Liburan Ke Raja Ampat, Berikut Tips Wisata Raja Ampat yang Benar

Tips Wisata Raja Ampat – Keindahan alam di Raja Ampat yang berlokasi di Papua Barat memang terkenal cukup mahal dibandingkan obyek wisata lain di Indonesia. Namun, jika Anda sampai di obyek wisata ini biaya yang dikeluarkan tidak akan berarti setelah melihat bagaimana keindahan alam di obyek wisata ini. Setidaknya ada beberapa Paket Liburan ke Raja Ampat yang perlu diketahui. Agar perjalanan liburan ke obyek wisata ini bisa lebih berkesan dan menyenangkan, sehingga biaya mahal yang dikeluarkan tidak akan sia-sia begitu saja. Ada banyak tips yang disediakan oleh para traveler yang pernah berkunjung ke obyek wisata terbaik dunia tersebut. Anda yang nantinya berencana berkunjung ke obyek wisata ini, ada baiknya mengetahui apa saja tips tersebut.

Raja Ampat memang kawasan yang dijaga dengan baik agar kekayaan alam yang dimilikinya tetap terjaga dan juga tetap lestari. Hal tersebut memang wajar mengingat bahwa kawasan ini memang termasuk kedalam kawasan konservasi. Presiden Joko Widodo sendiri beberapa waktu yang lalu juga berencana mewujudkan kawasan wisata Raja Ampat menjadi obyek wisata ekslusif. Tujuannya, agar kawasan ini tetap terjaga keindahan alamnya. Hal ini jugalah yang mendasari kenapa banyak para traveler yang telah berkunjung ke obyek wisata ini untuk memberikan beberapa tips wisata Raja Ampat yang penting diterapkan oleh wisatawan.

Pesona Raja Ampat

Dikarenakan akan menjadi obyek wisata eksklusif. Tidak mengherankan juga jika biaya yang dibutuhkan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata ini juga cukup mahal dibandingkan beberapa wisata lain yang ada di Indonesia. Walaupun mahal, tidak berarti Anda yang akan berkunjung ke Raja Ampat akan kandas keinginannya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kepulauan yang eksotis ini, ada beberapa tips wisata Raja Ampat singkat yang perlu dilakukan agar biaya atau budget tidak terlalu bengkak. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

 

Tips Wisata Raja Ampat Terbaru

 

1. Datang dengan rombongan

Transportasi yang disediakan di lokasi wisata ini bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan wisata lain di Indonesia. Hal ini tidak begitu mengagetkan kita mengingat bahwa harga BBM di sekitar lokasi wisata mencapai 2 kali lipat lebih mahal dibandingkan Kota Sorong yang berada di dekatnya. Agar biaya menyewa transportasi tidak terlalu mahal, usahakan untuk berkunjung ke obyek wisata secara gerombolan. Misalkan saja, Ada yang datang dengan rombongan 10 orang bisa membagi bensin dan biaya sewa transportasi yang biayanya menyentuh jutaan rupiah. Tips wisata Raja Ampat ini tentunya bisa meringankan budget yang harus dikeluarkan jika Anda datang dengan rombongan.

 

2. Tidak ada salahnya memburu tiket promo untuk pesawat

Bukan hanya biaya transportasi yang ada di sekitar Raja Ampat saja yang dikenal sangat mahal, namun biaya tiket pesawat yang harus dibayarkan menuju Sorong juga sangat mahal. Hal tersebut disebabkan karena biaya pesawatnya bisa berkisar antara 4 hingga 5 juta untuk berangkatnya. Tips wisata Raja Ampat ini mengharuskan Anda untuk mencari berbagai tiket pesawat dengan harga promo untuk perjalanan ke Sorong.

Tipsnya, disarankan untuk membeli tiket jangan terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Bukan hanya rutin mencari promosi dari maskapai penerbangan, Anda bisa juga selalu rutoin memburu berbagai tiket promo pesawat yang disediakan oleh banyak travel fair ataupun pameran wisata yang ada di kota Anda. Bahkan tidak ada salahnya jika menerapkan tips wisata Raja Ampat dengan membeli tiket setahun sebelum keberangkatan. Memang kedengaran aneh, tapi akurat untuk menekan budget perjalanan liburan ke Raja Ampat.

 

3. Tahu jadwal perahu menuju Raja Ampat

Agar bisa sampai ke obyek wisata, wisatawan harus menaiki kapal dari pelabuhan untuk sampai ke Raja Ampat. Walaupun kecepatan dari kapal biasa ini tidak bisa secepat seperti speedboat, tetapi harga tiket yang ditawarkan akan lebih. Anda yang ingin liburan ini berhasil, jangan takut untuk menunggu perjalanan ke Raja Ampat yang lama. Selama perjalanan, Anda tetap akan disuguhkan dengan keindahan perairan yang begitu menarik dan jernih saat dipandang.

 

4. Jangan lupa membayar retribusi Raja Ampat

Tips wisata Raja Ampat yang berikutnya ini adalah tips yang sangat penting untuk Anda ketahui. Kawasan wisata Raja Ampat termasuk kedalam kawasan wisata konservasi. Aturan yang ada di kawasan wisata tersebut, wisatan yang belum membayar retribusi harus membayarnya terlebih dahulu. Pihak penyelenggara nantinya akan memiliki bukti kartu atau pin yang menandakan bahwa Anda sudah membayar.

Baca Juga : 5 Pantai Raja Ampat yang Telah Dicintai Wisatawan Lokal dan Dunia

 

5. Menginap di rumah penduduk

Bagi wisatawan yang kekurangan budget liburan Raja Ampat, disarankan untuk menginap diberbagai hunian penduduk asli. Hunian penduduk tersebut umumnya secara khusus dijadikan sebagai penginapan bagi wisatawan. Walaupun biayanya murah, Anda diuntungkan dengan bisa bercengkerama lebih dalam kepada penduduk asli pulau ini. Selain itu, sudah disediakan juga berbagai homestay menarik yang bisa dipilih sesuai budget yang Anda miliki.

 

6. Datang pada waktu yang pas

Raja Ampat memang memiliki segudang wisata perairan yang begitu mempesona. Atas dasar hal ini tentunya kita tahu bahwa wisata perairan sangat berkaitan dengan faktor cuaca pada hari itu. Jadi, Anda harus berlibur pada waktu yang terbaik. Jika Anda salah saat memilih waktu, bisa dipastikan bahwa keasyikan wisata ke Raja Ampat akan sangat terganggu karena faktor cuaca yang tidak bisa dikendalikan.

 

Beberapa tips wisata Raja Ampat ini merupakan pedoman yang disarankan dari wisatawan yang sudah berkunjung ke Raja Ampat untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Raja Ampat. Bukan hal yang merugikan jika Anda melakukan tips tersebut agar liburan bisa lebih berkesan dan bermakna. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!