Wisata Danau Toba, Danau Vulkanik Yang Terbesar di Dunia

Wisata Danau Toba – Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau yang satu ini sudah terkenal di Indonesia atau juga di mancanegara karena keunikannya yang berbeda dari danau-danau yang ada di belahan dunia manapun. Danau Toba terbilang unik karena danau ini selain berukuran sangat bersar, juga terdapat sebuah pulau ditengah- tengahnya. Selain itu proses terbentuknya danau ini pun karena adanya ledakan yang maha dasyat dari gunung purba, yang akhirnya terciptalah sebuah lekungan yang lama-kelamaan terisi air dan jadilah danau Toba seperti sekarang ini.

Danau yang satu ini berada di Sumatera Utara. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau yang satu ini juga menjadi primadona wisata yang ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal dan juga wisatawan manca Negara. Yang harus anda ketahui adalah di danau ini tidak hanya ada wisata alam saja, namun ada beberapa wisata budaya yang dapat anda kunjungi ketika mampir ke sini. Jika anda sudah penasaran dengan tempat wisata danau Toba yang dapat anda kunjungi, maka simak ulasan berikut ini.

 

1. Pulau Samosir – Wisata Danau Toba

Pulau Samosir - Wisata Danau Toba

Jika anda mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Danau Toba, ada baiknya anda juga mengunjungi beberapa tempat yang ada di dekat danau ini seperti contohnya adalah Pulau Samosir. Pulau yang satu ini dapat anda jelajahi dengan menggunakan perahu nelayan dari danau toba ini. Apa saja yang dapat anda lihat di tempat ini? Di sini terdapat suku asli Batak yang sudah tinggal di kota ini selama ratusan tahun. Selain itu Anda akan dapat melihat kebudayaan yang masih kuat yang dapat disaksikan dari tempat tinggal, pakaian adat dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

2. Parapat – Wisata Danau Toba

Parapat - Wisata Danau Toba

Ada satu lagi tempat yang dapat anda kunjungi, yaitu Parapat. Daerah ini berada di semenanjung danau Toba. Di tempat ini anda dapat melakukan banyak sekali kegiatan air seperti bermain ski air, memancing ikan, menaiki kano dan masih banyak lagi yang lainya. Di bukit Sungai Naborsahon, anda bisa melihat bermacam-macam tanaman yg biasanya berbunga sepanjang tahun, di antaranya adalah bogenvile, pointetties, dan juga honey sucle. Tempat ini juga mempunyai hawa yang sangat sejuk yang akan membuat anda betah untuk berlama-lama tinggal di tempat ini.

Jika anda sudah mulai tertarik dengan tempat wisata yang ada di sini, maka anda tidak perlu khawatir dengan tempat menginap atau fasilitas yang ada di tempat ini. Karena di sini terdapat banyak sekali hotel atau juga motel yang disediakan untuk anda dan juga keluarga. Untuk transportasi sendiri, Anda dapat menaiki bis di Terminal Bus Pinang Baris di kota Medan dengan trayek Medan – Parapat dan perjalanan ini akan memakan waktu hingga 6 jam. Kota Parapat terletak 176 kilo meter dari kota Medan dan tersesia kendaraan umum dan penyewaan kendaraan.

 

3. Bakara – Wisata Danau Toba

Bakara - Wisata Danau Toba

Menikmati Wisata Danau Toba dapat dilihat dari segala penjuru, salah satunya dari Bakara. Bakara adalah nama suatu wilayah yang berada didekat Danau Toba yang memiliki pemandangan indah langsung ke arah Danau Toba. Keindahan Danau Toba serta tebing terjal pegunungan yang menjulang tinggi seakan menghipnotis para wisatawan untuk tidak beranjak dari pesona keindahan alam yang disuguhkan dari sudut pandang Bakara. Bagi anda yang gemar memancing, Bakara juga memiliki spot terbaik untuk memancing ikan.

 

4. Pantai Lumban Silintong – Wisata Danau Toba

Pantai Lumban Silintong - Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba juga wajib dirasakan dari kawasan perairannya. Pantai Lumban Silintong Balige menjadi tempat yang cocok untuk menikmati kesejukan air Danau Toba. Lumban Silitong adalah sebuah desa yang berada di Balige Toba Samosir yang kerap dijadikan tempat wisata bagi para pengunjung Danau Toba. Kawasan Pantai Lumban Silintong ini menyajikan pesona keindahan Danau Toba yang dilengkapi dengan deretan kafe serta rumah makan khas Danau Toba.

Uniknya lagi, selain anda bisa menikmati sejuknya air danau sambil berenang, anda juga bisa menyaksikan kelihaian anak-anak desa lumban Silitong ini dalam menyelam. Dengan melemparkan uang koin ke arah danau, maka anak-anak tersebut akan memperebutkan koin yang telah anda lempar tadi. Gelak tawa pun akan menyatu dengan keindahan yang disuguhkan dari salah satu tujuan wisata Danau Toba ini.

 

Nah, itulah beberapa referensi tempat wisata Danau Toba yang dapat anda kunjungi. Selain 4 tujuan wisata danau Toba diatas, anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat indah lainnya yang berada disekitar danau Toba. Pulau Sibandang, Pangururan, Ambarita dan Kampung Siallagan juga tak kalah menarik yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Danau Toba. Semoga artikel Kompas Wisata diatas dapat bermanfaat bagi anda dalam menentukan tujuan wisata saat berlibur bersama orang-orang terdekat. Selamat liburan akhir tahun. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!