Tempat Wisata Di Palembang Yang Sayang Untuk Dilewatkan

  Tempat wisata di PalembangPalembang adalah sebuah kota yang terletak di Sumatera Selatan. Ia memiliki sebuah sungai besar yang bernama Musi. Di samping menjadi maskot, sungai Musi juga berperan sebagai penggerak perekonomian warga. Di sungai Musi kita bisa menemui aneka sebuah jempatan yang melegenda, yaitu Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera sendiri adalah ikon dan tempat wisata di Palembang yang paling banyak dikunjungi. Pembangunannya sendiri dilakukan pada masa Bung Karno, sekitar tahun 1960-an. Kata Ampera sendiri diambil dari akronim Amanat Penderitaan Rakyat. Sebelum dinamai Ampera, jembatan ini akan dinamai dengan nama Jembatan Bung Karno. Tapi Bung Karno menolak dan menggantinya dengan nama Ampera, agar sesuai dengan slogan Indonesia yang berlaku saat itu.

Daya tarik Ampera sendiri baru akan muncul setelah malam tiba. Saat itu, Ampera dipenuhi dengan lampu dan menjelma sebagai tempat wisata di Palembang yang murah.

Di samping Ampera kita juga bisa menemui aneka resto dan warung yang berada di pinggiran sungai Musi. Jadi, selain menikmati hidangan dari warung makan, kita juga bisa menikmati indahnya jembatan yang melegenda ini.

Tapi Palembang tidak hanya mengaggungkan Jembatan Ampera dan Sungai Musi saja sebagai objek wisata. Ia juga memiliki ragam tempat wisata yang keren dan sayang untuk dilewatkan. Untuk lebih jelasnya, berikut Kompas Wisata paparkan beberapa tempat wisata di Palembang yang keren dan sayang untuk dilewatkan.

 

Daftar Tempat Wisata Di Palembang

 

1. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho - Tempat wisata di Palembang

Masjid Cheng Ho – Tempat wisata di Palembang

Masjid ini adalah wisata religi yang sayang sekali untuk dilewatkan. Sebagai salah satu masjid besar di Palembang, masjid ini punya daya tarik dan ciri khas yang tak dimiliki oleh masjid lain.

Dari segi nama, masjid ini diambil oleh salah satu panglima angkatan laut China yang beragama Islam, yaitu Laksamana Cheng Hoo. Laksamana Cheng Hoo sendiri adalah panglima angkatan laut yang melakukan invasi perdagangan ke Palembang. Di samping kegiatan tersebut, Ia juga kerap menyebarkan ajaran islam sebagai wali songo di Jawa.

Di samping nama, tempat wisata di Palembang ini juga memiliki arsitektur yang identik dengan Thionghoa. Menara dan beberapa bagian masjid mirip dengan bangunan Thionghoa lainnya. Nah, untuk Anda yang berkeinginan ke sana, silahkan datang ke komplek Jakabaring Palembang.

 

2. Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang - Tempat wisata di Palembang

Bukit Siguntang – Tempat wisata di Palembang

Bukit ini terletak 29-30 mdpl. Di balik lokasi yang rimbun, bukit ini memiliki cerita yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Konon, tempat wisata di Palembang ini adalah tempat bersemedi para penderita Palembang. Di samping jadi tempat bersemedi, Bukit Siguntang juga memiliki makam bangsawan dan pendiri Palembang yang kerap diziarahi beberapa orang.

Untuk Anda yang ingin ke lokasi ini, silahkan datang ke Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. Di sana Anda bisa menikmati pesona Bukit Siguntang lengkap dengan makan, kerimbunan, dan cerita yang terdapat di sana.

Tapi perlu diingat; tempat ini adalah lokasi yang dikramatkan. Di sana terdapat banyak makam bangsawan dan pendiri Palembang yang diagungkan. Jadi, jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Palembang ini, pastikan untuk menjaga sikap, tingkah laku, dan perkataan yang Anda ucapkan.

 

3. Museum Sultan Mahmud Badarudin II

Museum Sultan Mahmud Badarudin II - Tempat wisata di Palembang

Museum Sultan Mahmud Badarudin II – Tempat wisata di Palembang

Museum Sultan Mahmud Badarudin II adalah tempat wisata di Palembang yang sayang untuk dilewatkan. Kenapa? Di samping lokasinya yang mudah diakses, museum ini juga memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah seperti arca Ganesha, Amarawati, Udha, peralatan di masa kesultanan Palembang, dan sketsa perjuangan Palembang melawan penjajah.

Secara garis besar, koleksi Museum Sultan Mahmud Badarudin II sendiri terdiri dari 368 unit dengan rincian sebagai berikut:

  • Arkeologika: 9 unit
  • Etnografika: 146 unit
  • Biologi: 15 unit
  • Keramologika: 20 unit
  • Seni rupa: 5 unit
  • Numismatika: 173 unit

Jumlah koleksi di Museum Sultan Mahmud Badarudin II yang berlimpah membuatnya jadi salah satu tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena di samping mengedukasi, tempat ini juga menerangkan sejarah dan peradaban Palembang pada masa itu. Jadi, jika Anda berkunjung ke Palembang, sempatkan untuk mengunjungi museum ini. Karena dengan begitu Anda akan tahu bagaimana dan seperti apa kehidupan di Palembang pada masa kesultanan.

Museum Sultan Badarudin II sendiri terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

 

4. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung - Tempat wisata di Palembang

Air Terjun Curup Maung – Tempat wisata di Palembang

Air Terjun Maung adalah satu dari sekian banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati di Palembang. Air terjun Maung sendiri terdapat di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat. Jika diukur dari pusat kota Palembang, tempat wisata di Palembang ini berjarak kurang lebih 220 km.

Tinggi air terjun ini adalah 80 meter dengan lebar yang juga sama dengan ketinggiannya. Saat akhir pekan air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar Palembang.

Jika dilihat dari kondisi alamnya, Air Terjun Maung adalah satu dari sekian daerah yang masih asri di Palembang. Di sana Anda bisa menikmati perbukitan, sungai nan bersih, hutan, dan masih banyak lagi. Karena masih asri, tempat ini pun sering digunakan sebagai latar foto dan sejenisnya. Karena hal itu, jadilah tempat wisata di Palembang ini viral dan jadi trending topic dunia.

Perlu dicatat; tempat wisata ini sendiri adalah satu dari beberapa yang ada di Palembang. Walau letaknya sedikit tersembunyi, namun keindahan dan kesejukan alamnya terbilang keren, sehingga mampu membayar lelah dan letihnya perjalanan yang dilakukan pengunjung.

 

5. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro - Tempat wisata di Palembang

Pulau Kemaro – Tempat wisata di Palembang

Pulau Kemaro adalah tempat wisata di Palembang yang begitu melegenda. Legenda yang beredar di sini mengisahkan tentang 2 orang kekasih yang menikah kemudian berpisah karena kematian.

Di samping memiliki legenda yang begitu khas, pulau ini juga memiliki daya tarik lain, seperti pagoda 9 lantai, pemandangan yang sekitar pulau yang eksotis, kuil untuk sembahyang yang siap digunakan, patung-patung khas yang siap jadi latar foto, pohon cinta dengan mitosnya yang melegenda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di waktu-waktu tertentu tempat ini juga ramai dikunjungi peziarah dan orang yang ingin sembahyang. Walau demikian, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan dan keelokan pulau ini dengan leluasa.

Letak tempat wisata di Palembang ini sekitarnya 8 km dari Jembatan Ampera. Jika ingin ke sana, Anda bisa menggunakan perahu untuk bisa sampai ke delta tersebut.

Baca Juga : Makanan Khas Palembang Selain Pempek dan Tekwan

 

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Palembang yang paling populer. Di samping tempat-tempat di atas, kita juga bisa menemui ragam tempat wisata lain seperti Benteng Koto Besak, Taman Hutan Wisata Punti Kayu, Masjid Agung Sultan Badaruddin, Taman Kembang Iwak, dan masih banyak lagi. Selamat berlibur. Be Happy !!

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: