8 Tempat Wisata Di Pekanbaru yang Terpopuler

Tempat wisata di PekanbaruPekanbaru adalah satu dari sekian banyak kota bisnis di Indonesia. Di sini berdiri ribuan hektar kebun sawit. Dari kebun-kebun tersebut banyak tercipta produk ekspor yang siap jual, mulai dari hasil sawit mentah sampai yang sudah diolah. Hasil penjualan produk memang masuk ke kantong perusahaan. Tapi, sebagai penduduk lokal yang bekerja di perusahaan sawit, warga Pekanbaru pun banyak mendapat keuntungan yang baik untuk kelangsungan hidup mereka.

Walau menjadi ladang bisnis sawit, Pekanbaru bukan tergolong miskin dalam tempat wisata. Sebab tempat wisata di Pekanbaru sendiri cukup banyak dan beragam. Sedikitnya ada 10 tempat wisata yang ada di Pekanbaru yang paling hits dan banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat.

Walau tak mewakili keseluruhan objek wisata di Pekanbaru, tapi keeksisan dan tingginya jumlah pengunjung membuat Kompas Wisata mengumpulkan 10 tempat ini sebagai 10 tempat wisata di Pekanbaru dengan kualitas terbaik.

Nah, seperti apa ulasannya? Serta dimana dan bagaimana review-nya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Daftar Tempat Wisata Di Pekanbaru

 

1. Riau Fantasi

Riau Fantasi - Tempat wisata di Pekanbaru

Riau Fantasi – Tempat wisata di Pekanbaru

Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Riau Fantasi sendiri memiliki luas hingga 6,4 hektar dengan 2 zona permainan utama, yaitu kering dan basah. Di zona kering Anda menemui aneka wahana menarik seperti kora-kora, sky tower, wafe blaster, speedy coaster dan family swinger. Jika ingin wahana yang lebih santai, Anda bisa mencoba komedi putar dan kereta wisata. Sedang untuk zona basah, Anda bisa menemui aneka kolam lengkap dengan seluncurannya. Di samping keduanya, jembatan goyang dan ember raksasa juga jadi wahana yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Pekanbaru ini merupakan objek wisata yang ditunjang oleh aneka fasilitas yang lengkap dan terawat. Baik itu tempat ibadah, toilet, ruang ganti, ruang bilas, gazebo, kafetaria sampai free wi-fi pun ada dan dalam kondisi yang baik.

Bukan hanya itu. Riau Fantasi atau sering disebut Labersa ini juga tergolong tempat yang mudah diakses. Letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Pekanbaru membuatnya mudah diakses dari segala arah. Jika dari pusat kota sendiri, tempat wisata di Pekanbaru ini hanya ditempub sekitar 45 sampai 60 menggunakan mobil atau sepeda motor.

Untuk tarif masuk, objek wisata ini membanderol HTM senilai Rp 60.000,- di hari kerja dan Rp 70.000,- untuk hari libur (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

2. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang - Tempat wisata di Pekanbaru

Taman Rekreasi Alam Mayang – Tempat wisata di Pekanbaru

Tak jauh beda dengan Riau Fantasi, Taman Rekreasi Alam Mayang juga memiliki ragam wahana menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ada flying fox, kolam pemancingan, arena mandi bola, studio film 3D, dan banyak wahana outbond lain bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini.

Taman rekreasi Alam Mayang sendiri terletak di tengah perbukitan Riau. Akibatnya suhu di sini terbilang sejuk dan segar.

Tak berhenti sampai di situ. Karena memiliki 3 kolam pemancingan, tempat ini juga sering dijadikan arena perlombaan memancing. Pesertanya sendiri terbilang banyak, bahkan tak jarang ada yang berasal dari luar kota.

Walau punya banyak wahana menarik, tempat wisata di Pekanbaru ini tetap membanderol HTM yang murah, yaitu sekitar Rp 20.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Bagaimana? Tertarik untuk datang?

 

3. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari - Tempat wisata di Pekanbaru

Danau Buatan Lembah Sari – Tempat wisata di Pekanbaru

Pada masa awalnya danau ini hanya difungsikan sebagai bendungan irigasi yang mengalirkan air ke sawah warga. Tapi pada perkembangannya, tingginya potensi wisata dan banyaknya wisatawan yang berkunjung membuat pihak terkait merubah fungsi danau yang tadinya bendungan irigasi jadi tempat wisata.

Tempat wisata di Pekanbaru ini tak jauh dari pusat Kota Pekanbaru. Lokasi tepatnya ada di Desa Limbungan. Jarak desa tersebut hanya sekitar 10 km dari pusat Kota Pekanbaru.

Danau buatan Lembah Sari sendiri cocok jika dijadikan wisata keluarga. Di sana Anda bisa melakukan kegiatan piknik, bersantai, menikmati udara dan pemandangan danau serta berkeliling danau dengan perahu.

Danau buatan ini tidak menarif tiket masuk. Tapi jika Anda membawa kendaraan, Anda bisa membawa tarif parkir senilai Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- per kendaraan (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

4. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binantang Sang Kulim - Tempat wisata di Pekanbaru

Kebun Binantang Sang Kulim – Tempat wisata di Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru ini nampaknya cocok jika dijadikan destinasi wisata keluarga. Kelengkapan dan keberagaman hewan di sini terbilang cukup untuk dijadikan tempat edukasi. Anda bisa mengajarkan anak tentang keberagaman hewan yang ada di kebun binatang ini. Dengan begitu, anak akan paham tentang ragam spesies hewan.

Selain menikmati keberagaman spesies hewan, pengunjung juga bisa menikmati wahana lain seperti kolam pemancingan, seluncuran, serta ayunan anak.

Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menjumpai gajah yang bisa disewakan untuk ditunggani. Adapun biaya menunggang gajah sendiri terbilang murah, yaitu Rp 10.000,- per 10 menit (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Tempat wisata di Pekanbaru ini buka setiap hari dengan tarif masuk Rp 20.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

5. Istana Siak Sri Adipura

Istana Siak - Tempat wisata di Pekanbaru

Istana Siak – Tempat wisata di Pekanbaru

Istana Siak adalah tempat bersejarah yang ada di Pekanbaru. Bangunan yang terletak di pusat Kota Pekanbaru ini jadi saksi kejayaan Kesultanan Siak di abad ke-16 hingga ke-20. Istnaa Siak sendiri memiliki beberapa komplek yang bisa dikunjungi. Dari beberapa komplek, Anda akan menemui banyak koleksi menarik, mulai dari patung Ratu Wihelmia dari belanda sampai gendang yang berusia 200 tahun.

 Untuk bisa masuk ke sana pengunjung harus membayar tiket masuk senilah Rp 3.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

6. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An-Nur - Tempat wisata di Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur – Tempat wisata di Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru ini sekilas mirip Taj Mahal di India. Ya, rumah ibadah yang mampu menampung 4.500 jamaah ini memang dibentuk agar menyerupai Taj Mahal di India. Walau demikian, secara keseluruhan masjid ini mengadopsi arsitektur gaya Arab, Turki, Melayu dan India sendiri.

Rumah ibadah sekaligus tempat wisata rohani ini biasanya ramai saat Ramadhan. Saat itu banyak pengunjung yang datang untuk ngabuburit sembari menunggu waktu magrib. Di samping orang-orang tadi, Anda juga akan menemui aneka penjual, mulai dari penjual makanan, cemilan, hingga penjual pakaian.

 

7. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan - Tempat wisata di Pekanbaru

Masjid Senapelan – Tempat wisata di Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini juga berasal dari peninggalan Kesultanan Siak. Masjid yang berjuluk Masjid Senapelan ini dibangunan sejak 1762. Dalam masjid ini terdapat sumur tua yang konon bisa menyembuhkan aneka penyakit. Bahkan, karena kesaktiannya, sumur ini pun terdengar hingga negeri tetangga dan mendatangkan beberapa wisatawan asing yang berasal dari dalam dan luar negeri. Tapi, karena satu dan lain alasan, sumur itu pun ditutup dan tak bisa dikunjungi lagi.

8. Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda Pekanbaru - Tempat wisata di Pekanbaru

Dekranasda Pekanbaru – Tempat wisata di Pekanbaru

Tempat wisata di Pekanbaru ini nampaknya cocok untuk Anda yang gemar belanja dan mencari produk-produk daerah. Jika Anda ke sini, Anda akan menemui aneka ragam produk kerajinan daerah, mulai dari kain songket, tenun, batik dan beberapa kerajinan lain.

Oh ya, Dekranasda sendiri adalah kependekan dari Kewan Kerajinan Nasional Daerah. Dekranasda umumnya bergerak dalam pemanasaran produk-produk daerah. Pada pelaksanaannya, Dekranasda ini biasa bekerja sama dengan penjual kerajinan lokal di seluruh Indonesia. Karena menjual aneka kerajinan dan oleh-oleh, keberadaan Dekranasda sendiri harus stretegis. Di Pekanbaru sendiri Dekranasda terletak di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian, Pekanbaru.

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin membeli salah satu kerajinan Pekanbaru, Anda bisa datang ke kedua tempat tadi.

 

Itulah ragam tempat wisata di Pekanbaru yang bisa Anda kunjungi. Di samping delapan tempat tadi, Anda juga bisa mengunjungi 2 tempat wisata di Pekanbaru yang lain, yaitu perpustakaan Soeman H. S. dan Pasar Bawah. Keduanya merupakan tempat wisata yang punya ciri khas dan keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, jangan lupa untuk datang dan kunjungi kesepuluh tempat di atas. Kami jamin, dahaga wisata Anda akan terpuaskan oleh 10 tempat tadi. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: