10 Destinasi Wisata Alam Terbaik Madiun Idola Para Wisatawan

Wisata Madiun – Madiun merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata alam yang sangat menarik. Beragam wisata alam terbaik Madiun bisa dinikmati jika pada liburan kali ini Anda memutuskan untuk mengunjungi kota yang dijuluki sebagai Kota Gadis (perdagangan dan industri) tersebut. Berikut Kompas Wisata berikan daftar 10 tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi di Madiun.

 

Destinasi Wisata Alam Terbaik Madiun

 

1. Gunung Wilis

Gunung Wilis Wisata Alam Terbaik Madiun

Gunung Wilis – Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata alam terbaik Madiun yang pertama adalah pesona Gunung Wilis. Bagi Anda para pendaki pemula yang ingin mencoba kemampuan untuk menakhlukkan gunung di daerah Madiun maka Gunung Wilis ini cocok sekali untuk Anda kunjungi. Gunung Wilis memiliki ketinggian sekitar 2.169 mdpl. Meskipun terbilang cukup rendah namun jalur pendakiannya cukup menantang, Anda tetap harus mempersiapkan stamina dengan baik sebelum mendaki. Jika Anda benar-benar seorang pemula, ajaklah beberapa orang teman atau rekan Anda yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Dengan demikian Anda bisa mendaki dengan lebih tenang.

Selama perjalanan pendakian, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang lebat dengan berbagai satwa liar yang sesekali terlihat melintas. Keindahan Gunung Wilis terletak pada puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan hamparan kawasan hijau dan sebagian pemandangan Kota Madiun dari puncak Gunung Wilis ini.

 

2. Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata Alam Grape – Wisata Alam Terbaik Madiun

Selanjutnya ada Wisata Alam Grape yang juga bisa Anda kunjungi saat sedang berlibur di Madiun. Lokasinya berada di Desa Kresek, Kec. Wungu, Madiun. Wisata Alam Grape ini merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki panorama khas pedesaan yang sejuk dan asri. Di tempat ini terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan seperti hiking, menjelajahi kawasan pedesaan dengan sepeda, berkemah, dan panjat tebing bagi Anda yang menyukai tantangan. Wisata Alam Grape biasanya ramai di kunjungi pada akhir pekan oleh para keluarga yang ingin menghabiskan waktu berpiknik bersama.

 

3. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas Wisata Alam Terbaik Madiun

Waduk Bening Widas – Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata alam terbaik Madiun yang selanjutnya adalah Waduk Bening Widas yang berada di Dusun Petung. Desa Pajajaran, Kec. Sadaran, Madiun. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota yakni sekitar 40 Km yang bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Waduk ini menjadi sebuah tempat wisata yang cukup menarik karena di sini sudah tersedia berbagai fasilitas seperti tempat pemancingan, tempat wisata kuliner, taman bermain untuk anak, hingga fasilitas penginapan yang bisa Anda sewa jika ingin menikmati pemandangan malam Waduk Bening Widas ini.

 

4. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus Wisata Alam Terbaik Madiun

Waduk Kedungbrubus – Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata alam terbaik Madiun yang berikutnya adalah Waduk Kedungbrubus. Madiun memang terkenal memiliki beberapa waduk buatan yang di gunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pengairan sawah, sumber air bersih, hingga pembangkit listrik. Waduk Kedungbrubus ini berlokasi di daerah Kec. Pilangkenceng yang letaknya berdekatan dengan Kabupaten Bojonegoro. Pada awalnya waduk ini di bangun hanya untuk keperluan irigasi, namun karena pemandangannya yang indah tempat ini lantas ramai di kunjungi hingga kini berubah menjadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Madiun. Belum lama ini Waduk Kedungbrubus sempat trending di media sosial karena banyaknya foto-foto yang diunggah olah para pengunjung. Tempat ini mendadak naik daun menjadi salah satu destinasi wisata yang paling di buru di Madiun.

 

5. Air Terjun Serondo

Air Terjun Serondo Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Serondo – Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Serondo juga merupakan wisata alam terbaik Madiun yang tidak boleh Anda lewatkan. Air terjun ini sering juga di nama oleh warga setempat dengan sebutan Air Terjun Selampir. Lokasinya berada di Desa Kare yang merupakan sebuah kawasan perkebunan kopi yang sangat luas. Air Terjun Serondo memiliki pemandangan yang indah, airnya juga sangat sejuk karena langsung berasal dari sumber mata air yang ada di kaki Gunung Wilis. Di dekat lokasi air terjun ini juga terdapat perkebunan apel dan jeruk yang bisa Anda kunjungi, di sini Anda bisa memakan apel segar yang langsung di petik dari buahnya.

 

6. Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Banyulawe Dong – Wisata Alam Terbaik Madiun

Tempat wisata alam terbaik Madiun yang selanjutnya adalah Air Terjun Banyulawe Dong yang berlokasi di daerah Desa Kepel, Kec. Kare, Madiun. Letaknya yang cukup tersembunyi di dalam hutan memberikan tantangan tersendiri untuk bisa berkunjung ke air terjun ini. Anda harus menempuh perjalanan menyusuri kawasan hutan yang berada di bawah kaki Gunung Wilis sebelum akhirnya bisa menikmati keindahan yang disuguhkan oleh air terjun ini. Keadaan alamnya masih cukup alami dan suasananya juga sangat tenang sehingga objek wisata air terjun Banyulawe Dong ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

 

7. Air Terjun Kucur

Air Terjun Kucur Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Kucur – Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata alam terbaik Madiun yang selanjutnya ialah Air Terjun Kucur. Lokasinya berada di sebuah dusun kecil bernama Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kec. Dagangan, Madiun. Air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup indah, dengan ketinggiannya yang mencapai 20 meter dan aliran airnya yang cukup deras. Air Terjun Kucur memiliki beberapa tingkatan air yang masing-masing berjarak 3 meter. Di bawahnya terbentuk semacam kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk bermain air dan berenang. Daya tarik lainnya terletak pada pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitar air terjun. Anda bisa merasakan suasana yang sangat sejuk ketika berada di lokasi Air Terjun Kucur ini.

 

8. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Seweru – Wisata Alam Terbaik Madiun

Wisata air terjun yang juga tidak kalah indahnya dengan Banyuwale Dong adalah Air terjun Seweru. Air terjun yang berada pada ketinggian 400 mdpl ini merupakan salah satu objek wisata alam yang sedang naik daun di Madiun. Air terjun ini terletak di bawah kaki Gunung Wilis, lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan kondisi alam di sekitarnya masih sangat terjaga. Baru setahun belakangan ini Air Terjun Seweru mulai ramai di kunjungi oleh wisatawan seiring dengan namanya yang semakin terkenal. Ketika sampai di lokasi Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang di kelilingi oleh kawasan hutan yang rimbun. Di bawah air terjun yang mengalir cukup deras ini Anda akan menemukan sebuah kolam alami yang cukup dalam, di sinilah Anda bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Air di kolam ini cukup jernih, jika Anda membawa kamera yang bisa di pakai di dalam air mungkin Anda bisa mendapatkan banyak foto-foto yang sangat menarik di dasar kolam.

 

9. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu Wisata Alam Terbaik Madiun

Air Terjun Krecekan Denu – Wisata Alam Terbaik Madiun

Madium memang terkenal memiliki banyak sekali air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Wilis. Selain Air Terjun Sendoro dan Seweru masih ada satu lagi air terjun di Madiun yang cukup menarik untuk di kunjungi yaitu Air Terjun Krecekan Denu. Air terjun cantik ini berlokasi di daerah Desa Kepel, Kec. Kare. Lokasinya berdekatan dengan Wisata Alam Grape, Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata ini dalam satu hari sekaligus. Air terjun ini terbilang cukup rendah, ketinggiannya hanya sekitar 20 meter saja. Namun aliran airnya cukup deras dan pemandangannya juga tidak kalah indah. Ada banyak sudut yang bisa Anda jelajahi untuk mendapatkan foto-foto yang cantik. Anda juga bisa berenang dan bermain air di aliran air sungai dan kolam yang ada di bawah air terjun.

 

10. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman Rekreasi Wisata Umbul Wisata Alam Terbaik Madiun

Taman Rekreasi Wisata Umbul – Wisata Alam Terbaik Madiun

Tempat wisata alam terbaik Madiun yang terakhir adalah Taman Rekreasi Wisata Umbul yang berlokasi di Desa Glonggong, Kec. Dolopo. Taman wisata ini sudah berusia cukup tua yang merupakan sisa-sisa peninggalan pemerintahan Belanda. Meskipun demikian taman ini masih terawat dengan baik, dan pada beberapa bagiannya sudah banyak mengalami perbaikan tanpa mengubah tema taman sebagaimana asalnya. Fasilitas dan wahana di dalamnya juga sudah sangat lengkap. Di taman ini Anda bisa bermain berbagai wahana seru mulai dari roaller coaster, kora-kora, kincir angin dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk bisa sampai di Taman Rekreasi Wisata Umbul ini juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu berkendara sejauh 20 km dari pusat Kota Madiun.

 

Nah itulah beberapa objek wisata alam terbaik Madiun yang bisa kalian kunjungi di saat waktu libur tiba. Persiapkan fisik dan perlengkapan backpacker sebelum mengunjungi objek-objek wisata di atas. Selain objek wisatanya, Madiun juga terkenal dengan kuliner khasnya seperti nasi pecel madiun, pentol corah, brem dan kue manco yang bisa kalian nikmati saat berada di sana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Cari Kamar dan Tiket Pesawat dengan Harga Spesial Member Kompas Wisata di :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!