10 Macam Tempat Wisata di Tegal yang Memiliki Keindahannya Tersendiri

Tempat Wisata di Tegal – Tegal merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Pemalang di sebelah timur dan kabupaten Brebes di barat. Secara administratif, kabupaten Tegal Jawa Tengah ini terbagi atas dua wilayah yaitu Kab.Tegal di sebelah utara yang dekat dengan pantai dan Kab.Tegal sebelah selatan yang merupakan daerah pegunungan. Bagi Anda yang gemar traveling melewati Jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura tentu tidak asing lagi mendengar nama daerah ini.

Objek wisata di Tegal tidak kalah menarik dengan tempat wisata di kota lainnya. Beberapa wisata seperti taman wisata Guci, bukit Cepu Tegal serta wahana Rita Park Tegal yang sudah menjadi tempat populer di Jawa Tengah. Masalah harga tiket masuk, kalian tidak perlu khawatir. Karena di kota ini banyak objek wisata yang gratis, murah meriah tapi mempunyai pemandangan yang sangat mempesona. Berbagai macam hotel atau penginapan serta pusat perbelanjaan tersedia di kota ini.  Akses jalan serta transportasi umumnya pun sangat memadai dan cukup bagus. Tidak ada salahnya buat mampir ke kota ini, paling tidak kalian harus menyicipi makanan dan minuman khas Tegal. Berikut ini Kompas Wisata akan berikan 10 tempat wisata di Tegal yang bisa kalian jadikan referensi untuk mengisi liburan nanti. Simak ya !!

 

Aneka Tempat Wisata Di Tegal

 

1. Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa - Tempat Wisata di Tegal

Bukit Goa Lawa – Tempat Wisata di Tegal

Bukit goa lawa merupakan tempat wisata di Tegal yang tergolong baru serta sangat popular serta sering dijadikan tempat nongkrong di Tegal oleh muda-mudi. Bukit Goa Lawa juga sering dipanggil juga sebagai Bukit Batuagung. Tempat wisata ini berada di 3 desa yaitu Desa Harjawinangun, Desa Batu Agung, serta Desa Bukateja, Kec. Balapulang. Nama ini diberikan karena katanya banyak lawa yang hidup didalam goa ini. Sedangkan di bukitnya terdapat tumpukan batu besar yang tersusun tinggi sehingga terkenal juga dengan sebutan bukit batu agung. Untuk bisa memasuki objek wisata ini kalian perlu mengeluarkan sebesar Rp.5.000/ orang.

 

2. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari - Tempat Wisata di Tegal

Danau Beko Margasari – Tempat Wisata di Tegal

Selanjutnya ada danau beko margasari yang merupakan salah satu tempat wisata di Tegal. Tempat ini tergolong baru dan sangat populer akhir-akhir ini. Danau beko yang mirip dengan waduk cacaban Tegal ini berada di Dusun Karangdawa, Kec. Margasari. Danau ini tidak sengaja dijadikan objek wisata, karena keindahannyalah yang membuat banyak orang datang mengunjunginya. Danau beko merupakan bekas penambangan batu kapur yang terisi air hujan dan menjadi sebuah danau. Disarankan buat datang saat pagi atau sore hari karena tidak tersedia tempat berteduh. Tiket masuk ke danau ini pun masih gratis, jadi sangat aman di kantong.

 

3. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih - Tempat Wisata di Tegal

Jembatan Gantung Danawarih – Tempat Wisata di Tegal

Jembatan Gantung merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang sedang popular dikalangan anak-anak instagram.  Jembatan Gantung ini berada di Desa Danawarih, Kec. Balapulang, Kab. Tegal. Jembatan Gantung ini dipasang di atas bendungan Kali Gung serta menjadi penghubung desa Danawarih dan desa Sangkanjaya. Jembatan ini mempunyai panjang kurang lebih 273 meter serta lebar 1 meter. Dari atas jembatan kalian bisa menikmati pesona alam di sekitarnya serta sangat cocok buat kalian yang senang fotografi..

 

4. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah - Tempat Wisata di Tegal

Pantai Purwahamba Indah – Tempat Wisata di Tegal

Kota Tegal yang terletak di tepi Pulau Jawa menjadikan kota ini mempunyai beberapa pantai yang menarik serta eksotis. Pantai ini juga mempunyai sederet fasilitas yang lengkap seperti waterboom, kolam renang di Tegal , sepeda air, gazebo cafe serta berbagai macam fasilitas lainnya. Jika kalian dari terminal bus kota Tegal , kalian perlu menempuh jarak sekitar 14 Km agar sampai di pantai ini. Pantai yang sering disebut dengan Pur’in ini merupakan tempat wisata yang cocok buat kalian yang sedang berlibur bersama keluarga. Selama disana kalian juga bisa berkunjung ke Taman Ria Sosro Permai serta kebun binatang mini. Jika kalian ingin berenang, kalian perlu menyiapkan sebesar Rp.12.500,- /orang.

 

5. Agro Wisata Loco Antik

Agro Wisata Loco Antik - Tempat Wisata di Tegal

Agro Wisata Loco Antik – Tempat Wisata di Tegal

Jika kalian ingin melihat lokomotif antik serta mengelilingi perkebunan tebu kalian bisa berkunjung ke Agro Wisata Loko. Tempat wisata di Tegal ini dikelola oleh PG.Pangka Kab. Tegal. PG. Pangka adalah sebuah perusahaan perkebunan serta pengolahan tebu yang merupakan peninggalan Kolonial Belanda. Namun sekarang tempat ini telah dinasionalisasi menjadi perusahaan milik Indonesia.

Selain bisa menikmati lokomotif antik, kalian juga bisa berkunjung ke pabrik gula. Lalu pada saat-saat tertentu lebih tepatnya sebelum musim dimulai kalian bisa menyaksikan ritual temanten tebu. Ritual ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan berkat hasil panen di tahun itu.

 

6. Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung - Tempat Wisata di Tegal

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung – Tempat Wisata di Tegal

Ini salah satu tempat wisata di Tegal yang cukup unik dan wajib kalian kunjungi. Yaitu Wisata Kesehatan Jamu di Kalibakung, tempat wisata ini juga tergolong baru di Tegal. Ketika kalian berkunjung kesana kalian akan mendapat pengetahuan tentang berbagai macam jamu. Serta melihat pemandangan yag mempesona bahkan dilengkapi dengan sawah serta sungai kecil. Objek wisata alam ini mempunyai beraneka tanaman yang serig dibuat sebagai jamu. Bahkan kalian bisa menemukan etalase berbagai macam jamu. Serta dilengkapi dengan klinik jamu, dokter dan apoteker.

 

7. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Kota Tegal sering juga disebut sebagai kota bahari, sehingga banyak tempat wisata air yang bisa kalian temukan disini. Salah satunya tempat wisata di Tegal adalah Gerbang Mas Bahari Waterpark yang berada dekat terminal bus Kota Tegal. Waterpark ini areal dengan luas kurang lebih 5 hektar bahkan Bahari Water Park merupakan salah satu water park yang memiliki kolam ombak selain di Jakarta, Surabaya serta Solo. Kalian cuma perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15.000 pada hari Senin – Jumat dan sebesar Rp. 25.000 pada hari Sabtu – Minggu serta pada hari libur. Selama disana kalian bisa mencoba berbagai macam wahana seperti Kiddy Pool, Kolam Arus, Lapangan Futsal, Olimpic, Raft Slide, serta masih banyak lagi lainnya.

 

8. Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari - Tempat Wisata di Tegal

Curug Pitu Margasari – Tempat Wisata di Tegal

Tempat wisata di Tegal ini sangat disarankan buat kalian para penjelajah alam. Karena medan buat kesana sangat sulit serta butuh perjuangan yang tidak mudah. Wisata Tegal curug ini berjarak kurang lebih 4,5 Km dari Pasar Margasari. Jika kalian berjalan kaki akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Jarak air terjun yang satu dengan air terjun yang lainnya cukup jauh. Sehingga kalian perlu bersabar serta berhati-hati. Jangan lupa menyewa pemandu atau juga bisa pergi bersama teman yang pernah ke Curug ini.

 

9. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci - Tempat Wisata di Tegal

Pemandian Air Panas Guci – Tempat Wisata di Tegal

Tempat wisata di Tegal selanjutnya adalah pemandian air panas Guci. Pemandian air panas ini termasuk menjadi favoir wisatawan. Lokasi pemandian yang berada di ketinggian membuat kalian bisa merasakan udara yang sejuk. Ini sangat cocok dengan pemandian air panas di wisata Tegal guci ini. Jangan kuatir, karena disana terdapat fasilitas penginapan dengan harga yang beragam sesuai dengan selera serta kondisi kantong kalian. Kalau kalian ingin merasakan air panas di pemandian air panas Guci serta dipadukan dengan pemandangan yang indah kalian perlu menempuh 40 km ke arah selatan dari pusat kota Tegal. Bila menggunakan angkutan umum, Anda dapat memulai dari terminal Tegal dengan menaiki minibus tujuan  desa Tuwel, Bojong Tegal dengan menghabiskan waktu ±45 menit. Sesampainya di desa Tuwel, Anda dapat melanjutkan perjalan dengan menggunakan mobil bak terbuka menuju Guci dengan perjalanan ±30 menit. Untuk tiket masuk pemandian ini berkisar Rp. 30.000 – Rp. 35.000 per orang.

 

10. Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa - Tempat Wisata di Tegal

Curug Cantel Bumijawa – Tempat Wisata di Tegal

Curug Cantel Bumijawa merupakan salah satu tempat wisata di Tegal . Mempunyai pemandangan yang indah serta dihiasi dengan curug setinggi 60 meter. Ketinggian ini menyebabkan air yang jatuh berasa sangat deras jadi tidak disarankan buat mandi di bawahnya secara langsung. Sayangnya keindahan Curug Cantel Bumijawa ini masih belum bisa dinikmati masyarakat ramai. Mengingat lokasi objek wisata ini yang tergolong tersembunyi. Karena curug ini berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kec. Bumijawa. Selain itu akses buat ke wisata curug di Tegal ini tergolong susah dan kalian juga perlu menempuh perjalaan sejauh 400 m dari jalan raya.

 

Nah itulah beberapa tempat wisata di Tegal yang bisa kita bahas kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata menarik yang ada di Tegal seperti waduk Cacaban, telaga Air Cempaka dan gunung Tanjung. Semoga beberapa referensi diatas sudah dapat membantu Anda dalam menentukan tujuan liburannya nanti. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!