Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Unik dan Eksotis

Tempat Wisata di Tasikmalaya – Tasikmalaya merupakan sebuah kota di provinsi Jawa Barat. Tepatnya berada di 106 km dari arah timut kota Bandung. Meskipun baru ditetapkan sebagai kota pada tahun 2001, namun kota Tasikmalaya memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang keindahannya patut diancungi jempol. Tidak hanya wisata alam saja, Tasikmalaya juga memiliki wisata budaya yang patut Anda datangi ketika berkunjung kesana.

Kota Tasikmalaya patut untuk dipromosikan dalam hal pariwisatanya sebagai salah satu kota pariwisata yang dapat mempekenalkan Indonesia ke beberapa Negara lainnya. Mulai dari pantai, air terjun, dan berbagai objek wisata alam lainnya tersedia di kota Tasikmalaya. Nah berikut ini Kompas Wisata berikan beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di Tasikmalaya yang dapat Anda kunjungi bila sedang berlibur di kota ini.

 

7 Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Wajib dikunjungi

 

1. Pemandian Air Panas Gunung Galunggung

Pemandian Air Panas Gunung Galunggung - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Pemandian Air Panas Gunung Galunggung – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tempat wisata di Tasikmalaya yang cukup terkenal adalah kawah dan pemandian air panas yang berada di sekitaran Gunung Galanggung. Wisata ini berada di Desa Linggajati, yang jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat kota. Gunung galanggung sendiri merupakan salah satu gunung api yang berada di kota Tasikmalaya dengan ketinggiannya mencapai 2167 km diatas permukaan air laut. Setelah meletus pada tahun 1982, kini gunung galunggung dijadikan sebagai salah satu pariwisata yang cukup banyak didatangi pengunjung.

Danau Hijau Galunggung - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Pesona alam serta fasilitas-fasilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata pemandian air panas ini. Selain pemandian air panas nya, wisata ini juga memiliki banyak sekali spot yang menarik seperti danau hijau yang berada di puncak gunung. Untuk dapat sampai di kawah nya, terdapat dua jalur yang dapat Anda pilih yaitu jalur pendakian tangga dengan 620 buah anak tangga atau melewati halur pembuangan air. Kesulitan dari pendakian gunung galanggung merupakan daya tarik dari wisata ini. Meskipun dulu akses menuju wisata ini masih sangat buruk, namun Anda tak perlu khawatir. Saat ini pemerintah telah banyak memperbaiki jalanan menuju wisata ini sehingga pengunjung yang datang dapat dengan mudah mencapai wisata ini.

 

2. Rumah Batu

Rumah Batu - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Rumah Batu – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Wisata unik lainnya yang ada di Tasikmalaya adalah rumah batu. Terdengar unik bukan? Bangunan ini merupakan hasil tangan manusia yang berbakat yang menghabiskan dana sekitar 30 juta dari kantong pribadi. Meskipun belum terlalu terkenal seperti wisata lainnya, namun wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari bebragai kota. Rumah batu ini Terletak di gunung Cantigi di Dusu Sukawangi Desa Cibatu Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya. Lokasi wisata rumah batu ini memang jauh dari keramaian kota. Ide pertama kali pembangunanrumah batu ini dialkukan oleh beberapa orang yang memang tersinspirasi untuk membuat sesuatu yang berbeda namun menarik. Berkat tangan yang kreatif, bangunan rumah batu yang berdiri di lahan seluas 750 meter persegi ini dibangun kurang lebih selama tiga tahun.

Lalu apa saja yang ada di dalamnya? Di dalam rumah batu terdapat 2 kamar tidur, ruang tamu, WC hingga terowongan. Karena bangunan ini bukan dana dari pemerintah maka tidak ada biaya pungut untuk tiket masuk, hanya saja terdapat kotak amal yang mana digunakan sebagai keperluan objek wisata. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat menempuhnya dari pusat kota Tasikmalaya lalu menuju ke selatan dan belok di Desa Setiawaras. Atau Anda dapat melalui dari alun Cikukulu kea rah selatan kira-kira 7 km.

 

3. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Pantai Cipatujah – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya merupakan surga nya objek wisata alam. Banyak sekali temapat wisata di Tasikmalaya yang dapat Anda kunjungi selama berlibur di kota ini salah satunya wisata pantai. Tasikmalaya memiliki beragam pantai yang indah dan menarik. Pantai pertama yang dapat Anda kunjungi adalah pantai Cipatujah yang berada di desa Cipatujah yang jaraknya sekitar 74 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya. Di pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan ombak laut yang cukup besar dengan banyaknya perkebunan kelapa di sekitarnya. Banyak pula terumbu karang yang ada di pantai ini yang biasanya digunakan ikan-ikan untuk bertelur. Pasir putihnya yang cantik menjadi daya tarik yang membuat banyak pengunjung yang datang.

 

4. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Pantai Sindangkerta – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Wisata pantai Tasikmalaya lainnya yaitu pantai Sindangkerta yang berlokasi di Desa Cipatujuh, Tasikmalaya. Salah satu keunikan dari wisata ini adalah adanya penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi. Jaraknya juga cukup dekat dari pusat kota sekitar 7 kilometer. Aksesnya pun sangat mudah, Anda mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi hingga kendaraan umum.

 

5. Kebun Teh Taraju

Kebun Teh Taraju - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Kebun Teh Taraju – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tidak hanya pantai, wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Tasikmalaya adalah kebuh teh Taraju. Kebuh teh ini memiliki luas hingga 8027 hektar. Jarak dari pusat kota sekitar 48 kilomter dan dapat Anda tempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tepatnya berada di JL. Raya Taraju, Deudeul, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat. Di Perkebunan ini Anda tidak akan mendapati hiburan yang ramai seperti di kota. Disini Anda akan ditemani petani-petani teh yang datang bergerombolan dan Anda bisa melihat bagaimana proses pemetikan hingga proses pengeringan daun teh.

 

6. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Curug Dengdeng – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tempat wisata di Tasikmalaya juga kaya akan objek wisata air terjunnya yang sangat mempesona dan sayang bila dilewatkan, salah satunya yaitu curug Dengdeng. Air terjun curug Dengdeng merupakan salah satu wisata unggulan di Tasikmalaya Selatan. Berlokasi yang cukup jauh dari keramaian kota tepatnya di desa Cikawung Gading, Kampung Caringin Kabupaten Cipatujah, dimana lokasi wisata ini memiliki pesona alam yang cukup memikat. Meskipun memakan waktu perjalanan hingga 3 jam dari pusat kota Tasikmalaya, namun kondisi jalanannya cukup baik. Namun bila Anda sudah memasuki kampung caringin, jalanan yang ditempuh tidak terlalu rata. Perjalanan dengan menggunakan kendaraan hanya dapat Anda tempuh sampai kampung ini saja.

Selanjutnya Anda harus berjalan kaki menuju tempat wisata di Tasikmalaya ini kurang lebih selama 30 menit dengan menempuh jalanan yang cukup curam. Namun semua kesusahan Anda akan terbayar bila sudah sampai di air terjun ini. Pesona alamnya yang masih alami begitu memikat mata Anda . Keunikan dari tempat ini adalah air terjun ini terdiri dari 3 tingkat dengan tinggi yang bervariasi yaitu 13 meter, 11 meter, dan 9 meter.

 

7. Curug Ciwatin

Curug Ciwatin - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Curug Ciwatin – Tempat Wisata di Tasikmalaya

Air terjun di Tasikmalaya lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah curug Ciwatin yang berada di Desa Linggalaksana di kecamatan Cikatomas. Untuk akses menuju tempat wisata di Tasikmalaya ini tidak terlalu sulit. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata ini, Anda dapat menuju alun-alun Cikatomas kemudian belok kanan dan mengikuti jalan yang ada hingga ke sebuah jembatan. Jarak dari alun-alun hingga ke jembatan ini cukup dekat ±6 kilometer.

 

8. Curug Ciparay

Curug Ciparay - Tempat Wisata di Tasikmalaya

Wisata air terjun lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah curug Ciparay yang berada di kecamatan Cigalontang. Curug ini dikenal dengan curug kembar karena memiliki dua air terjun yang posisinya saling berdekatan. Untuk akses menuju salah satu tempat wisata di Tasikmalaya ini terbilang sulit, karena pemerintah belum terlalu menyentuh wisata yang terletak di cigalontang ini. Namun keindahan pemandangan alam yang disuguhan sama cantiknya dengan air terjun lain yang ada di Tasikmalaya. Masih banyak lainnya wisata air terjun yang dapat Anda kunjungi di Tasikmalaya. Namun sayangnya pemerintah masih belum banyak menyentuh lokasi wisata air terjun yang berada di beberapa tempat tertentu meskipun potensi alamnya sangat tinggi.

 

Nah begitulah uraian tentang tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa Anda kunjungi. Bila suatu saat nanti Anda sudah diberikan waktu untuk berwisata di kota Tasikmalaya ini, jangan lupa juga untuk menyantapi makanan khas Tasikmalaya seperti nasi cikur dan kupat tahu khas Tasikmalaya. Semoga liburan Anda menyenangkan dan berkesan. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!