10 Tempat Wisata Di Sukabumi yang Memikat Hati Wisatawan

Tempat wisata di Sukabumi terkenal dengan panorama alamnya yang masih sangat alami. Sektor pariwisata Sukabumi memang sedang mengalami kemajuan pesat saat ini. Berbagai destinasi wisata baru mulai di buka dan memang cukup menarik perhatian. Tidak hanya pengunjung lokal saja yang sering menjadikan Sukabumi sebagai destinasi liburan mereka, namun para wisatawan dari luar negeri juga tidak sedikit yang datang berkunjung kemari.

Sukabumi merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan beberapa kota yang juga sering di jadikan tujuan wisata seperti Bogor dan Cianjur. Jika kamu berencana hendak menghabiskan waktu libur selanjutnya di Sukabumi, berikut ini Kompas Wisata berikan 10 tempat wisata di Sukabumi yang harus kamu kunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi Terbaik

 

1. Goa Buniayu

Goa Buniayu - Tempat Wisata di Sukabumi

Goa Buniayu – Tempat Wisata di Sukabumi

Goa Buniayu merupakan objek wisata Sukabumi yang menawarkan nuansa petualangan yang cukup menantang. Gua ini adalah salah satu destinasi wisata alam di Sukabumi yang letaknya cukup tersembunyi. Untuk bisa sampai ke sini kamu harus melakukan trekking selama 4 jam. Selain itu trek yang harus di lewati juga tidak main-main, kamu harus benar-benar menyiapkan stamina jika hendak berkunjung ke sini.

Namun semua akan terbayar begitu kamu sampai di lokasi goa, suguhan pemandangan indah interior goa yang terdiri dari stalagtit, stalagmit, fosil koral, dan bebatuan yang terlihat mengkristal pasti akan membuat lelah kamu hilang seketika. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini cocok buat kamu yang ingin mencari sebuah destinasi yang anti-mainstream. Lebih-lebih jika kamu adalah seorang yang menyukai petualangan, Goa Buniayu ini sangat di rekomendasikan !

 

2. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja - Tempat Wisata di Sukabumi

Pantai Cimaja – Tempat Wisata di Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi yang selanjutnya yaitu Pantai Cimaja Sukabumi. Pantai ini adalah satu-satunya pantai di Sukabumi yang memiliki ombak ganas pantai selatan yang terkenal itu. Pemandangan Pantai Cimaja yang cantik dan ombak yang besar membikin pantai ini menjadi lokasi unggulan bagi para surfer. Kontur pantai yang berbeda dengan pantai pada biasanya, menjadikan Pantai Cimaja sebagai obyek wisata bahari yang sungguh menarik untuk dikunjungi. Hamparan bebatuan kali akan menghiasi pesisir pantai ini yang mampu memberikan pemandangan indah tersendirinya.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Pantai Cimaja sekitar ±120 km dan dari Bandung menempuh jarak ±203 km. Hampir tiap akhir pekan, antara Jumat sampai Minggu wilayah pantai ini senantiasa dipenuhi oleh para peselancar dari lokal ataupun luar negeri. Bukan cuma masyarakat sekitar atau atlet asal Jakarta dan Bandung, melainkan juga ekspatriat yang berprofesi di sejumlah kota besar di tanah air dan yang seketika datang dari luar negeri menguji ombak Pantai Cimaja ini. Hal ini pula yang menciptakan Pantai Cimaja mengantongi predikat sebagai Bali-nya Sukabumi.

 

3. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng - Tempat Wisata di Sukabumi

Pantai Ujung Genteng – Tempat Wisata di Sukabumi

Selain Pantai Cimaja, tempat wisata di Sukabumi juga memiliki Pantai Ujung Genteng yang tak kalah eksotis. Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai di Sukabumi yang paling menarik. Letaknya ada di bagian selatan Kota Sukabumi dan untuk bisa sampai ke lokasi kamu bisa menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam. Yang paling menarik dari pantai ini adalah bibir pantainya yang memiliki pasir landai berwarna putih bersih. Perairan di sekitar pantai juga sangat jernih dengan ombak yang kecil, sangat cocok buat kamu yang ingin berenang. Jika sedang beruntung, kamu juga mungkin akan berkesempatan untuk melihat penyu-penyu  yang sedang bertelur.

 

4. Sungai Citarik

Sungai Citarik - Tempat Wisata di Sukabumi

Sungai Citarik – Tempat Wisata di Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi yang selanjutnya adalah Sungai Citarik. Sama seperti Goa Buniayu, sungai ini juga menawarkan sensasi liburan yang menantang. Jangan samakan Sungai Citarik dengan sungai-sungai lainnya, sungai ini punya aliran air yang sangat deras yang sulit di temukan di sungai lain di daerah Sukabumi. Karena itulah Sungai Citarik menjadi spot paling favorit untuk melakukan arum jeram di Sukabumi.

Tidak hanya itu saja, di tempat ini juga sudah di bangun berbagai fasilitas pelengkap dan wahana outbond yang cukup seru untuk di mainkan seperti flying fox, paintball, panjat jaring, team building, dan wahana outbond lainnya. Jangan lewatkan tempat yang satu ini jika kamu sedang jalan jalan ke Sukabumi.

 

5. Sungai Cicatih

Sungai Cicatih - Tempat Wisata di Sukabumi

Sungai Cicatih – Tempat Wisata di Sukabumi

Sungai Cicatih juga tidak kalah ekstrimnya dari Sungai Citarik. Sungai ini memiliki aliran air yang sangat deras sehingga sering di gunakan sebagai spot bermain arum jeram di Sukabumi. Ukurannya yang lebih lebar dan alirannya yang lebih panjang membuat sungai ini lebih sulit untuk di taklukan. Jika kamu ingin merasakan sensasi bermain arum jeram yang cukup mendebarkan maka kamu harus cobain Sungai Citatih di Sukabumi ini.

 

6. Kawah Ratu Gunung Salak

Kawah Ratu Gunung Salak - Tempat Wisata di Sukabumi

Kawah Ratu Gunung Salak – Tempat Wisata di Sukabumi

Satu lagi destinasi wisata alam Sukabumi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kawah Ratu Gunung Salak. Kawah ini terbentuk dari hasil aktivitas vulkanis Gunung Salak yang sampai sekarang masih aktif. Dari kejauhan kamu bisa melihat asap putih yang merupakan uap panas yang terus di keluarkannya. Pemandangan yang ada di Kawah Ratu Gunung Salak ini memang tidak di ragukan lagi keindahannya. Namun menjangkau tempat wisata di Sukabumi yang satu ini kamu harus menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan. Kamu harus menyiapkan stamina yang bagus untuk bisa melewati trek pendakian yang cukup terjal dan panjang.

 

7. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana - Tempat Wisata di Sukabumi

Taman Rekreasi Selabintana – Tempat Wisata di Sukabumi

Taman Selabintana Sukabumi bisa jadi tempat singgah yang asik begitu kamu sampai di Sukabumi. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih sekitar 7 km. Hal inilah yang menjadikan Taman Selabintana selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat setempat. Taman ini merupakan tempat wisata di Sukabumi yang sering di jadikan tempat untuk berekreasi bersama anak-anak dan keluarga. Di taman ini juga ada berbagai fasilitas permainan yang cukup menarik seperti camping ground, kolam renang yang luas, flying fox, ATV dan children playground.

Meskipun letaknya berada dekat dengan pusat keramaian, namun wisata Kota Sukabumi yang satu ini juga punya panorama alam yang tidak kalah menariknya. Kamu bisa mencari spot menarik untuk berfoto di perkebunan teh atau hutan lindung yang ada di area Taman Selabintana ini.

 

8. Curug Sawer

Curug Sawer - Tempat Wisata di Sukabumi

Curug Sawer – Tempat Wisata di Sukabumi

Curug Sawer merupakan salah satu curug di Sukabumi yang menawarkan panorama alam yang sangat indah. Letaknya yang masih berada di kawasan pegunungan membuat udara di sekitar terasa sangat sejuk. Air terjun setinggi 30 meter ini merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Sukabumi. Di bawah air terjun terbentuk sebuah kolam alami yang memiliki air yang sangat jernih. Kamu bisa berenang dan bersantai sampai puas, tapi jangan lupa untuk membawa baju ganti.

 

9. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar - Tempat Wisata di Sukabumi

Kampung Ciptagelar – Tempat Wisata di Sukabumi

Setelah puas bermain air di Curug Sawer, selanjutnya kamu bisa meneruskan perjalanan menuju ke salah satu kampung yang sangat unik di Sukabumi bernama Kampung Ciptagelar. Kampung ini menawarkan suguhan nuansa budaya khas Sukabumi yang sangat menarik. Berbagai peninggalan kebudayaan Sukabumi mulai dari bangunan-bangunan, benda-benda seni, dan berbagai benda yang usianya mencapai lebih dari 6,5 abad ini masih terjaga dengan sangat baik di sini. Kampung Ciptagelar bisa kamu jadikan daftar tempat wisata di Sukabumi yang memiliki nilai historis tinggi.

 

10. Situ Gunung

Situ Gunung - Tempat Wisata di Sukabumi

Situ Gunung – Tempat Wisata di Sukabumi

Situ Gunung adalah sebuah danau eksotis yang terletak di kawasan kaki Gunung Pangrango. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini terkenal dengan panorama alamnya yang sangat eksotis. Pemandangan danau alami yang di latari hutan pinus di jamin akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Untuk bisa mencapai lokasi Situ Gunung kamu bisa menempuh perjalanan darat dengan menaiki kendaraan umum sejauh 16 km dari Kota Sukabumi. Kamu bisa berangkat dari terminal menuju ke Kecamatan Kadu Dampit, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

 

Bagaimana? Sudah ditentukan tempat wisata di Sukabumi mana yang akan kalian kunjungi pertama kali. Nah jika sudah ditentukan jadwal perjalanannya, maka Anda juga harus mengetahui beberapa makanan khas Sukabumi yang juga wajib untuk dicoba seperti Bandros Ata atau Surabi khas Sukabumi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memudahkan banyak traveller yang berencana untuk mengunjungi Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. Selamat berlibur. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!