Menikmati Keindahan Jalur Wisata Gunung Sindoro yang Menakjubkan

Wisata Gunung Sindoro merupakan destinasi favorit bagi para pendaki dan para pecinta alam. Gunung yang terletak di Kabupaten Temanggung ini menyimpan potensi wisata alam yang besar. Gunung Sindoro memiliki ketinggian yang cukup menantang yaitu mencapai 3.153 mdpl pada puncaknya. Ketika mendaki, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang hijau di sepanjang lereng Gunung Sumbing-Sindoro yang sangat indah, Anda juga akan menjumpai Kawah Gunung Sindoro yang merupakan daya tarik utama dari gunung ini.

Kawah Gunung Sindoro

Kawah Gunung Sindoro

Lokasi Gunung Sindoro

Secara administratif Gunung Sindoro masih termasuk ke dalam kawasan Desa Katekan, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung. Gunung ini terletak pada perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

 

Potensi Wisata Gunung Sindoro

Gunung Sindoro memiliki potensi alam yang belum dikelola secara maksimal. Sejauh ini salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan di kawasan Gunung Sindoro adalah pendakian dan camping ground.

Lereng Gunung Sumbing Dan Gunung Sindoro

Lereng Gunung Sumbing Dan Gunung Sindoro

Padahal kondisi geografis alam di wilayah kaki Gunung Sindoro sangat potensial untuk lebih dikembangkan. Gunung ini memiliki daya tarik keindahan alamnya yang masih sangat alami. Kawasan hijau yang luas yang di dominasi oleh bukit-bukit dan lereng membuat panorama alam di tempat ini menjadi sangat menarik.

Wisata Gunung Sindoro sangat potensial dikembangkan sebagai salah satu objek agrowisata menarik yang ada di Temanggung. Anda akan menjumpai banyak sekali perkebunan kelengkeng, kopi, tembakau, dan vanila yang berada di kawasan kaki Gunung Sindoro ini pada perjalanan pendakian Anda.

 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa Anda pilih untuk naik ke atas puncak Gunung Sindoro. Tapi khusus bagi Anda yang masih pemula, jalur yang direkomendasikan adalah jalur Kledung yang relatif lebih ringan dan lebih cepat. Sebelum sampai ke puncak, Anda terlebih dahulu harus melewati beberapa pos sebagai berikut.

1. Basecamp

Sebelum memulai pendakian Anda terlebih dahulu akan berhenti di basecamp pendakian. Di sinilah Anda harus mengecek kembali semua barang bawaan dan persiapan bekal selama di perjalanan. Pastikan juga Anda dalam kondisi yang fit saat pendakian akan dimulai.

2. Pos Pertama

Dari basecamp Anda akan melakukan pendakian ke arah pos 1. Perjalanan menuju ke pos 1 ini memakan waktu sekitar satu setengah jam. Di sini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kawasan perkebunan Wisata Gunung Sindoro yang ada di kaki gunung.

3. Pos Kedua

Selanjutnya Anda akan sampai di pos 2. Dari sini Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke pos selanjutnya apabila tidak merasa terlalu lelah. Apabila Anda merasa perlu beristirahat Anda juga bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan kawasan hijau Wisata Gunung Sindoro sambil merasakan angin yang sudah terasa sejuk.

4. Pos Tiga

Setelah beristirahat sejenak di pos 2 Anda bisa melanjutkan lagi pendakian ke pos 3. Perjalanan menuju ke pos 3 memakan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 3 jam. Di jalur ini jalan yang Anda lalui sudah mulai terjal dengan sudut yang semakin menanjak. Jalanan juga dipenuhi dengan bebatuan, jadi Anda harus hati-hati saat melangkahkan kaki agar tidak terjatuh. Dari sini Anda sudah bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing yang ditutupi awan. Udara yang ada juga akan terasa semakin dingin.

5. Pos Empat

Dari pos 3 Anda akan melanjutkan perjalanan lagi selama 1,5 jam menuju ke pos 4. Di jalur ini Anda akan melintasi kawasan hutan dan padang rumput. Setelah sampai di pos 4 Anda akan mulai merasakan tiupan angin yang kencang. Dari sini Anda disarankan untuk tidak berlama-lama dan langsung melanjutkan perjalanan menuju ke puncak.

6. Puncak Gunung Sindoro

Perjalanan menuju ke puncak adalah perjalanan dengan pemandangan yang paling indah. Anda akan melewati kawasan hijau Hutan Lamtoro yang sangat rimbun. Anda juga akan melewati sebuah padang yang dipenuhi dengan Bunga Edelweiss, inilah tempat paling menarik yang ada di Wisata Gunung Sindoro. Anda pasti senang bisa melihat bunga ini apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda.

Di sebelah barat Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing yang berdiri dengan kokoh. Di jalur ini Anda bisa mengambil banyak sekali foto-foto dengan latar belakang yang bagus. Anda bisa berhenti sejenak di padang edelweiss untuk menikmati keindahannya. Tapi ingat, bunga ini tidak boleh dipetik.

Dari padang edelweiss Anda bisa melanjutkan pendakian lagi menuju ke Puncak Sindoro. Pendakian dari padang edelweiss menuju puncak memakan waktu sekitar 1,5 jam. Ketika sampai di puncak Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda juga akan berjumpa dengan 2 buah Kawah Sindoro yang ada di puncak gunung ini.

Itulah ulasan singkat Kompas Wisata tentang cara menikmati keindahan wisata Gunung Sindoro yang bisa kalian coba. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh dan selalu kompak satu sama lainnya. Terus menjaga kebersihan walau kalian berada di alam bebas. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!