Pesona Wisata Candi Gedong Songo yang Memikat Hati Wisatawan

Candi Gedong Songo merupakan salah satu landmark bersejarah yang ada di Semarang. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata sejarah di Kota Semarang, objek wisata yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Gedong Songo merupakan sebuah candi peninggalan kebudayaan hindu yang ada di tanah Jawa. Usianya diperkirakan mencapai ribuan tahun, dan merupakan salah satu warisan kebudayaan abad ke-  8 yang ada di Indonesia.

 

Pesona Wisata Candi Gedong Songo

Sebagai salah satu destinasi favorit yang ada di Semarang, Gedong Songo tidak hanya menawarkan pengalaman wisata sejarah. Anda juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan dengan udaranya yang sangat sejuk. Lokasi candi yang berada pada daerah yang cukup tinggi menjadikan pemandangan alam di sekitar menjadi sangat indah, Anda bisa melihat pemandangan hijau di lereng-lereng gunung yang terbentang di sekitar kompleks percandian.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dari segi sejarah, Candi yang sudah berdiri sejak abad ke-8 ini masih cukup terawat dan kokoh hingga saat ini. Pada awalnya ada 9 (songo) buah candi, namun saat ini yang tersisa hanya tinggal 5 buah saja. Di dalamnya masih lengkap berbagai ornamen dan atribut candi yang dulunya digunakan sebagai tempat peribadatan umat hindu di tanah Jawa, Anda seolah diajak kembali ke masa lalu menyaksikan bukti-bukti peninggalan bersejarah yang ada di Gedong Songo ini.

Lokasi

Candi Gedong Songo berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kab. Semarang Jawa Tengah.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa mencapai lokasi candi tidaklah sulit, Anda bisa berkendara menggunakan kendaraan pribadi atau menaiki kendaraan umum seperti bis dan angkutan umum lainnya. Jarak dari Kota Ambarawa ke lokasi hanya memakan waktu sekitar setengah jam. Sebelumnya Anda juga bisa mampir sebentar di salah satu objek wisata yang cukup populer di Ambarawa yaitu Wisata Bandungan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk terbagi menjadi 2 macam tarif yaitu:

  • Pengunjung domestik: Rp. 6.000 untuk hari Senin s.d Jum’at, Rp. 7.500 untuk akhir pekan
  • Pengunjung non-domestik (mancanegara): Rp. 35.000 per orang

Jam Buka

Objek wisata Candi Gedong Songo buka setiap hari mulai pukul 06.00 s.d 17.00

 

Wahana dan Akvitas di Candi Gedong Songo

Treking dan Berkuda

Ini adalah aktivitas yang paling menyenangkan dari kunjungan Anda ke Gedong Songo. Anda bisa menjelajahi seluruh kompleks percandian mulai dari candi pertama hingga yang terakhir sambil menikmati pemandangan alam yang disuguhkan. Anda bisa menikmati sejuknya udara pegunungan Ambarawa dan pemandangan hijau hutan pinus yang terbentang di lereng-lereng di bawahnya. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi berkuda, Anda juga bisa menyewa kuda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Pemandian Air Panas

Bagi Anda yang ingin menikmati mandi air panas alami yang berasal dari pegunungan, di tempat ini juga terdapat fasilitas pemandian air panas. Aktivitas ini cukup menyenangkan dan menyehatkan. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan melepaskan semua letih, kandungan belerang dalam air pegunungan Ambarawa ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Camping Ground

Bagi Anda yang berminat untuk berkemah, di tempat ini juga terdapat camping ground yang bisa Anda coba. Anda bisa mengajak beberapa teman Anda untuk menikmati berkemah di sekitar kompleks candi sambil menikmati keindahan alam yang ada.

Foto Prewed

Beberapa pengunjung juga menjadikan eksotisme Candi Gedong Songo sebagai lokasi melakukan sesi pemotretan prewed.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Penginapan

Ini adalah akomodasi paling penting bagi Anda yang datang jauh dari luar kota atau luar pulau Jawa. Untuk urusan penginapan Anda tidak perlu khawatir, ada banyak sekali penginapan yang bisa Anda sewa tidak jauh dari lokasi. Alternatif yang terdekat adalah penginapan yang ada di Bandungan.

Area Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraannya di tempat yang sudah disediakan. Area parkir yang ada di lokasi terbilang cukup luas, namun  pada hari-hari tertentu seperti hari libur akan menjadi cukup padat sehingga harus antri. Jika Anda datang pada hari libur, usahakan untuk datang lebih awal.

Mushola

Khusus untuk pengunjung yang beragama Islam di tempat ini juga terdapat fasilitas mushola yang bisa Anda gunakan.

Kuliner

Di sekitar area candi terdapat banyak warung-warung yang bisa Anda kunjungi saat lapar. Selain itu banyak juga warga yang menjajakan berbagai makanan khas Ambarawa yang bisa Anda cicipi.

Toilet

Tidak perlu khawatir jika Anda harus menghabiskan waktu seharian di tempat ini. Di sini terdapat fasilitas toilet yang cukup bagus. Bahkan bisa Anda gunakan untuk mandi.

Untuk dapat menikmati keindahan alam dari Candi Gedong Songo ini, Anda harus selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang ada di sekitar. Cuaca di objek wisata ini dapat terbilang dingin dengan suhu 19-27 °C dan sering mengalami hujan yang mendadak. Untuk persiapan, tidak ada salahnya selalu menyediakan payung selama mengunjungi candi ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!