10 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Jogja yang Fenomenal

Tempat Wisata Murah di Jogja – Yogyakarta sudah sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu tujuan wisata paling favorit di tanah air. Hampir setiap hari Jogja tak pernah sepi dari para turis, baik itu yang berasal dari pelosok negeri maupun turis asing yang datang jauh-jauh dari negeri lain. Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda pilih, masyarakatnya yang ramah dan kotanya yang tertata rapi juga membuat Jogja mampu menawarkan kenyamanan tersendiri bagi siapa saja yang datang berkunjung.

Satu lagi yang terkenal dari Jogja yaitu akomodasi seperti kulineran, hotel, dan angkutan umum yang murah. Bagi yang sedang berkantong tipis atau ingin liburan tapi tetap hemat, Jogja tentu saja menjadi pilihan pertama. Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan beberapa tempat wisata murah di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama orang terdekat.

 

Referensi Tempat Wisata Murah di Jogja

 

1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Tempat Wisata Murah Di Jogja

Kebun Buah Mangunan – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tempat wisata murah di Jogja yang pertama yaitu Kebun Buah Mangunan yang berada di daerah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bantul sekitar 15 km, jika ditempuh dengan naik motor atau mobil hanya memakan waktu kurang lebih 15-20 menit. Tempat wisata yang memiliki konsep perpaduan antara agrowisata dan wisata alam ini menjadi populer belakangan karena indahnya pemandangan alam yang bisa didapat oleh para pengunjung. Untuk bisa masuk ke area wisata, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang dan biaya parkir Rp. 4.000.

Di kebun buah mangunan ini pengunjung bisa berkeliling melihat kebun buah, peternakan dan pembibitan ternak. Salah satu yang saat ini paling digemari yaitu naik ke atas menara pandang untuk menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Di tempat inilah biasanya para pengunjung melakukan foto-foto. Apabila cuaca sedang cerah dan sedikit berawan, Anda akan mendapatkan sebuah pemandangan yang spektakuler dari atas sini. Selain itu dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan kota Bantul dan Pantai Parangtritis.

 

2. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Tempat Wisata Murah Di Jogja

Puncak Kosakora – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tempat wisata murah di Jogja selanjutnya ada Puncak Kosakora yang saat ini sedang ramai di kunjungi olah muda mudi di Jogja. Puncak Kosakora merupakan sebuah puncak bukit di kaki Gunung Kidul yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, pantai, dan bentangan alam sejauh mata memandang.

Para pengunjung biasanya datang pada sore hari untuk berburu sunset, pemandangan sunset di Puncak Kosakora ini memang terkenal sangat indah. Beberapa dari pengunjung bahkan ada yang mendirikan tenda dan bermalam di puncak ini. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Puncak Kosa Kosakora, Anda bisa datang lewat Tanjungsari kemudian masuk melewati pos retribusi kawasan pantai Gunung Kidul, kemudian masuk ke arah Pantai Drini. Dari sana Anda harus treking lagi berjalan kaki menuju ke Puncak Kosakora.

 

3. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru Tempat Wisata Murah Di Jogja

Desa Wisata Kalibiru – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Selain Puncak Kosakora masih ada lagi tempat wisata alam untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggian di Jogja yang bernama Desa Wisata Kalibiru. Tempat ini juga termasuk salah satu destinasi yang sedang populer akhir-akhir ini. Desa Kalibiru terletak di Kecamatan Kulonprogo. Posisinya yang berada di atas Bukit Menoreh menjadikan pemandangan di Desa Wisata Kalibiru ini tak kalah indahnya dengan puncak kosakora.

Salah satu spot yang paling diburu di tempat wisata murah di Jogja yang satu ini adalah menara pandang yang ada di puncak bukit. Dari sinilah Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Dari sini juga Anda bisa melihat bentangan waduk sermo dan sebagian kota Kulonprogo.

 

4. Taman Tebing Breksi

Tebing Breksi Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tebing Breksi – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Jika Anda mencari spot unik yang instagramable di Jogja, mungkin Tebing Breksi bisa dijadikan pilihan. Tebing Breksi juga termasuk salah satu destinasi wisata yang baru-baru ini menjadi terkenal di jagat sosial media. Hal ini dikarenakan keunikan Tebing Breksi yang terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan ini. Anda akan menemukan pemandangan tebing-tebing batu yang memiliki berbagai bentuk yang memang sengaja di pahat oleh pihak pengelola sehingga membentuk pemandangan yang unik. Salah satu yang paling sering digunakan untuk berfoto yaitu pahatan yang berbentuk wayang.

 

5. Kebun Buah Langka Sedayu

Kebun Buah Langka Sedayu Tempat Wisata Murah Di Jogja

Kebun Buah Langka – Sedayu Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tempat wisata murah di Jogja yang selanjutnya yaitu Kebun Buah Langka Sedayu yang terletak di daerah Dusun Sundi Kidul, Bantul. Tempat ini merupakan salah satu destinasi agrowisata yang bernilai edukatif di Jogja. Di dalam Kebun Buah Langka Sedayu ini sedikitnya terdapat 300 jenis tanaman buah yang bisa Anda lihat dan cicipi ketika sedang berbuah. Beberapa jenis buah bahkan berasal dari luar negeri seperti Kacang Amazon, Anggur Brazil, Jeruk Nagami, Buah Tin, dan masih banyak lagi jenis buah langka lainnya. Untuk bisa masuk ke kawasan agrowisata ini Anda hanya harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000 per orang.

 

6. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo Tempat Wisata Murah Di Jogja

Desa Wisata Nglinggo – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Anda mungkin berpikir jika di Jogja tidak ada kebun teh, Anda salah. Jika ingin melihat pemandangan kebun teh menghampar luas di alam Jogja Anda bisa datang ke Desa Wisata Nglinggo yang terletak di daerah Pagerharjo, Samogaluh, Kulonprogo. Di sini Anda bisa melihat kebun teh miliki desa yang sangat luas.

Untuk bisa masuk ke area Desa Wisata Nglinggo ini Anda cukup hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 2000 per orang. Selanjutnya Anda bisa berkeliling melihat-lihat kebun teh, dan mencicipi rasa teh olahan tradisional khas Desa Nglinggo.

 

7. Goa Pindul

Goa Pindul Tempat Wisata Murah Di Jogja

Goa Pindul – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tempat wisata murah di Jogja yang selanjutnya yaitu Goa Pindul. Destinasi yang satu ini cocok didatangi jika Anda ingin mencari pengalaman liburan yang menantang di Jogja. Gua Pindul berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Aktivitas yang paling digemari yaitu cave tubing menyusuri goa yang memiliki panjang sekitar 350 meter ini dengan menggunakan ban pelampung. Ini adalah aktivitas paling menyenangkan yang selalu diburu oleh para pengunjung. Untuk bisa merasakan sensasi tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000 per orang.

 

8. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Tempat Wisata Murah Di Jogja

Hutan Pinus Mangunan – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Di sekitar daerah Mangunan juga masih ada tempat wisata murah di Jogja lainnya yaitu Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya berada di daerah perbukitan kawasan Dlingo, Bantul. Hutan ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan udara segara dan suasana hutan pinus yang tenang. Untuk bisa masuk Anda tidak dikenakan biaya tiket, hanya saja bagi Anda yang membawa kendaraan harus membayar tarif parkir sebesar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 3000 per motor.

 

9. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Tempat Wisata Murah Di Jogja

Pantai Pok Tunggal – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Sebelum pulang sempatkan diri Anda untuk mampir sebentar ke Pantai Pok Tunggal yang ada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunung Kidul ini. Pantai Pok Tunggal terkenal karena keindahan bibir pantainya dengan pasir yang putih dan landai. Selain itu pemandangan sunset di pantai ini juga cukup memukau.  Tapi jika Anda datang pada hari libur jangan heran jika ternyata pantai ini sudah ramai dipadati oleh pengunjung lainnya. Mereka biasanya melakukan berbagai kegiatan mulai dari bermain bola voli pantai, treking, atau sekedar bersantai. Untuk bisa masuk ke area wisata Pantai Pok Tunggal Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang. Anda juga bisa menyewa payung pantai dengan membayar biasanya sewa Rp. 20.000.

Bacaan Lainnya : 10 Destinasi Wisata Pantai Jogja

 

10. Taman Pelangi

Taman Pelangi Tempat Wisata Murah Di Jogja

Taman Pelangi – Tempat Wisata Murah Di Jogja

Tempat wisata murah di Jogja yang terakhir yaitu Taman Pelangi. Anda bisa mengunjungi taman ini di malam hari sebelum pulang untuk beristirahat. Taman ini terletak di Monumen Jogja Kembali yang berlokasi di Jl. Lingkar Utara Jogja. Diberi nama Taman Pelangi karena pada malam hari ada banyak sekali lampion berbagai warna yang menerangi taman ini. Sebuah pemandangan yang cukup menghibur mata di malam terakhir liburan Anda di Jogja. Jika Anda berkunjung ke Taman Pelangi, Anda tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

 

Semua tempat wisata murah di Jogja ini rata-rata semua sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai seperti tempat istirahat dan warung makan yang disediakan warga sekitar. Namun tidak ada salahnya Anda membawa bekal dari rumah sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata di atas. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!