Tempat Wisata Di Ponorogo Yang Eksotis Dan Menawan

Tempat wisata di Ponorogo – Kabupaten Ponorogo memiliki kesenian yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Oleh karenanya Ponorogo dijuluki sebagai kota Reog atau bumi Reog, yang merupakan daerah asal dari kesenian Reog. Daerah ini berada di sisi barat dari wilayah Jawa Timur dan tak jauh dengan provinsi Jawa Tengah. Maka dari itu, kebudayaan yang terbentuk masih saling berkaitan erat.

Kebanyakan orang beranggapan, bahwa suatu kota seni pasti memiliki sedikit sektor pariwisatanya. Ternyata ungkapan itu hanyalah kabar burung yang tak ada artinya. Ponorogo sebagai kota seni masih menawarkan beragam tempat wisata seru terutama yang berhubungan dengan keindahan alam. Sudah pasti anda tertarik untuk berwisata ke kota ini bukan? Berikut daftar mengenai tempat wisata di Ponorogo yang sangat menyenangkan.

 

Tempat Wisata Di Ponorogo Yang Bernuansa Alam

 

1. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk - Tempat wisata di Ponorogo

Air Terjun Pletuk – Tempat wisata di Ponorogo

Air Terjun Pletuk yang terletak di Dukuh Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 60 menit dari pusat kota Ponorogo dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jalan yang berlubang membuat pengendara harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Setelah memasuki kecamatan Sooko, Anda dapat mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan untuk menuju lokasi air terjun. Lokasi yang dibuka sejak tahun 2006 ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dipenuhi dengan bebatuan besar. Pengunjung lokasi wisata ini sangat banyak disaat waktu libur tiba. Sangat berbeda jauh pada hari-hari aktif lainnya. Jadi bila Anda ingin merasakan sensasi air terjun ini sepenuhnya, datanglah saat hari dimana pengunjungnya sepi.

 

2. Air Terjun Toyomerto

Air Terjun Toyomerto - Tempat wisata di Ponorogo

Air Terjun Toyomerto – Tempat wisata di Ponorogo

Air Terjun Toyomerto yang berlokasi di Desa Pupus, Kecamatan Ngebel ini tak jauh dari telaga. Dilihat dari mata pandang air terjun tersebut memiliki 2 tingkat air dalam satu aliran. Tentu saja jatuhhnya air terjun dari tebing batu sangat menarik perhatian. Sementara itu, untuk ketinggiannya masing-masing adalah 25 meter dan 30 meter. Sayangnya akses menuju objek air terjun sangat sulit dengan medan yang cukup ekstrim. Namun, di sepanjang jalan anda bisa menjumpai hutan pinus dan kebun kopi yang memanjakan mata Anda.

 

3. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel - Tempat wisata di Ponorogo

Telaga Ngebel – Tempat wisata di Ponorogo

Banyak orang yang mengatakan bahwa Telaga Ngebel adalah objek wisata yang tidak dapat dipisahkan dari kota Ponorogo. Memang pendapat itu benar adanya, lantaran pemandangan yang disuguhkan dari telaga ini sangat memikat hati. Sebuah panorama alam yang begitu hijau yang dipadukan dengan jernihnya air dari dalam telaga. Tenang di sini anda juga bisa menikmati beragam fasilitas yang ada, seperti menyewa speed boat, sepeda air, perahu air, hingga berwisata kuliner khas Ponorogo.

 

4. Watu Semaur

Watu Semaur - Tempat wisata di Ponorogo

Watu Semaur – Tempat wisata di Ponorogo

Watu Semaur termasuk kawasan objek yang cocok untuk menghilangakn penat saat beraktivitas seharian penuh. Lokasinya yang berada di sebuah tebing tepatnya di pinggir jalan raya Ngrayun, Desa Selur, Ponorogo. Secara harfiah dalam bahasa Indonesia Watu Semaur berarti batu yang menangapi. Nah, konon nama tersebut diberikan lantaran ada yang berteriak dengan nada suara yang menggema di dalam batu. Terlepas dari itu, anda bisa menjadikan watu semaur sebagai tempat olahraga berupa panjat tebing. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk anda lakukan.

 

5. Gunung Gajah

Gunung Gajah - Tempat wisata di Ponorogo

Gunung Gajah – Tempat wisata di Ponorogo

Jika anda suka mendaki, maka tidak ada salahnya untuk menjelajah Gunung Gajah yang memiliki ketinggian hanya 1000 mdpl. Selain itu, puncak gunung ini tidak terlalu sulit jadi sangat cocok buat para pendaki pemula. Saat anda sampai di puncak Gunung Gajah maka akan menemukan pemandangan awan di bawah kaki anda  sendiri. Kemudian, panorama siluet dari puncak gunung di kejauhan menambah kesan tersendiri. Anda juga tak boleh melewatkan matahari terbit jika berada di gunung ini.

 

6. Goa Lowo

Goa Lowo - Tempat wisata di Ponorogo

Goa Lowo – Tempat wisata di Ponorogo

Goa Lowo yang memiliki ribuan kelelawar di dalamnya, maka tak heran arti nama tersebut adalah gua kelelawar. Beralamat di Kecamatan Sampun, Ponorogo ini tentunya sangat wajib untuk anda tandangi. Pasalnya sesaat anda memasuki goa maka akan melihat banyaknya kelelawar. Kemudian, anda juga akan menjumpai bekas penggalian arkeolog. Menurut sejarahnya Goa Lowo dulunya merupakan tempat tinggal manusia purba.

 

Itulah beberapa tempat wisata di Ponorogo yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau orang-orang terdekat anda. Dari informasi Kompas Wisata diatas, semoga liburan anda akan semakin berwarna dengan menyambangi tempat-tempat wisata tersebut. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!