8 Tempat Wisata Di Jogja yang Jadi Latar Film AADC 2

  AADC 2 nampaknya jadi pusat perbincangan banyak pecinta film. Sebab, di samping fenomenal, film yang dibintangi oleh Dian Sastro tersebut menggunakan lokasi syuting yang dinilai unik, cantik, dan khas. Sebut saja Gereja Ayam atau Istana Ratu Boko yang menjadi dua dari banyak lokasi syuting yang dijadikan latar film AADC 2. Tapi, di samping kedua tempat tadi, AADC 2 juga menggunakan banyak tempat keren dan fenomenal yang temasuk sebagai tempat wisata di jogja yang terpopuler.

Nah, dimana saja tempat-tempat yang dimaksud? Dan seperti apa detail lokasinya? Yuk simak pembahasan dari Kompas Wisata berikut ini.

 

Tempat Wisata Di Jogja yang Dijadikan Setting Film AADC 2

 

1. Gereja Ayam di Dusun Gombong

Gereja Ayam di Dusun Gombong - Wisata di Jogja

Gereja Ayam di Dusun Gombong – Wisata di Jogja

Seperti namanya, gereja yang terletak di Dusun Gombong, Desa Kembangkalis Magelang ini memiliki bentuk yang menyerupai ayam. Walau sekilas terlihat menyeramkan, beberapa sudut gereja ini memiliki pemandangan indah sehingga pas untuk Anda yang suka selfie, wefie, atau pun foto komersil.

Tiket masuk tempat wisata di Jogja ini hanya Rp 5.000,- per orang, cukup murah untuk ukuran wisata keren dan ciamik seperti Gereja Ayam.

Menurut sejarah, gereja ini awal dibangun sebelum tahun 2000 hingga pemilik gereja – Daniel Alamsjah menghentikan pembangunan gereja karena alasan biaya. Tapi siapa sangka, walau belum rampung, gereja yang terletak di Magelang ini sempat dijadikan pusat rehabilitasi pecandu narkoba dan rumah ibadah.

Gejala Ayam sendiri memiliki spot keren yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan sekitar dan sunset. Letak spot tersebut ada di bagian atas gereja. Untuk masuk ke sana Anda harus melalui bagian dalam gereja, baru kemudian naik menggunakan tangga yang tersedia.

 

2. Sellie Coffee

Sellie Coffee - Wisata di Jogja

Sellie Coffee – Wisata di Jogja

Tempat wisata kuliner di Jogja ini dinilai paling fenomenal. Kenapa? Karena di sini adalah latar tempat dimana Cinta mengatakan “Rangga.. apa yang kamu lakukan ke saya itu.. jahat!”.

Latar tempat yang dimaksud adalah Sellie Coffee. Letaknya di Geriliya no. 882 Parowitan II Jogja. Karena kalimat di atas yang begitu fenomenal dan hits, Sellie Coffee pun menjelma jadi tempat nongkrong yang mulai diperhitungkan di kalangan anak muda dan penduduk Jogja.

Sellie Coffee sendiri menawarkan kuliner dengan rate harga mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 75.000,- per porsi. Namun perlu dicatat, rate harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung situasi dan kondisi yang berlaku pada saat itu.

Tempat wisata di Jogja ini juga menawarkan wisata AADC 2 dengan harga Rp 30.000,- hingga Rp 45.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Jadi, untuk Anda yang suka sekali dengan film ini, yuk join, nikmati wisata unik ala film AADC 2 yang begitu luar biasa hits-nya.

Oh ya, Sellie Coffee sendiri buka pada Selasa-Minggu dengan jam buka mulai dari 13.00 hingga 23.00 WIB.

 

3. Klinik Kopi

Klinik Kopi - Wisata di Jogja

Klinik Kopi – Wisata di Jogja

Seperti yang Anda ketahui, Rangga adalah orang yang suka dengan kopi sehingga Ia kerap mendatangi warung kopi terbaik, salah satunya adalah Klinik Kopi yang berlokasi di Jalan Kaliurang km 75 Jogja.

Di samping menyediakan sajian kopi, tempat wisata di Jogja yang hits ini juga menyediakan biji kopi terbaik dari beragam daerah di Indonesia.

Arabica Palebib dari Papua, Arabica Aka Gadang dari Solok, dan Arabica Nagari Nasi dari Bukittinggi adalah sebagian kecil dari banyak biji kopi yang dijual di sini. Soal harga, Anda tak usah khawatir karena biji-biji kopi tersebut hanya dijual dengan harga Rp 250.000,- per 250 gram (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Jika Anda tak ingin repot membeli dan mengolah biji kopi itu sendiri, silahkan datang ke tempat wisata keren di Jogja ini di jam 4 hingga 10 malam dan nikmati secangkir kopi yang dibanderol Rp 50.000,- per cangkirnya (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

4. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari - Wisata di Jogja

Sate Klatak Pak Bari – Wisata di Jogja

Di samping Klinik Kopi, Sate Klatak Pak Bari juga jadi salah satu dari film. Pada adegan film, saat Rangga menemui Cinta, Ia menggunakan warung sate Pak Bari untuk tempat ngobrol dan bercengkrama dengan Cinta. Dan sekali lagi, pilihan Rangga tak pernah salah karena Sate Klatak Pak Bari adalah satu dari banyak wisata kuliner yang paling tersohor di Jogja.

Menawarkan sate yang hanya dilumuri garam dan dibakar dengan jeruji sepeda, tempat wisata di Jogja yang satu ini kerap dikunjungi karena kepopuleran dan kelezatan masakannya.

Sate Klatak Pak Bari sendiri terletak di Jalan Kedaton, Pleret Bantul. Biasanya warung sate ini buka setiap hari. Sedang untuk harga, warung sate ini membanderol satenya dengan harga Rp 20.000,- untuk satu porsi sate (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

5. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko - Wisata di Jogja

Istana Ratu Boko – Wisata di Jogja

Istana Ratu Boko adalah satu dari banyak tempat yang paling menarik di Jogja. Dan, karena saking menariknya, tempat ini pun dijadikan latar film AADC 2 yang dinilai begitu fenomenal hingga ditonton lebih dari 1 juta pasang mata.

Lokasi tempat wisata di Jogja ini ada di Desa Dawung dan Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Luas Istana Ratu Boko sendiri sekitar 250.000 m2 dengan pemandangan, candi, gapura utama, lapangan, pendopo, kolam, peseban, goa, dan berbagai aspek wisata yang dinilai mumpuni. Untuk tarif, pengelola situs Istana Ratu Boko ini membanderol tarif Rp 25.000,- per orang untuk pengunjung yang datang sebelum jam 3 sore. Sedang untuk yang datang sesudah jam 3, pengelola membanderol tarif hingga Rp 100.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Situs Istana Ratu Boko sendiri terkenal dengan situsnya yang melegenda dan pemandangan yang indah. Dan perlu Anda tahu, walau bukan gunung atau pantai, pemandangan di tempat wisata paling keren di Jogja terkenal indah, khususnya untuk sunset dan sunrise.

 

6. Pojok Beteng

Pojok Beteng - Wisata di Jogja

Pojok Beteng – Wisata di Jogja

Pojok Beteng adalah bangunan yang ada di setiap pojok keraton Jogja. Memiliki bentuk yang menyerupai jembatan, bangunan ini merupakan spot terbaik untuk mengambil gambar Kota Jogja yang terkenal unik dan fenomenal.

Bukan Cuma itu, di bawah Pojok Beteng juga terdapat terowongan yang berfungsi sebagai jalan umum.

Pojok Beteng sebenarnya bukan Tempat wisata di Jogja, melainkan hanya sudut kota yang dimanfaatkan sineas karena keunikan dan keindahannya. Bukan AADC 2, banyak judul film dan FTV di Indonesia yang menggunakan lokasi ini sebagai tempat syuting mereka.

 

7. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu - Wisata di Jogja

Punthuk Setumbu – Wisata di Jogja

Punthuk Setumbu merupakan bukit yang berada di ketinggian 400 mdpl. Menawarkan pemandangan perbukitan dan sunrise yang indah, lokasi ini memikat produser dan sutradara AADC 2 untuk menjadikannya lokasi syuting.

Di film AADC 2, Bukit Punthuk Setumbu digunakan Rangga dan Cinta untuk berbincang dan menikmati indahnya sunrise. Walau durasinya tergolong singkat, namun berkat keindahan dan pesona sunrise-nya yang luar biasa, kini Penthuk Setumbu mulai terkenal berkat film AADC 2 dan jadi destinasi wisata baru yang mulai dipertimbangkan.

Lokasi tempat wisata di Jogja ini tak jauh dari Candi Borobudur, yaitu di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur Magelang.

Nah, untuk Anda yang berniat ke sana, pastikan untuk datang di atas jam 5 pagi untuk mendapatkan pemandangan sunrise yang persis dengan pemandangan yang didapat Cinta di film AADC 2.

Tarif masuk Bukit Punthuk Setumbu sendiri adalah  Rp 15.000,- per orang (Harga sewaktu-waktu bisa berubah), tergolong murah untuk wisata dengan pemandangan sekeren Punthuk Setumbu.

 

8. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis - Wisata di Jogja

Pantai Parangtritis – Wisata di Jogja

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di Jogja yang fenomenal ini? Di samping memiliki pesona yang luar biasa indah, pantai yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Krapyak Bantul ini juga terkenal dengan legenda dan mitos Nyi Roro Kidul. Tapi terlepas dari kedua hal tadi, Parangtritis ada satu dari banyak pantai Jogja yang sangat terkenal.

Di film AADC 2, pantai ini digunakan Cinta dan kawan-kawan untuk berfoto ria dan menghabiskan waktu berlibur.

Pantai Parangtritis sendiri memiliki tebing karang yang lumayan tinggi. Di samping itu, pantai ini juga memiliki ombak yang sangat besar, mirip dengan pantai yang ada di selatan Pulau Jawa lainnya. Untuk biaya retribusi, pengelola tempat wisata di Jogja ini membanderol tiket seharga Rp 5.000,- per orang dan Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- untuk tiket masuk mobil (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Selain memiliki pemandangan yang super duper keren, pantai ini juga menawarkan wahana yang bisa disewa seperti ATV – Rp 50.000,- per 15 menit penggunaan) dan kereta kuda – Rp 20.000,- per sekali putaran (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Bonus :

 

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Jogja yang keren dan dijadikan latar syuting film AADC 2. Di samping keren, tempat-tempat tadi juga dinilai murah dan instagramable sehingga cocok untuk Anda yang suka selfie dan wefie. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: