10 Objek Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Kamu Ketahui

Wisata Dieng Wonosobo merupakan salah satu wisata yang wajib kalian kunjungi. Wisata ini berada di dataran tinggi dieng atau kawasan pegunungan yang berada di Jawa Tengah. Tempat wisata ini secara administratif berada dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo serta Banjarnegara. Jika kalian berkunjung ke kawasan dieng kalian bisa menemukan berbagai macam fenomena alam yang unik serta pemandangan yang mempesona. Tak heran jika tempat wisata ini menarik banyak wisatawan. Dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau termasuk ke dalam kawasan vulkanik aktif atau bisa dibilang sebagai gunung api raksasa.

Wisata Dieng Wonosobo mempunyai beberapa puncak serta kepunden kawah. Sehingga kalian bisa menemukan berbagai macam fenomena alam vulkanis yang unik serta sangat menarik buat dipelajari. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat peta wisata dieng. Untuk masalah harga tiket masuk obyek wisata dieng juga terbilang tidak terlalu mahal dan menguras kantong.

 

Objek Wisata Dieng Wonosobo

 

1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Bukit Sikunir – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Salah satu tempat wisata Dieng Wonosobo adalah bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan. Desa ini mempunyai sebuah bukit dengan panorama sunrise yang sangat indah. Sunrise di Dieng merupakan salah satu wisata paling favorit di Dieng Plateau. Waktu yang paling baik jika kalian ingin melihat pesona sunrise di Dieng adalah pada sekitar bulan juli sampai agustus. Karena di bulan itu musim kemarau terjadi sehingga langit lebih bersih serta tidak akan ada hujan. Untuk melihatnya kalian harus datang ke spot pengamatan di bukit Sikunir Dieng Wonosobo pada saat fajar atau dini hari. Banyak para wisatawan yang menginap di homestay Dieng, hotel, atau penginapan wisata Dieng yang berada di kawasan bukit.

 

2. Telaga Warna

Telaga Warna - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Telaga Warna – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Pemandangan dieng yang menakjubkan selanjutnya adalahtelaga warna. Telaga berada pada ketinggian 2000 mdpl, pemandangan di telaga ini sangat mempesona dan indah. Telaga Warna mempunyai keunikan dibandingkan dengan telaga lainnya yang berada di Indonesia. Keunikan telaga warna wisata Dieng Wonosobo ini terletak pada warna air yang bisa berubah ubah. Air di telaga ini terkadang berwarna merah, biru, hijau, putih, bahkan lembayung. Fenomena alam di telaga ini terjadi akibat air yang mengandung sulfur yang lumayan tinggi. Sulfur yang terkena cahaya matahari bisa menimbulkan warna yang berbeda-beda.

 

3. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Sumur Jalatunda – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Sumur Jalatunda merupakan salah satu wisata Dieng Wonosobo berikutnya. Wisata ini berada di  di desa pekasiran, Kec. Bantur, Kab. Banjarnegara. Berada 12 km di sebelah barat dari lokasi utama wisata wonosobo dieng.Sumur ini pada awalnya merupakan sebuah ceruk rekahan kawah yang tergenang air. Sumur ini mempunyai diameter 90 meter serta kedalaman yang lebih dari 200 meter. Dinamakan sumur karena air yang tergenang di ceruk ini tampak seperti sumur. Buat sampai di tempat wisata dieng ini kalian harus  menaiki 257 anak tangga. Di anak tangga terakhir, kalian akan melihat tumpukan kerikil yang beralaskan karung beras. Berdasarkan mitos masyarakat setempat, siapa saja yang bisa melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang berlawanan akan dikabulkan permohonannya. Harga yang perlu kalian keluarkan buat batu kerikil biasanya sebesar Rp 500.

 

4. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Telaga Pengilon – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Saat kalian berkunjung ke telaga warna tidak akan lengkap rasanya jika kalian tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. Telaga ini berada disebelah telaga warna di wisata Dieng Wonosobo. Walaupun kedua telaga ini berdekatan, tapi telaga pangilon mempunyai keunikannya sendiri. Telaga ini mempunyai warna air yang jernih serta tidak berwarna seperti telaga warna. Buat kalian penggemar fotografi pasti terpesona dengan pemandangan disekitar telaga warna. Karena telaga ini  dikelilingi dengan pegunungan dieng yang asri serta hijau.

 

5. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Kawah Sikidang – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Wisata Dieng Wonosobo sebenarnya merupakan gunung api raksasa yang masih aktif. Salah satu tanda aktivitas vulkanik di tempat wisata ini adalah keberadaan beberapa kawah puncak dieng. Salah satu kawah yang terkenal yaitu kawah sikidang. Kawah ini mempunyai luas sekitar 200 m2 dan berada pada tanah datar yang membuat pengunjung bisa melihat gumpalan asap dari kawah dengan jelas, ini menunjukan pesona misteri gunung dieng. Selama di kawasan kawah ini kalian harus berhati-hati. Karena seperti kawah lainnya, Kawah Sikidang juga mempunyai kadar belerang yang cukup tinggi.

 

6. Gunung Prau

Gunung Prau - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Gunung Prau – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Bagi kalian yang sangat menyukai mendaki, kalian bisa mencoba mendaki gunung prau. Sama halnya dengan pendakian lainnya buat mendaki Gunung prau kalian membutuhkan persiapan yang matang. Yang paling penting adalah kesiapan fisik kalian sebelum mendaki. Pendakian di Gunung ini memang tidak terlalu populer seperti pendakian gunung Sindoro, Sumbing, atau Merapi. Tapi jangan salah, gunung ini mempunyai keunikannya sendiri serta mempunyai pemandangan yang sangat indah. Puncak Dieng ini mempunyai ketinggian 2.565 mdpl, sehingga termasuk gunung yang pendek daripada gunung lainnya. Salah satu jalur menjadi tempat favorit dan terkenal dengan sebutan bukit teletubbies. Ini karena bukit ini mempunyai hamparan padang rumput hijau luas menyerupai perbukitan di film teletubbies.

 

7. Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Komplek Candi Arjuna – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang sangat mempesona. Kawasan wisata Dieng Wonosobo juga mempunyai wisata budaya yaitu candi. Salah satu candi yang berada di Dieng adalah Candi Arjuna. Di lokasi yang sama juga terdapat candi seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi serta Candi Sembadra. Ini yang membuat tempat ini dikenal sebagai wisata percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang telah ditemukan, candi arjuna berdiri pada awal abad 9 Masehi. Tempat wisata Candi Arjuna ini sangat mempesona serta eksotis sehingga sangat cocok buat kalian pecinta fotografi.

 

8. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah gardu pandang tieng. Gardu pandang ini adalah sebuah bangunan yang berada di tepi jalan raya kawasan dieng. Bangunan ini biasa digunakan buat menikmati pesona alam di kawasan dieng. Kalau kalian melihat pemandangan dari spot ini akan sangat menarik apalagi saat pagi hari. Terutama saat matahari terbit/sunrise, karena kalian bisa melihat semburat cahaya matahari di pagi hari. Gardu ini mempunyai ketinggian 1700 dpl,  dari sini kalian juga bisa melihat pesona Gunung Sindoro serta Gunung Kembang.

 

9. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Batu Ratapan Angin – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Tempat wisata Dieng Wonosobo selanjutnya adalah batu ratapan angin. Batu ratapan ini merupakan sebuah tebing berdekatan dengan lokasi telaga warna. Tempat wisata ini merupakan salah satu favorite para wisatawan dieng. Ini karena kalian jika berada di tempat bisa melihat dengan jelas telaga warna serta telaga pengilon. Pemandangan yang sangat indah jika kalian bisa menyaksika dua buah telaga dari ketinggian. Tapi karena berada di tempat yang tinggi, kalian akan membutuhkan tenaga ekstra buat sampai di tempat ini. Tapi itu semua akan terbayar dengan keindahan yang ditampilkan di Batu Ratapan angin ini.

 

10. Telaga Cebong Dieng

Telaga Cebong - Objek Wisata Dieng Wonosobo

Telaga Cebong – Objek Wisata Dieng Wonosobo

Tak hanya telaga warna, tempat wisata Dieng Wonosobo di kawasan Dieng selanjutnya adalah Telaga Cebong. Telaga ini berlokasi di Desa Sembungan yaitu desa tertinggi di wilayah jawa tengah. Jadi saat para wisatawan yang telah menyaksikan sunrise di bukit sikunir, saat pulangnya biasanya akan mampir ke telaga ini. Karena telaga ini berada tidak jauh dari bukit Sikunir Dieng Wonosobo. Telaga ini berada diatas 2300 mdpl, sehingga telaga ini dijuluki sebagai telaga diatas awan.

 

Begitulah ulasan singkat dari Kompas Wisata tentang beberapa tempat wisata Dieng Wonosobo yang bisa kalian jadikan referensi liburan. Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Dieng namun tidak mencicipi makanan khas Dieng seperti tempe kemul dan keripik jamur yang ditemani segelas teh tambi. Semoga beberapa referensi diatas sudah dapat memenuhi list perjalanan Anda saat mengunjungi daerah Dieng Wonosobo ini. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!