10 Destinasi Wisata Banjarmasin yang Tak Boleh Terlewatkan

Kompaswisata.com – Banjarmasin, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Pasalnya, Banjarmasin memang terdapat banyak sekali sungai yang mengalir di seluruh wilayahnya. Mulai dari Sungai Martapura, Sungai Kuin, Sungai Barito, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, terdapat banyak pilihan destinasi wisata Banjarmasin yang tak boleh Anda lewatkan.

Ibu Kota Kalimantan Selatan ini memiliki sejuta pesona dan pemandangan alam yang mengagumkan. Keindahan pesonanya tidak kalah jika dibandingkan dengan kota-kota wisata lain di Nusantara. Jika Anda berkunjung ke Banjarmasin, jangan sampai melewatkan tempat-tempat berikut.

10 Destinasi Wisata Banjarmasin

 

1. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Destinasi wisata Banjarmasin yang pertama yakni Menara Pandang Banjarmasin. Tempat ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin melihat kota Banjarmasin dari sudut berbeda. Bangunan menara ini memiliki tinggi 21 meter, berdiri kokoh dengan 4 lantai dimana pada bagian puncaknya merupakan ruangan terbuka.

Dari atas puncak menara tersebut, para wisatawan dapat menyaksikan Banjarmasin dari sudut yang berbeda. Berbagai penjuru kota tersebut terlihat menakjubkan dari atas menara. Menyaksikan hiruk-pikuk serta berbagai aktivitas masyarakat dari atas menara memiliki sensasi yang menyenangkan. Waktu sunrise atau sunset merupakan saat yang paling tepat.

 

2. Pasar Apung Muara Kuin

Pasar Apung Muara Kuin

Pasar Apung Muara Kuin

Yang khas dari Banjarmasin yang letaknya dikelilingi sungai tentu saja adalah adanya pasar terapung. Salah satu pasar yang paling populer yakni Pasar Apung Muara Kuin. Tempat jual-beli masyarakat lokal yang berada di atas perahu ini sudah ada sejak 400 tahun silam.

Pasar Apung Muara Kuin bukan hanya berfungsi sebagai pasar atau tempat jual beli saja. Jika Anda berkunjung ke Banjarmasin, tempat ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi. Di sana Anda bisa menyaksikan aktivitas masyarakat Banjarmasin yang khas dan unik di atas pasar apung ini. Sensasi berbelanja di atas perahu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

3. Pasar Apung Lok Baintan

Pasar Apung Lok Baintan

Pasar Apung Lok Baintan

Pasar Apung Lok Baintan merupakan salah satu destinasi wisata Banjarmasin yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain Pasar Apung Muara Kuin, Banjarmasin masih memiliki Lokba Intan. Pasar Apung yang satu ini tak kalah unik dan menarik dari pasar sebelumnya.

Jika Anda ingin merasakan sensasi berbelanja di atas perahu yang bergoyang-goyang lembut, tempat inilah yang cocok bagi Anda. Ada banyak komoditas yang dijual di pasar ini, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, hingga kuliner khas Banjarmasin. Pengalaman berbelanja sambil berinteraksi dengan warga sekitar di atas perahu akan menjadi pengalaman menyenangkan.

 

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang

Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan destinasi wisata Banjarmasin selanjutnya yang wajib dikunjungi. Lokasi ini sebenarnya merupakan delta yang berada di tengah Sungai Barito. Pulau seluas sekitar 60 hektar ini memiliki sesuatu yang sangat unik.

Keunikan tersebut yakni bahwa pulau ini dihuni oleh kawanan ribuan monyet liar berekor panjang dan bekantan. Selain itu juga terdapat beberapa jenis burung. Ada yang mengatakan bahwa monyet liar di tempat ini membawa keberuntungan. Bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini sebaiknya menjaga barang bawaan Anda dari serbuan monyet-monyet.

 

5. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin yang wajib Anda kunjungi. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1981 di atas tanah seluas 100 hektar. Hingga saat ini masih berdiri kokoh dan banyak dikunjungi wisatawan.

Paket wisata

Lokasi ini menjadi tujuan yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata religi. Nama masjid ini diambil dari nama Alm. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, seorang ulama yang begitu dihormati di Banjarmasin. Sebagai bentuk penghormatan yang mendalam, namanya kemudian dijadikan sebagai nama Masjid Raya ini.

 

6. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin

Banjarmasin juga memiliki wisata air terjun yang mengagumkan, ialah Air Terjun Bajuin. Pesona panoramanya begitu eksotis dan mengagumkan. Air terjun ini berpadu sempurna dengan panorama pegunungan yang indah. Ditambah dengan udara dan air yang masih begitu jernih, tempat ini sangat cocok untuk mencari ketenangan dan menyegarkan pikiran.

Lokasi ini kemudian dikembangkan menjadi ekowisata alam, mulai dari hiking, tracking, clambing  dan sebagainya. Di tempat ini pula, terdapat beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan serta bunga rafflesia arnoldi atau bunga bangkai.

 

7. Bukit Matang Keladan

Bukit Matang Keladan

Bukit Matang Keladan

Destinasi wisata Banjarmasin yang satu ini sering mendapat julukan “Raja Ampatnya Kalimantan Selatan”. Disebut begitu, sebab pesona keindahan bukit ini tidak kalah mengagumkan jika dibandingkan dengan berbagai tempat wisata di Raja Ampat, Papua Barat.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Bukit Matang Keladan ini adalah saat sunrise maupun sunset. Pada waktu tersebut, pemandangan dari atas bukit terlihat begitu mengagumkan. Dari atas bukit, Anda dapat menyaksikan pesona mengagumkan dari Waduk Riam Kanan serta pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar destinasi wisata tersebut.

 

8. Danau Biru Cempaka

Danau Biru Cempaka

Danau Biru Cempaka

Danau Biru Cempaka merupakan sebuah danau yang paling terkenal di Banjarmasin. Dahulu, danau indah ini merupakan lokasi tambang pasir. Setelah ditinggalkan, lokasi ini membentuk sebuah danau yang berwarna biru. Selanjutnya danau ini dinamakan Biru Cempaka, sebab lokasinya yang berada di Kecamatan Cempaka.

Pesona keindahan bukit ini sudah tidak diragukan lagi. Air danau yang berwarna biru jernih sungguh mengagumkan. Hal itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Tempat ini cocok sebagai tempat bersantai sambil berswafoto.

 

9. Rumah Jomblo

Rumah Jomblo

Rumah Jomblo

Destinasi wisata Banjarmasin yang satu ini menjadi viral karena keunikannya. Sebuah rumah yang berdiri menjulang di atas tebing. Konon, tempat ini dibangun untuk menjadi tempat singgah para tukang yang tengah mengerjakan proyek pembangunan perumahan di lingkungan sekitar Rumah Jomblo.

Rumah ini begitu unik dan eksotis karena letaknya yang menjulang di atas tebing. Terbuat dari kayu dan bergaya sederhana, tapi rumah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mereka berkunjung karena rasa penasaran serta ingin berswafoto di tempat yang instagramable ini. Lokasi ini juga menjadi salah satu spot foto yang begitu menarik dan eksotis.

 

10. Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi Pelaihari

Destinasi wisata Banjarmasin yang berikutnya adalah Bukit Rimpi Pelaihari. Bukit ini sering pula dijuluki sebagai Bukit Teletubies. Hal tersebut disebabkan karena bentuk gundukan bukitnya yang menyerupai bukit di film Teletubies.

Hamparan bukit yang luas dan menghijau ini sungguh memanjakan mata. Bahkan kerap disandingkan seperti bukit di New Zealand. Pesona pemandangan yang menakjubkan ini dijamin akan membuat Anda untuk betah berlama-lama.

Nah, itulah tadi 10 destinasi wisata Banjarmasin yang wajib Anda kunjungi. Kota Seribu Sungai ini memiliki banyak sekali pilihan destinasi yang begitu menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi semua tersedia lengkap. Tradisi dan kebudayaan lokal Banjarmasin pun menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Timur ini.

10 Destinasi Wisata Banjarmasin yang Tak Boleh Terlewatkan 1
Please follow and like us: