10 Destinasi Wisata Kulon Progo Idola Para Backpacker dan Instagramer

Wisata Kulon Progo – Kota Yogyakarta mempunyai  pesonanya tersendiri, sehingga seringkali dijadikan sebagai destinasi liburan. Setiap sudut di kota ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona dan berbeda. Salah satu yang terkenal adalah kabupaten Kulon Progo, obyek wisata disini sudah terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Obyek wisata Kulon Progo tergolong lengkap, kalian bisa menemukan wisata gunung hingga wisata pantai. Bahkan akses untuk menuju Kulon Progo terbilang bagus. Sudah banyak transportasi yang memudahkan kalian kesana, serta telah banyak hotel dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan. Berikut beberapa tempat wisata di Kulon Progo yang wajib kalian kunjungi.

 

Referensi Wisata Kulon Progo

 

1. Kalibiru

Kalibiru Wisata Kulon Progo

Kalibiru – Wisata Kulon Progo

Wisata Kalibiru merupakan salah satu wisata alam Kulon Progo yang tengah populer hingga ke mancanegara. Apalagi banyak pemuda-pemudi yang sengaja datang untuk berfoto di antara pohon pinus. Hal ini semakin menambah ketenarannya buat dikunjungi serta menjadi wisata Kulon Progo terfavorit. Potensi wisata alam Kalibiru membuat masyarakatnya berusaha menjaga lokasi wisata ini agar tetap bersih. Disana kalian bisa menikmati udara segar serta suasana hutan yang masih terjaga. Serta menikmati pemandangan di Kulon Progo dari dari atas viewpoint. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kalian hanya perlu mengeluarkan Rp 3.000 rupiah saja.

 

2. Waduk Sermo

Waduk Sermo Wisata Kulon Progo

Waduk Sermo – Wisata Kulon Progo

Saat kalian duduk bersantai di viewpoint Kalibiru, kalian juga bisa melihat wisata lainnya yang tak jauh dari sana. Nama tempat wisata itu adalah wisata Waduk Sermo. Kalian bisa menikmati waduk sambil naik perahu sewa. Kalian juga bisa menikmati pemandangan indah bukit Menoreh Kulon Progo. Wisata Waduk Sermo ini berlokasi di Dusun Sermo, Kec. Kokap. Untuk bisa menikmati Waduk Sermo kalian hanya perlu membayar Rp 2.000/orang  serta membayar Rp 1.000/motor. Waduk Sermo merupakan tempat favorit untuk  memancing bagi masyarakat sekitar. Selain tempat irigasi, masyarakat disana juga memelihara ikan dalam keramba apung. Bahkan jumlahnya mencapai 100 keramba, dikatakan satu keramba bisa menghasilkan 2,5 ton ikan setiap 4 bulan. Sehingga kalian juga bisa menikmati wisata kuliner berupa ikan bakar yang bisa kalian pancing langsung dari Waduk Sermo. Sehingga ikannya dipastikan merupakan ikan yang masih sangat segar.

 

3. Gunung Ijo

Gunung Ijo Wisata Kulon Progo

Gunung Ijo – Wisata Kulon Progo

Wisata selanjutnya adalah menikmati keindahan Gunung Ijo yang berada diantara Kulon Progo dengan Purworejo. Berlokasi di Desa Plampang, Kec. Kokap, Gunung Ijo ini memiliki ketinggian hingga 1.000 mdpl.  Gunung Ijo adalah puncak tertinggi di bukit Menoreh. Lokasi gunung ini sedikit tersembunyi sehingga lumayan sulit ditemukan oleh para wisatawan. Tersedia 2 jalur yang bisa kalian lalui untuk tiba di Gunung Ijo. Kalian bisa menemukan jalur yang pendek agar menghemat waktu atau jalur yang panjang dengan konsidi jalan lebih bagus. Dari sana kalian bisa melihat seluruh penjuru kota Yogyakarta. Kalian bisa menikmati pemandangan bukit Menoreh, Waduk Sermo, pantai Parangtritis, bahkan kabupaten Kebumen juga terlihat dari sini.

 

4. Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono Wisata Kulon Progo

Canting Mas Puncak Dipowono – Wisata Kulon Progo

Wisata Canting Mas puncak Dipowono kabupaten Kulon Progo, daerah istimewa Yogyakarta. Berlokasi tepatnya didusun Clapar 2, desa Hargowilis, kec. Kokap,  puncak Dipowono mempunyai ketinggian 700 mdpl. Jalan menuju puncak Dipowono terbilang mudah serta akses jalan yang sudah cukup baik. Selama disana kalian bisa menemukan beberapa warung makan sederhana. Karena sarana tempat sampah disana terbatas diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan. Selama disana kalian bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo. Bagi kalian para pecinta fotografi alam kalian akan menemukan banyak sekali spot bagus apalagi jika kalian ingin memotret saat sunrise. Bagi pengunjung yang suka dengan camping, pengelola wisata puncak Dipowono mempersilahkan untuk camping, hanya saja sebelum camping harus meminta izin terlebih dahulu.

 

5. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Wisata Kulon Progo

Puncak Suroloyo – Wisata Kulon Progo

Wisata Kulon Progo selanjutnya ternyata juga berada di perbukitan Menoreh. Tempat wisata ini adalah Puncak Suroloyo, di obyek wisata ini kalian bisa camping. Kalian juga bisa menikmati matahari terbit serta hamparan awan mempesona yang sangat keren. Kalian tidak perlu repot mendaki gunung untuk bisa melihat pemandangan yang mempesona di pucak Suroloyo. Dari sana kalian bisa melihat gunung Merapi, gunung Sumbing, serta gunung Merbabu. Saat cuaca sedang cerah kalian bahkan bisa melihat candi Borobudur.  Tapi untuk bisa tiba di wisata alam Kulon Progo ini kalian harus menaiki 290 anak tangga. Jadi persiapkan dulu kondisi fisik kalian ya.

 

6. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Wisata Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo – Wisata Kulon Progo

Tempat menarik di Kabupaten Kulon Progo selanjutnya adalah kebun teh Nglinggo. Obyek wisata ini merupakan salah satu wisata kebun teh Kulon Progo. Kebun teh Nglinggo ini berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh. Kalian bisa berfoto sepuasnya sambil menikmati pemandangan kebun teh seperti di film My Heart. Kalian juga bisa melihat  pemandangan hutan pinus yang sangat mempesona. Serta melihat pemandangan perbukitan yang ada disekitarnya. Wisata kebun teh Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang tergolong masih baru.

 

7. Bukit Menoreh

Bukit Menoreh Wisata Kulon Progo

Bukit Menoreh – Wisata Kulon Progo

Bukit Menoreh Kulon Progo merupakan daerah perbukitan yang berada yang berfungsi sebagai pembatas antara kab. Kulon Progo dengan kabupaten Purworejo. Pada zaman dulu, bukit ini merupakan basis pertahanan bagi Pangeran Diponegoro serta para pengikutnya dalam berperang melawan Belanda. Wisata di Kulon Progo ini secara adminsitratif berada di kab. Magelang, kab.Purworejo serta kab. Kulon Progo. Pemerintah sedang menyusun rencana untuk membedah perbukitan Menoreh dan menyatukan jalur antar obyek wisata dengan desa.

Program ini ingin mengoptimalisasi wilayah pada bagian utara yang merupakan daerah perbukitan. Seperti wisata Kalibawang, Samigaluh, sampai Kokap, yang akan dibuatkan jalur hingga bandara baru. Selain itu sejumlah objek wisata juga akan dioptimalisasikan seperti Sendangsono, kebun teh Tritis, puncak Suroloyo, hingga waduk Sermo yang akan membutuhkan perbaikan jalan sepanjang 20 Km.

 

8. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut Wisata Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut – Wisata Kulon Progo

Saat kalian melihat peta wisata di Kulon Progo yang terbaru, kalian akan menemukan air terjun Kedung Pedut kabupaten Kulon Progo, daerah istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata Kulon Progo yang tergolong masih baru. Wisata alam ini mempunyai tiga kedung yang bentuknya  bertingkat-tingkat. Obyek wisata ini terkenal dengan airnya yang jernih serta biru sehingga sangat mempesona serta cocok jika kalian ingin berfoto underwater. Kedung Pedut berlokasi didaerah Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo.

Baca Juga :

 

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Wisata Kulon Progo

Air Terjun Grojogan Sewu – Wisata Kulon Progo

Selanjutnya adalah wisata alam Kulon Progo yang namanya hampir mirip dengan air terjun yang berada di kab. Karanganyar. Tapi air terjun Grojogan Sewu ini berada di desa Beteng, Jatimulyo, Kulon Progo. Sama dengan obyek wisata seperti air terjun Perawan Sidoharjo, wisata alam air terjun ini masih tergolong tidak terlalu ramai pengunjungnya. Tapi untuk masalah keindahannya jangan khawatir, karena air terjun ini mempunyai pemandangan yang tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya.

 

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah Wisata Kulon Progo

Pantai Glagah – Wisata Kulon Progo

Wisata pantai Kulon Progo yang cukup terkenal adalah Pantai Glagah. Pantai ini dilengkapi dengan pemecah  ombak dan  menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan kalian temukan di pantai lainnya di Yogyakarta. Biasanya di atas tetrapod ini para pemancing akan melemparkan kail berharap mereka bisa menangkap ikan layur, pethek dan ikan lainnya.

Waktu yang paling pas untuk pergi berkunjung ke wisata alam Kulon Progo ini adalah saat bulan baru serta saat air laut pasang. Karena kalian bisa melihat ombak yang dahsyat menghampiri pantai ini. Ombak ini akan menghantam tetrapod sehingga buihnya berhambur ke dermaga. Selain itu banyak wahana yang bisa kalian mainkan selama di sana, semacam perahu bebek, kano, sampai menyewa perahu nelayan buat berkeliling. Bagi kalian para penggemar fotografi, kalian wajib memotret pemandangan ombak yang pecah menghantam  tetrapod serta dilengkapi dengan matahari tenggelam.

 

Nah, itulah 10 destinasi wisata Kulon Progo yang bisa Kompas Wisata berikan kali ini. Semoga ulasan diatas dapat membantu kalian dalam menentukan destinasi liburan saat di Kulon Progo. Selain wisata alamnya, Kulon Progo juga memiliki makanan khas yang harus kalin cicipi seperti geblek, cenil atau growol yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!