3 Macam Kawah di Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan destinasi wisata paling populer di Bandung yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh penjuru tanah air dan turis asing. Sebagai salah satu objek wisata andalan Bandung, Gunung Tangkuban Perahu menawarkan keindahan alam yang sulit ditemukan di tempat lain. Anda bisa melihat kawah-kawah besar yang sangat eksotis sisa dari letusan gunung berabad-abad silam. Udaranya yang sejuk juga akan membuat Anda merasa nyaman berlama-lama menikmati liburan Anda di tempat ini.

 

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di bagian utara Bandung, terletak di daerah Cikole, Kabupaten Lembang. Jika dari Bandung jaraknya sekitar 20 km. Tangkuban Perahu berada di antara perbatasan Bandung dan Subang.

Untuk bisa sampai di Gunung Tangkuban Perahu Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Kendaraan yang Anda bawa bisa di parkirkan di dalam area wisata.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berangkat dari Kota Bandung melewati Jl. Setiabudhi menuju arah Lembang. Di sepanjang jalan Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah banyak dipasang hingga sampai ke lokasi Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh.

Pertama Anda bisa berangkat dari arah Stasiun Hall Bandung. Dari sini Anda bisa naik angkot yang mengarah ke Lembang. Setelah sampai di terminal Lembang sambung lagi perjalanan Anda dengan berganti angkot yang mengarah ke daerah Cikole, kemudian Anda bisa berhenti di lokasi Tangkuban Perahu.

Alternatif lain Anda juga bisa berangkat dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Naiklah angkot dengan jurusan Indramayu. Kemudian Anda bisa berhenti di persimpangan gerbang masuk ke area wisata Gunung Tangkuban Perahu

 

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Yang Paling Menarik

Daya tarik Gunung Tangkuban Perahu ada pada pemandangan eksotis kawah-kawah besar yang ada di dalamnya. Beberapa kawah paling indah di Tangkuban Perahu yang wajib Anda kunjungi di antaranya,

 

1. Kawah Ratu

Kawah Ratu Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu – Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu adalah kawah yang ukurannya paling besar di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha ribuan tahun yang lalu. Untuk bisa sampai di lokasi Kawah Ratu Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan Anda naik ke atas dan memarkirnya tepat di dekat kawah karena jika berjalan kaki akan cukup jauh.

Pemandangan Kawah Ratu adalah latar belakang yang sangat indah untuk berfoto. Setelah puas berfoto Anda bisa mampir di warung-warung yang banyak terdapat di sekitar kawah ini. Anda bisa memesan wedang jahe untuk menghangatkan badan karena udara di sekitar Kawah Ratu sangat dingin.

 

2. Kawah Upas

Kawah Upas Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Upas – Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Selanjutnya ada Kawah Upas yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kawah Ratu. Setelah puas menikmati keindahan kawah ratu dan minum wedang jahe, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kawah Upas. Perjalanan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 25 menit melewati jalur yang pemandangannya sangat indah. Di sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah, di sisi jalan Anda akan melihat kawasan pepohonan yang lebat. Sesekali Anda juga akan melihat beberapa ekor lutung yang melintas.

Tempat yang paling ideal untuk menikmati pemandangan Kawah Upas adalah dari Upas Hill. Saat ini pengunjung sudah tidak diperbolehkan lagi berada di dekat Kawah Upas karena aktivitasnya yang mengeluarkan zat beracun menjadi semakin aktif. Jadi sebagai alternatif Anda bisa berjalan mendaki ke arah puncak Upas Hill untuk menikmati keindahan Kawah Upas dari ketinggian.

 

3. Kawah Domas

Kawah Domas Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Domas – Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah yang ketiga di objek wisata Gunung Tangkuban Perahu yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Domas. Kawah ini merupakan kawah paling terkenal setelah Kawah Ratu. Lokasinya berada di dataran yang lebih rendah. Dari Kawah Upas Anda akan melewati perjalanan menurun menuju ke Kawah Domas. Di sini Anda bisa melihat banyak sekali lumpur belerang yang berasal dari aktivitas kawah. Anda bisa membeli telur dan merebusnya di kawah. Anda juga bisa pergi ke salah satu tempat pemandian lumpur belerang yang terletak tidak jauh dari kawah. Di sini Anda akan melihat para pengunjung yang sedang melumuri tubuh mereka dengan lumpur belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

 

Keindahan objek wisata Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya di kawahnya saja, di sana Anda juga bisa merasakan sensasi berfoto dengan latar belakang asap dari kawah dan juga menjadi sarana edukasi tentang sejarah atau mitos yang tersembunyi di dalamnya. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda sebelum menginjakkan kaki ke tanah Tangkuban Perahu. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!