Menyicipi Nikmatnya 4 Lokasi Wisata Kuliner Terkenal di Jogja

Wisata Kuliner Terkenal di Jogja – Yogyakarta merupakan kota yang saat ini tengah berkembang tapi kebudayaannya masih tetap diwariskan hingga sekarang. Selain itu, Yogyakarta juga memiliki berbagai macam objek wisata yang sangat menarik. Tidak heran jika kota ini selalu dipadati banyak orang untuk berwisata, apalagi jika musim liburan tiba.

Bukan hanya objek wisatanya, kota ini juga memiliki kuliner yang khas dengan rasa yang sangat nikmat dan lezat, selain itu harganya juga sangat terjangkau. Nah, untuk Anda para pecinta kuliner yang ingin mencoba wisata kuliner terkenal di Jogja, silakan Anda kunjungi tempat-tempat berikut ini.

 

Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Jogja

 

1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Sate Klathak Pak Pong – Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Kuliner sate merupakan kuliner rakyat yang sudah melegenda. Biasanya berisi daging ayam atau daging kambing yang ditusuk-tusuk menggunakan kayu kecil kemudian dibakar hingga mengeluarkan wangi yang sangat mengundang selera. Namun, Sate Klathak Pak Pong membuat konsep yang berbeda yaitu menggunakan jeruji sepeda sebagai tusuk satenya.

Pak Pong selaku pemiliki kedai sate klathak menggunakan daging kambing untuk daging satenya. Jika ditanya mengapa menggunakan jeruji sepeda sebagai tusukannya? Karena menurut Pak Pong tusuk sate menggunakan jeruji sepeda dapat membuat daging kambing matang merata. Selain itu, lebih ramah lingkungan karena jeruji sepeda yang dipakai untuk tusuk sate bisa digunakan berkali-kali. Untuk menyicipi sate ini, Anda harus menempuh jarak ±12km dari Jalan Malioboro ke arah Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret, Bantul.

 

2. Mie Telap 12

Mie Telap 12 Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Mie Telap 12 – Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Semua orang indonesia pasti sudah akrab dengan yang namanya mie instant. Namun, apa jadinya jika mie instant yang dimasak sama persis dengan gambar yang ada pada kemasannya. Yups, konsep inilah yang diusung oleh Mie Telap 12. Di tempat ini, Anda bisa menikmati aneka mie instant yang mirip sekali mulai dari bentuk mienya hingga toping yang dipakai. Misalkan, Anda memesan mie istant rasa kari ayam, maka akan disajikan mie instant yang dihiasi lengkap dengan telur, daun selederi, dan ayam goreng sesuai dengan gambar di kemasannya.

Untuk dapat menikmati uniknya mie telap 12 ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit dari jalan Malioboro ke arah Jalan Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Untuk masalah harga, warung ini membandrol seporsi mie di kisaran Rp.10.000 hingga Rp.18.000 tergantung dari tambahan yang disediakan dalam hidangan mie tersebut.

Baca Juga : Tempat Nongkrong di Jogja yang Asyik dan Seru

 

3. Manggar Manding

Manggar Manding Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Manggar Manding – Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Jogja disebut juga sebagai kota gudeg, karena dari kota inilah makanan gudeg berasal. Pada umumnya, gudeg dibuat dari nangka muda yang dilengkapi sayuran. Namun, berbeda dengan gudeg yang ada di Manggar Manding,  sesuai dengan namanya yaitu “manggar” maka gudeg ini menggunakan manggar atau akar kelapa yang masih muda dan disajikan dengan tempe bacem dan sayur krecek.

Konon, gudeg ini menjadi pilihan favorit para putri kerajaan terdahulu alasannya karena manggar dipercaya dapat memancarkan kecantikan dari dalam tubuh. Selain itu, manggar juga berkhasiat untuk menjaga stamina. Manggar Manding berada di Jalan Prangtritis KM 11,5, Bantul, Yogyakarta.

 

4. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Gudeg Pawon – Wisata Kuliner Terkenal Di Jogja

Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal karena memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu, gudeg pawon ini sudah berdiri sangat lama yaitu sejak tahun 1958. Tidak heran jika peminatnya berasal dari semua kalangan, mulai dari yang muda hingga yang umurnya sudah sangat tua. Jika Anda ingin menikmati gudeg pawon, sebaiknya datang sebelum tempat ini buka (jam 10 malam) karena setiap harinya selalu dipadati pengunjung. Lokasi Gudeg Pawon berada di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Jogja yang Jadi Latar Film AADC 2

 

Kuliner Jogja memang menjadi juara, wajar saja jika banyak wisatawan yang datang ke kota ini hanya untuk menyicipi nikmatnya lokasi wisata kuliner terkenal di Jogja yang memang sudah cukup melegenda di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Jogja cobalah untuk mengunjungi salah satu tempat kuliner di atas untuk menikmati sensasi rasa makanan yang berbeda. Supaya lebih asik, ajak juga keluarga dan orang-orang terdekat Anda. Selamat mencoba. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!