10 Tempat Wisata Sumedang yang Populer Dikalangan Wisatawan

Tempat Wisata Sumedang – Ketika mendengar nama Sumedang mungkin sebagian dari Anda akan langsung teringat dengan tahu Sumedang, salah satu makanan khas populer yang berasal dari daerah ini. Tapi ternyata Sumedang tidak hanya punya makanan khas yang terkenal saja, namun dari segi pariwisatanya pun Sumedang tidak bisa disepelekan.

Tempat wisata Sumedang bisa dibilang cukup lengkap, jika Anda sedang berlibur ke Sumedang maka ada banyak sekali pilihan destinasi wisata yang bisa dijadikan tujuan liburan. Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan 10 rekomendasi tempat-tempat wisata paling populer di Sumedang yang wajib untuk dikunjungi.

 

Referensi Tempat Wisata Sumedang

 

1. Puncak Gunung Tampomas

Puncak Gunung Tampomas Tempat Wisata Sumedang

Puncak Gunung Tampomas – Tempat Wisata Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang pertama adalah Puncak Gunung Tampomas yang berada di daerah bagian utara Sumedang. Gunung Tampomas memiliki area seluas 1.250 hektar yang terbentang di sepanjang 3 kecamatan mulai dari Kecamatan Cimalaka, Pases, dan Tanjungkerta. Keindahan gunung ini berada pada puncaknya, untuk itu Anda harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Ketika sudah sampai di puncak Anda akan disambut oleh pemandangan hamparan seluruh Kota Sumedang, barisan perbukitan, dan hutan yang hijau. Di puncak ini Anda juga bisa melihat kawah dan bebatuan besar hasil dari aktivitas Gunung Tampomas di masa lalu.

 

2. Bendungan Waduk Jati Gede

Bendungan Waduk Jati Gede Tempat Wisata Sumedang

Bendungan Waduk Jati Gede – Tempat Wisata Sumedang

Selanjutnya ada Bendungan Waduk Jati Gede yang berada pada kawasan Waduk Gede Sumedang. Bendungan ini pada awalnya bukanlah sebuah tempat wisata, namun karena tempatnya yang strategis dan pemandangannya yang indah maka banyak anak muda yang menggunakan tempat ini sebagai tempat nongkrong dan foto-foto. Lalu kemudian para wisatawan mulai berdatangan, hingga sekarang tempat ini menjadi cukup populer sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di Sumedang. Karena belum ada yang mengelola tempat ini sebagai tempat wisata secara resmi, maka Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa membayar tiket masuk alias gratis.

 

3. Bukit Panorama Jatinangor (Wisata Gunung Batu)

Bukit Panorama Jatinangor Tempat Wisata Sumedang

Bukit Panorama Jatinangor – Tempat Wisata Sumedang

Bukit Panorama Jatinangor adalah salah satu tempat wisata Sumedang yang sedang hits beberapa waktu belakangan ini. Tempat ini sempat menjadi trending perbincangan di media sosial berkat pemandangannya yang yang sangat indah. Salah satu tempat terbaik di sini adalah menara pandang yang berada di atas bukit, dari sini Anda bisa menikmati pemandangan wilayah Jatinangor dan Cileunyi, di sebelah barat Anda bisa melihat hamparan sawah dan perbukitan yang terlihat sangat indah. Tempat ini adalah spot berfoto terbaik yang ada di Sumedang.

 

4. Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Tempat Wisata Sumedang

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi – Tempat Wisata Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang selanjutnya adalah Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi yang berlokasi di daerah perbatasan dengan Kabupaten Bandung. Destinasi yang satu ini juga sedang naik daun setahun belakangan ini. Salah satu daya tarik yang ada di taman ini adalah rumah-rumah pohon yang dibuat untuk para pengunjung, dari sini Anda bisa melihat pemandangan yang indah. Taman Gunung Masigit juga merupakan habitat bagi berbagai satwa yang dilindungi, jika sedang beruntung Anda bisa melihat mereka melintas di dalam hutan. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan udara segar dan suasana hutan yang tenang.

 

5. Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang Tempat Wisata Sumedang

Situ Biru Cilembang – Tempat Wisata Sumedang

Selanjutnya Anda juga bisa mengunjungi Situ Biru Cilembang yang berada di Kecamatan Buahdua. Lokasi tempat wisata Sumedang yang satu ini cukup tersembunyi, tepatnya berada di dalam wilayah Dusun Curug, Desa Hariang. Untuk bisa sampai di lokasi Anda harus melakukan trekking menyusuri daerah hutan yang cukup lebat, pastikan kondisi tubuh Anda sedang fit saat memutuskan untuk mengunjungi danau yang indah ini.

Ketika Anda sampai di lokasi Situ Biru Cilembang semua rasa lelah Anda selama di perjalanan akan terbayar lunas. Keindahan Situ Biru Cilembang ini dijamin akan membuat Anda sangat puas. Airnya sangat jernih, bahkan Anda bisa melihat dasarnya. Ada banyak spot yang bisa Anda eksplore untuk mendapatkan foto-foto cantik dengan kamera terbaik Anda. Mungkin Anda tidak tahan untuk berenang melihat airnya yang jernih dan segar, namun sayangnya air danau ini digunakan sebagai sumber air bersih untuk keperluan sehari-hari sehingga Anda tidak boleh berenang di dalamnya.

 

6. Rumah Pohon Cijambu Tanjungsari

Rumah Pohon Cijambu Tanjungsari Tempat Wisata Sumedang

Rumah Pohon Cijambu Tanjungsari – Tempat Wisata Sumedang

Kawasan wisata Rumah Pohon Cijambu Tanjungsari merupakan sebuah wisata alam baru di Sumedang yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah dari hamparan hutan pinus yang ada di sepanjang wilayah Tanjungsari. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan untuk bersantai menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Aktivitas yang paling digemari adalah bersantai di atas hammock yang di pasang di pohon-pohon pinus yang ada di area wisata Cijambu ini.

 

7. Bukit Batu Dua

Bukit Batu Dua Tempat Wisata Sumedang

Bukit Batu Dua – Tempat Wisata Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang selanjutnya adalah Bukit Batu Dua yang berada di kawasan Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Tempat ini juga termasuk ke dalam destinasi wisata yang sedang hits di Sumedang belakangan ini. Bukit Batu Dua merupakan sebuah area wisata yang terdapat di lereng Gunung Lingga. Daerahnya yang cukup tinggi menjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Dari ketinggian tempat ini Anda bisa melihat pemandangan seluruh Kota Sumedang. Bagi Anda yang ingin hunting foto ada banyak sekali spot yang bisa Anda eksplore di sini.

Selain itu bagi Anda yang menyukai tantangan maka wajib mencoba olahraga paralayang yang bisa dilakukan dari puncak Bukit Batu Dua. Anda bisa menyewa semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan paralayang kepada pihak pengelola, pastikan Anda benar-benar siap untuk melakukannya karena paralayang cukup membuat adrenalin terpacu. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda maka bisa dipastikan pengalaman ini akan sangat berkesan.

 

8. Curug Cinulang

Curug Cinulang Tempat Wisata Sumedang

Curug Cinulang – Tempat Wisata Sumedang

Sumedang juga terkenal memiliki beberapa objek wisata alam berupa curug, salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Curug Cinulang yang berlokasi di daerah Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Lokasinya berbatasan dengan Bandung. Curug ini cukup terkenal karena keindahannya yang cukup memukau. Lokasinya yang bisa dikatakan cukup tersembunyi menjadikan kealamian yang ada di wilayah curug ini masih sangat terjaga. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan mulai dari foto-foto, menelusuri sungai, hingga berenang di kolam yang ada di bawah curug. Pastikan Anda membawa baju ganti agar tidak pulang basah-basahan.

 

9. Bukit Nangorak

Bukit Nangorak Tempat Wisata Sumedang

Bukit Nangorak – Tempat Wisata Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang selanjutnya adalah Bukit Nangorak yang berlokasi di Desa Margamekar, Sumedang Selatan. Bukit Nangorak merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Sumedang. Awalnya Bukit Nangorak ini merupakan sebuah kawasan yang dijadikan lahan penerapan berbagai teknologi pertanian, namun karena tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dari sisi keindahan alamnya maka belakangan tempat ini berubah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bukit Nangorak juga cukup mudah di akses, jalan yang sudah cukup bagus menjadikannya bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

 

10. Curug Sabuk

Curug Sabuk Tempat Wisata Sumedang

Curug Sabuk – Tempat Wisata Sumedang

Tempat wisata Sumedang yang terakhir adalah Curug Sabuk yang berlokasi di kawasan Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Sumedang Selatan. Curug ini terletak cukup tersembunyi di bawah kaki Gunung Kareumbi. Untuk mencapai lokasi curug ini Anda harus melakukan trekking menyusuri hutan, dan beberapa jalur di lereng gunung yang cukup terjal. Perjalanan menuju curug ini cukup menantang dan melelahkan, Anda harus trekking selama 3 jam sebelum bisa mencapai lokasi curug. Namun semua itu sepadan dengan keindahan yang akan Anda jumpai ketika sampai di lokasi Curug Sabuk ini.

Curug Sabuk memiliki keindahan yang masih sangat terjaga, seperti belum pernah dijamah oleh manusia sama sekali. Curug ini memiliki curahan air yang amat deras, terbagi menjadi 6 buah pancuran yang bertingkat-tingkat. Tingkatan tertinggi mencapai 70 meter tingginya. Karena derasnya deburan air yang jatuh ke bawah terkadang udara di sekitar curug menjadi sengat lembab dan berembun.

 

Nah itulah beberapa tempat wisata Sumedang yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat atau orang terdekat. jangan lupa untuk menjelajahi wisata kuliner khas Sumedang saat sedang berlibur ke sana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!