpukan pasir, namun keindahan pulau ini masih terlalu baik untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Makassar ini bisa ditempuh sekitar 15 menit dari dermaga dekat Benteng Rotterdam.

Pulau Lae-Lae sendiri merupakan destinasi baru yang belum banyak dikelola. Walau demikian, Anda sudah bisa bersantai dan menikmati indahnya laut dengan menyewa saung yang ada di sana.

Di samping itu, pengunjung juga bisa membeli makanan atau minuman yang dijual oleh warga setempat.

Ya, Pulau Lae-Lae sendiri merupakan pulau berpenghuni dengan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Di sana Anda bisa menikmati pantai dengan pasir putih yang lembut, sunset dan surise yang cantik, dan aneka wahana lain. terlepas dari semua hal tadi, Pulau Lae-Lae kini menjelma sebagai destinasi baru yang naik daun dan diperhitungkan warga setempat.

 

4. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke - Tempat wisata di Makassar

Pulau Kodingareng Keke – Tempat wisata di Makassar

Tempat wisata di Makassar ini merupakan pulau kecil yang tak berpenghuni. Walau demikian, Pulau Kodingareng Keke sendiri memiliki keindahan pantai, laut, dan sunset yang sangat untuk dilewatkan.

Pulau Kodingareng Keke sendiri merupakan destinasi baru yang sedang naik daun. Di sana terdapat aneka keindahan rugi jika Anda lewatkan. Di antara semua keindahan tersebut, terdapat air laut yang jernih, pasir putih nan lembut, pemandangan laut yang memukau, degradasi warna laut yang cantik sampai cantiknya bawah laut sekitar pulau.

Ya, di samping menikmati keindahan luar, pengunjung juga kerap melakukan snorkling untuk menikmati keindahan yang tersembunyi di bawah laut.

Nah, untuk Anda yang tertarik dan berminat ke tempat wisata di Makassar ini, Anda bisa menyewa boat dari dermaga Makassar. Pulau ini sendiri terletak tak jauh dari Kota Makassar, yaitu sekitar 14 menit dari dermaga terdekat.

 

5. Tanjung Bira

Tanjung Bira - Tempat wisata di Makassar

Tanjung Bira – Tempat wisata di Makassar

Tanjung Bira adalah satu dari sekian tempat wisata di Makassar yang sudah mendunia. Tempat ini sendiri terletak cukup jauh dari Kota Makassar. Walau demikian, di sini sudah banyak fasilitas menarik yang bisa Anda gunakan. Mulai dari toilet, pusat informasi, penginapan, sampai penyewaan alat snorkling pun ada.

Bukan Cuma itu, tempat ini juga dipenuhi keindahan alam yang sangat luar biasa. Di sini Anda bisa melihat pantai dengan pasir putih nan lembut, air laut yang jernih dan aneka terumbu karang nan cantik.

Walau memiliki fasilitas dan keindahan yang terbilang lengkap, tempat wisata di Makassar ini membanderol HTM yang terbilang terjangkau, yaitu Rp 6.500,- per orang (Harga Sewaktu-waktu bisa berubah). Selain HTM yang murah, tempat ini juga menyediakan peminjaman alat snorkle dengan biaya Rp 30.000,- per orang dan sepada motor dengan biaya Rp 65.000,- per hari (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

Nah, bagaimana? Tertarik dengan tempat wisata di Makassar tadi? Jika demikian, pastikan Anda datang bersama teman, saudara, keluarga, pasangan atau orang lain yang dekat dengan Anda. Sebab, dengan merekalah, Anda akan mendapat keseruan wisata yang tak terlupakan. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!