Pesona Wisata Air Terjun dan Wisata Pantai di Tuban Jawa Timur

Wisata pantai di TubanTuban adalah daerah yang letaknya sangat strategis, sebab ada di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Apabila Anda sedang berkunjung ke Kota Tuban, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berwisata di salah satu tempat wisata pantai di Tuban. Sebab, beberapa pantai di Tuban begitu populer, karena kawasan ini ada di pantai utara Jawa Timur, diantaranya Pantai Remen Tuban, Pantai Sowan Tuban dan masih banyak lagi pantai indah di Tuban yang lainnya. Selain itu, pada jaman dulu di sini telah dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh Kerajaan Majapahit dan sebagai pusat penyebaran agama Islam oleh Walisongo.

Nah, jika Anda ingin tahu tempat wisata pantai Tuban yang indah dan populer, berikut ini akan kami ulas lengkap destinasi wisata pantai yang bisa Anda kunjungi di Tuban Jawa Timur untuk dijadikan referensi Anda.

 

Tempat Wisata Pantai di Tuban Jawa Timur

 

1. Pantai Sowan Tuban

Pantai Sowan - Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Sowan- Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Sowan merupakan paduan antara rindangnya pepohonan dengan pantai. Wisata pantai Tuban satu ini berada di Dusun Sowan yang jadi bagian dari Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Tuban, Jawa Timur. Ada banyak hal menarik di sini, salah satunya adalah sejuknya pepohonan di sepanjang tempat wisata tersebut. Lokasinya yang luas, sehingga Pantai Sowan Tuban ini memiliki berbagai wahana permainan menarik yang cocok sekali untuk bermain bersama keluarga tercinta.

 

2. Pantai Remen Tuban

Pantai Remen - Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Remen – Wisata Pantai Di Tuban

Bila Anda kebetulan ada di sekitar Kecamatan Jenu, sebaiknya Anda tak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu wisata pantai yang ada Tuban ini. Ya, Pantai Remen Tuban di Jenu ini sangat menarik sekali, sebab Pantai Remen memiliki pasir putih yang sangat bersih, dan halus berpadu dengan air lautnya yang jernih menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Tak hanya itu saja, beberapa fasilitas pendukung di tempat ini juga terbilang lengkap dan memadai, yang pastinya semakin membuat liburan Anda di Tuban jadi lebih menyenangkan. Tempat wisata satu ini tergolong sebagai wisata Tuban terbaru sebab baru dibuka tahun 2015 lalu. Pantai Remen ditutup saat menjelang sore hari, sekitar pukul 17 : 00, sehingga buat Anda yang ingin menikmati indahnya sunset, pantai ini kurang cocok untuk Anda kunjungi.

 

3. Pantai Boom Tuban

Pantai Boom - Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Boom – Wisata Pantai Di Tuban

Tempat satu ini merupakan lokasi wisata pantai di Tuban yang tertua. Di Pantai Boom Tuban ini Anda dapat melihat tepian laut serta deburan ombak secara langsung, sebab Pantai Boom lokasinya menjorok ke arah laut. Wisata pantai Tuban ini juga jadi lokasi favorit untuk kegiatan memancing sekaligus bercengkerema dengan keluarga, teman, atau rekan kerja Anda. Karena lokasinya yang ada di tengah-tengah Kota Tuban, menjadikan pantai tersebut cukup ramai dipadati oleh wisatawan dari berbagai wisata di Indonesia.

 

4. Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa - Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Kelapa – Wisata Pantai Di Tuban

Wisata pantai di Tuban satu ini dikenal akan banyaknya pepohonan kelapa berada di 6 km dari timur Kota Tuban Indonesia, atau lebih tepatnya di Panyuran, Kecamatan Palang. Pohon di pantai kelapa Tuban ini bukan hanya berdiri tegak seperti yang ada pada umumnya Anda lihat. Tetapi ada juga pohon kelapa melengkung serta tumbuh melandai yang mampu menarik para wisatawan. Selain jadi wisata rekreasi, tempat tersebut juga difungsikan sebagai lokasi berkemah. Pemandangan yang alami, indah, dan teduh memang letak dengan pantai yang ada di Tuban satu ini. Maka tak heran jika pantai yang jadi bagian dari wisata Tuban ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

 

5. Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara - Wisata Pantai Di Tuban

Pantai Cemara – Wisata Pantai Di Tuban

Wisata pantai di Tuban memang populer akan keunikannya, tak terkecuali dengan Pantai Cemara Tuban satu ini. Di sini Anda akan bertemu dengan pantai yang cukup rimbun akan pohon cemaranya. Lain daripada yang lain, di pantai ini Anda bisa berteduh sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang eksotis. Selain itu, jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan temukan Mangrove Center, dan untuk memasuk ke tempat tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya sepersen pun. Jadi, tunggu apalagi, segera atur waktu liburan Anda ke Tuban, dan jangan lupa mampir ke pantai yang ada di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban ini ya.

Tak hanya wisata pantai di Tuban yang indah dan menarik untuk Anda kunjungi, ternyata Kota Tuban juga memiliki wisata lain yakni objek wisata air terjun dan wisata religi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa objek wisata air terjun dan wisata religi yang bisa dikunjungi di Tuban, diantaranya sebagai berikut.

 

Tempat Wisata Air Terjun Dan Wisata Religi di Tuban

 

1. Air Terjun Lembah Bongok Tuban

Air Terjun Lembah Bongok - Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Lembah Bongok – Wisata Curug Di Tuban

Memang benar tak hanya wisata pantai di Tuban yang patut Anda kunjungi, wisata Tuban air terjun ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Lembah Bongok Tuban. Objek wisata Air Terjun Lembah Bongok adalah tempat wisata tersembunyi di Tuban, sebab jalan menuju ke lokasi yang begitu menatang, sehingga belum banyak dijamah oleh wisatawan. Tetapi, indahnya pemandangan di sekitar mampu obati rasa lelah sepanjang perjalanan. Air terjun ini mempunyai dua air terjun yang hiasi tebing berbatu dan aliran air terjunnya yang indah, para pengunjung juga diperbolehkan mandi dengan syarat agar selalu hati-hati. Lokasinya adalah di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Tuban.

 

2. Air Terjun Nglirip Tuban

Air Terjun Nglirip - Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Nglirip – Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Nglirip Tuban ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain wisata pantai di Tuban. Air terjun ini jika Anda jangkau dari kota Tuban memang cukup jauh, sebab berjarak sekitar 37 km. Berada di Desa Mulyo Agung, Singgahan, Tuban tempat ini jadi destinasi wisata populer di Tuban. Keindahan alam yang sangat eksotis dengan warna air yang lain daripada lain, yakni biru tosca di saat musim kemarau, sehingga menjadikan tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan domestik atau pun mancanegara.

 

3. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse - Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Banyu Langse – Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Banyu Langse adalah grajagan atau air terjun yang ada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Atau sekitar 10 km dari arah barat Kota Tuban, Jawa Timur. Air terjun ini sangat indah dengan suasana serta pemandangan yang khas alam pedesaan dengan perbukitan kapurnya. Jika Anda bosan berkunjung ke wisata pantai di Tuban, maka objek wisata ini bisa jadi alternatif lain wisata Anda di Tuban bersama keluarga, teman, dan orang-orang tersayang.

Baca Juga :

 

4. Air Terjun Gajahan Tuban

Air Terjun Gajahan - Wisata Curug Di Tuban

Air Terjun Gajahan – Wisata Curug Di Tuban

Tak hanya unggul dengan destinasi wisata pantai di Tuban, tetapi kota satu ini juga memiliki wisata air terjun yang indah, yakni Air Terjun Gajahan Tuban. Air terjun tersebut memberi nuansa berwisata alam yang berbeda. Dengan pesona alaminya bisa memberi ketenangan tersendiri untuk Anda yang hobinya menikmati pesona keindahan alam. Untuk memudahkan Anda berkunjung ke objek wisata tersebut, Anda bisa langsung melihat peta wisata Tuban ini melalui Aplikasi Google Maps yang ada di smartphone Anda.

 

5. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio ini didominasi oleh warna merah, kuning, dan hijau yang sangat terang pada bangunannya dengan banyak hiasan yang berbentuk naga lampion serta lilin berbagai ukuran. Yang pastinya bau dupa dan hio yang selalu menguar dari dalam kelenteng tersebut. Berada di Jalan Raya R.E Martadinata, Tuban. Selaras dengan arti nama “Kwan Sing Bio” yang artinya kelenteng untuk memuja serta menghormati Dewa Kwan Kong. Jika Anda sudah puas berwisata di kota Tuban, jangan lupa juga untuk berkunjung ke tempat wisata di Lamongan, yang tak kalah menariknya untuk Anda kunjungi.

 

Keindahan wisata air terjun dan wisata pantai di Tuban memang sudah sangat dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selama berlibur di Tuban jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Tuban seperti garang asem khas tuban atau rajungan yang sangat menggugah selera makan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!