10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Eksotis di Blitar Idola Wisatawan

Wisata Blitar – Berbicara tentang destinasi wisata paling eksotis di Blitar memang tidak ada habisnya. Blitar yang berada tepat di kaki Gunung Kelud dengan sebagian wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat Blitar memiliki suasana alam yang indah. Bisa dikatakan Blitar merupakan sebuah tempat di mana dataran tinggi dan pantai-pantai yang ada di Samudra Hindia berpadu. Oleh karena itulah Blitar menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan dikala liburan tiba.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan 10 rekomendasi tempat wisata paling eksotis di Blitar yang wajib Anda kunjungi.

 

Tempat Wisata Paling Eksotis di Blitar

 

1. Pantai Pangi

Pantai Pangi

Pantai Pangi – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Destinasi yang pertama adalah Pantai Pangi yang berlokasi di wilayah Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakun, Kab. Blitar. Pantai ini termasuk ke dalam salah satu pantai baru yang kondisinya masih cukup alami dan terjaga. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi dan sulitnya jalan untuk mengakses lokasinya. Namun justru itulah yang membuat keindahan pantai ini tetap terjaga. Pantai Pangi sekilas terlihat seperti sebuah teluk dengan batu-batu karang yang berjejer di sepanjang bibir pantainya.

Untuk bisa sampai di lokasi Pantai Pangi Anda harus berkendara sejauh 40 Km dari pusat kota. Meskipun untuk bisa sampai di Pantai Pangi butuh perjuangan yang cukup melelahkan namun semua usaha Anda akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan pantai ini. Pantai Pangi sering juga dijadikan sebagai lokasi berkemah oleh para pengunjung. Memang suasana malam di pantai ini cukup tenang, ombak yang mengarah ke tepi juga tidak terlalu besar. Apabila bulan sedang penuh pemandangan di Pantai Pangi akan terlihat sangat indah sekali, Anda sangat beruntung jika bisa mendapatkan pemandangan ini.

 

2. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Masih seputar pantai, ada satu lagi destinasi wisata paling eksotis di Blitar yaitu Pantai Gondo Mayit. Namanya memang sedikit unik bahkan bisa di bilang horor, tapi tidak dengan keindahan yang dimilikinya. Pantai Gondo Mayit termasuk salah satu pantai yang masih jarang dikunjungi oleh banyak orang. Jadi jangan heran dengan suasana sepi yang akan Anda temui ketika berkunjung ke pantai ini. Karena hal itulah keindahan di pantai ini terbilang masih sangat terjaga. Bibir pantainya yang luas dengan pasirnya yang putih bersih adalah pemandangan paling cantik di pantai ini. Perairan yang ada di sekitar Pantai Gondo Mayit juga terkenal cukup jernih dan tenang, Anda bisa berenang dan melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan biota laut yang ada di Pantai Gondo Mayit ini.

 

3. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Destinasi wisata paling eksotis di Blitar yang selanjutnya adalah Pantai Peh Pulo yang berada di wilayah selatan Blitar. Pantai ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi 1,5 jam jika Anda berangkat dari pusat kota. Pantai Peh Pulo terbilang masih cukup baru sehingga keadaan alamnya masih asri dan belum ada kerusakan di sana sini. Pantai ini ramai dikunjungi beberapa tahun belakangan semenjak maraknya trend traveling dan pamer foto-foto selfie di media sosial. Jika Anda sedang berlibur ke Blitar maka Pantai Peh Pulo ini wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar kunjungan.

 

4. Candi Penataran

Candi Penataran

Candi Penataran – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Setelah puas mengunjungi berbagai tempat wisata alam yang ada di Blitar sekarang saatnya Anda menuju ke salah satu wisata paling Eksotis di Blitar yang memiliki nilai sejarah yang tinggi yaitu Candi Penataran Blitar. Candi ini berlokasi di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Candi Penataran merupakan peninggalan kebudayaan hindu pada masa kerajaan Majapahit. Di candi ini pula lah salah satu pahlawan nusantara yang sangat terkenal Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Candi Penataran pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti berkebangsaan Inggris, Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1815. Anda serasa dibawa kembali ke masa lalu ketika menyaksikan bukti peninggalan bersejarah yang ada di Candi Penataran Blitar ini.

 

5. Arca Warak

Arca Warak

Arca Warak – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Tidak jauh dari kompleks percandian Candi Penataran Anda akan menemukan satu lagi peninggalan bersejarah yaitu Arca Warak. Situs bersejarah ini berlokasi di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Blitar. Arca Warak berisikan beberapa artefak dari masa kerajaan Majapahit yang disebut dengan Lumpang, Kemuncak dan Jaladwara. Mengunjungi situs bersejarah ini dapat memberikan nuansa eksotisme tersendiri, selain itu Anda juga bisa mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

 

6. Candi Kotes Blitar

Candi Kotes Blitar

Candi Kotes Blitar – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Objek wisata paling eksotis di Blitar yang selanjutnya masih seputar wisata sejarah yaitu Candi Kotes yang berlokasi di Desa Kotes, Kec. Gandusari. Candi ini sudah berusia 7 abad lebih, di perkirakan di bangun pada tahun 1302 M pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit. Candi ini di duga masih ada hubungannya dengan Candi Penataran yang ada di Desa Penataran. Kompleks percandian Candi Kotes terdiri dari dua bagian yang terpisah, satu di bagian barat dan satu di bagian timur. Jika Anda tertarik dengan peninggalan sejarah dari zaman Kerajaan Majapahit maka candi kotes ini salah satu yang wajib Anda kunjungi.

 

7. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Setelah mengunjungi situs-situs bersejarah peninggalan kerajaan Majapahit, selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Jolosutro yang ada di daerah Desa Ringenrejo, Kec. Wates. Pantai ini memiliki panorama yang sangat eksotis dengan pasir pantainya yang berwarna hitam. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai sambil hunting spot berfoto yang cantik untuk di unggah ke media sosial Anda. Selain itu pantai ini juga terkenal memiliki ombak yang cukup ganas sehingga cukup populer dikalangan para peselancar. Jika Anda salah satu yang hobi berselancar mungkin Anda boleh mencoba untuk menaklukan keganasan ombak yang ada di Pantai Jolosutro ini.

 

8. Gunung Butak

Gunung Butak Blitar

Gunung Butak – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Wisata paling eksotis di Blitar yang selanjutnya adalah wisata alam Gunung Butak. Bagi Anda yang hobi mendaki, Gunung Butak dengan ketinggian 2.868 mdpl ini bisa Anda jadikan salah satu destinasi Anda selanjutnya selama liburan di Blitar. Gunung Butak memiliki keasrian alam yang masih terjaga, mendaki gunung ini akan memberikan kesenangan tersendiri meskipun jalur pendakian yang harus dilewati terbilang cukup menantang. Di sepanjang jalur pendakian Anda akan disuguhkan pemandangan hutan-hutan yang rimbun dan udara yang sejuk. Semakin ke atas udara akan menjadi semakin dingin dan angin yang bertiup juga akan semakin kencang.

Ketika sampai di puncak Anda akan di sambut dengan deretan bunga edelweiss yang tumbuh subur di tebing-tebing di sekitar puncak. Dari puncak Gunung Klutak Anda bisa melihat pemandangan Kota Blitar, hamparan perkebunan teh Sirah Kencong, dan kawasan hijau yang ada di sepanjang lereng gunung ini.

 

9. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Destinasi wisata alam yang tak kalah eksotis selanjutnya adalah Air Terjun Grenjeng yang berlokasi di Desa Balerejo, Kec. Panggungrejo, Blitar. Air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah dengan airnya yang jernih. Di dekat lokasi air terjun juga terdapat sebuah destinasi wisata yang saat ini sedang hangat menjadi perbincangan yakni Tebing Breksi, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke destinasi wisata hits di Blitar yang satu ini setelah puas bermain di Air Terjun Grenjeng.

 

10. Curug Kedung Badrun

Curug Kedung Badrun

Curug Kedung Badrun – Wisata Paling Eksotis di Blitar

Destinasi wisata paling eksotis di Blitar yang terakhir adalah Curug Kedung Badrun. Sebagai penutup perjalanan liburan Anda di Blitar Anda bisa mengunjungi sebuah objek wisata alam berupa curug dengan kolam alaminya yang sangat jernih. Curug ini berlokasi di Desa Balulawang, Kec. Bakung, Blitar. Keindahan curug ini terletak pada air terjunnya yang bertingkat-tingkat. Anda juga bisa sepuasnya berenang dan bermain air di kolam alami yang ada di bawahnya. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini.

 

Nah itulah beberapa destinasi wisata paling eksotis di Blitar yang bisa Anda kunjungi bersama orang-orang terdekat. Setelah puas menjelajahi potensi wisata yang ada di Blitar, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Blitar seperti rujak cingur, nasi ampok hingga es pleret. Lengkap sudah kita membahas sebagian potensi wisata yang ada di Blitar, semoga liburan kali ini dapat menyenangkan dan bermanfaat kedepannya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Cari Kamar dan Tiket Pesawat dengan Harga Spesial Member Kompas Wisata di :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!