11 Tempat Wisata di Pacitan Terpopuler dan Eksotis yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pacitan – Pemandangan pantai yang ditawarkan di Pacitan tidak kalah jauh dengan keindahan pantai di Bali. Salah satu andalan dari objek wisata Pacitan adalah tempat surfingnya, apalagi dilengkapi dengan ombak laut yang liar. Seperti di Pantai Watu Karung, yang cocok banget dijadikan tempat surfing. Selain itu wisata pacitan selain pantai juga banyak yang wajib kalian kunjungi saat berlibur kesana. Ini juga yang menambah deretan daftar wisata pantai di Jawa Timur.

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan

 

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Klayar – Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Donorojo, serta berjarak 40 km dari pusat kota Pacitan. Sehingga kalian bisa tiba di pantai ini dengan menempuh perjalanan kurang lebih 60 menit. Pantai Klayar terkenal dengan hamparan pasir putihnya serta batu karangnya yang mirip dengan Sphinx. Selain itu, gugusan karangnya yang unik menambah keeksotisan pantai Klayar. Tak hanya itu, kalian juga bisa menemukan sebuah seruling air mancur yang sangat tinggi sekitar sepuluh meter dan terbentuk secara alami. Selain wisata pacitan pantai Klayar, kalian juga bisa bermain ke sebuah seruling laut yang berlokasi 40 km dari pusat kota Pacitan.

 

2. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Teleng Ria – Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai terkenal lainnya di Pacitan. Untuk tiba di pantai ini kalian perlu menempuh perjalanan kurang lebih 5 menit dari pusat kota. Saat ini, Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata di pacitan yang paling favorit dan ramai pengunjung. Mempunyai hamparan pasir yang indah diiringi deburan ombak laut yang relatif tenang. Membuat banyak keluarga menjadikannnya sebagai destinasi liburan bersama keluarga tercinta. Selama disana kalian bisa bermain di tepi pantai, atau berenang, serta kegiatan menarik lainnya yang bisa banyak kalian temui.

 

3. Pantai Srau

Pantai Srau Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Srau – Tempat Wisata Di Pacitan

Tempat wisata di Pacitan yang wajib kalian datangi adalah pantai Srau Pacitan Jawa Timur. Walau tidak terlalu terkenal seperti Pantai Klayar, beberapa wisatawan sering menjadikannya sebagai destinasi liburan favorit. Pantai Srau berlokasi di Desa Candi, Kec. Pringkuku. Untuk tiba disana kalian perlu menempuh sekitar 25 km dari pusat kota.

Pantai Srau mempunyai keunikan yang berbeda dari pantai-pantai wisata di Pacitan Jawa Timur lainnya. Pantai Srau ini mempunyai tiga jenis pantai yang berbeda. Yang pertama mempunyai pasir yang putih dan cantik khas pantai Pesisir Selatan. Pantai kedua mempunyai pasir dengan tekstur lebih kasar bahkan bercampur batu karang. Yang terakhir adalah pantai ketiga yang mempunyai gugusan karang yang bisa kalian jadikan tempat duduk bersantai sambil menikmati keindahan saat matahari terbenam.

 

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Watu Karung – Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan keganasan ombaknya, sebuah pantai yang menjadi tempat surfing berkelas dunia di Pacitan. Di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung. Tertarik untuk surfing di pantai yang satu ini? letaknya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia membuat ombak di pantai ini sangat ganas dan menantang. Ombak Pantai Watu Karung adalah salah satu dari lima ombak terbaik di dunia. Waktu terbaik untuk berselancar ada pada bulan april hingga oktober, karena pada bulan-bulan ini angin laut tergolong kuat sehingga ombak yang dihasikan juga sangat memukau.

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berjarak ±25 km dari sisi barat Kota Pacitan. Akses jalan menuju pantai ini tergolong baik, meski Anda harus melewati jalanan yang berkelok dan naik turun. Untuk masuk ke Pantai Watu Karung ini Anda dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk anak-anak dan Rp 3000 untuk orang dewasa di hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur nasional, tiket masuk ke Pantai Watu Karung adalah Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 5000 untuk orang dewasa.

 

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Tempat Wisata Di Pacitan

Pantai Banyu Tibo – Tempat Wisata Di Pacitan

Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, tidak dipungkiri jika wisata pantai Pacitan menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung. Wisata Pacitan Banyu Tibo merupakan sebuah pantai yang memiliki air terjun. Seperti namanya, Banyu Tibo yang dalam bahasa Jawa diartikan sebagai air datang, wisata alam Pacitan ini menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing dengan air terjun. Hal yang menarik dari tempat wisata di Pacitan ini  adalah airnya yang merupakan perpaduan dari air tawar yang berasal dari air terjun dan juga air asin dari laut.

 

6. Goa Gong

Goa Gong Tempat Wisata Di Pacitan

Goa Gong – Tempat Wisata Di Pacitan

Di dalam goa ini, terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh. Perjalanan menuju Goa Gong ini relatif mudah melalui jalanan setapak.

Goa Gong terletak di Desa Bomo, sebuah gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang berada di di sekitarnya. Goa ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah objek wisata Pacitan. Nama Goa Gong erat kaitannya dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa, yaitu gong.

 

7. Monumen Jenderal Soedirman

Monumen Jenderal Soedirman Tempat Wisata Di Pacitan

Monumen Jenderal Soedirman – Tempat Wisata Di Pacitan

Kabupaten Pacitan tidak hanya kaya dengan objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam saja. Di Kabupaten Pacitan ada sebuah destinasi wisata yang sarat nilai sejarah yaitu Monumen Jenderal Soedirman. Monumen Jenderal Soedirman yang didirikan di Kabupaten Pacitan ini sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa Jenderal Soedirman selama melakukan perang gerilya di Kabupaten Pacitan.

Monumen Jenderal Soedirman ini dibangun pada era Orde Baru dan bisa dilihat dengan dekat setelah menaiki tujuh puluh anak tangga. Selain itu, ada juga bedek atau rumah dari bambu yang merupakan rumah tempat Jenderal Soedirman menyusun strategi perang gerilya dulu.

 

8. Bukit Pakis

Bukit Pakis Tempat Wisata Di Pacitan

Bukit Pakis – Tempat Wisata Di Pacitan

Tempat wisata di Pacitan modern seperti kafe atau mal. Namun, Kabupaten Pacitan menyuguhkan keindahan malam yang sempurna yang bisa disaksikan melalui Bukit Pakis. Bukit Pakis atau dikenal juga dengan Bukit Bintang adalah objek wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Pacitan saat malam hari. Bukit Pakis bisa ditempuh selama dua puluh menit ke sebelah utara Kabupaten Pacitan. Dari atas bukit ini pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan malam kota Pacitan dengan lampu yang berkelap-kelip.

Meski keindahan dari Bukit Pakis bisa dinikmati kapan saja, tetapi disarankan untuk datang ke Bukit Pakis saat malam bulan purnama. Dengan bulan purnama dan jutaan bintang yang bersinar cerah di atas langit malam yang gelap, dapat memberikan keindahan malam Kabupaten Pacitan yang sungguh sempurna. Sayangnya, objek wisata ini masih sangat sepi sehingga akan lebih baik jika mengunjungi Bukit Pakis beramai-ramai.

 

9. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan Tempat Wisata Di Pacitan

Goa Tabuhan – Tempat Wisata Di Pacitan

Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul. Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini.

Baca Juga :

 

10. Sungai Maron

Sungai Maron Tempat Wisata Di Pacitan

Sungai Maron – Tempat Wisata Di Pacitan

Sungai Maron adalah “Green Canyon” nya Pacitan. Sungai ini dapat Anda temui di Desa Dersono. Cara terbaik untuk menikmati pesona Green Canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk lokal, lalu menyusuri sungai yang panjangnya ±4,5 km ini.

Pesona salah satu tempat wisata di Pacitan ini terletak pada panorama alam yang dapat Anda nikmati tatkala menyusuri alur sungai. Paduan harmoni alam dari pepohonan hijau di sepanjang tepian sungai, tanaman kelapa, serta air sungai yang jernih sungguh menyuguhkan pengalaman wisata yang menawan hati.

Anda akan mendapati sebuah suasana damai di tempat ini. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun, di sungai ini diadakan lomba dayung yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam.

 

11. Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget Tempat Wisata Di Pacitan

Pemandian Banyu Anget – Tempat Wisata Di Pacitan

Air yang ada di tempat pemandian Banyu Anget berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan. Pemandian ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota. Anda akan mudah menjumpai tempat pemandian air panas Pacitan ini. Konon katanya, pemandian air hanget ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Namun bagi Anda yang memiliki masalah kulit, tidak dibolehkan untuk mandi di kolam umum.

Tersedia 4 kolam untuk pemandian, 2 kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, serta kolam tempat sumber air panas. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp.10.000,-/orang. Selain kolam mandi, pengelola juga menyediakan lahan parkir, mushola, tempat bilas dan SPA. Disekitar pemandian Tirto Husodo ini juga banyak tersedia penginapan yang memudahkan Anda untuk bermalam.

 

Nah itulah tempat wisata di Pacitan yang bisa Kompas Wisata rekomendasikan kali ini. Setelah puas menjelajahi pesona wisata yang ada di Pacitan, jangan lupa untuk mampir mencari oleh-oleh khas pacitan baik dari pernak-pernik hingga batu akik asli dari Pacitan. Makanan khas Pacitan seperti soto Pacitan, sego gobyos, jenang dan sale anggur yang bisa Anda nikmati selagi berada disana. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!