10 Tempat Wisata Gratis di Bandung yang Pantang Dilewati

Tempat wisata gratis di Bandung bisa menjadi alternatif hiburan bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Bandung. Meskipun “gratis” tapi jangan anggap jika tempat-tempat wisata yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini kalah dengan tempat lainnya yang berbayar. Hitung-hitung sebagai pengisi waktu luang Anda saat berkunjung ke Bandung. Apalagi jika maksud kunjungan Anda bukan untuk berlibur melainkan ada urusan lain seperti urusan pekerjaan atau urusan keluarga. Daripada mengeluarkan uang lebih, Anda justru bisa berhemat sambil menikmati tempat-tempat wisata hemat di Bandung berikut ini.

 

Tempat Wisata Gratis di Bandung

 

1. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Sejarah – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Sejarah Bandung adalah salah satu taman tempat nongkrong terbaru di Bandung. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki konsep tematik dan sejarah. Taman Sejarah Bandung terletak di Jl. Aceh No. 53 Babakan Ciamis, Sumur Bandung.

 

Letaknya yang berada di tengah-tengah kota membuat taman ini sangat mudah diakses. Meskipun terbilang baru, namun Taman Sejarah Bandung ini cukup direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Salah satu keunikannya yaitu di sini Anda bisa melihat berbagai relief dan stiker yang berisi mengenai sejarah para pemimpin Bandung dari masa ke masa, mulai dari masa prasejarah, zaman penjajahan, hingga masa sekarang. Jika Anda berkunjung bersama keluarga, Taman Sejarah bisa menjadi tempat wisata gratis di Bandung yang bernilai edukatif bagi anak-anak.

 

2. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Balai Kota – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Balai Kota Bandung adalah salah satu tempat wisata gratis di Bandung yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan setiap harinya. Biasanya digunakan sebagai tempat singgah di siang hari bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan di Kota.

Balai Kota Bandung memiliki nuansa yang cukup sejuk, cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Salah satu sisi unik dari Balai Kota ini adalah adanya spot unik yang dinamai oleh masyarakat setempat sebagai gembok cinta. Bagi Anda yang ingin mendapatkan beberapa foto selfie yang menarik maka tempat inilah yang paling cocok.

 

3. Taman Vanda

Taman Vanda Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Vanda – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Vanda pada awalnya bernama Taman Dollar. Berlokasi di Jalan Merdeka No. 9 Babakan Ciamis, Bandung. Taman ini merupakan salah satu tempat nongkrong gratis di Bandung yang cukup unik untuk dikunjungi. Saat mengunjungi taman ini, Anda disarankan untuk datang pada malam hari karena pemandangannya akan menjadi lebih menarik.

Pemandangan pada malam hari di Taman Vanda sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto. Anda akan menyaksikan cahaya berwarna-warni yang menghiasi air mancur yang ada di tengah-tengah taman. Inilah spot paling menarik yang ada di Taman Vanda yang harus Anda kunjungi.

 

4. Taman Jomblo (Taman Pasupati)

Taman Pasupati Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Pasupati – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Tempat wisata gratis di Bandung yang selanjutnya yaitu Taman Jomblo atau yang dikenal juga dengan sebutan Taman Pasupati. Taman ini terletak tepat di bawah Jembatan Pasupati yang berada di Jl. Taman Sari No. 66 di daerah Lebak Siliwangi, Coblong Bandung.

Nama jomblo yang disematkan pada taman ini berawal dari desain kursi yang hanya dikhususkan untuk duduk satu orang saja. Karena itulah masyarakat setempat menamainya dengan sebutan Taman Jomblo. Taman ini terbilang cukup unik dan berbeda dari taman-taman pada umumnya, di sini Anda tidak menemukan pemandangan hijau seperti taman-taman pada umumnya. Taman ini memang dikhususkan nongkrong bagi Anak muda di Bandung. Di sini selain terdapat bangku untuk duduk, juga tersedia berbagai fasilitas seperti lapangan skateboard bertaraf internasional dan fasilitas gym ringan.

 

5. Taman Fotografi

Taman Fotografi Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Fotografi – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Fotografi sangat cocok bagi Anda yang bergelut di dunia fotografi. Taman Fotografi merupakan salah satu tempat wisata gratis di Bandung yang sengaja dibangun oleh pemerintah bangun untuk mewadahi bakat-bakat di bidang fotografi yang ada pada pemuda Bandung.

Taman ini biasa dijadikan tempat berkumpulnya para fotografer yang ada di Bandung maupun dari Kota di sekitarnya. Anda bisa bertemu dan saling sharing dengan para fotografer muda yang ada di Bandung. Jadi tidak hanya sekedar jalan-jalan saja, tapi Anda bisa menemukan teman-teman baru yang memiliki kesamaan passion di sini.

 

6. Jalan Braga dan Asia Afrika

Jalan Braga Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Jalan Braga – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata belanja di tempat yang paling populer di Bandung maka Jalan Braga dan Asia Afrika adalah tujuan yang harus Anda kunjungi. Tempat ini termasuk salah satu destinasi yang paling diminati di Kota Bandung, terutama bagi mereka yang hobi belanja.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai barang-barang menarik hingga pernak-pernik unik yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya itu, pemandangan yang ada di sekitar Jalan Braga dan Asia Afrika juga sangat menarik. Cocok untuk Anda yang ingin sekedar menghabiskan waktu sambil foto-foto.

 

7. Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Musik Centrum – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Musik Centrum merupakan tempat wisata gratis di Bandung yang cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang menyukai dunia musik dan seni. Taman ini pada awalnya khusus dibuat sebagai tempat berkreasi pada penggiat seni terutama seni musik yang ada di Bandung. Namun sekarang tempat ini telah dibuka untuk umum.

Taman Musik Centrum berlokasi di daerah Jl. Merdeka, Sumur Bandung. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota, Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki. Taman ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat duduk yang nyaman, wifi gratis, dan penerangan yang baik di malam hari. Taman Musik Centrum biasa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan pagelaran seni dan konser musik band-band lokal yang ada di Kota Badung.

 

8. Gedung Sate

Gedung Sate Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Gedung Sate – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Mungkin Ada sudah tidak asing lagi dengan nama Gedung Sate, salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Bandung. Gedung yang memiliki desain arsitektur bergaya Eropa ini merupakan salah satu landmark di Kota Bandung yang wajib Anda kunjungi. Meskipun sudah berusia hampir 1 abad namun Gedung Sate masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Salah ciri unik dari gedung ini yaitu adanya menara berbentuk tusuk sate yang ada di bagian depan bangunan ini.

 

9. Pet Park

Pet Park Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Pet Park – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Tempat wisata Gratis di Badung yang cukup menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Pet Park. Tempat ini merupakan sebuah taman yang khusus dibuat untuk hewan peliharaan. Di sini Anda akan menemui para pengunjung yang membawa hewan peliharaan kesayangan mereka masing-masing. Jika Anda termasuk salah satu penyayang hewan maka tempat ini akan menjadi sangat menarik. Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda dan menjalin pertemanan.

Pet Park merupakan taman hasil pembangunan dari program pemerintah Kota Bandung untuk mewadahi para pecinta hewan yang ada di Bandung. Di Pet Park terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kandang khusus, taman bermain untuk hewan, jogging track, dan berbagai perlengkapan hewan peliharaan lainnya. Pet Park terletak di daerah Bandung Wetan, Jl. Ciliwung No. 14 Kota Bandung.

 

10. Taman Film

Taman Film Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Taman Film – Tempat Wisata Gratis Di Bandung

Tempat wisata gratis di Bandung yang terakhir yaitu Taman Film. Persis seperti namanya, taman ini memang dibuat khusus bagi mereka para pecinta dunia Film. Nongkrong di Taman Film bisa menjadi aktivitas yang sangat mengasyikkan untuk menghabiskan waktu luang. Di sini sering di adakan acara nonton bareng dengan sebuah layar besar yang ada di panggung taman. Tempat duduknya juga cukup nyaman dilengkapi dengan rumput sintetis. Taman ini bisa memuat hingga ratusan orang, sehingga aktivitas nonton bareng akan terasa lebih seru.

 

Nah itulah beberapa tempat wisata gratis di Bandung yang jangan kalian lupakan. Mengisi liburan tidak selalu mahal dan mewah, pandai-pandai memilih lokasinya dan jangan lupa ajak orang terdekat untuk menikmatinya. Nantikan ulasan Kompas Wisata tentang wisata gratis di kota-kota lainnya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!