10 Agrowisata di Jabodetabek untuk Mengisi Liburan Keluarga

Kompaswisata.com – Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang menggunakan lahan pertanian atau fasilitas lain yang menjadi daya tarik wisatawan. Di kota-kota besar seperti Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi), rupanya masih memiliki agrowisata yang menyenangkan. Agrowisata di Jabodetabek tidak kalah menarik daripada agrowisata di daerah-daerah lain di Indonesia.

Bagi Anda yang tinggal di kota metropolitan tapi tertarik untuk berlibur sekaligus mendapatkan edukasi mengenai pertanian dan peternakan, atau sekadar ingin menikmati pemandangan alam, tidak ada salahnya mencoba untuk berkunjung ke berbagai agrowisata di Jabodetabek. Berikut ini daftarnya untuk Anda.

 

10 Lokasi Agrowisata di Jabodetabek Ramah Lingkungan

 

1. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata di Jabodetabek yang pertama adalah Agrowisata Gunung Mas. Berlokasi di Puncak Bogor, agrowisata ini memiliki udara yang sejuk dengan ketinggian 800 hingga 1200 meter dari permukaan laut. Suhu udara di sini pun sangat menyegarkan, berkisar antara 12 hingga 22 derajat Celsius.

Karena udaranya yang sejuk, tempat ini banyak dijadikan sebagai destinasi wisata yang menyehatkan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin sekadar melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Ditambah dengan hamparan perkebunan teh yang menghijau, pesona pemandangan di tempat ini begitu mengasyikkan.

2. Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm

Agrowisata di Jabodetabek yang kedua adalah Warso Farm. Tempat ini sangat cocok bagi Anda para pecinta durian. Di Warso Farm, Anda bisa hunting berbagai macam jenis durian sepuas hati sebab terdapat kurang lebih 9000 pohon durian yang bisa Anda temui.

Dari keseluruhan jumlah pohon durian yang tumbuh di agrowisata ini, terdapat sekitar 19 jenis varietas durian unggul. Mulai dari monthong, lay, si mas, pethruk, dan sunan bisa Anda jumpai di sini. Sebenarnya Warso Farm juga dapat dikatakan sebagai kebun buah, sebab selain durian terdapat berbagai pohon buah lain, seperti nangka, jambu monyet, hingga buah naga.

3. Agrowisata Pasir Mukti

Agrowisata Pasir Mukti

Agrowisata Pasir Mukti

Agrowsiata Pasir Mukti merupakan sebuah agrowisata di Jabodetabek yang tidak boleh dilewatkan. Berlokasi di Pasirmukti, Bogor, tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang indah memanjakan mata.

Kebun wisata ini memiliki luas kurang lebih sekitar 15 hektar. Tempat ini selain menyuguhkan panorama sawah di antara kebun buah dan kolam pancing yang menyejukkan mata, juga cocok untuk berbagai kegiatan. Sebab tempat ini juga memiliki fasilitas outbond, kolam renang, hingga penginapan. Agrowisata ini menjadi destinasi yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.

4. Agrowisata Kuntum Nurseries

Agrowisata Kuntum Nurseries

Agrowisata Kuntum Nurseries

Selanjutnya terdapat Agrowisata Kuntum Nurseries, yang sangat cocok menjadi tempat liburan bersama keluarga, teman, maupun rombongan. Agrowisata yang terletak di Bogor ini menyajikan berbagai aktivitas unik yang berkaitan dengan lingkungan dan alam.

Anda bisa berbelanja tanaman sayur hingga tanaman hias, wisata ternak, wisata unggas, bahkan wisata ikan termasuk memancing. Selain itu, terdapat fasilitas seperti restoran, tempat pemancingan ikan, hingga galeri tempat menjual barang seni. Tempat ini dapat menjadi tujuan liburan yang sekaligus tempat untuk bisa menambah pernak-pernik rumah.

5. Sweetberry Agrowisata Puncak

Sweetberry Agrowisata Puncak

Sweetberry Agrowisata Puncak

Sweetberry Agrowisata Puncak menjadi tempat yang sesuai bagi Anda yang ingin merasakan memetik buah stoberi langsung dari pohonnya. Salah satu agrowisata di Jabodetabek ini tepatnya berada di Jln. Mariwati Cipanas, Bogor.

Paket wisata

Di tempat ini, Anda bisa merasakan memetik berbagai macam sayuran segar dan buah-buahan langsung dari pohonnya. Terdapat berbagai macam jenis sayuran seperti terong, cabai, brokoli, bunga kol, tomat, dan sebagainya. Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa wahana permainan seperti water slide, kolam renang, ATV, perahu angsa, boom-boom car, dan lain-lain.

6. Wisata Edukasi Agro Sentul

Wisata Edukasi Agro Sentul

Wisata Edukasi Agro Sentul

Wisata Edukasi Agro Sentul merupakan agrowisata di Jabodetabek yang cocok sebagai wahana edukasi anak. Berlokasi di Sindang Barang, Bogor, tempat ini menyediakan berbagai kegiatan edukasi yang menyenangkan.

Terdapat fasilitas yang disediakan seperti paket belajar bercocok tanam, paket belajar sambil berdonasi dan lain sebagainya. Di tempat ini, anak Anda akan mendapat pengajaran betapa pentingnya menghargai sumber daya alam dan sekitarnya. Selain itu, akan diajarkan pula keterampilan bercocok tanam sekaligus merasakan rasanya menjadi petani.

7. D’Kandang Farm

D’Kandang Farm

D’Kandang Farm

Agrowisata D’Kandang Farm merupakan tempat yang cocok bagi anak-anak mengenal dan belajar mengenai peternakan dan pertanian. Berlokasi di Jln. Penarikan, Depok, tempat ini menjadi wahana bermain sekaligus belajar yang menyenangkan. Tempat ini juga menyediakan fasilitas wahana outbond dan ATV sebagai selingan dari bertani atau beternak.

Di tempat ini, anak-anak dapat mencoba berbagai aktivitas terkait peternakan dan pertanian seperti memberi makan ayam, bebek, kelinci, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga akan terlibat dalam proses pemerahan susu sapi, menangkap ikan, dan berkuda. Dalam segi pertanian, anak-anak akan mencoba membuat pupuk, menanam padi, dan lain sebagainya.

8. Taman Agro Cilangkap

Taman Agro Cilangkap

Taman Agro Cilangkap

Selanjutnya terdapat Taman Agro Cilangkap. Tempat ini merupakan hasil pengelolaan Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemprov Ibukota yang terletak di Jalan Raya Cilangkap, Jakarta Timur. Dengan luas 25 hektar, tempat ini menawakan pemandangan danau yang luas beserta aneka pepohonan yang rindang.

Di Taman Agro Cilangkap ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di sini, mulai dari jogging, senam, atau olahraga lain, memancing, bersantap kuliner, atau hanya sekadar menikmati pemandangan yang mengasyikkan yang terhindar dari hiruk-pikuk kota.

9. Cibubur Garden Diary (Cibugary)

Cibubur Garden Diary Cibugary

Cibubur Garden Diary – Cibugary

Cibubur Garden Diary (Cibugary) merupakan tempat wisata agro yang cocok untuk anak mengenal dunia peternakan. Berlokasi di Pondok Rangon Cipayung, tempat ini menjadi wahana menyenangkan untuk berlibur sekaligus belajar. Agrowisata banyak dikunjungi oleh rombongan sekolah untuk mengadakan field trip.

Mengenal lingkungan alam, hewan, dan beternak merupakan hal penting yang harus diketahui anak agar ia bisa menghargai lingkungan dan sekitarnya. Di tempat ini, anak dapat menyaksikan atau bahkan terlibat langsung untuk mencoba memerah susu sapi, memberi makan kambing, dan juga memandikan hewan ternak.

10. Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang terkenal di Depok dan banyak dibudidayakan di sana. Selain dijual-belikan dalam bentuk buah segar, belimbing juga diolah menjadi sirup, dodol, dan lain sebagainya yang kemudian menjadi oleh-oleh khas.

Bagi Anda yang ingin merasakan berwisata dikelilingi pohon belimbing sekaligus ingin merasakan memetik buah tersebut secara langsung, Agrowisata Belimbing Dewa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat ini, Anda tidak dipungut biaya masuk, namun belimbing yang Anda petik dari pohonnya harus dibayar.

Nah, itu tadi 10 daftar agrowisata di Jabodetabek yang wajib dikunjungi. Selain berlibur dan menikmati pesona pemandangan alam, melalui agrowisata Anda ataupun keluarga juga bisa belajar mengenai pertanian, budidaya, dan peternakan. Meski kerap kali diabaikan, kedua bidang tersebut merupakan sektor penting untuk terus bisa bertahan hidup di dunia yang semakin modern ini.

10 Agrowisata di Jabodetabek untuk Mengisi Liburan Keluarga 1
Please follow and like us:

Leave a Reply