10 Tempat Wisata Kuliner Jogja Yang Paling Populer

Wisata Kuliner Jogja – Siapa yang tidak kenal Jogja? Sebuah kota wisata yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Jika kita ke Jogja, maka kita akan menemukan banyak sekali bule di sana. Hal ini dikarenakan Jogja memiliki daya tarik yang luar biasa. Mulai dari tempat wisata, budaya, masyarakat hingga wisata kulinernya.

Berkunjung ke kota Jogja sudah pasti merupakan hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kota budaya ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat mengagumkan. Mulai dari pantainya yang eksotis, alamnya yang luar biasa hingga kebudayaannya yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Akan tetapi tidak hanya tempat wisatanya saja yang sering dikunjungi oleh orang-orang, melainkan wisata kuliner Jogja nya pun juga menjadi sorotan di mata para penikmat kuliner. Berikut beberapa tempat kuliner di Jogja yang bisa Kompas Wisata sajikan untuk Anda.

 

Tempat Wisata Kuliner Jogja Terpopuler

 

1. The House of Raminten

The House of Raminten - Wisata Kuliner Jogja

The House of Raminten – Wisata Kuliner Jogja

Salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang sangat favorit adalah The House of Raminten. Berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan yang ada di tempat ini. Raminten terletak di pusat kota di Kota Baru. Jika dari Malioboro atau Tugu Jogja kurang lebih 30 menit menggunakan becak. Atau lebih tepatnya beralamat di Jl. Faridan Muridan Noto No. 7 Gondokusuman, Kota Baru, Jogja.

Menu yang disediakan oleh rumah makan ini sangat istimewa dengan harga mulai dari seribuan. Ada sego kucing, bakso sapi, bakso uleg, soto raminten, kupat tahu, bubur ayam, rawon, sego ijo dan lain sebagainya. Lebih menariknya lagi,  raminten juga menyediakan makanan serta minuman dengan nama-nama unik, contohnya minuman “perawan tancep” yang merupakan minuman dengan campuran rempah-rempah sehingga memberikan rasa yang menarik.

Dilihat dari pelayanannya pun sangat mengagumkan. The House of Raminten memberikan nuansa yang benar-benar menggambarkan Jogja. Di dalam rumah makan ini pengunjung akan disambut dengan alunan gending Jawa dengan para pramusaji yang mengenakan pakaian adat Jawa. Dimana pengunjung akan dibuat rileks dengan adanya aroma dupa serta bunga-bunga yang disediakan oleh Raminten. Ketika bosan menunggu makanan siap, pengunjung dapat memilih berbagai macam produk kerajinan yang dijual di dalam warung makan ini.

 

2. Kalimilk

Kalimilk - Wisata Kuliner Jogja

Kalimilk – Wisata Kuliner Jogja

Wisata kuliner Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu kuliner Jogja yang cukup populer di masyarakat khususnya pecinta kuliner adalah kedai susu kalimilk. Kalimilk tidak hanya menyajikan jenis susu murni saja, melainkan susu segar dengan berbagai macam varian rasa. Tidak hanya itu, Kalimilk juga menyediakan berbagai macam snack yang akan menemani acara nongkrongmu di sini.

Yang unik dari kedai ini adalah panggilan yang diberikan kepada pengunjung. Pengunjung akan dipanggil dengan sebutan “neneners” yang diambil dari bahada Jawa yaitu nenen yang berati minum susu. Mencari kuliner Jogja yang murah maka Kalimilk lah tempatnya. Pasalnya harga yang dibanderol di kedai ini mulai dari Rp.5.000 hingga Rp.20.000.

Untuk mengunjungi kedai susu ini tidak lagi sulit, karena sudah dibuka berbagai cabang kedai susu Kalimilk. Yaitu di Jl. Kaliurang KM. 4.9, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jalan Ngelempong Sari Raya No. 251, Seturan.

 

3. Bong Kopitown

Bong Kopitown - Wisata Kuliner Jogja

Bong Kopitown – Wisata Kuliner Jogja

Salah satu tempat wisata kuliner yang unik dan sangat populer di Jogja adalah Bong Kopitown. Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini memiliki konsep yang berbeda di banding dengan yang lainnya. Karena Bong Kopitown memiliki desain bangunan yang mirip penjara dengan adanya jeruji serta sipir penjara. Tempat makan ini juga ada di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bekasi.

Menu yang disediakan oleh rumah makan ini sangat bervariatif. Mulai dari berbagai macam olahan mie, rendang, ayam, bebek dan masih banyak lagi. Dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari enam ribuan hingga tiga puluh lima ribu. Dan cara menyajikan menunya juga unik. Karena tidak menggunakan buku menu yang sering kita lihat, melainkan seperti koran dengan cerita mengenai narapidana. Bong Kopitown terletak di Jalan Sagan Kidul 4 Jogja.

 

4. Warung Ijo Baciro

Warung Ijo Baciro - Wisata Kuliner Jogja

Warung Ijo Baciro – Wisata Kuliner Jogja

Salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang sering dicari-cari oleh masyarakat khususnya para rantau adalah warung ijo baciro. Warung yang sudah ada sejak 50 tahun yang lalu ini, menyediakan makanan dengan cita rasa yang sangat khas. Warung Ijo Baciro menyediakan 30 macam makanan setiap harinya. Dan pengunjung dapat memilih sendiri makanan yang sudah disediakan di dalam etalase. Mulai dari brongksos, telur, lodeh, oseng-oseng, mangut, trancam dan masih banyak lagi.

Jika ingin mencoba mencicipi masakan rumahan ini, kita bisa berkunjung ke Warung Ijo Baciro yang berada di Jalan Argolubang No. 10 Baciro Jogja. Warung ini berwarna hijau dan terletak dekat dengan Stasiun Lempuyangan, sehingga mudah untuk dicari.

 

5. Kedai Darling

Kedai Darling - Wisata Kuliner Jogja

Kedai Darling – Wisata Kuliner Jogja

Tempat makan terkenal di Jogja selanjutnya adalah Kedai Darling. Kedai ini menyajikan makanan khas Thailand. Oleh sebab itu, jika kalian penasaran dengan citarasa Thailand, bisa mengunjungi kedai Darling. Meski buka mulai jam 4 sore hingga jam 10 malam saja, namun kedai ini sangat ramai pengunjung. Banyak sekali menu yang disajikan oleh Kedai Darling seperti bakso, sayuran, kuah kadu, daging dan lain sebagainya.

Kedai ini terletak di Jl. Urip Sumoharjo No.3, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

 

6. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo - Wisata Kuliner Jogja

Nasi Goreng Beringharjo – Wisata Kuliner Jogja

Bagi kalian yang berkunjung ke Jogja pasti akan menikmati wisata kuliner Jogja yang unik-unik. Oleh karena itu setelah mencari penginapan dekat Malioboro jangan lupa untuk menikmati nasi goreng Beringharjo di yang berada didekat taman budaya Yogyakarta. Wisata kuliner Jogja ini merupakan kuliner Jogja yang sudah ada sejak dulu. Pasalnya wisata kuliner yang paling tua di Jogja ini memberikan menu istimewa yaitu campuran daging babi dan daging ayam di dalamnya. Namun tentu saja sesuai selera dari pengunjung. Karena pengunjung juga bisa hanya memesan salah satu jenis daging saja.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Mayor Suryotomo, Gondomanan, Kota Jogja.

 

7. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti - Wisata Kuliner Jogja

Oseng Mercon Bu Narti – Wisata Kuliner Jogja

Wisata kuliner Jogja yang sering dicari-cari selanjutnya adalah oseng mercon bu Narti. Menu yang disajikan oleh warung makan ini sangat unik sehingga menjadi daya tarik ersendiri bagi pengunjung. Tempat makan terpopuler ini menyajikan makanan yang bercitarasa pedas yang sangat nikmat dan dijamin dapat membuat Anda ketagihan. Menu yang disajikan pun sangat beragam seperti, oseng mercon babat, rempelo, bebek, lele, burung dara dan lain sebagainya.

Warung makan ini terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Kota Yogyakarta.

 

8. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man - Wisata Kuliner Jogja

Angkringan Lik Man – Wisata Kuliner Jogja

Salah satu kuliner Jogja yang murah adalah angkringan Lik Man. Angkringan ini terletak di kawasan stasiun Yogyakarta. Menyajikan berbagai macam menu makanan dengan nuansa yang sangat nyaman. Apalagi jika kita datang bersama teman-teman, suasana makanpun akan jadi lebih nikmat dan tak terasa sudah manghabiskan waktu yang cukup lama. Tempat nongkrong ini cocok bagi kalian yang suka berwisata kuliner dimalam hari di Jogja.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta.

 

9. Mie Telap 12

Mie Telap 12 - Wisata Kuliner Jogja

Mie Telap 12 – Wisata Kuliner Jogja

Mie telap 12 merupakan salah satu kuliner Jogja yang sangat unik. Pasalnya pengunjung akan mendapatkan sajian mie yang sesuai dengan kemasan pada mie instan. Misalnya pengunjung memesan mie rasa tengkleng, maka pengunjung akan mendapatkan makanan paket lengkap seperti pada kemasan. Begitu pula dengan mie rasa rendang, rasa bakso dan lain sebagainya. tidak hanya itu, Mie telap 12 juga menyediakan aneka minuman seperti soda, milk shake dan lain sebagainya.

Tempat makan ini berada di Jalan Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

 

10. Hakone Resto

Hakone Resto - Wisata Kuliner Jogja

Hakone Resto – Wisata Kuliner Jogja

Jika ingin merasakan sensasi makan yang berbeda, beralihlah ke Hakone Resto. Rumah makan yang menyajikan berbagai macam makanan khas Jepang ini menjadi wisata kuliner Jogja yang sangat populer. Bagaimana tidak, menu yang disajikan di restoran ini sangat bervariasi seperti mie ramer, unagi rice, chicken katsu dan masih banyak makanan khas Jepang lainnya. Jika jalan-jalan ke Jogja jangan lupa untuk mengunjungi restoran yang berada di jalan Komplek Kolombo No. 49, Jogja ini. Dijamin makanan-makanan disini akan memanjakan lidah pengunjung yang mencicipinya.

Lokasi persisnya berada di Jl. Komplek Colombo No. 40, Caturtunggal, Kec.Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Nah, begitulah ulasan dari Kompas Wisata tentang referensi beberapa tempat wisata kuliner Jogja terpopuler yang bisa kalian rasakan. Untuk harga Anda jangan takut, karena rata-rata makanan diatas cukup ramah untuk kantong sekaliber mahasiswa. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu para pemburu kuliner yang sedang berada di Jogja. Selamat mencoba. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!