4 Tempat Wisata Alam Di Malang dan Batu yang Bikin Greget

Wisata alam di MalangMalang, siapa yang tak kenal dengan kota yang satu ini? Selain dikenal sebagai daerah yang dingin dan sejuk, Malang juga terkenal karena bahasa Ngalamnya. Bahasa Ngalam adalah bahasa Jawa yang bolak balik sedemikian rupa agar memiliki kesan unik dan khas. Bahasa Ngalam sendiri hanya berlaku di Malang dan beberapa daerah tetangga. Pada penerapannya, bahasa ini kerap digunakan masyarakat Malang sebagai media komunikasi sehari-hari.

Nah, di samping terkenal dengan Ngalamnya, Malang juga terkenal akan tempat wisata alam yang asri, terkelola dan punya fasilitas yang memadai. Bukan hanya itu, mayoritas tempat wisata alam di Malang juga eksotis, beberapa bahkan intagramable. Itu sebabnya banyak wisatawan yang rela jauh-jauh berkunjung ke Malang hanya untuk menikmati tempat wisata tersebut.

Berbicara mengenai tempat wisata alam di Malang, ada beberapa tempat yang sepertinya sudah hits dan fenomenal. Seperti halnya beberapa tempat wisata yang Kompas Wisata berikan dibawah ini.

 

Wisata Alam Di Malang dan Sekitarnya

 

1. Gunung Panderman

Gunung Panderman - Wisata alam di Malang

Gunung Panderman – Wisata alam di Malang

Untuk Anda yang suka dengan keindahan yang terbalut tantangan , serta ingin menjajal kemampuan diri, Anda bisa coba untuk mendaki gunung yang satu ini. Di sini Anda bisa mendapat pemandangan keren yang tak didapatkan di tempat lain. Namun seperti gunung pada umumnya, untuk mendapat keindahan tersebut, Anda diharuskan untuk berjuang mencapai puncak. Tapi jangan khawatir, gunung sekaligus objek wisata alam di Malang ini terbilang ramah, apalagi untuk kalangan pemula. Tinggi gunung yang hanya 2.000 mdpl memungkinkan Anda dan pendaki pemula untuk menikmati keindahan dengan lebih ringan dan minim beban.

Tapi harus diperhatikan juga; sebagaimana agenda pemanjatan gunung pada umumnya, Anda juga harus menyiapkan fisik dan mental dengan maksimal. Perbekalan dan perlengkapan pun jangan sampai lupa disiapkan. Hal ini dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam mendaki gunung tersebut.

Objek wisata alam di Malang ini terletak di Dusun Toyomerto, Kelurahan Songgokerto, Desa Pasanggrahan, Batu.

Adapun pesona Gunung Panderman sendiri terbilang tinggi dan melimpah. Setelah Anda sampai puncak, Anda akan mendapati pemandangan Kota Batu dan Malang dengan jelas dan cantik. Itu kalau kondisinya sudah siang dan cerah. Sedang jika Anda beruntung, khususnya saat kabut masih berada di bawah puncak, Anda akan mendapati pemandangan yang super duper keren. Pemandangan cantik dari lautan awan yang takkan Anda lupakan sampai kapan pun.

Nah, untuk Anda yang ingin ke sini, lokasi tempat wisata alam di Malang ini sudah kami paparkan di atas, tinggal datang ke basecamp-nya saja yang terletak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Malang. Basecamp tersebut berupa rumah yang terletak diujung gapura Panderman. Di sana Anda bisa beristirahat, mempersiapkan diri dan menitipkan kendaraan selagi Anda mendaki gunung.

Oh ya, untuk sampai ke puncak, pendakian hanya membutuhkan waktu 2 – 3 jam perjalanan. Sedang untuk yang masih baru dan awam, waktu pendakian mungkin bisa sampai 4 – 5 jam, tergantung dari kondisi, pemandu dan kesiapan fisik orang tersebut.

 

2. Pulau Sempu

Pulau Sempu - Wisata alam di Malang

Pulau Sempu – Wisata alam di Malang

Belakangan objek wisata alam di Malang ini naik daun dan hits beberapa tahun terakhir. Alasannya, tentu saja karena keindahan dan keeksotisannya. Di samping itu peran media sosial juga berpengaruh pada peningkatan citra Pulau Sempu di mata masyarakat dan pecinta plesiran.

Tapi terlepas dari pada itu, tahu kah Anda tentang apa dan  dimana sebenarnya Pulau Sempu itu?

Pulau Sempu sendiri adalah sebuah cagar alam yang dikelola oleh pisak yang bersangkutan. Secara hukum, cagar alam tidak boleh dikunjungi untuk kepentingan di luar pelestarian. Tapi kenyataannya banyak pengunjung yang datang dan berlibur ke sini dengan seenaknya.

Memang, untuk masuk objek wisata alam di Malang ini harus memiliki surat izin dari dinas terkait. Pengeluaran izin pun terbilang sulit dan sedikit alot. Tapi inilah Indonesia, meskipun sudah diperketat sedemikian rupa, minat dan anime masyarakat untuk datang ke tempat-tempat sungguh sulit dibendung. Hingga kini Pulau Sempu sudah banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam ataupun luar Malang. Dan akibat daripada itu, kini banyak sampah dan bekas barang-barang pengunjung yang berserakan.

Pengunjung di lokasi sendiri biasanya bermalam dan mendirikan tenda untuk keperluan menginap. Beberapa dari mereka bahkan membawa makanan dan bungkusnya dibuang begitu saja.

Tapi terlepas daripada itu, Pulau Sempu sendiri memiliki kecantikan yang amat sangat keren. Itu sebabnya, objek wisata alam di Malang ini banyak dikunungi wisatawan, walau sejatinya Ia bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah cagar alam yang harus dijaga dan dirawat kelestariannya.

Oh ya, untuk sampai ke lokasi, pengunjung diwajibkan trekking beberapa kilo meter dengan medan yang relatif berat.

Bukan Cuma itu, di sini juga tidak terdapat warung, toilet, penginapan, ruang ganti atau pun fasilitas lain yang semestinya Anda dapatkan di tempat wisata. Jadi, bisa dibilang bahwa tempat ini pure cagar alam, tanpa fasilitas wisata, penerangan, ataupun penginapan berkasur yang bisa Anda sewa untuk menginap.

 

3. Coban Rondo

Coban Rondo - Wisata alam di Malang

Coban Rondo – Wisata alam di Malang

Coban Rondo adalah satu dari sekian tempat wisata alam di Malang yang hits dan meng-Indonesia. Selain itu wisata ini juga jadi yang terbaik, khususnya dalam pengadaan fasilitas, kenyamanan dan keamanan pengunjung. Dari semua hal tersebut, wajar jika Coban Rondo dinobatkan sebagai tempat wisata terbaik di Batu Malang bukan?

Coban Rondo sendiri adalah sebuah air terjun yang terletak di Des Pandan Sari Kecamatan Pujon, sekitar 12 km dari Kota Batu.

Coban ini sendiri cukup keren karena keindahan alam dan debit airnya yang cukup tinggi, termasuk saat kemarau. Di sisi lain fasilitas dan kebutuhan wisata di lokasi juga terbilang lengkap dan terawat. Hal itu tentu menumbuhkan kesan nyaman bagi wisatawan mana pun yang datang.

Objek wisata alam di Malang ini juga punya beberapa spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Jumlahnya pun terbilang banyak, sehingga memuaskan hasrat pengunjung yang ingin ber-selfie dan ber-wefie ria.

 

4. Omah Kayu

Omah Kayu - Wisata alam di Malang

Omah Kayu – Wisata alam di Malang

Tempat wisata alam di Malang dan Batu ini belakangan mulang populer, terlebih saat fotonya beredar di media sosial seperti instagram, facebook dan twitter. Kecantikan dan daya tarik Omah Kayu memang sangat luar biasa. Dibanding tempat lain, khususnya yang berada di Malang dan Batu, Omah Kayu jauh lebih unggul. Ia memiliki daya tarik yang tak dimiliki tempat wisata lain di Malang.

Tempat wisata yang tenang, sejuk, ramah pengunjung, dan tentunya instagramable jadi alasan kenapa objek wisata yang satu ini jadi hits dan banyak digandrungi kaula muda.

Objek wisata alam di Malang dan Batu ini sejatinya adalah resort dan penginapanan yang dibuat di perbukitan yang miring. Desain bangunan yang mirip rumah pohon memang dibuat demikian untuk menarik wisatawan. Menurut kabar yang beredar, penginapanan ini bisa Anda sewa dengan harga Rp 250.000,- hingga Rp 300.000,- per malam. Sedang untuk Anda yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan, Anda bisa membayar biaya sebesar Rp 5.000,- per orang.

Oh ya, jumlah rumah pohon di Omah Kayu sendiri terbilang banyak, Anda bisa menggunakan mana pun yang Anda mau. Tapi saat hunian tersebut ada yang menyewa, Anda harus berbesar hati, karena hunian tersebut tak bisa Anda gunakan untuk berfoto, santai atau sejenisnya.

Nah, untuk Anda yang ingin ke sini, lokasi tempat wisata alam di Malang dan sekitarnya ini ada di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu Jawa Timur.

 

Nah, itulah 4 destinasi wisata alam yang takkan Anda lupakan di Malang. Di samping tempat wisata alam di Malang tadi, ada beberapa lain seperti Paralayang Batu, Coban Pelangi, Coban Talun, Coban Rais, Coban Sewu dan Coban Ringin Gantung. Bagaimana? Tertarik mengunjungi yang mana? Selamat Berlibur. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: