Brown Canyon Semarang, Lokasi Tambang yang Menjadi Objek Fotografi

Brown Canyon Semarang merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Semarang saat ini. Mungkin saat mendengar namanya Anda pasti akan langsung teringat dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika, tapi spot yang satu ini benar-benar ada di Semarang. Karena ada keunikan dan kemiripan antara kedua tempat tersebut, maka para traveler menamainya dengan nama Brown Canyon. Penasaran ingin tahu lebih jauh? Yuk mari kita bahas.

 

Sekilas Tentang Brown Canyon Semarang

Brown Canyon pada awalnya merupakan sebuah lahan galian yang disebut sebagai lahan galian C. Galian C bisa diartikan sebagai penambangan sumber daya dalam tanah yang bisa digunakan sebagai material pembangunan. Beberapa sumber kekayaan dalam tanah yang digali di Brown Canyon Semarang diantaranya seperti batu padas, koral, pasir, dan tanah urug. Nah karena aktivitas penggalian inilah lahan yang awalnya berupa perbukitan lama kelamaan terbentuk seperti Grand Canyon.

Hingga saat ini usia Brown Canyon sudah lebih dari 10 tahun, Sekitar beberapa tahun belakangan ini para traveler menemukan Brown Canyon sebagai sebuah tempat yang cukup unik. Dengan pemandangan tebing-tebing dan lekukan batu yang membentuk lereng-lereng terlihat sangat menarik sekali. Terlebih saat matahari terbenam, pemandangannya benar-benar seperti tidak lagi berada di Semarang. Karena itulah Brown Canyon menjadi sangat populer di instagram. Meskipun hingga saat ini Brown Canyon belum secara resmi dibuka sebagai tempat wisata namun tetap saja para traveler dari berbagai penjuru negeri ramai-ramai mendatanginya.

 

Lokasi dan Rute Menuju Brown Canyon Semarang

Keunikan Brown Canyon Semarang

Keunikan Brown Canyon Semarang

Brown Canyon berlokasi di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Lokasi Brown Canyon lebih mudah ditemukan jika Anda menggunakan stasin TVRI lokal Jawa Tengah yang berada di Pucang Gading, Pasar Meseteh, atau Perkampungan Rowosari, Meseteh, Tembalang sebagai patokan. Untuk lebih mudahnya berikut ini kami berikan panduan bagaimana cara menuju ke Brown Canyon.

1. Rute dari Semarang Timur

Untuk menuju Brown Canyon dari arah Semarang Timur, Anda bisa mengikuti Jl. Dr. Cipto menuju ke arah Jl. Fatmawati. Teruskan perjalanan hingga bertemu dengan RSUD Kota Semarang. Lanjutkan perjalanan ke arah Klipang Golf.

Anda akan bertemu dengan 3 jembatan besi. Setelah itu Anda akan menemukan persimpangan 3, ambil jalan yang mengarah ke kanan. Setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu dengan Brown Canyon.

2.  Rute Brown dari arah Jogja dan Solo

Untuk Anda yang berangkat dari arah Jogja atau Solo, Anda bisa menjadikan Kampus Undip Tembalang sebagai patokan tujuan pertama. Setelah sampai di Undip, teruskan perjalanan ke arah Jl. Banjarsari Raya – Sigar Bencah.

Setelah itu Anda akan menemukan perempatan pasar Meteseh. Ambil jalan yang lurus. Teruskan perjalanan Anda hingga bertemu lagi dengan perkampungan Rowosari, ikuti jalan utama di perkampungan tersebut hingga bertemu dengan Masjid Jami Al Aqsa, terus saja hingga sampai di Brown Canyon.

3. Rute dari arah Kendal, Simpang Lima, dan Batang

Bagi Anda yang berangkat dari arah Kendal, Simpang Lima, dan Batang, arahkan perjalanan Anda langsung menuju ke Tembalang. Gunakan Pasar Meseteh sebagai patokan. Setelah bertemu dengan persimpangan 4 Pasar Meseteh, ambil jalan lurus. Teruskan perjalanan Anda mengikuti jalan utama tersebut hingga sampai di kampung Rowosari. Selanjutnya Anda tingga berjalan beberapa ratus meter lagi hingga bertemu dengan lokasi Brown Canyon.

 

Tiket Masuk

Dikarenakan hingga saat ini Brown Canyon Semarang bukanlah tempat wisata secara resmi, jadi tidak ada pungutan resmi untuk tiket masuk ke lokasi. Namun sesekali para pengunjung juga dimintai uang (pungli) oleh warga setempat yang berjaga di lokasi pintu masuk. Namun jumlahnya juga tidaklah besar, hanya Rp.2000,- per orang.

Anda bisa mengunjungi Brown Canyon kapan saja. Dikarenakan Brown Canyon belum dikelola secara resmi sebagai tempat wisata jadi belum ada manajemen jam buka dsb.

 

Tips Berkunjung ke Brown Canyon

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kami berikan bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke Brown Canyon Semarang.

  1. Khusus untuk Anda yang datang dari luar Kota Semarang menggunakan sepeda motor, berkendaralah dengan aman. Gunakan helm dan masker karena jalan menuju ke Brown Canyon belum cukup bagus.
  2. Sebaiknya datang pada sore hari atau hari libur, karena hingga saat ini pertambangan di Brown Canyon masih aktif. Jika datang pada saat jam kerja Anda harus menanggung risiko debu dan pasir yang bertebaran di beberapa titik di Brown Canyon.
  3. Bawalah bekal makanan dan minuman karena belum ada warung atau pedagang makanan di lokasi.
  4. Parkirkan kendaraan Anda dengan aman.

 

Aktifitas penambangan material di Brown Canyon Semarang masih sering berjalan pada jam-jam tertentu. Bila ingin berkunjung ke objek wisata Semarang ini sangat disarankan untuk menghindari jam-jam kerja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun jika terpaksa mengunjungi lokasi wisata ini, harap selalu menggunakan masker atau penutup hidung dan kacamata untuk menghindari debu atau polusi di sekitar lokasi tambang. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata, Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!