10 Daftar Tempat Wisata Terbaru di Blitar yang Musti Kalian Kunjungi

Tempat Wisata Terbaru di Blitar – Blitar terkenal sebagai sebuah kota yang penuh dengan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Kota Blitar dijuluki sebagai Kota Proklamator karena di tempat inilah Bung Karno, Sang Proklamator kemerdekaan Indonesia di makamkan. Blitar juga memiliki julukan sebagai Kota Patriot dan Kota Peta. Bisa dikatakan Blitar menyimpan banyak sekali jejak sejarah bangsa ini.

Dari sisi wisata, Blitar juga tak kalah menariknya. Ada banyak sekali tempat wisata di Blitar yang cukup terkenal. Blitar memiliki beberapa destinasi wisata alam yang cukup indah. Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan merekomendasikan beberapa tempat wisata terbaru di Blitar yang wajib Anda kunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata Terbaru di Blitar, Jawa Timur

 

1. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Bukit Teletubbies – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Tempat wisata terbaru di Blitar yang pertama adalah Bukit Teletubbies yang berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumbersari Kecamatan Ngelegok, Blitar. Bukit ini merupakan sebuah bukit yang berada di lereng Gunung Kelud. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan kondisi alam di sekitar bukit ini masih sangat terjaga. Namun untuk bisa mencapai lokasi Anda harus melakukan perjalanan selama 1 jam dari Kota Blitar.

Dari Bukit Teletubbies Anda bisa melihat pemandangan Gunung Kelud yang berdiri dengan gagahnya. Di puncak bukit ini juga terdapat sebuah spot favorit berupa gardu pandang yang bisa Anda jadikan tempat untuk menikmati pemandangan alam yang ada di bawahnya. Tempat ini juga merupakan tempat favorit untuk berfoto. Untuk bisa masuk ke area wisata Bukit Teletubbies Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

 

2. Coban Jurug Bening

Coban Jurug Bening - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Coban Jurug Bening – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Selanjutnya ada Coban Jurug Bening yang berlokasi di daerah Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates. Tempat wisata terbaru di Blitar yang satu ini juga memiliki lokasi yang cukup tersembunyi. Coban Jurug Bening merupakan sebuah air terjun yang memiliki aliran air yang deras. Coban ini memiliki aliran air yang bertingkat, dari atas Anda akan melihat aliran air yang jatuh seolah membentuk seperti kain yang sangat halus, terlebih jika debit air meningkat di musim penghujan.

Tebing-tebing yang mengelilingi daerah sekitar air terjun juga terlihat sangat indah. Anda bisa menemukan banyak sekali spot menarik untuk berfoto di tempat ini. Di bawah air terjun ini terbentuk sebuah kolam alami yang bisa Anda jadikan tempat untuk berenang. Jangan lupakan untuk membawa pakaian ganti jika ingin berkunjung ke Coban Jurug Bening ini.

 

3. Brak Papat Sirah Kencong

Brak Papat Sirah Kencong - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Brak Papat Sirah Kencong – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Tempat wisata terbaru di Blitar yang selanjutnya adalah Brak Papat Sirah Kencong. Mungkin Anda masih asing mendengar nama tempat ini, apalagi Anda yang bukan orang jawa. Brak Papat Sirah Kencong merupakan sebuah camping ground yang berada di puncak bukit dengan ketinggian 1.340 mdpl. Tempat ini merupakan area berkemah favorit yang ada di Blitar.

Brak Papat Sirah Kencong berlokasi di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Blitar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong. Untuk bisa mencapai ke puncak Anda harus melakukan perjuangan mendaki selama 1 jam. Tapi jangan khawatir karena trek yang akan Anda lewati tidak terlalu terjal, tapi tetap saja Anda harus menyiapkan stamina untuk ini karena perjalanan mendaki akan cukup melelahkan.

Anda juga akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 4.000 per orang. Keunikan dan keindahan puncak ini bisa Anda lihat pada malam hari, pemandangan seluruh Kota Blitar akan bisa Anda lihat dari puncak, dengan kelap-kelip lampu yang sangat indah.

 

4. Puncak Kejora

Puncak Kejora - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Puncak Kejora – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Satu lagi puncak yang indah di daerah Blitar ada di Puncak Kejora. Lokasi puncak ini juga tidak terlalu jauh dari kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong dan masih berada di wilayah Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Blitar. Puncak Kejora merupakan salah satu destinasi wisata yang lagi naik daun di Blitar. Banyaknya pengunjung yang mengunggah foto-foto selfie mereka di sini membuat Puncak Kejora menjadi sangat populer terutama dikalangan anak muda.

Keindahan Puncak Kejora bisa Anda dapatkan dengan naik gardu pandang yang berada di atas bukit. Dari sini Anda bisa menikmati pemandangan megahnya Gunung Kelud dan hamparan hutan yang hijau. Dari sini juga pemandangan Kota Blitar bisa dilihat dengan jelas. Untuk bisa masuk ke area wisata Puncak Kejora Blitar Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

 

5. Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Gumuk Sapu Angin – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Tempat wisata terbaru di Blitar yang selanjutnya yaitu Gumuk Sapu Angin yang berlokasi di Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kab. Blitar. Untuk bisa mencapai lokasi tempat wisata ini Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih selama 1,5 jam dari pusat kota.

Gumuk Sapu Angin ini merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan perbukitan. Daya tarik utama dari tempat ini adalah spot gardu pandang yang menawarkan pemandangan Gunung Kawi dan Gunung Kelud. Dari sini juga Anda bisa menikmati pemandangan hutan di daerah Blitar yang masih sangat hijau. Untuk bisa masuk ke Gumuk Sapu Angin Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 3.000 per orang.

 

6. Bukit Bunda

Bukit Bunda - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Bukit Bunda – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Bukit Bunda merupakan sebuah wisata dengan konsep rekreasi alam dan edukasi yang berlokasi di daerah Desa Kawuhan, Kecamatan Kademangan, Blitar. Bukit ini terletak di daerah perbukitan kapur alami yang terbentuk akibat aktivitas alam. Tempat ini juga memiliki gardu pandang yang bisa Anda jadikan spot berfoto dengan latar belakang panorama alam yang hijau dan barisan perbukitan kapur. Bukit Bunda juga sudah dilengkapi dengan fasilitas café outdoor dengan berbagai menu makanan tradisional dan modern yang bisa Anda nikmati. Tempat wisata terbaru di Blitar yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang datang bersama pasangan.

 

7. Curug Njumeg

Curug Njumeg - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Curug Njumeg – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Curug Njumek merupakan sebuah air terjun yang berada di daerah Desa Ringirejo, Kecataman Wates, Blitar. Untuk bisa mencapai lokasi Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari Kota Blitar ke arah Wates. Curug ini memiliki pemandangan yang sangat cantik, dengan air terjunnya yang cukup deras mengalir dari ketinggian 20 meter. Di bawah curug ini terbentuk sebuah kolam alami yang cukup dalam. Anda bisa berenang sepuasnya di kolam ini.

 

8. Coban Wilis

Coban Wilis - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Coban Wilis – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Air terjun indah lainnya di Blitar yang tak kalah indah adalah Coban Wilis, yang berlokasi di Desa Semen, Kec. Gandusari dan termasuk dalam kawasan Kampung Wisata Ekologis Semen Gandusari. Kawasan wisata ini masih berada di kaki Gunung Kelud sehingga untuk mengaksesnya terbilang cukup sulit. Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata terbaru di Blitar ini, Anda harus melakukan trekking selama 2 jam melewati area perbukitan dan hutan yang ada di kaki Gunung Kelud.

 

9. Candi Penataran

Candi Penataran - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Candi Penataran – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Tempat wisata di Blitar selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Candi Penataran yang berlokasi di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Blitar. Candi ini sering juga di sebut sebagai Candi Palah, yang merupakan sebuah gugusan candi peninggalan kebudayaan hindu yang telah dibangun sejak tahun 1200 M. Anda bisa menikmati eksotisme bangunan candi ini sambil mengabadikan beberapa foto dengan kamera terbaik Anda. Udara di sekitar kompleks candi juga cukup sejuk karena lokasinya yang berada pada ketinggian 450 mdpl.

 

10. Kampung Coklat Kademangan

Kampung Coklat Kademangan - Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Kampung Coklat Kademangan – Tempat Wisata Terbaru di Blitar

Tempat wisata terbaru di Blitar yang terakhir adalah Kampung Coklat Kademangan. Mungkin Anda masih asing mendengar tempat wisata yang satu ini. Kampung Coklat Kademangan merupakan sebuah kawasan perkebunan cokelat yang ditata dengan sangat rapi. Anda akan takjub melihat pemandangan hamparan perkebunan cokelat yang terlihat sejauh mata memandang. Di tempat ini juga terdapat banyak outlet yang menyediakan berbagai kuliner olahan cokelat yang sangat unik mulai dari mie cokelat, ice cream cokelat, cake, permen dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mencicipi buah cokelat matang yang dipetik langsung dari pohonnya. Untuk bisa memasuki area wisata ini Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

 

Nah itulah beberapa tempat wisata terbaru di Blitar yang bisa kalian kunjungi. Setelah puas mengelilingi objek wisata Blitar, tidak ada salahnya untuk mampir mencoba makanan khas Blitar seperti nasi ampok, rujak cingur atau es pleret yang menyegarkan. Dengan begitu liburan Anda akan semakin menyenangkan selama di Kota Blitar. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!