10 Tempat Wisata di Surabaya yang Banyak Dikunjungi Para Wisatawan

Tempat Wisata di Surabaya – Siapa yang tidak mengenal kota Surabaya, semua orang pasti mengenal kota pahlawan ini. Apalagi kota ini mempunyai ikon ikan sura dan buaya yang sangat terkenal. Tidak hanya itu, daftar wisata di Surabaya juga tidak kalah menariknya dengan kota-kota lainnya. Buat yang senang berwisata di malam hari, kalian juga bisa menemukan banyak tempat wisata malam Surabaya yang menarik. Untuk harga yang ditawarkan juga beragam, bahkan relaif murah dikantong. Tidak cuma wisatanya, selama disana kalian wajib mencicipi makanan khas Surabaya seperti rujak cingur, soto lamungan, tahu tek dan masih banyak lagi. Selain di Surabaya, kalian juga bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata di sidoarjo. Berikut tempat wisata yang wajib kalian kunjungi jika kalian pergi ke Surabaya.

 

Referensi Tempat Wisata di Surabaya

 

1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu - Tempat Wisata di Surabaya

Jembatan Suramadu – Tempat Wisata di Surabaya

Salah satu tempat wisata malam Surabaya yang bisa kalian kunjungi di malam hari adalah jembatan suramadu. Jembatan ini mempunyai pemandangan malam yang indah. Jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan Surabaya dan Madura. Selain berfungsi sebagai jembatan penghubung, jembatan ini terkenal dengan keindahan struktur jembatannya. Sehingga tidak heran jika jembatan suramadu dijadikan salah satu tempat wisata di Surabaya serta Madura. Untuk biaya masuk ke jembatan suramadu mempunyai 4 golongan, yaitu: Golongan 1 akan dikenakan Rp 30.000 sedangkan golongan II akan dikenakan biaya masuk sebesar 45.000 dan golongan 3 akan dikenakan Rp 60.000. Untuk motor yang ingin melewati jembatan ini tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

 

2. House Of Sampoerna

House Of Sampoerna - Tempat Wisata di Surabaya

House Of Sampoerna – Tempat Wisata di Surabaya

Seperti yang kalian tahu bahwa Surabaya penuh dengan jejak sejarah serta bangunan colonial. Salah satu yang terkenal adalah house of sampoerna Surabaya. Tempat wisata ini banyak memikat wisatawan baik local maupun mancanegara. Tempat wisata di Surabaya ini merupakan salah satu museum rokok yang masih rame dikunjungi hingga sekarang. Museum Sampoerna merupakan sebuah museum yang mempunyai tempat foto bagus di Surabaya. Salah satu agenda yang ditawarkan adalah keliling Surabaya gratis yang dikenal dengan ‘Surabaya Heritage Track’. Jadwal bus ini dimulai dari pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB. Sedangkan rute yang dikunjungi adalah Kota Tua Surabaya, lalu melewati gedung serta tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Dan semua kegiatan di atas tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis.

 

3. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark - Tempat Wisata di Surabaya

Ciputra Waterpark – Tempat Wisata di Surabaya

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang terkenal selanjutnya adalah Ciputra Waterpark. Ciputra waterpark merupakan salah satu wisata air terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Wisata ini berada di Surabaya Barat, dan dibangun di lahan dengan luas 5 hektar. Sehingga wisata ini cocok jadi pilihan tempat berlibur di Surabaya dan sekitarnya. Kalau datang kesana, datang pada hari selasa sampai Jumat mulai pukul 14.00-19.00, kalau akhir pekan atau hari libur biasanya dibuka lebih awal yaitu mulai pukul 8.00-20.00. Untuk masuk destinasi wisata di Surabaya ini kalian perlu menyiapkan biaya Rp 60.000/org. Sedangkan untuk anak dibawah 80cm masuknya tidak dipungut biaya atau free. Untuk usia 60 keatas juga masuknya tidak dipungut biaya.

 

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul - Tempat Wisata di Surabaya

Taman Bungkul – Tempat Wisata di Surabaya

Salah satu tempat wisata alam di Surabaya yang terkenal adalah taman Bungkul. Taman ini mempunyai area seluas 900 meter. Taman ini bahkan dijadikan salah satu taman terbaik di dunia oleh PBB. Ditempat ini kalian bisa banyak menjumpai beraneka ragam tanaman di area seluas 900 meter ini. Di tempat ini mempunyai 150 jenis tanaman, binatang-binatang mulai dari burung, ikan, kijang tutul hingga monyet. Didalam tempat wisata di Surabaya ini kalian bisa menemukan taman baca yang buka tiap hari Sabtu dan Minggu. Selain itu tempat ini termasuk salah satu taman remaja Surabaya karena banyak sekali remaja yang berkumpul disana. Lalu ada taman prestasi yang biasanya tutup pada pukul sembilan malam. Disini sering kali dijadikan tempat pagelaran seni khas Jawa Timur seperti Reog ataupun menjadi tempat rekreasi murid-murid dari sekitar Kota Surabaya.

 

5. Jembatan Merah

Jembatan Merah - Tempat Wisata di Surabaya

Jembatan Merah – Tempat Wisata di Surabaya

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah jembatan merah. Jembatan ini merupakan salah satu monumen bersejarah di Surabaya, jembatan ini juga yang menjadikan Surabaya tempat menarik. Jembatan ini dijadikan salah satu judul lagu oleh Gesang, pada masa VOC jembatan ini dianggap penting karena merupakan penghubung antara Kalimas dengan Gedung Karesidenan Surabaya. Di sekitar jembatan merah juga ada beberapa bangunan kolonial Belanda lainnya. Yang masih berfungsi sampai sekarang bahkan terletak di sebelah selatan Jembatan Merah.

 

6. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran - Tempat Wisata di Surabaya

Pantai Kenjeran – Tempat Wisata di Surabaya

Selanjutnya ada pantai kenjeran Surabaya yang menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya. Pantai yang berada di kecamatan Kenjeran, berlokasi sekitar 9 km dari pusat kota Surabaya. Nama pantai ini diambil dari nama wilayah setempat, pantai ini termasuk dalam daftar pantai di Surabaya yag wajib dikunjungi. Banyak wisatawan dari luar kota yang sengaja singgah di Surabaya untuk berkunjung ke Pantai Kenjeran Surabaya. Selama disana kalian juga bisa menyantap makanan khas Surabaya seperti lontong balap, sate kerang, lontong kupang, dan sebagainya. Untuk masuk ke pantai ini, kalian perlu membayar tiket masuk perorang sebesar Rp.4.000, lalu untuk parkir motor sebesar Rp.8.000 dan untuk parkir mobil sebesar : Rp.10.000.

 

7. Rumah Batik

Rumah Batik - Tempat Wisata di Surabaya

Rumah Batik – Tempat Wisata di Surabaya

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah rumah batik di Jalan Tambak Dukuh I No.4, Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng. Rumah batik ini menampilkan berbagai motif batik daerah-daerah di Jawa Timur, mulai dari batik Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sidoarjo, Ponorogo, Bojonegoro, Mojokerto, Tuban, serta Jombang. Selain itu lokasi wisata di Surabaya ini juga menghadirkan kekhasan batik dari Tulungagung, Sampang, Pacitan, Pemangkasan, Banyuwangi, Malang, Batu, Lamogan, Kediri serta Jember. Di tempat ini kalian bisa membeli batik secara eceran maupun grosiran.

 

8. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya - Tempat Wisata di Surabaya

Kebun Binatang Surabaya – Tempat Wisata di Surabaya

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang cukup popular di surabaya. Kebun binatang ini berlokasi di Jalan Setail, dulu kebun binatang termasuk kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk ke kebun binatang seluas sektiar 37 hektar ini sebesar Rp 15.000. Didalamnya terdapat 351 spesies serta lebih dari 2000 hewan tinggal didalamnya. Bahkan beberapa diantaranya termasuk spesies asli Indonesia yang terancam punah Buat jam buka kebun binatang surabaya ini adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB

 

9. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe - Tempat Wisata di Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe – Tempat Wisata di Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan salah satu tujuan wisata di Surabaya. Monumen ini berupa patung berbentuk perwira TNI Angkatan Laut yang memakai seragam lengkap. Patung ini berdiri tegak menghadap lautan, serta menatap Jembatan Suramadu. Pembuat monument ini adalah I Nyoman Nuarta, yang merupakan seniman patung terkenal. Buat memahat patung perwira ini, beliau membutuhkan lebih dari tiga ribu ton tembaga jadi jangan heran kalau pembuatan patung ini mengeluarkan biaya sampai Rp 27 Milyar zaman itu.

 

10. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo - Tempat Wisata di Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo – Tempat Wisata di Surabaya

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo merupakan tempat wisata di Surabaya yang favorit buat kategori wisata alam. Tempatnya yang jauh dari keramaian kota, sehingga cocok buat kalian yang ingin menikmati ketenangan alam. Berlokasi dekat Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove ini menawarkan pesona alam yang asri. Di Hutan Mangrove ini kalian bisa berjalan menggunakan jembatan bambu yang beridir di atas air. Sehingga kalian bisa berjalan menyusuri menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo atau kalian juga bisa menggunakan perahu.

 

Begitulah ulasan singkat dari Kompas Wisata tentang beberapa referensi tempat wisata di Surabaya yang menjadi favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ada baiknya juga bagi kalian yang ingin menikmati indahnya kota Surabaya untuk mencoba wisata kuliner di Surabaya yang dapat melengkapi pertualangan kalian disana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!