10 Tempat Wisata Solo Terfavorit Di Mata Wisatawan

Tempat Wisata SoloKota Surakarta atau disebut juga sebagai Kota Solo adalah wilayah otonom dari Provinsi Jawa Tengah. Saat musim liburan tiba, beberapa orang akan meluangkan waktunya untuk mengunjungi tempat wisata yang menarik. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun bagi beberapa yang tidak memiliki budget lebih, tentunya akan memilih destinasi wisata yang ada di dalam negeri saja. Salah satu destinasi wisata yang sering dicari adalah kota Solo. Banyak sekali tempat wisata Solo yang bisa dikunjungi oleh para traveller.

Surakarta atau yang lebih sering disebut Solo merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Kota yang memiliki luas 44 km² ini, sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Hal ini disebabkan karena, Solo merupakan kota yang sangat menjunjung tinggi nilai kebudayaan hingga kini. Selain memiliki keanekaragaman budaya yang selalu menjadi daya tarik banyak orang, Solo juga memiliki tempat wisata yang sangat menakjubkan. Mulai dari alamnya, pantai, gunung, candi dan lain sebagainya. Berikut 10 tempat wisata Solo yang sering dicari-cari oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

Daftar Tempat Wisata Solo Yang Menjadi Incaran Wisatawan

 

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu - Tempat wisata Solo

Pantai Nampu – Tempat wisata Solo

Ternyata tidak hanya Jogja saja yang memiliki pantai indah, melainkan Solo juga memilikinya. Pantai Nampu merupakan pantai yang sangat eksotis dan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata Solo ini terletak di desa Dringo, kelurahan Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jika dari kota Wonogiri membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai pantai yang sangat menakjubkan ini.

Pantai Nampu merupakan solusi yang tepat bagi kalian yang ingin wisata Solo murah. Pasalnya tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini hanya Rp. 2.000,- saja dengan parkir kendaraan Rp. 2.000,-. Sangat murah sekali jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan disuguhkan dari pantai ini. Mengunjungi Pantai Nampu kita akan melihat hamparan pasir putih yang halus dan deburan ombak yang beradu dengan batu karang. Pantai yang masih termasuk deretan pantai selatan Samudera Hindia ini sangat cocok untuk menjadi destinasi selanjutnya.

 

2. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron - Tempat wisata Solo

Pantai Pecaron – Tempat wisata Solo

Tempat wisata Solo selanjutnya adalah Pantai Pecaron. Jika ke Solo jangan lupa untuk mengunjungi pantai pecaron Solo. Menuju ke pantai Pecaron akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Sesampainya di pantai ini maka pengunjung akan melihat ciptaan Tuhan yang tersembunyi ini. Pantai pecaron dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang sangat eksotis serta pepohonan kelapa yang menari-nari di tepi pantai. Keberadaan perbukitan alami yang menutupi pantai ini membuat pemandangan pantai menjadi sangat eksotis dan memberikan hawa sejuk disekitar pantai.

Pantai Pecaron atau Pantai Srati terletak di desa Srati, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Untuk menuju lokasi Pantai Pecaron, para pengunjung harus melewati bukit yang sedikit terjal dengan tingkat kemiringan sekitar 45 derajat. Para pengunjung dapat memulai perjalanan dari kantor kecamatan Buluspesantren kemudian menuju objek wisata Pantai Suwuk yang berada di arah barat. Setelah tiba di lokasi Pantai Suwuk, Anda akan dihadapi dengan pertigaan kemudian ambil jalan menanjak di arah kiri. Kemudian Anda akan melewati jalan yang kurang bagus hingga ke objek wisata Pantai Pecaron. Untuk memasuki wilayah wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.2.500,-/orang dan biaya parkir Rp.2.000,-/kendaraan.

 

3. Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World - Tempat wisata Solo

Pandawa Water World – Tempat wisata Solo

Pandawa Water World Solo merupakan tempat wisata air yang ada di kota Solo. Terletak di komplek Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, tepatnya sekitar 4 km dari kota Solo menjadikan tempat wisata Solo ini sering dikunjungi wisatawan. Wahana air ini sangat unik karena didesain dengan toko pewayangan Jawa Pandawa.

Mengunjungi tempat ini bersama teman, keluarga maupun pacar sangat tepat sekali. Apalagi permainan yang ditawarkan oleh Pandawa Water World Solo sangat beragam. Seperti Fantastic Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower, Sight Tower, Warm Spa dan lain sebagainya. untuk fasilitas yang ditawarkan oleh Pandawa World sangatlah lengkap mulai dari foodcourt, life guard hingga dokter bisa kalian temukan di sini.

 

4. Air Terjun Kedung Grujug

Air Terjun Kedung Grujug - Tempat wisata Solo

Air Terjun Kedung Grujug – Tempat wisata Solo

Jika kita ke Solo sudah pasti akan melewati Sragen. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk mampir dulu ke tempat wisata Solo yang sangat indah ini. Kedung grujug miri gemolong merupakan air terjun yang terletak di dusun Pungkruk, desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan dinding batu karang di sisi kanan dan kirinya.

Kedung grujug miri gemolong atau yang sering disebut dengan nama Dung Grujug memiliki air yang sangat jernih dengan berbagai macam ikan di dalamnya. Untuk menikmati dinginnya air Dung Grujug, wisatawan harus menuruni jalan setapak yang licin dan berbelok-belok.

 

5. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu - Tempat wisata Solo

Grojogan Sewu – Tempat wisata Solo

Jika kalian ingin backpacker ke Solo, Grojogan Sewu menjadi destinasi yang cocok buat kalian. Grojogan Sewu terletak di Pacitan yaitu di sungai Bomo. Lebih tepatnya terletak di desa Bomo, kecamatan Punung, kabupaten Pacitan.  Mengunjungi grojogan ini akan disuguhkan pemandangan alam yang belum pernah ditemui sebelumnya. Grojogan sewu memiliki 10 air terjun dalam satu aliran sungai. Dan tentu saja dengan jarak antar air terjun berbeda-beda mulai dair 10 hingga 100 meter. Grojogan sewu memiliki air kolam yang berwarna kehijauan, sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Untuk mencapai ke lokasi, kita harus melewati jalan setapak yang tidak mudah. Namun jangan khawatir, karena rasa lelah selama perjalanan akan terobati dengan pemandangan air terjun grojogan sewu. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa renang di dalam kolam grojogan sewu.

 

6. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog - Tempat wisata Solo

Air Terjun Jumog – Tempat wisata Solo

Berkunjung ke Solo jangan melewatkan air terjun yang satu ini. Jumog Waterfall merupakan air terjung yang terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Dengan ketinggian sekitar 25 meter memberikan daya tarik bagi wisatawan. Dengan pemandangan pepohonan hijau di sekelilingnya serta kicauan burung dan air yang sangat jernih menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi. Bahkan warga setempat menyebut air terjun cantik ini dengan sebutan The Lost Paradise of Java. Jika backpacker ke Solo mengunjungi air terjun ini sangatlah tepat mengingat lokasi dari surga dunia ini sangat tersembunyi.

 

7. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok - Tempat wisata Solo

Umbul Ponggok – Tempat wisata Solo

Jika ingin memiliki foto-foto dengan spot unik maka kunjungilah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata Solo yang sangat populer baik di kawasan anak muda hingga orang dewasa. Bahkan Umbul Ponggok merupakan salah satu ikon wisata di Klaten. Hal ini disebabkan karena Umbul Ponggok menyajikan sensasi berenang yang sangat unik. Bagaimana tidak, kita akan mendapatkan gambar di bawah laut tidak hanya dengan ikan-ikan cantik saja melainkan dengan barang-barang unik. Seperti motor, tenda dan lain sebagainya. Tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai spot untuk foto prewedding.

 

8. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang - Tempat wisata Solo

Umbul Sigedang – Tempat wisata Solo

Salah satu wisata Solo murah yang selalu dicari-cari oleh para traveller adalah Umbul Sigedang. Umbul Sigedang terletak di dusun Umbulsari, desa Ponggok, kecamatam Polanharjo, kabupaten Klaten. Setiba di lokasi, wisatawan akan dihadapkan dua umbul yang sangat istimewa. Pertama adalah umbul Wedok. Umbul ini dahulu digunakan mandi khusus para perempuan , namun sekarang sudah sering digunakan mandi oleh lelaki juga. Nah berbalikan dengan Umbul Sigedang yang terletak lebih dalam lagi. Karena umbul Sigedang memang dikhususkan untuk mandi para lelaki. Umbul Sigedang juga lebih tertutup dibandingkan dengan Umbul Wedok.

Meski demikian umbul Sigedang memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga dijadikan untuk bahan baku salah satu air minum. Namun jangan khawatir, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah air yang sangat menakjubkan, apalagi ikan-ikan yang berlarian di bawah sana. Menambah nilai plus dari tempat wisata ini.

 

9. Candi Cetho

Candi Cetho - Tempat wisata Solo

Candi Cetho – Tempat wisata Solo

Candi Cetho merupakan candi Hindu yang berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Lebih tepatnya di lereng Gunung Lawu sebelah barat. Jika mendaki gunung Lawu makan jangan lupa untuk mampir ke candi Cetho. Mengunjungi ke candi ini akan disuguhkan pemandangan candi kecil dan beberapa arca. Uniknya, ada salah satu arca yang berbentuk simbol organ intim laki-laki. Namun jangan risih dulu, mengunjungi candi ini tentu akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat menkajubkan dari perkebunan teh yang ada di Perkebunan Teh Kemuning di kawasan Solo Raya.

 

10. Randubang

Randubang - Tempat wisata Solo

Randubang – Tempat wisata Solo

Bagi kalian yang ingin berpetualang ke Solo, Randubang merupakan wisata alam Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya tempat ini memberikan pemandangan perbukitan yang luar biasa. Tidak hanya bukit hijau yang indah saja, namun deretan batuan kapur dengan ukiran-ukiran unik juga mengiasi pemandangan di sini. Bahkan kita juga dapat melihat cekungan dengan air kemerahan yang merupakan bekas galian pemecah batu. Untuk mencapai ke lokasi ini tidak lah sulit. Randubang terletak di kota Gaplek tidak jauh dari kota Wonogiri.

 

Nah, itulah ulasan singkat dari Kompas Wisata mengenai tempat wisata Solo yang digemari oleh para wisatawan. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat segera menentukan tujuan liburan yang paling pas untuk dikunjungi bersama orang terdekat. Selain 10 tempat wisata di Solo yang ada diatas, masih banyak lagi yang menarik lainnya di Solo seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Candi Sukuh dan kebun teh Kemuning. Namun jangan lupa, setelah puas berjalan menikmati alam kota Solo, ada baiknya Anda mencicipi makanan khas Solo seperti nasi liwet, timlo dan tengkleng. Setelah semua dirasakan, barulah Anda disebut telah berwisata di kota Solo. Selamat liburan. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!