Tempat Wisata di Medan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Medan – Medan merupakan salah satu ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi. Medan juga merupakan kota terbesar di Sumatera. Kota ini juga ramai dan memiliki  perekonomian yang cukup  maju. Kota ini juga memiliki tempat wisata yang wajib anda kunjungi, berikut rangkuman yang bisa Kompas Wisata berikan untuk Anda.

 

15 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya

 

1. Istana Maimun

Istana Maimun - Tempat wisata di Medan

Istana Maimun – Tempat wisata di Medan

Istana Maimun adalah tempat wisata di Medan yang di bangun oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1888. Bangunan dari istana maimun ini di desain dengan gaya arsitektur Italia. Luas bangunan istana maimun ini sekitar 2,7 meter  persegi. Secara keseluruhan semua bangunan yang ada di istana maimu ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan eropa.

 

2. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna - Tempat wisata di Medan

Air Terjun Dua Warna – Tempat wisata di Medan

Tempat wisata di Medan yakni air terjun dua warna ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang berada di kecamatan Sibolangit. Air terjun ini menjadi salah satu tempat yang paling eksotis di sumatera utara. Air terjun dua warna ini menyuguhkan dua warna alami air yaitu hijau dan biru yang memiliki ketinggian ±75 meter. Menakjubkannya lagi tempat wisata di Sumatera Utara ini dipisahkan oleh beberapa batuan yang ada disekitarnya. Pertama, satu bewarna cerah dan memiliki hawa yang dingin dan satu lagi bewarna hijau dengan hawa yang hangat.

 

3. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak - Tempat wisata di Medan

Gunung Sibayak – Tempat wisata di Medan

Tempat wisata di Medan yang menarik untuk dikunjungi adalah destinasi Gunung Sibayak. Pemandangan di gunung ini sangat indah sekali, ditambah lagi anda juga bisa menyaksikan keindahan air terjun dua warna tadi. Track Gunung Sibayak ini juga tidak begitu sulit didaki. Kemudian di puncak Gunung Sibayak terdapat kawah yang landai yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat. Lokasi sangat digemari bagi para pecinta alam, karena di lokasi ini mereka bisa berkemah dan menyatu dengan keindahan alam.

 

4. Bukit Lawang

Bukit Lawang - Tempat wisata di Medan

Bukit Lawang – Tempat wisata di Medan

Tempat wisata alam di Medan yang wajib dikunjungi adalah Bukit Lawang. Bukit Lawang yang terletak di taman leuser ini terkenal sebagai habitat orang utan. Jika anda ke sana anda akan melihat spesies orang utan yang hidup bebas. Di sekitar taman dan bukit terdapat sungai yang bernama sungai bahorok dan jembatan besar yang menghubungkan desa dengan hutan.

 

5. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang - Tempat wisata di Medan

Penangkaran Buaya Asam Kumbang – Tempat wisata di Medan

Salah satu tempat wisata di Medan yang asyik adalah tempat Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di sana anda bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang ada. Disini Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan buaya dengan cara ikut memberi makan buaya yang telah disediakan oleh petugas penangkaran.

 

6. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit - Tempat wisata di Medan

Hillpark Sibolangit – Tempat wisata di Medan

Tempat liburan di Medan yang memiliki konsep taman bermain terbesar di Medan adalah Hillpark Sibolangit.  Di sana Anda bisa menikmati wahana mulai dari roller coaster, ferries wheel (kincir raksasa), 4D theater, serta amphitheater yang memiliki kapasitas 1.200 orang untuk pertunjukan dan konser. Hillpark Sibolangit hanya dibuka pada hari Sabtu, Minggu, dan saat hari libur nasional. Untuk bermain di Hillpark Sibolangit Anda hanya perlu membayar biaya retribusi Rp. 45.000.

 

7. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan - Tempat wisata di Medan

Masjid Raya Medan – Tempat wisata di Medan

Masih sama seputar tempat wisata di Medan yang merupakan salah satu tempat wisata religi. Masjid ini memeliki nilai arsitektur yang unik dimana gaya bangunannya perpaduan antara Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah. Bangunan Masjid Raya Medan ini berbentuk bundar segi delapan yang memiliki empat serambi utama di bagian depan, belakang, samping kiri dan kanan.

 

8. Graha Santa Maria Velangkanni

Santa Maria Velangkanni - Tempat wisata di Medan

Santa Maria Velangkanni – Tempat wisata di Medan

Tempat menarik di medan yang menjadi tempat wisata religi adalah Graha Santa Maria Velengkanni. Tempat wisata religi ini adalah gereja katolik namun memiliki bentuk seperti kuil hindu. Dengan melihat kemegahan bangunan gereja ini membuat wisatawan datang ke sini untuk mengabdikan foto. Pada tahun 2001 oleh Pastor James Bharataputra. Ornamen dalam gereja ini juga cukup unik

 

9. Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara - Tempat wisata di Medan

Museum Sumatera Utara – Tempat wisata di Medan

Tempat wisata di Medan yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya adalah Museum Sumatera Utara. Museum ini merupakan museum terbesar dengan lahan seluas 10.468 meter persegi ini terbagi menjadi dua lantai yang terdapat beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain. Museum ini memiliki sekitar i 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca-arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain dari sumatera utara khususnya.

 

10. Danau Linting

Danau Linting - Tempat wisata di Medan

Danau Linting – Tempat wisata di Medan

Objek wisata di Medan ini bernama danau linting. Objek wisata ini merupakan tempat wisata pertama di Medan. Danau linting ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Dengan panorama air yang berwarna hijau dan biru ini serta di kelilingi oleh batu cadas yang eksotik. Danau linting ini berada di kabupaten Deli Serdang. Danau linting ini memang tidak terlalu luas namun ia menyuguhkan nuansa udara yang sejuk dan damai. Maka tempat wisata danau linting di Medan ini cocok untuk refreshing.

 

11. Danau Siombak

Danau Siombak - Tempat wisata di Medan

Danau Siombak – Tempat wisata di Medan

Danau siombak ini merupakan tempat wisata di Medan yang merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar. Letaknya di antara sungai deli dan sungai terjun. Walaupun tergolog danau buatan namun airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan . warna hijau tersebut dari dasar danau yang ditumbuhi oleh lumut dan ganggang.

 

12. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi - Tempat wisata di Medan

Menara Air Tirtanadi – Tempat wisata di Medan

Tempat wisata di Medan berupa Menara Air Tirtanadi ini berlokasi di persimpangan Jalan Sisingamangaraja 1, dekat dengan Soeichi International Hotel. Perlu anda ketahui menara air tirtanadi ini merupakan ikon dari kota Medan. Menara ini juga merupakan bangunan yang penting untuk masyarakat Medan, karena sebagai tempat penampungan air. Tempat wisata menara air tirtanadi ini di bangun pada tahun 1908 oleh Belanda. Sekarang, menara ini sudah menjadi milik PDAM. Bangunan ini bergaya kolonial belanda dengan tinggi 42 meter.

 

13. Kantor Pos Medan

Kantor Pos Medan - Tempat wisata di Medan

Kantor Pos Medan – Tempat wisata di Medan

Kantor Pos Medan terletak bersebrangan dengan Lapangan Merdeka Medan. Kantor pos Medan ini termasuk tempat bersejarah di Medan yang masih kokoh berdiri hingga sekarang. Kantor pos Medan ini berdiri sejak tahun 1911 yang dibangun oleh arsitektur Belanda. Bangunan kantor pos ini memiliki kubah yang unik dengan jendela-jendela berbentuk setengah lingkaran dan tiang penyangga berwarna putih. Jika dilihat sekilas bangunan kantor pos ini seperti sarang burung merpati.

 

14. Merdeka Walk

Merdeka Walk - Tempat wisata di Medan

Merdeka Walk – Tempat wisata di Medan

Merdeka walk atau yang sering disebut MW ini adalah tempat nongkrong di Medan yang menyediakan kuliner serta oleh-oleh khas Medan. Di sana juga terdapat banyak hiburan dan cocok di jadikan sebagai tempat nongkrong. Selain makanan khas Medan jenis makanan intenasional dan asia lainnya juga bisa anda nikmati. Salah satu tempat paling nyaman adalah center piece, biasanya ada pertunjukan band, dan hiburan lainnya.

 

15. Taman Mora Indah

Taman Mora Indah - Tempat wisata di Medan

Taman Mora Indah – Tempat wisata di Medan

Taman mora indah merupakan tempat wisata di Medan yang menjadi tempat bermain yang asyik untuk anak dan keluarga. Jadi anda yang ingin membawa anak dan keluarga bisa menghabiskan waktu liburan anda di sini. Di tempat wisata ini terdapat waterpark yang cukup luas dan dipenuhi dengan berbagai macam wahana menarik.

 

Nah itulah ulasan singkat dari beberapa tempat wisata di Medan Kota yang bisa Anda kunjungi bersma orang terdekat. Selain tempat-tempat diatas, Kota Medan juga masih punya tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti Kandang Rusa di USU, Museum perjuangan TNI, Arum Jeram Sungai Binge, Taman Sri Deli dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan banyaknya tempat wisata yang dimiliki Kota Medan ini, maka dapt dipastikan Anda akan betah berlama-lama untuk tinggal di kota ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak travellers yang membutuhkannya. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!