10 Objek Wisata Labuan Bajo Terfavorit & Wajib Dikunjungi

Tempat wisata Labuan Bajo tidak hanya Pulau Komodo saja, ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Labuan Bajo yang bisa kamu jelajahi. Labuan Bajo sendiri adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo Flores mempunyai fungsi strategis yaitu sebagai pusat pemerintahan  ibukota kabupaten Manggarai Barat, pusat pendidikan, pusat perdagangan dan tentu saja sebagai pusat pariwisata. Tidak seperti kota-kota lain, kota Labuan Bajo ini memiliki keunikannya tersendiri. Pertama, kota ini merupakan kota pelabuhan bertingkat. Dimana pesisir pantainya tidak terlalu luas dengan dataran yang luas di atasnya. Hal ini menjadikan Labuan Bajo menjadi kota yang indah. Kedua, keindahan kota ini semakin bertambah karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yang tak berpenghuni. Dan yang terakhir kota Labuan Bajo termasuk kota yang aman. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya aduan terkait aksi kriminalitas.

Labuan Bajo disebut sebagai pintu gerbang dari Labuan Bajo komodo dan ibukota Manggarai Barat. Sehingga kota ini semakin banyak didatangi oleh para pendatang. Seiring dengan perkembangan zaman, sektor wisata Labuan Bajo juga mengalami peningkatan. Semakin banyak kawasan wisata di Labuan Bajo yang dikelola dan kini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk berkunjung ke Labuan Bajo bisa menggunakan transportasi udara. Bandara Udara Komodo yang sebelumnya hanya dapat mengakomodasi 400 penumpang, kini bandara tersebut dapat mengakomodasi 700 penumpang. Selain menggunakan pesawat, Labuan Bajo juga bisa diakses menggunakan jalur laut. Kota ini juga bisa dicapai dengan transportasi darat namun waktu tempuhnya sangat lama yaitu memakan waktu sekitar 5-6 hari. Walaupun begitu kota Labuan Bajo tetap menjad incaran karena destinasi wisatanya yang mempesona. Bagi anda yang berencana berlibur ke kota ini, berikut Kompas Wisata berikan beberapa lokasi wisata di Labuan Bajo yang dapat anda kunjungi.

 

Eksotisme Wisata Labuan Bajo

 

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo - Wisata Labuan Bajo

Pulau Komodo – Wisata Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo yang pertama dan sudah mendunia adalah Pulau Komodo. Di Pulau Komodo anda dapat melihat langsung kehidupan liar komodo. Karena hewan komodo termasuk hewan langka dan dilindungi, pulau ini juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pulau Komodo berada di kabupaten Manggarai Barat, kecamatan Komodo, Nusa Tenggara Timur. Jika anda berkunjung ke pulau ini anda akan ditemani oleh Jagawana atau pawang. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir karena anda akan dijaga dan diarahkan oleh pawang. Selain dapat melihat kehidupan liar dari hewan komodo anda juga akan disuguhkan pemandangan alam Pulau Komodo yang menakjubkan. Hamparan padang savana, lautan biru dan keindahan bawah lautnya membuat pulau ini semakin disukai.

 

2. Pulau Rinca

Pulau Rinca - Wisata Labuan Bajo

Pulau Rinca – Wisata Labuan Bajo

Tidak jauh dari Pulau Komodo anda juga bisa mengunjungi wisata Labuan Bajo lainnya yaitu Pulau Rinca. Pulau Komodo dan Pulau Rinca sama-sama termasuk kedalam Taman Nasional Komodo. Namun perbedaannya Pulau Rinca lebih didominasi oleh padang savana sedangkan Pulau Komodo didominasi oleh hutan. Pulau ini sangat bagus untuk berfoto karena pemandangan padang savana ditambah keindahan lautnya. Jika anda ingin mengunjungi Pulau Rinca untuk melihat komodo ataupun menikmati keindahan alamnya anda bisa menggunakan speed boat selama 3-4 jam dari pelabuhan di Labuan Bajo.

 

3. Pulau Kalong

Pulau Kalong - Wisata Labuan Bajo

Pulau Kalong – Wisata Labuan Bajo

Ada beberapa tempat wisata Labuan Bajo yang menjadi spot menarik untuk menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam. Tempat wisata yang pertama yaitu Kalong Island atau Pulau Kalong. Seperti namanya, pulau ini merupakan tempat bagi populasi kelelawar atau kalong. Pulau ini jaraknya dari pelabuhan Labuan Bajo sekitar 8 km dengan waktu tempuh 1 jam. Pulau Kalong sebenarnya merupakan kawasan hutan bakau jadi jika anda ingin menikmati keindahan pulau ini hanya bisa dari atas kapal. Momen yang tepat untuk menikmati keindahan Pulau Kalong adalah di waktu sore sekitar pukul 6 WIT. Karena selain dapat melihat sunset anda juga akan melihat ribuan kelelawar yang menghiasi langit.

 

4. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa - Wisata Labuan Bajo

Pulau Kanawa – Wisata Labuan Bajo

Selain Pulau Kalong, pulau yang menjadi tempat wisata Labuan Bajo yang wajib anda kunjungi yaitu Kanawa Island atau Pulau Kanawa. Pulau ini luasnya sekitar 35 hektar dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Untuk mencapai Pulau Kanawa anda harus menyewa perahu mesin atau speed boat dengan harga sewa Rp.60.000 per orang. Jarak tempuhnya dari pelabuhan Labuan Bajo yaitu sekitar 15 km dengan waktu tempuh 50 menit. Lautnya berwarna biru kehijauan dengan pasir pantai yang bersih serta keindahan bawah lautnya membuat anda tidak akan menyesal berkunjung ke Labuan Bajo.

 

5. Pulau Padar

Pulau Padar - Wisata Labuan Bajo

Pulau Padar – Wisata Labuan Bajo

Selain Pulau Kalong dan Pulau Kanawa, ada lagi objek wisata Labuan Bajo yang tidak kalah indah yaitu Pulau Padar. Pulau ini letaknya tidak jauh dari dari Pulau Rinca, hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Untuk menikmati keindahan alam di sekitar pulau ini anda dapat menaiki bukit yang ada di pulau tersebut. Dari atas bukit anda akan disuguhkan pemandangan laut yang biru dan jajaran pulau-pulau di sekitarnya. Meskipun bukan merupakan habitat komodo namun pernah ada pengunjung yang menemukan komodo di sana, jadi anda tetap harus hati-hati dan sebaiknya pergi bersama guide yang berpengalaman.

 

6. Gili Laba

Gili Laba - Wisata Labuan Bajo

Gili Laba – Wisata Labuan Bajo

Gili Laba adalah salah satu wisata di Labuan Bajo favorit yang patut anda kunjungi. Sebenarnya Gili Laba sudah lebih dulu populer dibandingkan dengan Pulau Padar. Wisata Labuan Bajo ini merupakan selat pertemuan antara Gili Laba Darat dan Gili Laba Laut. Di Gili Laba anda dapat menikmati pemandangan indah dari matahari terbit dan terbenam. Selain itu Gili Laba juga menjadi spot penyelaman terfavorit di pulau Flores.

 

7. Pulau Seraya

Pulau Seraya - Wisata Labuan Bajo

Pulau Seraya – Wisata Labuan Bajo

Ada satu lagi pulau yang ada di Labuan Bajo yang tak kalah indah. Wisata Labuan Bajo tersebut adalah Seraya Island atau Pulau Seraya yang letaknya sekitar 10 km sebelah utara dari Labuan Bajo. Walaupun hanya memiliki garis pantai sekitar 1 km saja namun pulau ini merupakan tempat yang indah dan cocok untuk anda yang sedang berbulan madu. Biaya sewa penginapan di pulau ini berkisar Rp.350.000 sapai Rp.400.000.

 

8. Pulau Bidadari atau Bidara

Pulau Bidadari - Wisata Labuan Bajo

Pulau Bidadari – Wisata Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo Pulau Bidadari juga wajib anda kunjungi karena pulau ini begitu cantik dan mempesona. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo yaitu hanya butuh waktu tempuh sekitar 30 menit saja jika menggunakan perahu. Pulau Bidadari dulunya disebut sebagai Pulau Bidara karena di pulau tersebut ditutupi oleh pohon bidara. Di pulau ini anda bisa menikmati keindahan pantainya maupun keindahan di  bawah lautnya dengan cara melakukan snorkling ataupu diving. Sama halnya dengan Pulau Bidadari dan pulau lainnya, Pulau Kelor di Labuan Bajo juga menyuguhkan keindahan darat dan laut yang menyejukkan mata. Pesisir pantai di pulau ini cukup landai dipenuhi pasir putih dan di sana juga ada sebuah bukit yang menggoda untuk didaki.

 

9. Pink Beach

Pink Beach - Wisata Labuan Bajo

Pink Beach – Wisata Labuan Bajo

Jika anda ingin menikmati keindahan Labuan Bajo yang berbeda anda bisa berkunjung ke Pink Beach. Wisata Labuan Bajo ini memiliki pasir pantai yang menarik karena pasirnya berwarna pink atau merah muda. Sebenarnya warna pink pada pasirnya berasalh dari pasir putih yang bercampur dengan serpihan-serpihan karang, cangkang, dan invertebrata laut yang berwarna merah. Di Pink Beach juga kaya akan biota lautnya jadi sangat cocok untuk bersnorkling. Untuk mengakses pulau ini anda bisa menggunakan kapal ferry dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki ataupun dengan menyewa sebuah perahu.

 

10. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang - Wisata Labuan Bajo

Air Terjun Cunca Wulang – Wisata Labuan Bajo

Jika anda ingin beralih dari wisata pantai ke wisata air terjun, anda bisa mencoba objek wisata Air Terjun Cunca Wulang. Wisata Labuan Bajo ini letaknya di desa Wersawe, Mbeliling, Manggarai Barat NTT. Untuk mengaksesnya anda bisa menggunakan jasa sewa motor ataupun mobil dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari Labuan Bajo. Namun dari desa Wersama menuju lokasi air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan bantuan guide dari penduduk sekitar dengan tarif Rp.50.000. Walaupun melelahkan namun akan terbayar ketika anda sampai di sana. Anda dapat berenang di bawah air terjun atau bisa juga menikmati keindahan air terjun dari atas air terjun.

 

Bagaimana? Sudah siap untuk menjelajah pulau Flores? beberapa objek wisata Labuan Bajo diatas dapat Anda jadikan referensi tujuan wisata saat berkunjung ke pulau Flores. Nikmati eksotisme dan naturalnya alam Flores bersama orang terdekat Anda, dijamin akan susah untuk beranjak dari pesonanya. Selamat berlibur. Be Happy !!

 

Bonus :

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!