10 Tempat Wisata di Wonosobo Terpopuler Untuk Backpacker

Tempat wisata di Wonosobo – Salah satu daerah wisata di Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi adalah Kota Wonosobo. Kota yang ada di lereng gunung ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata seru dan mengasyikan. Tujuan wisata di Wonosobo yang paling diunggulan dan populer seperti wisata sejarah, wisata kuliner, dan juga wisata pantai di Wonosobo dengan keindahan pesona alamnya yang sangat mempesona. Bahkan tak hanya itu saja, alternatif lain untuk berlibur ke Wonosobo yang juga bisa Anda coba adalah dengan mengunjungi alun-alun Wonosobo. Disini Anda akan dapat menikmati indahnya pemandangan tumbuhan yang hijau sembari bercengkrama bersama keluarga atau teman-teman terdekat Anda.

Bisa kami pastikan liburan ke tempat wisata yang ada di Wonosobo, tak akan pernah membuat momen liburan Anda mengecewakan. Sebab, memang Wonosobo menyuguhkan destinasi wisata yang pastinya akan membuat liburan Anda lebih berkesan. Nah, daripada berlama-lama lagi, intip yuk daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi pada saat berlibur ke Wonosobo berikut ini.

 

Tempat Wisata di Wonosobo Terfavorit

 

1. Curug Winong

Curug Winong Tempat Wisata Di Wonosobo

Curug Winong – Tempat Wisata Di Wonosobo

Curug Winong ini adalah tempat wisata di Wonosobo yang berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, atau kurang lebih 50 menit bila ditemput dari Kota Wonosobo. Walaupun bukan menjadi tempat wisata baru di Wonosobo, Curug Winong tersebut tetap jadi destinasi wisata alam favorit bagi warga Wonosobo dan sekitarnya. Bahkan menariknya lagi Curug Winong ini juga tak kalah indahnya dengan obejek wisata alam lain di Wonosobo. Memiliki fasilitas yang cukup baik dengan tersedianya jalanan setapak, sehingga membuat pengunjung tidak kesulitan untuk bisa sampai ke curug tersebut. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu rupiah.

 

2. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget Tempat Wisata Di Wonosobo

Pemandian Air Panas Kalianget – Tempat Wisata Di Wonosobo

Alternatif lain tempat wisata di Wonosobo yang bisa Anda kunjungi adalah Pemandian Air Panas Kalianget. Berada di dataran tinggi Dieng, objek wisata tersebut memiliki hawa yang sangat sejuk dengan pemandangan pepohonan hijau yang tampak sangat indah dan asri. Dari sekian banyaknya wisata yang bisa dikunjungi di Dieng, Wonosobo, Pemandian Air Panas Kalianget inilah yang jadi ikonik. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa menikmati air hangat dan mengistirahatkan otot-otot Anda sejenak dengan berendam di sini. Salah satu tempat wisata Wonosobo Dieng ini ada pada 3 km dari jalan Dieng. Lalu untuk tiket masuk ke Pemandian Air Panas Kalianget tersebut sangat terjangkau sekali, yakni sebesar Rp 10 ribu rupiah saja.

 

3. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu Tempat Wisata Di Wonosobo

Arung Jeram Serayu – Tempat Wisata Di Wonosobo

Apabila Anda suka olahraga ekstrim, maka Anda bisa coba kegiatan air di tempat wisata di Wonosobo satu ini, Sebab di sini terdapat area arung jeram yang cukup populer, yakni Arung Jeram Sungai Serayu, Wonosobo. Arung jeram tersebut begitu populer di kalangan remaja hingga dewasa yang penasaran dengan ganasnya jeram Sungai Serayu serta sensasi keseruannya. Menjadi tempat wisata Wonosobo terbaru, arung jeram ini bisa Anda temukan di jalan Tunggoro Singemerto yang memiliki tidak kurang dari 30 jaram dengan tingkatan kesulitan yang sangat bervariasi, mulai dari tingkat kesulitan grade 2 hingga yang lebih tinggi. Hanya dengan membayar tiket masuknya sebesar Rp 5 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati objek wisata tersebut sepuasnya.

 

4. Telaga Merdada

Telaga Merdada Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Merdada – Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Merdada adalah salah satu tempat wisata di Wonosobo, yang ada di kawasan wisata Dieng paling difavoritkan warga Wonosobo dan sekitarnya. Telaga ini berbentuk mirip sekali dengan kaldera yang terbentuk karena letusan Gunung Berapi, lalu terisi air dan jadi sebuah telaga yang indah nan mempesona. Bentuknya bisa Anda lihat dengan sangat jelas bila Anda melihatnya dari ketinggian. Lalu untuk harga tiket masuk obyek wisata Dieng, Wonosobo satu ini sangat terjangkau, yakni Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis tersebut.

 

5. Telaga Menjer

Telaga Menjer Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Menjer – Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Menjer ini bisa dijadikan sebagai referensi terbaik tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang bisa Anda kunjungi bersama orang tercinta. Tempat wisata di Wonosobo satu ini terbentuk karena letusan Gunung Pakuwaja yang terisi air dari beberapa mata air kecil serta curah hujan tinggi di Wonosobo. Berada di sebuah Desa Maron, Garung, Wonosobo, telaga tersebut bisa Anda kelilingi dengan menggunakan parahu atau kapal. Cukup dengan bayar Rp 15 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati indahnya alam telaga ini dari atas perahu.

 

6. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Tempat Wisata Di Wonosobo

Bukit Sikunir – Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo lainnya yang paling populer karena view yang sangat menakjubkan adalah Bukit Sikunir. Bukit tersebut menjadi favorit khususnya bagi para pencari sunrise, sebab bila Anda beruntung maka Anda akan mendapat view sunrise yang sangat menakjubkan dengan latar 3 gunung terbesar di Jawa Tengah. Anda disini hanya perlu melakukan pendakian ke bukit yang cukup terjal kurang lebih selama 30-45 menit untuk menyaksikan lukisan Sang Maha Kuasa yang sangat menakjubkan ini. Dan untuk bisa menikmati tempat wisata Wonosobo satu ini Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 7 ribu rupiah.

 

7. Pendakian Gunung Sumbing

Gunung Sumbing Tempat Wisata Di Wonosobo

Gunung Sumbing – Tempat Wisata Di Wonosobo

Pendakian Gunung Sumbing bisa Anda kunjungi di Desa Garung, Kecamatan Kretek, Wonosobo yang bertempat di jalan Wonosobo Temanggung, tepatnya ada di perbatasan. Gunung Sumbing tersebut terbagi jadi 3 wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo, Magelang, dan Temanggung. Objek wisata di Wonosobo satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan sehingga tak heran jika banyak para pendaki atau pecinta alam yang mengunjunginya. Sementara itu untuk tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah banget, yakni sebesar Rp 10 ribu rupiah saja per-orang.

Baca Juga :

 

8. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda Tempat Wisata Di Wonosobo

Sumur Jalatunda – Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo satu ini berada di arah paling barat kawasan wisata Dieng, tepatnya ada di sebuah Desa Wisata Pekasiran. Untuk bisa sampai di sumur ini, Anda harus terlebih dulu meniti 257 anak tangga. Ketika sampai di anak tangga yang terakhir Anda akan dapat melihat tumpukan bebatuan kerikil yang terhampar beralas karung beras.

Menurut keyakinan warga setempat, mereka yang bisa melemparkan batu kerikil ke sumur sejauh jarak tertentu akan mendapat keberuntungan dan terkabul niat maupun keinginannya. Ini sebab batu kerikil yang ada di tempat ini semakin menambah keunikan dan jadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Anda hanya harus keluarkan biaya Rp 500 rupiah saja untuk membeli batu kerikil tersebut, serta Rp 5 ribu rupiah untuk tiket masuk Dieng, dan Anda bisa menikmati Sumur Jalatunda yang ada di kawasan Dieng sepuasnya.

 

9. Lobang Sewu

Lobang Sewu Tempat Wisata Di Wonosobo

Lobang Sewu – Tempat Wisata Di Wonosobo

Dan tempat wisata di Wonosobo selanjutnya yang populer dan bisa Anda kunjungi adalah Wisata Lobang Sewu. Lobang Sewu ini adalah wisata di Jawa Tengah yang masih terbilang baru. Tetapi walaupun demikian, objek wisata yang letaknya dekat dengan Waduk Wadaslintang ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan, sebab tempatnya yang instagramable. Namun jika Anda cukup kesulitan untuk menemukan tempat wisata tersebut, Anda bisa melihat peta wisata Wonosobo Lobang Sewu ini di Google Maps yang ada di smartphone Anda. Sementara itu untuk tiket masuk tempat wisata ini adalah sekitar Rp 2 ribu rupiah.

 

10. Telaga Warna

Telaga Warna Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Warna – Tempat Wisata Di Wonosobo

Telaga Warna ini merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo dengan memiliki warna telaga yang berbeda-beda. Dominasi warna dari telaga ini adalah biru laut, hijau, dan putih kekuning-kuningan. Bila Anda ingin lihat indahnya warna dari telaga tersebut, maka Anda bisa mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga. Disini juga terdapat balkon yang bisa digunakan untuk duduk santai menikmati indahnya telaga warna tersebut.

 

Itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo yang bisa Kompas Wisata berikan kali ini. Semoga beberapa referensi diatas dapat memenuhi jadwal liburan Anda kali ini. Setelah keliling menikmati suasana alam Wonosobo, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Wonosobo seperti dendeng gepuk, geblek, hingga nasi megono. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!