10 Rekomendasi Tempat Wisata Kebumen Favorit Wisatawan

Beberapa tempat wisata Kebumen terkenal bahkan hingga mancanegara, wisatanya yang terkenal seperti wisata alam Jembangan Kebumen atau hutan mangrove Kebumen. Hal ini juga didukung oleh kebijakan dari pemerintah setempat yang membantu mengembangkan tempat wisata ini. Beberapa tempat wisata ini mempunyai karakteristik wisata unik serta sangat menarik banyak wisatawan.

Pesona wisata yang ada di Kebumen dilengkapi dengan kekayaan wisata alam yang mempesona serta keeksotikan wisata baharinya. Beberapa wisata pantai di Kebumen sangat terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Kebumen saja. Seperti wisata pantai Logending, serta pantai Pecaron, sampai dengan wisata pantai Lampon. Nah, kali ini Kompas Wisata ingin merekomendasikan beberapa tempat wisata Kebumen yang sangat menawan serta populer dan ramai dikunjungi para traveler. Simak ya !!

 

Rekomendasi Tempat Wisata Kebumen

 

1. Benteng Van der Wijck

Benteng Van Der Wijck Tempat Wisata Kebumen

Benteng Van Der Wijck – Tempat Wisata Kebumen

Jika Anda pernah berkunjung ke Kebumen, kalian harus mengunjungi Benteng Van der Wijck. Benteng  yang identik dengan merah serta sejarah kota Kebumen ini merupakan salah satu bekas benteng pertahanan Belanda saat melawan pasukan pangeran Diponegoro. Benteng ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film The Raid 2: Berandal. Benteng ini mempunyai tinggi 9,6 meter dan mempunyai luas area 3.606 m². Kalian bisa menemukan kurang lebih 16 barak didalam benteng ini. Bahkan beberapa dari Anda bisa menikmati foto-foto vintage dari tokoh-tokoh sejarah. Benteng Van der Wijck menjadi salah satu tempat wisata murah di Jawa Tengah. Karena buat masuk ke sini kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar  Rp6.000/orang.

 

2. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk Tempat Wisata Kebumen

Pantai Suwuk – Tempat Wisata Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen  merupakan salah satu  pantai  yang  menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kebumen. Hampir setiap harinya pantai ini selalu ramai pengunjung Pantai ini berada di desa Suwuk, kec. Puring. Berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai  suwuk merupakan  tetangga sebelah pantai  karangbolong. Sebagai salah satu tempat wisata Kebumen yang lumayan ramai serta terkenal, membuat pantai Suwuk mempunyai beberapa fasilitas lumayan lengkap. Di pantai ini kalian bisa mengitari pantai dengan menunggang kuda yang bisa kalian sewa dengan harga Rp 25.000. Di pantai ini kalian bisa menemukan sebuah pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi salah satu daya tarik di pantai

 

3. Goa Barat

Goa Barat Tempat Wisata Kebumen

Goa Barat – Tempat Wisata Kebumen

Tempat wisata Kebumen selanjutnya adalah Goa Barat. Untuk Anda yang gemar dengan caving kalian wajib untuk menjelajahi Goa Barat. Goa super keren ini berada di Desa Jatijajar, Kec. Ayah. Goa ini sangat benar-benar alami serta mempunyai pesona yang luar biasa. Di dalam goa ini kalian bisa menikmati air terjun mengalir indah dari ketinggian kira-kira 32 meter.

Kalian bisa melihat keindahan stalaktit serta stalakmit di goa ini yang akan membuat mulut kalian tak berhenti-henti berdecak kagum. Demi menjaga kondisi goa tetap bersih dan natural, pengunjung goa biasanya dibatasi. Sehingga hanya diperbolehkan 10 orang yang bisa masuk dalam satu kunjungan. Itupun diharuskan ada seorang pemandu. Goa ini dibuka demi tujuan wisata pada tahun 2012 serta dikelola oleh masyarakat sekitar.

 

4. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale Tempat Wisata Kebumen

Pantai Watu Bale – Tempat Wisata Kebumen

Pantai Watu Bale Kebumen mempunyai air laut yang lumayan jernih serta dulunya pernah menjadi salah satu wisata pantai populer di Kebumen. Pantai ini terletak di Desa Munggu, Kec. Petanahan, Kebumen. Berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota Kebumen. Di pantai ini mempunyai beberapa fasilitas lumayan lengkap. Di pantai ini kalian bisa mengitari pantai dengan menunggang kuda yang bisa kalian sewa dengan harga Rp 25.000.

 

5. Curug Silancur

Curug Silancur Tempat Wisata Kebumen

Curug Silancur – Tempat Wisata Kebumen

Beralih ke tempat wisata Kebumen selanjutnya yang berupa air terjun. Di Kebumen kalian bisa menemukan sebuah air terjun sangat cantik bernama Curug Silancur. Air terjun alami ini berlokasi di tempat yang belum begitu diketahui oleh banyak orang. Buat kalian para penjelajah sejati wajib berkunjung ke air terjun ini. Pesona air berjatuhan dari ketinggian tebing terasa sangat menyegarkan. Ditambah lagi dengan suasana damai, serta sangat sepi mengingat aksesnya yang tidak mudah. Air terjun ini masih belum dikelola sebagai objek wisata Kebumen yang dibuka untuk umum. Belum ada loket penjual karcis yang resmi. Yang ada hanyalah biaya penitipan sepeda motor dengan tarif Rp 5.000/motor

 

6. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Tempat Wisata Kebumen

Pantai Karang Bolong – Tempat Wisata Kebumen

Tidak mau kalah dengan tetangganya yaitu pantai Suwuk, Pantai Karang Bolong juga ramai pengunjung dan wisatawan. Sama seperti pantai Suwuk, di sekitar pantai Karang Bolong juga terdapat banyak sekali warung. Meski bertetangga, pantai Suwuk dan pantai Karang Bolong terletak di kecamatan yang berbeda. Jika pantai Suwuk berada di kecamatan Puring maka pantai Karang Bolong berada di Kecamatan Buayan. Karakterik kedua pantai juga tidak beda  jauh berbeda yakni mempunyai pasir abu-abu serta banyak batu karang. Pantai Karang Bolong dikelilingi oleh bukit-bukit yang cukup tinggi serta deretan pohon kelapa yang membuat suasana pantai nya benar-benar terasa menyegarkan.

 

7. Waduk Sempor

Waduk Sempor Tempat Wisata Kebumen

Waduk Sempor – Tempat Wisata Kebumen

Waduk Sempor merupakan sebuah tempat wisata Kebumen yang cantik serta menawarkan indahnya pesona alam di sekelilingnya. Hijaunya pemandangan di sekeliling waduk mampu menghadirkan kesejukan  serta rasa nyaman di mata dan pikiran Waduk Sempor berada di Desa Sempor, kecamatan Sempor. Berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kotaGombong. Waduk ini dibangun pada tahun 1958 serta selesai tahun 1978. Waduk Sempor bisa menghadirkan kesejukan baru di tengah udara Kebumen yang cukup panas

 

8. Bukit Pranji

Bukit Pranji Tempat Wisata Kebumen

Bukit Pranji – Tempat Wisata Kebumen

Untuk kalian yang ingin melihat panorama sunrise di Kebumen, Bukit Pranji Kebumen menjadi tempat yang cocok serta pas untuk kalian kunjungi. Di tempat ini kalian bisa menikmati pemandangan sunrise yang sangat menawan serta luar biasa cantik. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit di Kebumen buat menikmati sunrise. Bahkan, ada yang sengaja mendirikan tenda untuk bermalam di bukit ini agar bisa menikmati indahnya matahari di pagi hari yang menyembul dari ufuk timur. Lokasi bukit ini berada tepat di Desa Pengaringan, Kec. Pejagoan

 

9. Pantai Menganti

Pantai Menganti Tempat Wisata Kebumen

Pantai Menganti – Tempat Wisata Kebumen

Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah yang satu ini juga mempunyai cerita legenda kisah percintaan. Dikisahkan, kehidupan seorang panglima perang Majapahit yang konon katanya menjalin cinta dengan seorang gadis. Tapi, cinta keduanya tidak bisa mendapatkan restu sehingga akhirnya sang panglima memutuskan untuk kabur. Keduanya berjanji untuk bertemu di pantai ini. Tapi, sepanjang hari menunggu sang pujaan hati tak juga datang dan meninggalkan pangeran dalam penantian. Hingga muncullah nama Menganti sebagai nama pantai ini. Mempunyai pasir abu-abu serta banyak batu karang. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang cukup tinggi serta deretan pohon kelapa yang membuat suasana pantai nya benar-benar terasa menyegarkan.

Baca Juga :

 

10. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar Tempat Wisata Kebumen

Goa Jatijajar – Tempat Wisata Kebumen

Selain pantai Meganti, pantai Logending hingga Goa Barat, masih ada lagi tempat wisata Kebumen lainnya disana yakni Goa Jatijajar. Jika kalian ingin berwisata caving, kalian wajib untuk menjelajahi Goa Jatijajar. Goa super keren dengan keunikan cerita legendanya ini berada di Desa Jatijajar, Kec. Ayah. Goa ini sangat benar-benar alami serta mempunyai pesona yang luar biasa. Goa ini cukup terkenal di luar Kebumen, pada awalnya goa ini merupakan sebuah goa kapur dengan panjang sekitar 250 meter serta tinggi rata-rata 12 meter. Goa ini berada diatas 50 meter dari dasar laut. Wisata goa Jatijajar merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kebumen.

 

Itulah 10 tempat wisata Kebumen yang bisa Anda jadikan referensi liburan saat berada di Kebumen. Selain wisata alam, di Kebumen Anda juga bisa menikmati kuliner khasnya seperti sate ambal, nasi penggel, yutuk goreng atau sale pisang yang nikmat dan membuat Anda ketagihan. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!