4 Objek Wisata Eksotis di Nusa Penida Bali yang Wajib Dikunjungi

Wisata Nusa Penida – Liburan ke Bali belum lengkap jika Anda belum menjelajahi berbagai objek wisata eksotis di Nusa Penida Bali. Wilayahnya yang terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil yang indah ini merupakan sebuah destinasi eksotis yang harus Anda kunjungi setelah puas mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bali.

Nusa Penida terletak di bagian tenggara Pulau Bali yang di pisahkan oleh Selat Badung. Nusa Penida berada di antara dua pulau kecil indah lainnya yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Sebagai salah satu pulau terindah yang ada di Bali, Nusa Penida menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Di sini Anda akan menemukan banyak sekali turis asing yang berlibur di Nusa Penida.

 

Lokasi Nusa Penida

Nusa Penida berlokasi di bagian tenggara Pulau Bali, letaknya berseberangan dan dipisahkan oleh Selat Badung. Secara administratifnya Nusa Penida masih termasuk wilayah Provinsi Bali.

 

Cara Menuju Ke Nusa Penida

Untuk bisa mengakses lokasi wisata eksotis di Nusa Penida Bali hanya tersedia jalur laut yang bisa Anda tempuh. Hingga kini belum ada jalur penyeberangan darat yang menghubungkan Bali dengan Nusa Penida. Begitu pula dengan jalur penerbangan, hingga saat ini belum ada bandara yang ada di wilayah Nusa Penida sehingga satu-satunya akses yang bisa di pakai adalah dengan menyeberang menggunakan kapal.

Untuk bisa menyeberang menuju ke Nusa Penida Anda bisa menggunakan  perahu atau sampan tradisional bermesin yang di miliki oleh para nelayan atau menyewa speed boat, namun cara ini relatif lebih mahal dan Anda harus menyewa guide berpengalaman yang harus menemani Anda menyeberang. Alternatif yang di sarankan adalah menyeberang dengan menggunakan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, yaitu sebuah kapal penyeberangan besar yang rutenya menuju ke Nusa Lembongan.

Waktu penyeberangan dengan menggunakan kapal ini biasanya hanya memakan waktu 1 jam, dan paling cepat setengah jam jika cuaca sedang bersahabat. Apabila cuaca sedang buruk maka penyeberangan bisa memakan waktu lebih lama.

 

Wisata Eksotis di Nusa Penida Bali

Area wisata Nusa Penida memiliki demografi wilayah yang relatif berbeda dengan Bali sendiri. Nusa Penida cenderung memiliki wilayah yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan tebing-tebing yang curam. Keadaan alam yang seperti ini justru memberikan kesan unik tersendiri pada Nusa Penida.

Anda bisa menemui banyak pantai dengan laguna-laguna kecil yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Biasanya laguna kecil ini memiliki air dengan warna biru yang sangat jernih, di spot seperti inilah para pengunjung akan menghabiskan banyak waktu untuk bersantai sambil mengambil foto-foto sebagai kenang-kenangan.

Selain itu masih banyak lagi objek wisata eksotis di Nusa Penida Bali yang bisa Anda jelajahi, di antaranya,

1. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Angel’s Billabong – Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Angel’s Billabong adalah salah satu spot yang paling populer di Nusa Penida. Tempat ini merupakan sebuah muara, di mana ujung sungai Nusa Penida bertemu dengan laut lepas. Keunikan Angel’s Billabong ada pada laguna-laguna kecil yang terbentuk akibat kikisan gelombang dalam waktu yang lama sehingga membentuk cekungan yang menyebar di beberapa titik. Cekungan ini kemudian terisi air sehingga terbentuklah kola alami dengan airnya yang sangat jernih. Anda pasti tidak tahan untuk segera berenang di dalamnya.

2. Mata Air Tembeling

Mata Air Tembeling Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Mata Air Tembeling – Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Selanjutnya ada Mata Air Tembeling yang lokasinya cukup tersembunyi. Sebelum bisa sampai di lokasi Anda harus melakukan perjalanan sejauh 35 km dari pelabuhan ke arah barat ujung Nusa Penida. Setelah itu Anda harus melakukan trekking menyusuri jalur yang cukup terjal hingga sampai di lokasi Mata Air Tembeling. Semua rasa lelah perjalanan Anda akan terbayar begitu melihat kejernihan air di Mata Air Tembeling yang membentuk kolam alami yang besar ini.

3. Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Pantai Pasih Uug – Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Pantai ini di kenal juga dengan nama Broken Beach. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki keunikan tersendiri di bandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Pantai ini memiliki sebuah tebing terjal yang berlubang pada bagian tengahnya, ketinggiannya mencapai 200 meter mengarah ke laut. Hal inilah yang membuat pantai ini dinamakan sebagai Pantai Pasih Uug atau Broken Beach.

4. Pura Dalem Ped

Pura Dalem Ped Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Pura Dalem Ped – Wisata Eksotis Di Nusa Penida Bali

Wisata eksotis di Nusa Penida Bali yang terakhir adalah Pura Dalem Ped. Tidak hanya Bali saja yang memiliki banyak pura. Di Nusa Penida juga terdapat sebuah purayang berlokasi di Desa Ped Sampalan, Nusa Penida. Pura ini masih aktif di gunakan oleh warga setempat sebagai salah satu tempat peribadatan mereka. Pura ini juga memiliki keindahan yang tidak boleh Anda lewatkan, Anda bisa mendapatkan banyak foto-foto bagus dengan latar belakang Pura Dalem Ped ini.

 

Nah itulah beberapa objek wisata eksotis di Nusa Penida Bali yang bisa dijadikan tujuan liburan Anda selama di Pulau Dewata. Jangan takut kesusahan mencari penginapan di sekitar Nusa Penida, karena di sini memiliki banyak penginapan terutama di daerah wisata andalan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!