10 Tempat Wisata di Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Probolinggo – Jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Lebih baik Anda cepat-cepat cuti dan segera beli tiket untuk berlibur. Dengan berlibur ke tempat yang indah dan menarik, maka jiwa dan raga Anda akan segar kembali dan siap untuk hadapi segala aktifitas. Bagaimana untuk liburan kali ini Anda berkunjung ke Probolinggo? Tempat wisata yang ada di Probolinggo ini tak kalah menarik dan kerennya dari objek wisata lain di Jawa Timur. Beberapa destinasi wisata yang paling populer adalah destinasi Wisata Probolinggo BJBR dan Ranu Segaran Probolinggo.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak lagi tempat wisata Probolinggo yang bisa Anda kunjungi. Probolinggo hanya berjarak sekitar 100 km dari kota Surabaya yang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur. Dengan memiliki banyak tempat wisata menarik, walaupun pada dasarnya Probolinggo adalah daerah yang padat sebab jadi jalur utama pantai yang jadi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Berikut ini Kompas Wisata rangkumkan beberapa tempat wisata di Probolinggo yang direkomendasikan untuk Anda.

 

Referensi Tempat Wisata di Probolinggo

 

1. Pantai Bentar

Pantai Bentar - Tempat Wisata Di Probolinggo

Pantai Bentar – Tempat Wisata Di Probolinggo

Pantai Bentar adalah salah satu tempat wisata di Probolinggo paling terkenal. Keunggulan pantai ini adalah disini Anda bisa melihat hiu tutul atau yang juga disebut dengan Whale Shark yang lagi bermigrasi dari laut Australia. Hiu tutul yang ada di tempat wisata ini biasanya muncul sekitar bulan Januari. Hanya membayar tiket masuk Pantai Bentar Probolinggo sebesar Rp 10 ribu rupiah saja Anda akan dapat melihat hiu tutul yang pastinya tak akan pernah Anda temukan di tempat wisata lain di Probolinggo. Selain itu, di Pantai Bentar Probolinggo, Jawa Timur ini juga ada sebuah dermaga yang dapat dijadikan sebagai spot berfoto selfie.

 

2. Curug Watu Lawang

Curug Watu Lawang - Tempat Wisata Di Probolinggo

Curug Watu Lawang – Tempat Wisata Di Probolinggo

Curug Watu Lawang ini adalah salah satu tempat wisata di Probolinggo yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Diberi nama Curug Watu Lawang sebab diapit oleh tebing yang menjulang tinggi, di bagian kanan dan kirinya. Curug Watu Lawang ada di Kecamatan Sukapura, Probolinggo yang mana untuk bisa masuk ke tempat wisata tersebut Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 5 ribu rupiah.

 

3. Arung Jeram Sungai Pekalen

Arung Jeram Sungai Pekalen - Tempat Wisata Di Probolinggo

Arung Jeram Sungai Pekalen – Tempat Wisata Di Probolinggo

Disini Anda bisa melakukan arung jeram di Sungai Pekalen. Sungai tersebut memiliki pemandangan yang sangat indah. Objek wisata Tiris Probolinggo, atau lebih tepatnya di Kecamatan Tiris satu ini panjang sungainya adalah 29 km dan dibagi jadi 3 zona. Sungai Pekalen atas memiliki panjang sekitar 12 km, bagian tengah 7 km, dan bawah 10 km. Ada keistimewaan tersendiri pada masing-masing zona. Disini Anda akan menjumpai 10 air terjun yang pasti akan siap menguras adrenalin Anda. Sementara itu, di bagain bawah terdapat 32 jeram. Untuk bisa menikmati keseruan liburan di tempat wisata di Probolinggo ini Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 10 ribu rupiah.

 

4. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu - Tempat Wisata Di Probolinggo

Danau Ronggojalu – Tempat Wisata Di Probolinggo

Berlibur ke tempat wisata di Probolinggo bersama keluarga akan terasa menyenangkan bila berkunjung ke Danau Ronggojalu. Tak hanya dijadikan sebagai objek wisata, danau ini juga digunakan sebagai sarana air bersih serta industri bagi masyarakat sekitar. Anda bisa datang ke Kecamatan Tagiswalan bila ingin berkunjung ke Danau Ronggojalu. Danau yang terbentuk dari bentukan alam ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk serta menyegarkan. Untuk tiket masuk ke Danau Ronggojalu ini sangat terjangkau, yakni sebesar Rp 3 ribu rupiah, Anda sudah bisa menyaksikan keindahannya sepuasnya.

 

5. Danau Agung

Danau Agung - Tempat Wisata Di Probolinggo

Danau Agung – Tempat Wisata Di Probolinggo

Danau Agung Probolinggo ini adalah salah satu tempat wisata di Probolinggo paling favorit untuk wisata keluarga khususnya. Danau yang juga disebut dengan Ranu Agung ini terbentuk dari Gunung Berapi Lamongan memiliki potensi wisata yang sangat menawan. Sebagai destinasi wisata alam, danau ini tawarkan keindahan pemandangan yang sangat menyegarkan dan menenangkan dengan banyaknya pepohonan hijau. Tak hanya itu saja, bahkan ada sebuah misteri Ranu Agung yang hingga kini masih dipercaya oleh warga setempat.

 

6. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang - Tempat Wisata Di Probolinggo

Pulau Gili Ketapang – Tempat Wisata Di Probolinggo

Pulau satu ini hanya berjarak sekitar 8 km dari pantai Probolinggo yang ada di Selat Madura. Pulau Ketapang memiliki luasan sekitar 68 hektar dan dihuni oleh Suku Madura. Anda bisa menyeberang ke pulau ini dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Dahulunya pulau tersebut bergabung dengan Pulau Jawa, tetapi akibat dari letusan Gunung Semeru yang sangat dahsyat, pulau ini akhirnya terpisah. Anda akan dapat melihat pemandangan laut yang sangat indah dengan air yang jernih di tempat wisata Probolinggo ini. Bahkan menariknya lagi, Anda bisa snorkeling disini lho.

Keindahan bawah laut dari Pulau Ketapang Probolinggo ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu objek wisata andalan dari  Kabupaten Probolinggo. Beragam macam jenis ikan laut dan terumbu karang cantik bisa Anda temui sewaktu snorkeling didaerah ini. Jika Anda berkunjung di akhir pekan atau hari-hari libur lainnya, maka Anda akan bertemu dengan ratusan hingga ribuan pengunjung lainnya.

 

7. Agrowisata Sumberbendo Probolinggo

Agrowisata Sumberbendo - Tempat Wisata Di Probolinggo

Agrowisata Sumberbendo – Tempat Wisata Di Probolinggo

Agrowisata Sumberbendo Probolinggo ini adalah salah satu tempat wisata Probolinggo yang ada di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Khususnya bagi Anda para pecinta Buah Anggur, Anda wajib mengunjungi wisata di Probolinggo satu ini. Sebab disini tersedia beragam tanaman anggur dan buahnya bisa Anda nikmati sepuasnya secara gratis. Bisa dibilang sebuah wisata agro yang ada di Probolinggo ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai, diantaranya area parkir kendaraan yang luas, musholla, kamar mandi, rumah makan, dan masih ada banyak lagi lainnya.

 

8. Hutan Mangrove BJBR

Hutan Mangrove BJBR - Tempat Wisata Di Probolinggo

Hutan Mangrove BJBR – Tempat Wisata Di Probolinggo

Tempat wisata Probolinggo BJBR (Beejay Bakau Resort) ini merupakan destinasi wisata terbaik di Probolinggo yang patut Anda kunjungi. Tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, Hutan Mangrove juga dijadikan sebagai tempat penelitian. Di objek wisata Probolinggo BJBR ini Anda bisa melakukan hal romantis ala – ala drama Korea, yakni menulis namamu dan pacarmu di sebuah gembok dan memasang gemboknya di spot yang tersedia. Sementara itu untuk harga tiket yang ditawarkan di tempat ini sebesar Rp 30 ribu rupiah yang sudah memiliki fasilitas cukup lengkap.

 

9. Pemandian Air Panas Tiris

Pemandian Air Panas Tiris - Tempat Wisata Di Probolinggo

Pemandian Air Panas Tiris – Tempat Wisata Di Probolinggo

Pemandian Air Panas Tiris Probolinggo ini jadi tempat wisata di Probolinggo plaing favorit untuk wisata keluarga khususnya. Di Air Panas Tiris ini Anda cukup mendekat ke sumber panasnya untuk bisa merasakan kehangatan yang berbeda. Sementara itu disamping air panas ini, mengalir air sungai yang jernih, dengan kedalaman hanya selutut. Dan yang menjadikannya unik adalah, di sekeliling air panas ini Anda bisa melihat rimbunnya pepohonan hijau yang sangat asri.

 

10. Ranu Segaran

Ranu Segaran - Tempat Wisata Di Probolinggo

Ranu Segaran – Tempat Wisata Di Probolinggo

Ranu Segaran Probolinggo ini adalah sebuah danau yang terbentuk akibat aktifitas vulkanis. Sebelum jadi danau yang indah, dulunya danau tersebut merupakan bekas sebuah kawah non aktif. Hingga akhirnya kawah tersebut tinggalkan genangan air. Dan genangan air inilah yang kini jadi sebuah tempat wisata di Probolinggo yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, khususnya pada saat akhir pekan atau hari libur nasional.

 

Itulah 10 tempat wisata di Probolinggo yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Selain berwisata alam, ada baiknya juga untuk mencicipi wisata kuliner khas Probolinggo seperti Soto Kraksaan, Nasi Glepungan atau Kepiting Olok. Dengan begitu, lengkap sudah Anda menjelajahi Probolinggo baik dari alamnya maupun makanannya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!