Mengenal Wisata Alam Semarang Yang Eksotis Dan Menawan Hati

Wisata alam SemarangKota Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah dan merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Tidak kalah dengan kota-kota lainnya, kota Semarang juga mempunyai tempat wisata yang menarik mulai dari wisata alam, kuliner, budaya dan juga sejarah. Wisata alam Semarang memang banyak menawarkan keindahan yang mengagumkan. Tidak hanya bukit dan pegunungan saja tetapi anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan danau jika sedang berkunjung ke kota ini. Ragam tempat wisata yang dimiliki oleh kota Semarang ini dipengaruhi oleh faktor topografi wilayahnya dimana memiliki garis pantai hingga perbukitan. Kekayaan budaya dan alamnya inilah yang sayang untuk dilewatkan oleh anda jika ingin berwisata dan berpetualang bersama kerabat.

Kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi incaran bagi para wisatawan. Tak heran jika pada musim liburan tempat wisata alam Semarang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Walaupun kota ini termasuk kota yang panas, ada sebagian wilayahnya yang memiliki hawa sejuk yaitu di sekitar gunung Ungaran Semarang. Gunung ini memiliki hawa sejuk karena letaknya yang berada di dataran tinggi yaitu pada ketinggian 2.050 meter dari permukaan laut. Jika berada di puncaknya anda bisa menikmati pemandangan kota Semarang dan Laut Jawa dari arah utara. Sedangkan di arah sebaliknya anda bisa melihat jajaran gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Kendalisodo, Sumbing, Sindoro dan juga gunung Perahu.

Bagi anda yang berasal dari luar daerah kota Semarang, anda tidak perlu khawatir. Karena di sekitar tempat wisata Semarang banyak sekali tempat penginapan seperti hotel maupun villa yang bisa anda sewa ketika berkunjung ke kota Semarang. Jika anda menyukai tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, berikut Kompas Wisata berikan beberapa obyek wisata kabupaten Semarang dengan nuansa alam yang dapat anda kunjungi.

 

Pesona Wisata Alam Semarang

 

1. Objek Wisata Alam di Kecamatan Bandungan

Candi Gedong Songo - Wisata Alam Semarang

Candi Gedong Songo – Wisata Alam Semarang

Semarang tempat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat ataupun kekasih. Wisata alam Semarang yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah Candi Gedong Songo, tepatnya di wilayah Kecamatan Bandungan (45 km dari Semarang). Objek wisata ini berupa kompleks bangunan candi Hindu peninggalan Wangsa Syailendra yang dibangun sekitar abad ke-9. Candi ini terletak di lereng gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl. Gedong Songo memiliki arti 9 gedung (9 candi) yang letaknya terpisah dengan jarak sekitar 100 meter.  Selain menikmati keindahan dan kemegahan candinya, anda dapat menikmati pemandangan alamnya yang dipenuhi oleh hijau pepohonan. Di sana juga terdapat sumber mata air panas yang mengandung unsur belerang.

Bagi anda yang lelah menikmati pemandangan Candi Songo dengan berjalan kaki, anda bisa mencoba menaiki kuda. Tempat wisata bandungan Semarang lainnya yang bisa anda kunjungi yaitu kawasan wisata Umbul Sidomukti, tepatnya di Desa Sidomukti. Di kawasan wisata Umbul Sidomukti anda bisa mencoba kolam renangnya yang bertingkat. Airnya sangat jernih dan juga sejuk karena berada di ketinggian 1.200 mdpl. Selain kolam renang, di sana anda juga bisa mencoba fasilitas lainnya seperti flying fox dan out bond. Bagi anda yang ingin nongkrong, di Umbul Sidomukti juga terdapat cafe dan beberapa gazebo.

Jika ingin mengunjungi tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera karena pemandangan di sana sangat menakjubkan. Untuk tarif tiket masuknya anda cukup membayar Rp.8.000/orang pada hari biasa dan Rp.10.000/orang pada hari libur.

 

2. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon - Wisata Alam Semarang

Brown Canyon – Wisata Alam Semarang

Jika anda ingin menikmati pemandangan alam layaknya Grand Canyon di Amerika maka anda bisa mengunjungi Brown Canyon di Semarang. Wisata alam Semarang ini sebenarnya merupakan perbukitan yang dijadikan area pertambangan. Karena pengambilan material seperti pasir, batu padas dan juga tanah urug terus menerus dilakukan selama bertahun-tahun maka terbentuklah tebing-tebing seperti Grand Canyon. Brown Canyon akhirnya dijadikan alternatif tempat wisata karena pemandangannya yang indah. Letaknya yaitu di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Kota Semarang yaitu sekitar 2 km sebelah selatan dari lokasi stasiun TVRI. Jika anda ingin berkunjung ke sini sebaiknya pada pagi atau sore hari. Karena pada siang hari cuacanya sangat panas dan penuh debu beterbangan.

Tempat ini sangat cocok untuk melakukan hunting foto dan sedang hits dikalangan anak muda. Jadi sebaiknya anda tidak melewatkan wisata ini ketika berkunjung ke Semarang.

 

3. Pesona Rawa Pening Semarang

Rawa Pening - Wisata Alam Semarang

Rawa Pening – Wisata Alam Semarang

Dari daerah pegunungan, kita beralih ke wisata alam Semarang lainnya yaitu danau. Di Semarang terdapat objek wisata Rawa Pening yang letaknya berada di empat kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan juga Banyubiru. Rawa Pening (“pening” berarti “bening”) merupakan sebuah wisata danau yang memiliki air yang jernih dan dijadikan salah satu wisata favorit di Semarang. Danau ini memiliki luas sekitar 2.670 hektar yang ditumbuhi tanaman enceng gondok.

Selain melakukan hunting foto di Rawa Pening anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti memancing ikan. Bahkan anda juga bisa menyewa perahu jika ingin berkeliling danau. Waktu terbaik saat mengunjungi Rawa Pening adalah pada sore hari jadi anda bisa menikmati keindahan Rawa Pening ditemani oleh matahari terbenam.

 

4. Wisata Pantai di Semarang

Pantai Maron - Wisata Alam Semarang

Pantai Maron – Wisata Alam Semarang

Wisata alam Semarang tidak hanya sebatas wisata pegunungan dan danau saja. Kota Semarang juga memiliki objek wisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Pulau Jawa. Wisata pantai di Kota Semarang yang pertama yaitu objek wisata Pantai Baruna. Di pantai ini anda bisa menikmati udara sore dengan bersepeda ataupun dengan hunting foto.

Selain Pantai Baruna ada juga Pantai Tirang, sama seperti Pantai Baruna pantai ini hanya cocok untuk menikmati sore. Bersebelahan dengan pantai ini terdapat Pantai Maron. Di sekitar pantainya dibuat sebuah bendungan yang mencegah dari abrasi. Selain pantai-pantai tersebut, ada sebuah pantai lagi di Semarang dan cukup terkenal yaitu Pantai Marina. Pantai Marina jaraknya tidak jauh yaitu sekitar 4 km dari Tugu Muda. Dulunya pantai ini merupakan area tambak dan hutan bakau, namun sekarang menjadi tempat bersantai untuk menikmati suasana pantai.

 

5. Wisata Curug di Semarang

Curug Lawe - Wisata Alam Semarang

Curug Lawe – Wisata Alam Semarang

Jika anda ingin mencari wisata alam Semarang dengan nuansa hijau yang menyegarkan maka anda dapat mencoba berwisata ke air terjunnya. Ada banyak sekali wisata curug atau air terjun di Semarang. Salah satunya yaitu Curug atau air terjun Lawe dan Benowo di Desa Kalisidi. Kedua air terjun ini letaknya saling berdekatan dimana pertemuan alran airnya sekilas membentuk huruf “Y”. Selain itu ada juga curug Tujuh Bidadari yang memiliki 7 buah air terjun.

Curug ini terletak di sebelah barat wisata Bandungan. Sedangkan di lereng kaki gunung Ungaran terdapat curug atau air tejun Semirang yang memiliki ketinggian 45 meter. Ada juga air terjun Kembar Baladewa dan air terjun Kali Pancur. Curug Kali Pancur ini letaknya di pegunungan Gunung Telomoyo dengan ketinggian 100 meter. Selain itu di Semarang juga terdapat curug atau air terjun Umbul Songo dan curug Klething Kuning dengan airnya berwarna kekuningan.

 

Nah itulah beberapa wisata alam Semarang yang dapat memuaskan naluri wisata Anda. Setelah lelah berkeliling menikmati wisata di semarang, ada baiknya Anda mencoba kuliner khasnya yang tak kalah nikmat dari kuliner yang pernah Anda temui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk menambah wawasan Anda tentang Kota Semarang. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!