12 Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di PasuruanPasuruan adalah salah satu destinasi wisata paling menarik yang ada di Jawa Timur. Di Pasuruan Anda akan menemukan beberapa tempat wisata yang akan membuat Anda susah menentukan pilihan mana saja yang akan dikunjungi. Wilayah Pasuruan sendiri berbatasan langsung dengan beberapa daerah secara nasional sudah dikenal sebagai daerah wisata, diantaranya Probolinggo di timur, Kota Batu di barat daya, dan Malang di selatan. Salah satu tujuan wisata di Pasuruan yang menarik dan difavoritkan warga Pasuruan adalah pantai pasir putih Pasuruan. Pantai pasir putih di Pasuruan ini selalu menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis.

Tak hanya pantai pasir putih yang menjadi andalan kota Pasuruan, juga ada beberapa tempat wisata di Pasuruan lainnya yang wajib Anda kunjungi. Berikut ini setidaknya ada 12 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Pasuruan, Jawa Timur.

 

12 Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur

 

1. Pantai Lekok Pasuruan

Pantai Lekok Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai Lekok Tempat Wisata di Pasuruan

Berada di sebelah utara kebupaten Pasuruan yang berbatasan langsung dengan laut Jawa, Pantai Lekok Pasuruan ini merupakan salah satu pantai di Pandaan tepatnya ada di Jatirejo Lekok Pasuruan yang paling difavoritkan warga Pasuruan. Pantai berpasir hitam tersebut memiliki sebuah tradisi unik yang diadakan setiap tahunnya yang dikenal dengan sebutan Ski Lot, yakni aksi menangkap lele, belut, dan kepiting sembari berselancar di atas lumpur. Tempat wisata di Pasuruan ini bisa Anda kunjungi untuk sekadar melepas rindu dengan suasana pantai yang indah.

 

2. Pantai Penunggul Pasuruan

Pantai Penunggul Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai Penunggul Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai Penunggul merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Pasuruan. Pemerintah kabupaten Pasuruan telah siapkan hutan bakau yang ada di desa Penunggul, kecamatan Nguling yang bakal menjadi destinasi wisata pantai penunggul Pasuruan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Probolinggo. Wisata Pasuruan Probolinggo ini targetnya akan dimulai tahun depan untuk menunjang program pemkab bahwasanya di tahun 2018 akan jadi tahun wisata kabupaten Pasuruan.

 

3. Kawasan Tretes

Kawasan Tretes Tempat Wisata di Pasuruan

Kawasan Tretes Tempat Wisata di Pasuruan

Kawasan Tretes Prigen ini jadi salah satu wisata Pandaan Tretes, Pasuruan yang berada di kaki gunung welirang dan gunung arjuna dengan kondisi alamnya yang sangat indah dengan berhawa dingin serta sejuk. Objek wisata di Pasuruan satu ini merupakan objek wisata paling banyak dikunjungi wisatawan, dengan keindahan alamnya yang berlatarbelakang pegunungan. Kawasan tersebut letaknya sangat strategis dengan jarak tempuh 1 jam dari kota Pasuruan, dan 45 menit dari Surabaya.

 

4. Bhakti Alam

Bhakti Alam Tempat Wisata di Pasuruan

Bhakti Alam Tempat Wisata di Pasuruan

Tempat wisata di Pasuruan ini adalah wahana wisata buah yang berada di atas lahan seluas 60 hektar. Ada sekitar 15 jenis buah-buahan yang tumbuh di sini. Beragam buah tersebut diantaranya mangga, durian, naga, jeruk, semangka, melon, kelengkeng, dan lain-lain. Tetapi setiap pengunjung tak boleh memetik secara langsung buah-buahan tersebut. Hal menarik lainnya di tempat wisata bhakti alam Pasuruan ini juga terdapat kolam renang bhakti alam yang bisa digunakan untuk merilekskan otot-otot Anda setelah beberapa hari berkutat dengan pekerjaan atau aktifitas Anda sehari-hari. Tiket Bhakti Alam Pasuruan 2017 sangat terjangkau yakni Rp 30 ribu di hari biasa dana Rp 35 ribu di hari libur dan jam buka Bhakti Alam Pasuruan antara pukul 08 : 00 – 17 : 00 WIB.

 

5. Bukit Flora

Tempat wisata di Pasuruan satu ini bertempat di sekitar 3 km dari kawasan Nongkojajar, tepatnya di desa Tutur, kecamatan Tutur, Pasuruan. Berada di ketinggian sekitar 700 meter dpl, sangat tepat sebagai tempat untuk rekreasi keluarga, sebab berhawa sejuk dan nyaman. Selain bisa melihat indahnya aneka bunga di bukit Flora Pasuruan, Anda juga bisa menikmati fasilitas outbound seperti flying fox, titian tali, dan lain-lain.

 

6. Air terjun Gumandar

Air terjun Gumandar Tempat Wisata di Pasuruan

Air terjun Gumandar Tempat Wisata di Pasuruan

Tak hanya unik sebab tak memiliki aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebing, tetapi langsung masuk ke tanah untuk diserap lalu keluar melalui sumber air di sekitar pemukiman penduduk. Tempat wisata di Pasuruan satu ini diberi nama air terjun Gumandar atau air terjun Deleg. Keberadaannya ada di sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam & Budaya.

 

7. Air terjun Sumber Nyonya

Air terjun Sumber NyonyaTempat Wisata di Pasuruan

Air terjun Sumber NyonyaTempat Wisata di Pasuruan

Ini adalah destinasi wisata di Pasuruan yang tergolong aman sebab air di air terjun sumber nyonya ini tak langsung jatuh ke tanah, dimana airnya jatuh terlebih dulu mengenai batu-batu yang ada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tak ada tempat dalam di area hempasan air. Air terjun ini ada di area perkebunan kopi penduduk. Keberadaannya tak jauh dari Wahana wisata bukit Flora Pasuruan.

 

8. Pantai Blandongan Pasuruan

Pantai Blandongan Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai Blandongan Tempat Wisata di Pasuruan

Salah satu pantai indah dan paling hits dengan berbagai fasilitas lengkap adalah Pantai Blandongan Pasuruan. Tempat wisata di Pasuruan satu ini merupakan destinasi wisata pantai dengan sejuta pesona yang eksotis. Disini Anda bisa melakukan banyak aktifitas menarik, seperti volly pantai, atau pun berjalan-jalan santai di tepian pantai, dan lain-lain.

 

9. Pantai Tambak Bahak

Pantai Tambak Bahak Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai Tambak Bahak Tempat Wisata di Pasuruan

Pantai tambak bahak ini merupakan salah satu tempat wisata di Pasuruan yang paling ramai dikunjungi. Bagaimana tidak, pantai tersebut tak hanya menyuguhkan panoramanya yang eksotis, akan tetapi disini Anda juga banyak menemukan warung-warung makan yang jajakan makanan khas laut dengan rasa yang menggugah. Sebagai referensi wisata di Pasuruan paling difavoritkan, pantai tersebut memiliki pasir putih indah dan air laut yang jernih serta bersih.

 

10. Alun-Alun Bangil, Pasuruan

Alun Alun Bangil Tempat Wisata di Pasuruan

Alun Alun Bangil Tempat Wisata di Pasuruan

Alun-alun Bangil ini adalah plaza yang ada di jalan Alun Alun Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Tempat satu ini paling pas dikunjungi bersama keluarga untuk sekadar bercengkerama sembari bersantai ria di kota Bangil. Sehingga tak heran jika alun-alun Bangil tersebut juga menjadi wisata di Bangil paling favorit untuk wisata keluarga bagi mereka yang tak ingin jauh-jauh pergi untuk berlibur.

 

11. Wisata taman Dayu Pandaan

Wisata taman Dayu Pandaan Tempat Wisata di Pasuruan

Wisata taman Dayu Pandaan Tempat Wisata di Pasuruan

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Pasuruan satu ini adalah sebuah taman yang umumnya akan ramai di hari Minggu atau pun hari-hari besar. Tempat tersebut dahulunya adalah bekas perumahan elit dan kini dikembangkan jadi taman wisata yang dapat dikunjungi oleh siapa saja. Kawasan taman ini ditumbuhi oleh pepohonan yang menjadikan suasana di sekitarnya sangat nyaman dan teduh. Beberapa fasilitas seperti tempat berkemah, area outbound, lapangan golf, dan waterpark mini juga tersedia di tempat ini. Bahkan ada juga pusat kuliner buat Anda yang suka dengan wisata kuliner di Pasuruan.

 

12. Candi Jawi

Candi Jawi Tempat Wisata di Pasuruan

Candi Jawi Tempat Wisata di Pasuruan

Ini adalah sebuah candi Hindu Budha yang dibangun pada abad ke 13. Candi tersebut sangat unik sekali, sebab dikelilingi oleh kolam teratai. Tujuan dari pembuatan candi ini adalah untuk menyimpan sebagian abu Raja Kertanegara, salah satu raja dari Kerajaan Singosari. Wisata sejarah di Pasuruan ini ada di jalan Raya Bogem, desa Candi Wates, kecamatan Prigen. Setelah Anda puas berwisata di kota Pasuruan, jangan lupa juga untuk mampir ke tempat wisata di Trawas, yang pastinya semakin memanjakan liburan Anda.

 

Selain 12 tempat wisata di Pasuruan diatas, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang belum sempat kita bahas seperti pemandian Alam Banyu Biru atau danau Ranu Grati yang tak kalah indah dengan yang sudah kita bahas diatas. Anda juga wajib untuk mencoba wisata kuliner yang ada di Pasuruan seperti Kupang Kraton atau Rawon Pasuruannya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!