10 Tempat Wisata Terpopuler di Garut dari Gunung Hingga Pantai

Tempat Wisata Terpopuler di Garut – Garut adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan. Beberapa gunung yang ada di Garut di antaranya seperti Gunung Guntur, Gunung Papandayan, dan Gunung Cikuray. Dengan keadaan seperti ini membuat Garut memiliki udara yang sejuk dan kaya akan potensi wisata alam.

Beberapa tempat wisata terpopuler di Garut merupakan destinasi wisata alam yang akhir-akhir ini naik daun karena menjadi perbincangan banyak orang di media sosial, berikut ini Kompas Wisata berikan beberapa daftar tempat wisata paling populer di Garut yang wajib dikunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Garut

 

1. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Pantai Puncak Guha – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Tempat wisata terpopuler di Garut yang pertama adalah Pantai Puncak Guha yang berada di daerah Garut Selatan. Pantai ini sangat menarik karena sama sekali berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki pasir landai di bibir pantainya. Anda tidak akan menemukan bibir pantai berupa pasir atau nyiur melambai di sekelilingnya. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang berada di atas bukit yang di dominasi oleh tebing-tebing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut. Pemandangan Pantai Puncak Guha ini sangat eksotis sekali, terutama pada saat momen sunset dan sunrisenya.

 

2. Kompleks Wisata Cipanas

Kompleks Wisata Cipanas Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Kompleks Wisata Cipanas – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Bagi Anda yang ingin bersantai sambil berendam air panas alami asli dari pegunungan maka Kompleks Wisata Cipanas inilah yang harus Anda tuju. Objek wisata ini juga cukup populer belakangan ini. Kompleks Wisata Cipanas berlokasi di daerah Cipanas, tempat ini menawarkan wisata air panas yang bersumber dari mata air gunung api yang masih aktif yaitu Gunung Guntur. Di sini Anda bisa barengan dan berendam sepuasnya di kolam pemandian air panas. Anda juga bisa bermain wahana waterboom yang juga terdapat di tempat ini. Selain itu air panas asli dari pegunungan ini juga di percaya memiliki khasiat untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan menghilangkan berbagai penyakit.

 

3. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Gunung Cikuray – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung dengan pemandangan yang paling indah di Garut. Puncak Gunung ini berada pada ketinggian 2821 mdpl, yang harus ditempuh dengan pendakian selama 6 jam. Perjalanan mendaki memang tergolong singkat, tapi tetap saja akan terasa melelahkan, namun semua sepadan dengan keindahan yang akan Anda dapat begitu sampai di puncak. Keindahan inilah yang menjadi alasan mengapa Gunung Cikuray selalu masuk dalam deretan tempat wisata terpopuler di Garut.

Senja di Puncak Gunung Cikuray Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Senja di Puncak Gunung Cikuray

Puncak Gunung Cikuray sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Hal ini karena pemandangan yang ada di puncak memang sangat indah. Anda bisa melihat bentangan awan seolah berada di bawah kaki Anda. Pemandangan ini akan menjadi lebih spektakuler lagi pada saat momen matahari terbit.

 

4. Pemandian Air Panas Darajat

Pemandian Air Panas Darajat Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Pemandian Air Panas Darajat – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Satu lagi tempat wisata pemandian air panas di Garut yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Pemandian Air Panas Derajat yang berlokasi di daerah Kecamatan Samarang, Garut. Wisata pemandian air panas ini berada pada daerah dataran tinggi di bagian selatan Garut sehingga udara di sekitar tempat ini terkenal cukup dingin. Selain bisa menikmati sensasi berendam di kolam mata air panas alami Anda juga masih bisa menikmati berbagai wahana lain seperti flying fox dan outbond.

 

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Gunung Papandayan – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Tempat wisata terpopuler di Garut yang selanjutnya tentu saja adalah Gunung Papandayan. Gunung ini secara administratifnya masih termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Cisurupan, Garut. Gunung Papandayan juga memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Ketinggian puncaknya sedikit lebih rendah dari Gunung Cikuray, hanya sekitar  2.665 mdpl.

Jaraknya dari pusat kota juga tidak terlalu jauh, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam sebelum tiba di pintu masuk pendakian. Gunung Papandayan juga memiliki jalur pendakian yang lebih landai dan tidak terlalu ekstrim sehingga cocok untuk para pendaki pemula. Selama mendaki Anda akan menemukan banyak spot menarik seperti Hutan Mati, Camping Ground Pondok Saladah, Kawah Papandayan, dan Padang Edelweis Tegal Alun

 

6. Gunung Guntur

Gunung Guntur Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Gunung Guntur – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Masih seputar wisata pegunungan ada satu lagi gunung di Garut yang cukup menarik untuk Anda daki yakni Gunung Guntur. Di antara ketiga gunung yang ada di Garut, Gunung Guntur adalah yang memiliki jalur pendakian paling ekstrim. Untuk bisa mencapai puncaknya Anda harus melakukan perjuangan yang melelahkan. Jalur pendakian Gunung Guntur terkenal cukup sulit karena sebagian jalurnya berupa jalan berpasir tebal. Selain itu kawasan di sekitar gunung ini sangat gersang, terlebih lagi pada musim kemarau.

Sangat tidak disarankan bagi pendaki pemula untuk mendaki gunung ini di siang hari karena cuaca akan menjadi sangat panas. Keindahan Gunung Guntur terletak pada puncaknya yang merupakan sebuah padang pasir yang cukup luas. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan Kota Garut dan barisan pegunungan yang mengelilinginya. Pada pagi dan sore hari tempat ini akan diselimuti oleh awan tebal sehingga Anda seolah sedang berada di atas awan.

 

7. Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang

Situ Cangkuang Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Situ Cangkuang – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Tempat wisata terpopuler di Garut yang selanjutnya adalah Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang yang lokasinya berdekatan. Objek wisata ini berada di daerah Desa Cangkuang, Kec. Leles, Garut. Situ Cangkuang merupakan sebuah danau kecil alami yang sangat indah. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Di dekat lokasi danau Anda akan menemukan sebuah candi bernama Candi Cangkuang yang merupakan bangunan bersejarah peninggalan umat Hindu berabad-abad silam.

 

8. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Pemandian Air Panas Cipanas – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menghilangkan lelah Anda bisa menuju ke arah objek wisata Pemandian Air Panas Cipanas yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-alun Tarogong. Pemandian air panas ini merupakan yang paling ramai dikunjungi diantara pemandian air panas lainnya di Garut. Fasilitasnya juga sangat lengkap dan modern sehingga pengunjung sangat betah berada di pemandian ini. Bagi Anda yang ingin bermalam di daerah ini di sekitar Cipanas juga sudah tersedia penginapan mulai dari wisata hingga hotel berbintang. Untuk bisa masuk ke area wisata pemandian Cipanas ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 per orang.

 

9. Situ Bagendit

Situ Bagendit Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Situ Bagendit – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Tempat wisata terpopuler di Garut yang selanjutnya adalah Situ Bagendit. Danau yang berlokasi di daerah Kecamatan Banyuresmi ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di Garut yang tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya juga cukup mudah di akses, dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 13 km. Di Danau Situ Bagendit ini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan sejuknya udara yang ada di sekitarnya. Anda juga bisa bermain di berbagai wahana menarik dan seru seperti canoe, jet ski, bermain sepeda air mengelilingi danau, mengayuh rakit bambu, hingga memancing bagi Anda yang hobi memancing.

 

10. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Pantai Rancabuaya – Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Tempat wisata terpopuler di Garut yang terakhir adalah Pantai Rancabuaya. Sebagai penutup liburan Anda menjelajahi berbagai objek wisata paling populer yang ada di Garut Anda bisa mengunjungi Pantai Rancabuaya sebagai destinasi terakhir. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di daerah Jawa Barat yang memiliki keindahan sangat memukau. Pantai ini tergolong masih baru sehingga belum dikelola secara maksimal dan pengunjungnya pun belum terlalu ramai, namun justru itu yang membuat tempat ini menjadi terjaga kealamiannya.

Pantai Rancabuaya memiliki bibir pantai yang tidak terlalu luas, namun di sekitar pantai terdapat laguna berbentuk kolam-kolam kecil yang jernih. Di sini Anda bisa melihat berbagai biota laut tanpa harus menyelam. Pantai ini juga memiliki keunikan sebuah air terjun yang memancar dari sebuah tebing tidak jauh dari pantai. Semua perpaduan keindahan ini membuat Pantai Rancabuaya memiliki sisi eksotisme tersendiri. Bagi Anda yang ingin berburu foto, maka momen sunset adalah saat yang tidak boleh Anda lewatkan. Sunset di pantai ini sudah sangat terkenal memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

 

Bagaimana? Sudah tau mau menghabiskan liburan kali ini kemana. Beberapa tempat wisata terpopuler di Garut ini memiliki pesona alam yang tiada bandingnya dari tempat lain. Setelah puas menjelajahi wisata alam Garut, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Garut seperti nasi liwet, awug, bakso aci dan juga es goyobod yang menyegarkan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda semua. Selamat berlibur. Be Happy !!

Cari Kamar dan Tiket Pesawat dengan Harga Spesial Member Kompas Wisata di :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!