5 Destinasi Wisata Di Cilacap Yang Patut Anda Kunjungi

Wisata di Cilacap – Cilacap adalah Kota yang terkenal dengan sebutan ‘Singapura-nya Indonesia’. Pasalnya kabupaten Cilacap memiliki kawasan Industri terbesar di Jawa Tengah, seperti Perusahaan Semen dan Perusahaan Pertamina. Meskipun demikian, bukan berarti kota tersebut tidak mempunyai objek wisata yang menarik. Jika anda tidak percaya maka sambangi saja langsung Cilacap ini.

Sebenarnya keberadaan kota Cilacap di ujung selatan Pulau Jawa, dimana banyak dijumpai pantai yang indah dan menawan. Salah satunya adalah Pulau Nusakambangan, yang di dalamnya terdapat sejumlah pantai eksotis karena kealamianya serta jarang dijamah oleh para wisawatan. Destinasi wisata di Cilacap tak hanya menyuguhkan objek alam pantainya saja, melainkan beberapa lokasi wisata yang juga menarik untuk anda kunjungi. Simak ulasan dari Kompas Wisata dibawah ini.

 

Destinasi Wisata Di Cilacap Yang Sayang Dilewatkan

 

1.Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan - Wisata di Cilacap

Pulau Nusakambangan – Wisata di Cilacap

Destinasi wisata di Cilacap memang terkenal dengan keindahan baharinya, salah satunya Pulau Nusakambangan. Pulau Nusakambangan terkenal dengan sebutan pulau penjara, dimana merupakan tempat para penjahat yang terlibat dalam kasus besar seperti korupsi, terorisme dan pembunuhan. Pulau ini terpisahkan oleh Selat Segara Anakan dengan daratan Pulau Jawa. Sementara itu, di pinggiran pulau tersebut dijumpai pantai berpasir putih dan batu karangnya yang begitu mempesona. Namun, anda harus menyeberang dengan menyewa perahu dari Pantai Teluk Penyu untuk sampai ke Pulau Nusakambangan.

 

2. Pantai Permisan

Pantai Permisan - Wisata di Cilacap

Pantai Permisan – Wisata di Cilacap

Keberadaan Pantai Permisan berlokasi di Pulau Nusakambangan yang memang masih jarang dikunjungi oleh para pengunjung, sehingga masih tetap terjaga keasrian dan kealamiannya. Untuk sampai ke Pantai Permisan anda harus menyebrang dari Pelabuhan Lomanis menuju Pelabuhan Sodong dengan kapal Feri. Seketika tiba di kawasan pantai ini anda akan disuguhkan dengan pulau kecil beserta deburan ombak laut yang begitu besar. Ditambah lagi pasir putih dan hembusan angin yang sejuk. Keindahan yang diberikan pantai ini memang pantas untuk dijadikan destinasi wajib bagi anda yang ingin menjelajah wisata di Cilacap dan sekitarnya.

 

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu - Wisata di Cilacap

Pantai Teluk Penyu – Wisata di Cilacap

Objek wisata di Cilacap juga memiliki Pantai Teluk Penyu yang tak kalah indah dari Pantai Permisan. Pantai Teluk Penyu berada di Pantai Selatan yang tak jauh dari Pelabuhan Intan. Kawasan pantai ini terdapat kapal-kapal tanker maupun perahu tradisional yang cukup banyak. Deburan ombak yang disajikan tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk bermain air di sekitaran pantai. Terdapat pula fasilitas publik sebagai sarana penunjang para wisatawan. Anda pun bisa menikmati makanan khas hasil laut yag dijajakan di sepanjang jalan Pantai Teluk Penyu.

 

4. Benteng Pendem

Benteng Pendem - Wisata di Cilacap

Benteng Pendem – Wisata di Cilacap

Tidak jauh dari Pantai Teluk Penyu, anda akan menjumpai objek wisata Benteng Pendem. Di situlah anda akan melihat bangunan bersejarah berupa markas pertahanan tentara Belanda. Meskipun nuansa yang disuguhkan Benteng Pendem tampak menyeramkan lantaran bangunan tersebut memiliki konsep tempo dulu, namun banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung. Tak lain karena di dalam benteng ditemukan beberapa tempat menarik, seperti gudang senjata, ruang penyiksaan, 60 kamar, terowongan, dan lain sebagainya. Sensasi mistis yang disuguhkan objek wisata di Cilacap satu ini, sangat jarang anda temukan di tempat lain.

 

5. Gunung Srandil

Gunung Srandil - Wisata di Cilacap

Gunung Srandil – Wisata di Cilacap

Siapa bilang Cilacap tidak memiliki objek wisata pegunungan. Objek wisata Gunung Srandil  ini merupakan objek wisata di Cilacap yang bernuansa spiritual selain wisata alam dan budaya. Biasanya banyak para peziarah yang bertandang ke sini hanya untuk bertapa pada Bulan Syura atau malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon. Menurut masyarakat setempat Gunung Srandil dipercaya sebagai petilasan orang-orang yang memiliki kelebihan atau orang yang sakti.

 

Nah, gimana? anda senang melihat objek wisata di Cilacap tadi? Segera atur jadwal untuk bertandang ke kota bercahaya ini, dan jangan lupa membeli oleh-oleh khas berupa ikan tengiri asli dari Cilacap. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: